Minggu, 25 Juli 2021

Bertemu Alien dan Menyelesaikan Misi di Planet Jupiter Bersama Melki Bajaj dan Buumi Playscape


"Ma, virusnya masih ada atau sudah pergi? Kapan virusnya hilang? Kenapa lama sekali? Mas Alif mau main di playground"

Adakah ibu-ibu dan bapak-bapak yang senasib dengan saya di mana anaknya sudah mulai merasa bosan di rumah terus dan hampir tiap hari selalu memberondong dengan pertanyaan tentang virus yang tak kunjung enyah ini?

Alhamdulillah, selama ini anak-anak sangat kooperatif dan mau mengerti dengan kondisi pandemi yang membuat ruang gerak mereka jadi terbatas. Mereka juga patuh sekali memakai masker jika keluar rumah. Tapi sayangnya lebih dari satu tahun pandemi tak kunjung usai, bisa dimaklumi jika mereka mulai merasa bosan.

Supaya anak-anak gak bosan lagi di rumah, saya pun mencoba mencari aktivitas untuk mereka, mulai dari membelikan buku baru sampai mengajak Alif dan Nayla untuk jalan-jalan ke Planet Jupiter.

Heeeh kok bisa sampai Planet Jupiter? Wong ke pusat kota aja banyak jalan ditutup karena PPKM? Emang gak dimintai surat vaksin dan hasil PCR?

Tenaaang, kami berjalan-jalan ke Planet Jupiter dari rumah kok.

Jadi, hari sabtu, 17 Juli 2021 lalu, kami mengikuti acara Liburan ke Planet Mochi yang diadakan oleh Paddle Pop. Nah, acaranya diadakan di tiap weekend dalam beberapa minggu dengan destinasi yang berbeda.



Untuk acara yang kami ikuti sabtu lalu, kebetulan giliran jalan-jalan bareng ke Planet Jupiter bersama keluarga Melki Bajaj dan Buumi Playscape.

Mau tau gak gimana caranya kami bisa sampai ke Planet Jupiter?

Sebelum berangkat, peserta diharap untuk sarapan dulu karena perjalanannya bakal panjang dan banyak misi yang harus diselesaikan. Selain itu jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi di Planet Jupiter nanti.

"Yuk! Naik ke roket, yuk!" Ajak Kak Lintang selaku pilot perjalanan kali ini.


Oke! Semua siap? Saatnya berangkaaattt.

Paddle Pop, Paddle Pop, super duper yummy
Siapa bilang main tak belajar?
Main teka teki bikin aku jadi pintar
Siapa bilang main tidak penting?
Berlari dan menari jadi percaya diri
Yuk! Yuk! Main, yuk! Bareng Paddle Pop
Pop, pop, Paddle Pop, super duper yummy
Ayo menggambar dan berkreasi sambil bercerita dan mengenal alam ini
Yuk! Yuk! Main, yuk! Bareng Paddle Pop
Pop, pop, Paddle Pop, super duper yummy
Aku senang jadi semangat lakukan yang ku suka dan jadi hebat
Banyak teman dan tak kan menyerah
Paddle Pop, Paddle Pop, super duper yummy

Roket yang kami tumpangi menggunakan bahan bakar tarian dan musik yang ceria. Jadi semua peserta harus menari dan menyanyi dengan semangat agar cepat sampai dan tidak mogok di jalan.

Begitu satu lagu selesai dinyanyikan, kami pun sampai di Planet Jupiter. Hosh, hosh, hosh, melelahkan juga, ya, perjalanannya. Untung cuma satu lagu, hehehe.

Untuk mengembalikan energi, peserta diberi waktu untuk beristirahat dulu. Sembari menunggu peserta beristirahat, Kak Nurul selaku tour guide menjelaskan beragam fun fact mengenai Planet Jupiter.



Ternyata Planet Jupiter adalah planet terbesar yang ada di tata surya dan planet ke 4 yang terdekat dengan matahari. Planet Jupiter memiliki cincin seperti Planet Saturnus tapi ukurannya lebih tipis sehingga tidak terlalu jelas terlihat. Nama Jupiter sendiri diambil dari raja para dewa dalam mitologi romawi karena merupakan planet terbesar. Berbeda dengan Bumi yang butuh waktu 24 jam untuk berotasi, Planet Jupiter hanya butuh waktu 10 jam untuk berputar pada porosnya.

