Minggu, 07 Februari 2021

Isi Diaper Bag di Masa Pandemi Ala Ibu Anak 3



Hampir setahun pandemi berlangsung, apakah di antara teman-teman masih ada yang bertahan tetap di rumah saja dan hanya keluar untuk hal yang penting seperti bekerja, belanja kebutuhan, atau ke dokter?

Saya sendiri sudah beberapa kali keluar rumah selain untuk hal yang dibilang penting sebenarnya gak penting amat, dibilang gak penting amat ya buat saya sebenarnya penting.

Jadi saya sudah beberapa kali keluar kota, makan di luar, dan menginap di hotel. Bagi saya penting karena kami keluar kota dalam hal ke rumah keluarga suami di Malang, ikut suami dinas keluar kota, dan karena rumah sedang direnovasi jadi kami mengungsi ke tempat lain. Karena sedang tidak di rumah, kadang kami harus makan di luar terutama saat perjalanan keluar kota. Meski pun ada kalanya kami makan di luar karena alasan yang mungkin sebenarnya bisa ditunda.

Saya gak akan membela diri apalagi mengajak teman-teman untuk mengikuti apa yang kami lakukan. Tapi Insya Allah, semuanya sudah melalui berbagai pertimbangan. Selain itu, kami punya aturan sendiri yang disepakati selama pandemi ini seperti membatasi circle dan frekuensi pertemuan dengan orang di luar rumah.

Awalnya saya mau memberi tip bagaimana agar tetap aman dan terhindar dari virus saat berpergian bersama bayi dan anak-anak, tapi kok kesannya jadi takabur gitu ya. Karena gak ada yang menjamin kami bisa aman selalu, paling bener mah ya kalau bisa stay di rumah aja sampai situasi kondusif.

Daripada memberi info yang gak terjamin, jadi kayaknya saya mau pamer aja lah. Pamer apa aja isi diaper bag ibu beranak 3 di saat pandemi begini, hehehe.

Bagi saya, diaper bag itu adalah benda penting yang harus ada kalau punya bayi lagi karena keperluan bayi kan segabrug dan sering kali ada kejadian yang tak terduga yang dialami saat berpergian. Diaper bag di saya kepakai sampai anak gede terutama kalau pergi jauh untuk tempat perintilan kecil tapi penting supaya gak perlu bongkar koper. Biar pun udah gede, tapi namanya anak-anak mah sama aja, ada aja kelakuan ajaibnya yang bikin jiwa singa emaknya keluar, wkwkwk.

Ibu-ibu lain ada yang menggunakan tas mereka sehari-hari aja sebagai diaper bag. Tapi kalau saya pribadi lebih suka memakai diaper bag khusus karena bagian dalamnya biasanya punya banyak kantong jadi semua barang bisa diletakkan dengan rapi dan gak susah saat mencarinya.



Saat ini saya memakai diaper bag dengan merek Buccu Bag. Ini diaper bag saya beli dari jaman Nayla baru lahir. Modelnya stylish, gak kelihatan seperti tas bayi. Harganya terjangkau, cuma Rp 200-an ribu aja tapi surprisingly, awet banget sampai sekarang padahal udah di-abuse sedemikian rupa. Cuma tas yang saya punya bahannya dari kanvas dengan warna putih jadi gampang kotor serta harus dicuci secara berkala.

Untuk yang mobilitasnya tinggi, sebenarnya lebih enak pakai diaper bag model ransel karena lebih ringkas dipakai sambil momong anak. Tapi karena selama pandemi ini saya gak pernah keluar rumah yang mengharuskan jalan kaki jauh, jadi diaper bag model sling seperti yang saya punya pun masih oke aja untuk digunakan.

Sekarang, kita beralih ke apa aja sih isi diaper bag alias tas bayi ibu anak 3 kayak saya khususnya saat pandemi begini.


Popok Sekali Pakai



Namanya aja diaper bag ya, Bun. Jadi jelas lah barang penting yang selalu ada di tas adalah diaper atau pospak (popok sekali pakai). Urusan popok, saya masih tim sekali pakai karena gak sanggup kalau harus nyuci clodi bolak balik. Wong urusan cuci lipat baju seluruh anggota keluarga di rumah aja masih sering kewalahan.


Berhubung Nayla sampai sekarang belum berhasil toilet training, jadi ada 2 jenis pospak di tas saya. Biasanya saya membawa masing-masing 2-4 pospak tergantung seberapa jauh dan lama perjalanan yang kami tempuh. Makin lama perjalanannya jelas makin banyak pospak yang saya siapkan di tas.


