Rabu, 14 Agustus 2019

Review Moller's Tran Rasa Apel, Minyak Ikan Cod dari Norwegia


Dibanding anak seumurannya, badannya Alif ini termasuk kecil. Tantangan banget deh buat naikkin berat badannya karena Alif ini termasuk anak picky eater. Dia cuma mau makan makanan yang disuka dan gak berani nyoba makanan baru sama sekali.

Dulu saya dan suami mengira kalau masalah picky eater ini jadi penyebab berat badannya Alif susah naik. Dari dulu cuma muter di 14-15 kg terus, turun naik turun naik terus udah macem lagunya anak Tiktok. Sampai akhirnya Alif sakit batuk yang gak sembuh-sembuh, dan ternyata kena bronkitis. Jadi kayaknya energinya habis untuk ngelawan penyakit dalam tubuhnya makanya beratnya jadi sulit naik.

Baca juga: Ketika Alif Terkena Bronkitis Karena Alergi Makanan

Begitu bronkitisnya ketahuan dan mulai berangsur sembuh (meskipun sering kumat juga), berat badan Alif akhirnya bisa tembus di atas 15 kg.

Picky eaternya masih tetep donk, plus karena punya alergi juga Alif tuh gampang banget ketularan penyakit dari orang sekitarnya. Kayak beberapa waktu lalu, baru juga masuk sekolah karena ijin sakit, eh di kelasnya ada yang sakit gondongan dan Alif pun langsung ketularan. Bolos sekolah lagi deh. Sebelum dan saat puasa kemarin juga Alif demam karena radang 2 kali, hadeeehh mama papanya ikutan tepar juga jadinya, hikz.

Saya dan suami pun akhirnya memutuskan untuk memberi Alif suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Harapannya sih supaya imunitasnya lebih kuat dan berat badannya juga bisa nambah lebih pesat lagi.

Suplemen tambahan yang kita kasih buat Alif adalah Moller's Tran. Moller's Trans ini merupakan merk minyak ikan Cod cair yang berasal dari Norwegia.

Karena berasal dari Norway, jadi keterangan pada botolnya itu juga pakai bahasa dari negara asalnya sana yang jangankan mengerti artinya, melafalkannya saja aku sulit. Awalnya saya sempat kebingungan gimana aturan pakainya untuk anak-anak, tapi untung aja di beberapa online shop ada yang njembrengin cara pakai dan manfaat Moller's Tran ini.


Jadi Moller's Tran ini bisa digunakan mulai dari bayi umur 1 bulan ke atas hingga dewasa termasuk kakek nenek serta ibu hamil dan menyusui. Kandungan yang terdapat dalam Moller's Tran antara lain Omega-3, vitamin A, DHA, vitamin D, dan vitamin E yang bermanfaat untuk perkembangan otak, menjaga imunitas tubuh, dan menaikkan berat badan. Setelah baca-baca artikel kesehatan, ternyata minyak ikan juga bermanfaat untuk kesehatan saluran pernapasan lho, pas banget buat Alif yang lagi kena bronkitis. Manfaat lainnya juga masih banyak, googling aja ya!

Aturan pakainya yaitu  2,5 m per hari atau setengah sendok makan untuk bayi 1 sampai 6 bulan serta 5 ml perhari atau 1 sendok makan untuk anak-anak di atas 6 bulan. Setelah segel botol dibuka, Moller's Tran harus disimpan dalam kulkas. Karena minyak ikan yang digunakan fresh dan tanpa bahan pengawet jadi Moller's Tran wajib dihabiskan dalam 3 bulan. Apabila segel belum dibuka, tanggal kadaluarsa mengikuti tanggal yang tertera pada bagian botol.

Sepengetahuan saya, Moller's Tran saat ini punya 4 varian rasa yaitu natural/original, lemon, tutti frutti, dan apel. Nah, yang saya beli untuk anak-anak adalah Moller's Tran rasa apel, konon katanya rasa apel ini merupakan varian rasa terbarunya Moller's Tran. Jadi mungkin masih belum banyak yang jual.


Rasa Moller's Tran sendiri mirip dengan sirup apel tapi gak ada manis-manisnya karena memang gak mengandung gula sih. Rasa artifisialnya kuat banget kayak minuman yang pakai essence gitu. Tapi begitu ditelan, rasanya berganti jadi rasa yang lembut dan rada nempel di tenggorokan. Susah jelasin gimana rasanya, mungkin ini yang dibilang rasa khas minyak ikan kali ya? Gak terlalu amis sih, tapi rada aneh dan gak familiar aja. Btw, saya emang pernah nyicipin rasa Moller's Tran karena penasaran.