"Ma, Jupiter itu the biggest planet, ya?" Alif yang memang suka pelajaran science semangat menyimak fakta-fakta mengenai Planet Jupiter.

Setelah sudah cukup beristirahat, peserta diajak menyelesaikan misi berupa eksperimen seru yanh dipandu oleh seorang alien bernama Kak Ninda.

Sebelum misi dimulai, Kak Ninda juga memberikan informasi seputar bulan karena nantinya misi yang harus peserta selesaikan berkaitan tentang bulan.

Ternyata Planet Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan terbanyak ke 2 setelah Saturnus yang dikelilingi oleh 82 bulan.

"Ada yang tau gak, Bumi itu dikelilingi oleh berapa bulan?" Tanya Kak Ninda

"12 bulaaan" Jawab Kak Melki Bajaj keras.

Tapi sayang, jawaban Kak Melki salah. Bulan yang jumlahnya 12 mah beda server, hahaha. Jawaban yang benar, Bumi hanya dikelilingi oleh 1 bulan.

Setelah memberi informasi seputar bulan, Kak Ninda pun mulai memandu eksperimen. Peserta diminta untuk menyiapkan peralatan yang sudah dibawa untuk menyelesaikan misi. Ada 3 misi eksperimen yang kami lakukan di Planet Jupiter, yaitu.

Moon Dough Pottery



Bahan-bahan yang dibutuhkan.
  • Tepung terigu 15 sendok makan
  • Kopi bubuk 1 sendok makan
  • Air hangat 15 sendok makan
  • Cookie cutter atau cetakan kue
  • Rolling pin
  • Wadah atau mangkuk
  • Gelas bermulut bundar
Cara memainkan.
  • Campur tepung terigu, air, dan kopi dalam wadah
  • Uleni hingga kalis,
  • Pipihkan adonan dengan rolling pin,
  • Kemudian cetak adonan sesuai selera menggunakan cookie cutter,
  • Cetak sisa adonan menggunakan mulut gelas membentuk bulan sabit,
  • Tunggu hingga adonan kering, dan dapat dikreasikan dengan mewarnainya menggunakan cat air.
Misi Moon Dough Pottery ini bermanfaat untuk melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung, dan meningkatkan kreativitas anak. Ada yang penasaran gak manfaat kopi untuk apa?

Kopi bermanfaat untuk menambahkan aroma serta agar adonan memiliki tekstur untuk melatih sensori anak.


Alien Egg Game



Bahan yang dibutuhkan.
  • Balon warna warni 10 pieces
  • Glitter 10 gram
  • Air
  • 2 buah ember besar
  • Kursi
Cara memainkan.
  • Isi balon warna-warni dengan air hingga terlihat seperti telur, ikat,
  • Masukkan air dan glitter ke dalam ember 1,
  • Letakkan balon warna-warni dalam ember berisi air dan glitter,
  • Ajak anak untuk menyelamatkan "telur alien" ke ember 2 sambil berhitung. Supaya lebih seru, boleh dicoba memindahkan telur menggunakan kaki.
Manfaat dari misi Alien Egg Game adalah untuk melatih motorik serta kemampuan berhitung anak.

Mochi Sugar Swirl


Bahan yang dibutuhkan.
  • Paddle Pop Mochi Choc Vanilla
  • Gula halus (icing sugar)
  • Susu cair 1-2 sendok makan (boleh diganti air biasa)
  • Pewarna makanan
  • Wadah atau mangkuk
  • Piping bag (optional)
Cara membuat.
  • Campur gula halus, pewarna makanan, dan susu.
  • Letakkan Paddle Pop Mochi Choc Vanilla dalam wadah, kemudian hias dengan larutan pewarna makanan, gula, dan susu tadi.
  • Bisa ditambahkan toping juga sesuai dengan kreativitas masing-masing.
Manfaat dari misi Mochi Sugar Swirl adalah untuk melatih kemampuan motorik halus serta meningkatkan kreativitas anak.



"Benda apa yang memiliki 2 jarum dan bisa dipasang di dinding mau pun tangan?" Disela-sela menyelesaikan misi, Kak Nurul memberi tebak-tebakan kepada para peserta.