Baju Ganti dan Kawan-kawannya



Pospak bocor, baju basah kena iler atau gumoh, Alif gak sengaja ngompol, lagi minum eh suami ngerem mendadak sampai minumannya tumpah ke badan, dan pipis di toilet umum eh gak sengaja nyemprot air ke badan adalah beberapa contoh kejadian yang tak terduga yang sering dialami saat dalam perjalanan sehingga mau gak mau anak-anak harus mengganti pakaian mereka.

Selain baju ganti, saya juga membawa bedong yang berfungsi sebagai selimut sekaligus perlak untuk ganti popok jika diperlukan, kaos kaki, topi bayi, dan slabber untuk tadah iler.


Masker Medis dan Kain



Benda terwajib abad ini yang harus selalu dibawa bahkan dipakai ke mana-mana di tengah situasi pandemi ini ya apalagi kalau bukan masker.

Saya sengaja menaruh 2 jenis masker, kain dan medis di tas dan gak saya keluarkan meskipun sudah di rumah untuk berjaga-jaga dan memudahkan untuk mencarinya jika dibutuhkan.

Untuk masker medis, saya gak terpatok merek tertentu sih. Senemunya aja di minimarket, wong namanya butuh ya apalagi kalau pas beli dadakan. Mau apa pun mereknya, yang penting dipakai dengan benar. Setuju apa setuju? :D


Perlengkapan Sanitasi Bayi dan Anak



Selain masker, di masa pandemi ini barang-barang sanitasi jadi benda wajib juga yang harus dibawa. Khusus untuk di diaper bag, saya hanya membawa perlengkapan sanitasi untuk anak-anak. Kalau untuk dewasa, udah ada di mobil dan di tas suami.

Peralatan sanitasi bayi dan anak yang saya bawa antara lain tisu basah, Moisturizing Hand Gel, dan Baby Multipurpose Cleaner dari Mama's Choice. Moisturizing Hand Gel dari Mama's Choice udah sering banget saya review di blog mau pun instagram. Kepakai banget untuk Kama yang sudah masuk fase suka ngemutin tangan. Selain itu, sering saya pakai juga sebagai pengganti hand cream agar tangan lebih lembab.


Sekarang kita bahas Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner. Sesuai dengan namanya produk ini terpakai untuk membersihkan segala macam benda. Kalau sedang berpergian, produk ini bisa dipakai untuk membersihkan mainan anak-anak, meja kursi saat makan di luar, handphone, teether, dudukan toilet, stroller, dan lain-lain. Kurang lebih fungsinya mirip seperti disinfektan tapi versi lebih aman untuk bayi dan punya formula food frade sehingga para orang tua dapat #kurangiworry akan kemungkinan bayinya terkontaminasi bahan kimia dari pembersih yang digunakan.




Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner ini punya food grade formula karena bahan-bahannya memang natural, aman, halal, dan bebas toksin berbahaya khususnya untuk bayi serta anak-anak. Ada Lavender, Rosemary, Chamomile, dan Rosehip dalam komposisinya yang bermanfaat sebagai anti bakteri yang efektif dan telah melalui uji laboratorium terhadap bakteri Staphylococcus Aureus, Escherichia Coli, dan Pseudomonas Aeruginosa.

Komposisi lengkap dari Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner antara lain.

Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil 0,06 %, Decyl Glucoside 0,0495 %, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract 0,0135 %, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract 0,0145%, Rosa Canina Fruit Extract 0,0135 %.

Cara pakai Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner ini praktis banget kok, cukup disemprotkan pada benda yang ingin dibersihkan kemudian lap dengan tisu atau kain kering. Atau untuk benda berbahan kain bisa disemprotkan seperti disinfektan biasanya aja.



Karena tanpa pewangi buatan jadi aroma Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner ini soft banget dan sama sekali gak menganggu, kalau menurut saya aromanya seperti berada di kebun bunga krisan.

Ukurannya juga menurut saya pas, gak terlalu besar tapi juga gak kecil banget sehingga masih cukup untuk diselipkan dalam diaper bag dan isi produknya gak cepat habis.

Harga dari Mama's Choice Baby Multipurpose Cleaner adalah Rp 59 ribu untuk ukuran 100 ml. Bisa dibeli di www.mamaschoice.id. Jangan lupa gunakan kode voucher MAMAMERISKA untuk mendapatkan potongan harga Rp 25 ribu dengan minimal pembelanjaan Rp 90 ribu. Free Ongkir Se-Jabodetabek.



