Minggu, 28 April 2019

Milkindo Berka Abadi, Malang, Wisata Edukasi Murah Meriah


Akhirnya ya setelah sekian lama, kita jalan-jalan lagi ke tempat wisata. Kayaknya terakhir mengunjungi tempat wisata itu lebaran tahun lalu deh waktu ke Taman Kelinci Pujon. Terus jadi mikir, hampir setahunan ini jalan-jalannya kemana bebs kalau gak ke tempat wisata?

Kayaknya kebanyakan staycation di hotel, nongkrong di cafe, dan yang paling sering hampir tiap minggu, jalan-jalan ke emol buat nyenengin anak-anak dengan main di playground, heuheu. Kan emang wisata andalannya warga Surabaya itu adalah mall, haha.

Baca juga: Main Sepuasnya di Miniapolis Pakuwon Mall Surabaya

Eh pernah ding awal tahun kemarin ke taman rekreasi Sengkaling waktu nginep di Kapal Garden Hotel, tapi cuma ke kolam renangnya aja jadi kesannya gak kayak ke tempat wisata melainkan ya kayak memanfaatkan fasilitas hotel aja.

Baca juga: Kapal Garden Hotel Malang, Sensasi Menginap Ala Kapal Pesiar

Nah, saat libur panjang minggu kemarin, setelah dari rumah mertua di Malang kami melanjutkan perjalanan ke rumah nenek saya di Blitar. Udah lama gak mudik, mumpung belum puasa dan ada waktu jadi disempetin deh. Sambil jalan ke Blitar, kami mampir dulu ke Milkindo Berka Abadi yang terletak di Kepanjen alias Malang bagian selatan.

Milkindo Berka Abadi ini merupakan wisata edukasi yang berada di peternakan sapi perah. Lokasinya gak jauh dari stadion Kanjuruhan, ke arah selatan dikit masuk perkampungan. Dari jalur utama Malang-Blitar juga gak terlalu jauh jadi sekalianlah. Udah lama saya pengen ke sini, cuma gagal terus karena tiap ke Blitar selalu kesorean berangkatnya, heuheu.

Kemarin juga hampir aja gagal sih karena begitu masuk wilayah Kepanjen tiba-tiba turun hujan lumayan deras. Tapi dengan tekad yang kuat dan kengototan sayah jadi suami menuruti kemauan istrinya untuk tetap melaju ke tempat tujuan.

Sampai di Milkindo kita gak bisa langsung turun karena hujan masih deras. Baru setelah beberapa saat, hujan mulai reda kami pun langsung menuju ke gerbang masuk.

Tampilan luar Milkindo ini gak mirip tempat wisata sama sekali karena tertutup tembok tinggi dan pagar besi yang mirip di pabrik atau gudang itu.


Untuk masuk ke area Milkindo, pengunjung dikenakan tarif tiket sebesar Rp 10 ribu saat weekday dan Rp 15 ribu saat weekend atau tanggal merah. Tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan segelas susu produksi Milkindo di cafetarianya. Murah banget ya tiketnya jika dibanding Bhakti Alam Nongkojajar yang konsepnya hampir sama?

Baca juga: Agrowisata Bhakti Alam, Ngembal, Nongkojajar

Ohya, rasa susunya enak lho, gak ada bau amis sapi. Mirip susu KUD Batu lah, Nayla aja doyan.


Meskipun areanya gak begitu luas, tapi kegiatan yang bisa dilakukan di Milkindo lumayan banyak dan edukatif juga. Mostly kegiatan di sini sih berinteraksi dengan para hewan seperti main sama kelinci, naik kuda, memberi minum anak sapi, memerah susu sapi, memberi makan ikan dan domba, memancing ikan, dan lain-lain. Ada juga beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak mau pun dewasa seperti trampolin, playground, kereta, kereta tong yang ditarik ATV, dan memanah. Ada juga kegiatan khusus rombongan seperti bertani dan bercocok tanam.


Beberapa kegiatan ada yang gratis, ada juga yang harus membayar tiket lagi. Tapi tenang saja, harga tiket untuk kegiatannya murah banget di kisaran Rp 5-15 ribu aja.


Karena hujannya labil banget, tiba-tiba deres, gak lama kemudian berhenti, eh terus deres lagi, kami jadi gak bisa menikmati semua kegiatan yang ada di Milkindo. Selain karena tempatnya banyak yang terbuka, waktu juga banyak terbuang karena harus sering-sering berteduh padahal kita datang udah lumayan sore di mana Milkindo sebentar lagi akan tutup.

Kegiatan yang sempat kami lakukan selama di Milkindo cuma naik kereta, memberi makan domba, naik kuda, main sama kelinci, main ayunan, dan tentu saja foto-foto, wkwk.






Meski begitu kita tetep hepi bisa main ke Milkindo, selain karena tarifnya yang murah, banyak pengalaman baru yang dilakukan anak-anak seperti Alif yang akhirnya berani naik kuda, memberi makan hewan, dan mengelus kelinci padahal waktu di Baobab dulu dia takut banget pas sesi memberi makan jerapah.

Baca juga: Staycation dengan Suasana Afrika di Baobab Safari Resort, Prigen Pasuruan

Desain Milkindo juga lumayan kece dan bersih meskipun belum maksimal karena ada beberapa spot yang masih belum tertata. Kekurangannya cuma lokasinya yang agak jauh dari pusat kota Malang dan gak ada makanan berat yang dijual di cafetarianya, paling banter cuma bakso. Jadi kalau bisa udah isi perut dulu atau bawa bekal saat datang ke Milkindo.



Buat yang di sekitaran Malang, kalau bosen jalan-jalan ke Batu atau lagi cari wisata edukatif dengan tarif murah boleh lho coba main ke Milkindo Kepanjen. Siapa tau bisa hepi-hepi juga kayak kita :D






4 komentar:

  1. waa, kalo ke malang boelh ni mampir kesini, recomended.. cocok bawa nak anak yaa..
    kalo aku, wisata malang yang aku kunjungi baru di sekitaran batu ajaa.. belum merambah ke tempat lainnya.. hehe

    BalasHapus
  2. Aku sudah lama nggak ke tempat wisata. Susah nyari waktu libur yang bareng, sekalinya ada, eh ada aja halangannya. Trus ini sudah mendekati puasa, bakal skip jalan2.
    Btw, aku suka mampir di KUD Batu buat minum susu, enak. Jadi miriplah sama susu disana. Tapi emang ya, susu di Malang Raya itu enak-enak.

    BalasHapus
  3. tempat wisata yang rekomended nih, kayaknya perlu nyobain hihi...:D
    Apalagi tiket masuknya lumayan terjangkau
    Terima kasih kak, artikelnya bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. Makin banyak ya mba sekarang tempat wisata edukasi peternakan gini. Di daerah deket rumahku juga ada. Tapi bagus juga buat anak-anak kenal banyak hewan ternak sekalian bisa main ya. Fasilitasnya juga udah cukup lengkap... Seneng aku liat foto-fotonya mba, seger banget ya abis ujan keliatannya... :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p