Jawabannya, jam. Tahu gak, ternyata satu hari di Jupiter itu hanya berlangsung selama 10 jam, beda dengan bumi yang membutuhkan waktu 24 jam untuk berotasi pada porosnya.

Lanjut ke tebakan selanjutnya, aku adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Planet apakah aku?

Kalau ini pasti semuanya bisa jawab donk, ya?

Planet yang dihuni oleh makhluk hidup adalah bumi. Satu tahun di Jupiter sama dengan 11.8 tahun di Bumi. Tahu gak kenapa? Karena meskipun Jupiter butuh waktu yang relatif singkat untuk berotasi, namun ternyata Jupiter butuh waktu yang lebih lama untuk mengitari matahari alias berevolusi.

Tebakan terakhir, nih. Zat apa yang ringan dan bersifat seperti udara?

Apaaa? Oksigen?

Banyak banget, nih, yang menjawab salah. Zat yang ringan bukan oksigen melainkan gas. Dan Jupiter merupakan raksasa gas yang terdiri dari hidrogen serta helium. Jadi ingat balon helium yang bisa terbang kalau gak dikasih pemberat, deh. Gimana jadinya ya kalau manusia hidup di Jupiter? Mau beraktivitas harus pakai pemberat deh kayaknya, kalau gak bisa melayang-layang di udara, hehehe.

Setelah misi terselesaikan, tiba saatnya untuk kembali ke Bumi. Waktu sudah menunjukkan hampir pukul 12 siang, Aliennya mau tidur siang, nih, kayaknya, hehehe. Dan dari ketiga misi tersebut, bisa ditebak kan mana misi yang paling disukai anak-anak?

Yupz! Misi Mochi Sugar Swirl. Banyak peserta yang tidak mampu menyelesaikan misi ini karena gak sabar ingin segera menikmati Paddle Pop Mochi Choc Vanilla. Gak heran, sih, karena tekstur dari Paddle Pop Mochi Choc Vanilla ini unik banget, kenyal-kenyal gemes gitu. Selain itu rasanya juga super duper yummy karena terbuat dari coklat dan susu. 

Sebelum kembali ke Bumi, seluruh peserta melakukan sesi foto bersama sebagai bukti pernah ke Planet Jupiter dan bertemu alien sekaligus menyelamatkan telur-telur alien.


"Jaga kesehatan dan tetap lakukan protokol kesehatan, ya, teman-teman" pesan dari Kak Ninda sebelum kami kembali ke Bumi. Wah, ternyata kabar pandemi di Bumi sudah sampai ke Planet Jupiter juga.

Tibalah saatnya di penghujung acara, para peserta pun harus kembali ke Bumi dengan cara menyanyi dan menari seperti saat berangkat tadi.

"Bye byeee, Kakak Alien! Semoga bisa bertemu lagi"

Meskipun ada beberapa kendala teknis, acara berlangsung seru serta banyak informasi baru tentang tata surya khususnya Planet Jupiter yang kami dapat. Ditambah, Kak Melki Bajaj juga kocak banget dengan berbagai celetukannya. Rolling pin fungsinya untuk rol rambutlah, haduh ada-ada aja.

Untuk teman-teman yang ketinggalan keseruan jalan-jalan ke Planet Mochi kemarin, bisa menyaksikan kembali di official chanelnya Paddle Pop dan seru-seruan bareng keluarga. Siapa bilang di rumah aja gak bisa ke mana-mana?

Info selengkapnya tentang acara-acara Paddle Pop.
Instagram: @Paddlepop.idn

1 komentar:

  1. Eh tebak2annya sukaaa deh, Krn nambah ilmu sbnrnya. Jujur aku malah ga tau kalo Jupiter hanya butuh 10 jam berotasi dan 1 THN di sana = 11 tahun di bumi :o. Anak2 kalo diksh tebak2an sekalian belajar gini, pasti seneeeeng.

    Dan eskrim mochinya Walls blm aku coba nih mba. ntr mau cari ah, utk stok es krim di rumah. Serumah kami suka bgt Ama eskrim, JD hrs selalu ada stoknya. Dan Walls termasuk salah satu jenis eskrim yg aku percaya kualitasnya :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p