Ngomong-ngomong, Kama sekarang sudah mulai MPASI sehingga jika berpergian lagi saat masa MPASI, kayaknya isi diaper bag saya bakal nambah dengan cemilan bayi juga. Selain itu, kalau perginya lumayan jauh dan memakan waktu, biasanya saya juga menambahkan minyak telon untuk bayi dan anak-anak. Lagi-lagi, saat ini saya memakai Calming Tummy Oil dari Mama's Choice untuk Kama.

Menurut saya, saat ini gak ada satu tempat atau kegiatan mana pun yang bisa 100% aman baik untuk bayi, anak-anak, mau pun orang dewasa dari risiko terpapar virus meski pun itu hanya di rumah saja. Karena namanya virus kan makhluk tak kasat mata ya jadi gak ada yang tau keberadaannya di mana.

Yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir kemungkinan terjadinya risiko tertular. Jika memang harus keluar rumah, protokol kesehatan jangan sampai lengah dan perhatikan jarak, durasi, serta ventilasi. Terdengar klise tapi memang bagi saya inilah cara terbaik yang bisa kita lakukan saat ini agar terhindar dari virus.

Stay safe ya, teman-teman! Tetap bijak dalam melakukan kegiatan dan semoga kita semua diberi kesehatan serta keselamatan selalu. Aamiin.

Info lebih lanjut mengenai produk Mama's Choice lainnya.



12 komentar:

  1. bannyak juga ya isinya, dan yang paling penting itu adalah hand sanitizer juga disinfektan supaya bisa melindungi anak

    BalasHapus
  2. Bagi ibu, mau repot mau ribet, yg penting kebutuhan anak bisa terpenuhi, ya. Senangnya sekarang semua bisa dipacking dengan praktis.

    BalasHapus
  3. Main kesini aku jadi punya referensi diaper bag yg oke punya nih mom. Di masa pandemi ini masker & perlengkapan sanitasi emang ga boleh sampe kelupaan yaaa

    BalasHapus
  4. Aaahh aku jadi kangen punya anak bayi :))) Sehat selalu ya mbak Meriska dan baby..

    BalasHapus
  5. Keluar rumah sekarang tuh kita harus patuh dengan protokol kesehatan, karena memang setidaknya kita meminimalisir penularan virusnya.

    BalasHapus
  6. bnyk banget ya isinya dan semua penting itu apalagi saat ini disinfectan bener2 wajib ada

    BalasHapus
  7. Lumayan ya potongan vouchernya, nanti kurekomendasikan buat sodara ah. Cocok banget ini bag nya

    BalasHapus
  8. Kaka iparku masih bertahan loh, sampe skr blm kluar dari apartemennya. Berarti diitung udah nyaris setahun hahahaha. Salut sih aku Ama dia. Konsisten.

    Aku sendiri masih kluar tp saya kayak mba, pake prokes lah. Aku ga pernah kluar tanpa bawa tas yg isinya barang2 yg dibutuhin selama pandemi ini. Diaper bag jelas udh ga bawa Krn anakku udh ga pake popok. Tp seandainya msh, isi dalamnya pasti ga jauh beda Ama mba juga :D. Yg pasti masker, disinfectan spray, sabun cair, tisu basah dan kering, kotak utk masker kalo sdg makan, hand sanitizer, semua itu pasti ada di dlm tas :)

    BalasHapus
  9. duh iya ya, punya anak bayi jaman pandemi gini emang bikin kita lebih protektif lagi ya sama anak-anak. wah lumayan banget nih mamas choice multi purpose cleaner ini, emang kayanya perlu banget nih di masa pandemi gini buat senprot semprot barang abis adari luar rumah yaaa

    BalasHapus
  10. Cantiknya diaper bagnyaa..
    Aku dulu punyanya yang kuno gitu, dari kain. Hiihii...gak stylish banget.
    Ini bisa bawa macem-macem padahal modelnya ramping gitu yaa.. pemilihan bahan yang digunakan ini juga perlu berarti.

    BalasHapus
  11. kalau punya bayi memang bawaannya harus lengkap ya, mbak kalau misalnya ke luar kota. apalagi di masa pandemi begini lebih harus detail lagi bawa barangnya

    BalasHapus
  12. Handsanitiser jadi barang wajib nih kalau udah keluar rumah,
    Btw handsanitizer dari mama choice uni jg aman dipakai anak ya mom. Bisa dibeli di apotik atau minimarket kah ?

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p