Minggu, 06 Mei 2018

Roadtrip Sumenep, Madura, Masjid Jami'nya Kereeen!

Dari dulu pengen banget roadtrip menyusuri pulau Madura dari ujung barat sampai timur sama suami dan anak-anak.  Jalan santai terus nginep di mana gitu sambil mampir-mampir tempat wisata.

Tapi tiap saya mengajukan ide tersebut, pak suami pasti menolak karena ogah nyetir jauh bolak balik. Selain itu dia udah bosen juga ke Madura secara itu wilayah kerjanya, malah pernah nyebrang sampai Gili Labak juga.

Baca juga: Gili Labak, Sumenep, Madura, Maldivesnya Jawa Timur

Lah tapi sini istrinya kan belum pernah ngelilingin pulau Madura, paling banter ya cuma sampai Bangkalan itu aja pak suami ogah kalau ndatengin tempat yang jauh-jauh. Jadilah cuma sempat ke Bukit Jaddih doank, zzz.

Baca juga: Roadtrip Madura: Menikmati Sore di Bukit Jaddih dan Goa Pote'

Sampai akhirnya, akhir 2017 lalu pak suami dapet tugas untuk dinas ke Sumenep lagi dan saya serta anak-anak pun dengan terpaksa diajak juga. Iya aslinya dia gak mau ngajak, tapi karena suatu dan lain hal akhirnya kita boleh ikut deh.

Rumah Makan Bu Timan

Kami berangkat hari Senin siang dari Surabaya. Selepas menyeberang ke pulau Madura via jembatan Suramadu, kami mampir ke rumah makan Bu Timan yang berada gak jauh dari pertigaan setelah by pass Suramadu untuk makan siang.

Menu yang dijual kebanyakan menu jawa timuran, seperti rawon, soto, dan ada bebek juga. Rasanya lumayan, tempatnya luas dan adem, parkirannya juga luas. Harga menunya rata-rata 25 ribu per porsi.

Musdalifah Hotel & Resort

Dari warung Bu Timan kami melanjutkan perjalanan menuju Sumenep lewat pantai utara karena di jalur selatan, tepatnya di daerah Blega sedang ada perbaikan jembatan dan menimbulkan kemacetan panjang. Jalur utara ini lumayan sepi dan bagus jalannya tapi gak terlalu lebar. Di sepanjang perjalanan kebanyakan nemuin perkebunan, bukit gersang, perkampungan, dan pantai. Hampir gak pernah ketemu kota deh. Lumayan membosankan juga.

Sampai di Sumenep menjelang isya, sempet nyasar dan hp mati pula. Langsung menuju tempat menginap di Musdalifah Hotel & Resort.

Jangan bayangin kondisinya seperti resort pinggir pantai nan asri dan mevvah ya. Hotel ini lebih mirip perumahan atau kos-kosan. Terdiri dari 2 lantai yang balkonnya langsung menghadap luar ke halaman terbuka yang dijadikan parkiran. Kata suami sih ini hotel yang termasuk baru di Sumenep. Penginapan lainnya rata-rata jadul semua.

Tarifnya murah banget, mulai dari 100 ribuan aja tergantung fasilitas di kamar. Bahkan ada juga yang tarifnya 1 juta yang kayaknya berupa bungalow gitu deh.

Kamar kami sendiri dibandrol Rp 250 ribu aja dengan fasilitas double bed, AC, meja, LCD TV, Lemari, kamar mandi dengan shower air hangat serta breakfast.

Interior kamarnya lumayan modern, tapi gak yang wah juga. Worth it lah untuk harga segitu. Masalahnya cuma air panasnya gak stabil banget, cepet banget panasnya jadi susah ngaturnya. Selain itu Wifinya juga suka putus nyambung kayak ABG lagi pacaran, jadi pastikan kuota pribadi full aja kalau nginep di sini.

Breakfastnya cuma disediakan satu menu aja, hari pertama nasi rawon, hari ke dua kami mendapat nasi goreng. Rasanya lumayan tapi porsinya dikit, kurang banget mah buat saya, wkwk.

Lokasi Hotel Musdalifah ini agak di pinggiran kota, tapi gak jauh juga sih dari pusat kota. Cuman mau kemana-mana kudu naik kendaraan karena jauh dari minimarket dan tempat makan.

Ada warung tenda gitu di seberang jalan tapi saya gak pernah nyoba karena di hotelnya udah ada resto yang harganya murah meriah. Rata-rata makanan cuma belasan ribu aja. Tiap hari pas ditinggal suami kerja pasti pesen makan di sana, dianter ke kamar.