Aromanya sendiri sama seperti rasanya, strong banget aroma artifisial dari apelnya. Kalau tutup botol di buka, saya bisa mencium aroma apelnya dari radius 5 meter lho. Dan setelah aroma apelnya hilang, ganti lagi aromanya jadi aroma lembut dan ada sedikit bau amis. Aroma lembut ini juga gak kalah strong dengan aroma apelnya, awet banget dan nempel di badannya anak-anak. Pokoknya kalau anak-anak habis konsumsi Moller's Tran saya pasti langsung ngeh karena bau mulut dan badannya langsung jadi bau khasnya Moller's Tran, heuheu.

Dan betul banget yang dibilang orang-orang kalau minyak ikan ini tumpah atau netes ke kain, bau amisnya pasti gak hilang-hilang. Amisnya tu bukan kayak amisnya ikan laut, tapi lebih ke amisnya air kolam ikan atau air yang ada lumutnya gitu lho, ngerti gak? Ngerti gak? Ya udah kalau gak ngerti, emang dari dulu kamu gak pernah bisa ngertiin aku #tersinetronIndosiar

Alhamdulillah, anak-anak ternyata pada doyan banget sama Moller's Tran. Lebih gampang nyuruh konsumsi Moller's Tran ini timbang nyuruh minum obat sirup kalau lagi sakit. Malah yang awalnya beli Moller's Tran buat Alif aja, sekarang Nayla jadi ikutan konsumsi juga. Kirain dia gak bakal doyan secara susah banget tiap diminumin obat, eh ternyata anaknya doyan malah selalu minta tambah terus tiap dikasi Moller's Tran ini.

Karena dikonsumsi sama Alif dan Nayla jadi gak sampai 2 bulan Moller's Trannya udah abis. Dan efek yang saya rasakan adalah, berat badannya Alif sekarang udah naik 2 kilo (sujud syukur). Minggu awal konsumsi tuh nafsu makannya Alif jadi meningkat banget. Habis itu ya biasa aja tapi udah gak semales dulu lagi makannya. Terus mulai mau nyobain menu baru yang asing buat dia. Untuk daya tahan tubuh, anak-anak sempat sakit pilek batuk gitu. Nayla sakit pilek setelah dari Cilacap dan Alif sakit batuk sepulang dari Bromo, tapi yang saya dan suami notice itu sakitnya jadi lumayan cepet sembuhnya. Gak sampai yang parah gitu. Gak gampang ketularan juga sih kayaknya.

Baca juga: Trip Ke Bromo Saat Puncak Suhu Dingin dan Pasca Erupsi


Saya juga pernah beberapa kali coba konsumsi si Moller's Tran saat merasa mulai gak enak badan, dan lumayan ngaruh lho jadi batal sakitnya.

Jadi sesuai pengalaman saya, anak-anak lumayan cocok dengan Moller's Tran ini. Tapi efeknya juga sebenarnya gak yang wow dewa banget sih. Nafsu makan lumayan bertambah tapi gak yang sampai bikin tercengang jadi doyaaan banget makan. Daya tahan tubuh juga terlihat meningkat tapi ya masih bisa lah kena penyakit. Pak suami sendiri dari awal juga udah menekankan untuk gak terlalu berharap efek yang muluk-muluk, anggap aja emang ini untuk vitamin tambahan yang mungkin baru bisa dirasakan saat mereka besar nanti. Bijak banget khaan suami akuh? :p

Waktu baru beli, isinya masih penuh :D

Di market place seperti Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya banyak banget yang jual Moller's Tran ini. Bahkan banyak juga yang jual share in jarnya buat yang mau coba dulu. Takutnya kan udah beli full size ternyata anaknya gak doyan atau bahkan gak cocok gitu. Saya sendiri beli Moller's Tran di baby shop kesayangan warga Malang, Buchi Kids, dengan harga Rp 375 ribu. Agak mahal dikit sih timbang yang dijual di market place, cuma saya pilih beli langsung aja karena botolnya dari kaca. Kalau online takut pecah kan bisa nangis gerung-gerung aku nanti.

Sebenarnya mau nyobain Nordic juga karena konon katanya kandungan vitaminnya lebih banyak, cuma kayaknya yang jual masih jarang. Moga aja di Buchi Kids ada. Kalau gak ada ya balik ke Moller's Tran lagi aja.








2 komentar:

  1. Ini bisa buat anak 20 bulan juga jeung? Anakku wedok juga pilih pilih maemnya, susyaaah amat mau naik BBmya, fuh, giliran mboke cepet banget endudnya wakakka
    Anakku pengen takkasih minyak ikan, tapi dia nek disodorin modelan sirup gini sih mau nda yo hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mulai bayi 1 bulan. Lebih baik konsul ke dokter dulu buat cari akar masalahnya Nit. Takute gak cocok :D

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p