Sayangnya penginapan ini belum terdaftar di situs booking online jadi kalau mau reservasi harus pesan langsung. Cek nomor teleponnya di google map aja ya, saya males nyatet di sini, :p

Masjid Jami' Sumenep

Saya sadar diri juga, karena ke Sumenep ini dalam rangka kerja kan jadi gak berharap bakal bisa jalan-jalan ke tempat wisata. Tapi ada satu tempat yang harus banget saya datengin, masjid jami' Sumenep.

Sering liat di sosmed orang-orang kalau ke Sumenep pasti foto di masjid jami'nya, saya jadi penasaram juga deh. Apalagi tampilannya kelihatan unik dan mencolok.

Lokasinya ada di seberang alun-alun Sumenep. Kebetulan pak suami pulang kerja sore hari, jadi kami punya waktu untuk jalan-jalan sebentar di Sumenep. Langsung deh saya todong buat nganterin ke masjid jami'.

Dan emang bagus banget masjidnya, gerbangnya dicat warna kuning emas. Bangunannya terlihat terawat. Masuk ke dalam,  suasananya mirip dengan di keraton-keraton Jogja. Kece deh buat foto-foto.

Kami cuma sebentar di masjid jami', masuk ke halamannya doank gak sampe ke masjidnya. Udah lewat waktu shalat ashar juga waktu itu plus ngejer ke lokasi berikutnya buat nyenengin anak lanang.

Taman Tectona

Buat Alif, belum jalan-jalan namanya kalau belum main. Berhubung di hotel gak ada playground, jadi kami mengajak Alif ke taman bermain.

Aslinya saya pengen ke bukit Daramista yang lagi heits itu, tapi saya lihat-lihat kok kayaknya gak ada permainan untuk anak-anaknya. Cuma spot-spot foto doank, jaraknya juga agak jauh dari kota. Jadilah ganti haluan ke Taman Tectona.

Sebenarnya di alun-alun Sumenep juga ada playgroundnya sih, gratis pula. Tapi masa jauh-jauh ke Sumenep, jujugannyan alun-alun doank kayak pas ke Jember kapan hari. Ogaahh! Wkwk

Baca juga: Naik Kereta ke Jember dan Menginap di Aston Hotel

Lokasi Taman Tectona ini agak di pinggiran kota, sekitar 20 menit dari pusat kota. Tarif masuknya 10 ribu per orang, Alif juga dihitung. Ditambah tarif parkir mobil 5 ribu.

Di dalam ada kolam renang yang buka sampai malam, gazebo-gazebo, cafe, kebun bibit, playground, dan spot foto instagramable ala tempat wisata jaman now.

Bagian depannya kelihatan rapi dan cucmew alias cucok meong tapi makin ke belakang makin kurang terawat. Kayaknya taman Tectona ini masih belum 100% selesai.

Tiket masuk 10 ribu itu belum termasuk tarif ke spot foto dan playground. Tiap wahana harus nambah 5 ribu per orang. Saya sih ogah nambah bayar lagi cuma buat foto-foto di background buatan gitu. Foto-foto area taman Tectona yang gratis juga udah bagus kok.

Tapi Alif minta main di playgroundnya sama sewa sepeda mainan gitu. Padahal niat awalnya dia mau renang, malah berubah haluan, zzz.

Playgroundnya agak kotor ya, karena dibangun di atas tegalan beralaskan tanah langsung gitu aja. Dah gitu banyak nyamuknya plus orang tua kalau mau nemenin masuk juga harus bayar. Maaf kita pelit jadi Alif doank yang masuk :D

Dari playground, rencananya mau makan sekalian di taman Tectona. Lha kok cafe dan stand makanannya pada tutup. Emang kondisinya lagi sepi sih karena kita ke sananya pas weekday. Jadi ya udah, abis Alif main langsung balik ke hotel.

Warunk Upnormal

Sampai hotel Musdalifah, pak suami langsung berangkat lagi untuk makan malam bersama teman kantornya. Saya gak ikut, sungkan euy soalnya yang diajak makan malam udah pada senior gitu.

Selesai pak suami makan malam dengan temannya, ganti saya yang nodong buat diantar makan malam. Pengennya sih icip-icip kuliner Sumenep, tapi kata pak suami udah pada tutup semua. Jadilah melipir ke Warunk Upnormal yang heits se-Indonesia raya itu.

Gak nyangka lho di Sumenep ada Upnormal juga. Keren pula tempatnya. Bagus banget, modern banget, kece banget. Saya merasa gak lagi ada di kota kecil di ujung pulau Madura jadinya.

Rasanya enak, menu bervariasi, dan harganya sama aja kayak di kota lainnya. Sayang gak ada fotonya karena saya gak bawa kamera plus hp kita pada mati.