Kamis, 12 Agustus 2021

Review Scarlett Facial Wash dan Acne Serum untuk Jerawat pada Ibu Menyusui

Kalau belakangan ini banyak orang yang mengeluh terkena maskne alias muncul jerawat karena sering memakai masker, sedangkan saya justru muncul jerawat di saat tidak pernah pakai masker.

Gimana tuh maksudnya?

Jadi, 3 minggu sebelum PPKM berlaku, saya tuh udah gak pernah kemana-mana lagi. Keluar sesekali untuk membeli keperluan itu pun yang turun dari mobil pak suami, selebihnya full di rumah dan gak pernah pakai masker donk. Eh, ya kok malah muncul jerawat di beberapa bagian padahal gak lagi menstruasi.

Penyebab jerawat yang saya alami jelas bukan karena gak pakai masker, melainkan belakangan ini mood saya naik turun karena stres dengan kondisi pandemi dan mungkin itu yang memicu beberapa jerawat muncul. Ditambah saya juga jadi malas memakai skincare, bener-bener kayak gak ada semangat.

Akhirnya sekarang saya mencoba mencari kesibukan untuk mengalihkan stres. Hampir tiap hari saya rajin membuat konten di berbagai sosial media. Bodo amat mau ada yang nonton apa gak, pokoknya saya bahagia. Ketika mood lebih baik, saya jadi semangat lagi untuk beraktivitas termasuk rutin menggunakan skincare.

Sudah 3 minggu ini saya mencoba facial wash dan acne serum dari Scarlett by Felicia Angelista. Saya tahu sudah banyak banget yang mereview skincare dari Scarlett tapi ijinkan saya juga memberi review dari sudut pandang ibu menyusui dengan kondisi kulit yang mudah berjerawat.


Scarlett Brightening Facial Wash

Nomor BPOM RI: NA 1818202303

Harga: Rp 75.000,00

Kemasan


Scarlett Brightening Facial Wash datang dengan dusbox berwana pastel, perpaduan antara warna merah muda dan ungu. Desain dusboxnya terlihat minimalis dan manis. Pada dusbox tertera keterangan manfaat, cara pakai, serta komposisi dalam bahasa inggris. Ada stiker tambahan yang memuat cara pemakaian dalam bahasa indonesia, nomor BPOM, serta barcode untuk mengecek keaslian produk.

Botol kemasannya sendiri berbentuk tabung panjang dan ramping berwarna bening dengan tutup fliptop. Jarang banget saya menemukan botol facial wash berbentuk seperti ini. Warna botolnya yang bening memudahkan kita untuk melihat isi kemasan.


Komposisi


Seperti biasa, hal pertama yang saya cari ketika akan mencoba facial wash adalah ada kandungan SLS-nya atau tidak, karena seringkali kulit saya kurang cocok menggunakan produk ber-SLS. Oleh karena itu, saya senang sekali saat mengetahui, bahwa Scarlett Facial Wash tidak ada kandungan SLS-nya.

Selain itu, Scarlett Facial Wash juga mengandung Glutathione yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban, Vitamin E untuk membantu mengatasi peradangan, Rose Petal untuk menyegarkan kulit, serta Aloe Vera untuk menenangkan kulit.

Saya juga melihat ada kandungan yang sedang ngehits belakangan ini dalam Scarlett Facial Wash yaitu Niacinamide. Niacinamide sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kulit seperti melembabkan kulit, mengurangi noda hitam, mencerahkan kulit, serta mengurangi peradangan. Kalau dilihat dari fungsi kandungannya sih, facial wash ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk yang cenderung berjerawat, ya?

Komposisi lengkap Scarlett Facial Wash adalah sebagai berikut.

Aqua Demineralisata, Coconut Fatty Acid Diethanolamide, Glycerin, Rosa Canina Flower (Rose Petal), Cocamidopropyl Betaine Ammonium Salt, Niacinamide, Glutathione (Glycine), Tocopheryl Acetate (Vit E), Acrylates Copolymer, Aloe Vera Leaf Extract, Triisopropanolamine, Dmdm Hydantoin, Edta, Glass Beads.


Tekstur dan Aroma


Tekstur dari Scarlett Facial Wash ini menyerupai gel agak cair dengan warna bening yang dilengkapi dengan butiran microbeads dan rose petal berukuran mini. Meskipun terdapat microbeads di dalamnya namun ketika diaplikasikan di wajah sama sekali tidak terasa kasar atau mengganggu.

Karena tidak mengandung SLS, busa yang dihasilkan terasa halus dan tidak melimpah.

Aromanya sendiri seperti perpaduan buah dan bunga yang segar. Saya mencium ada wangi khas yang mirip seperti Scarlett Body Wash. Saya pribadi suka dengan wanginya yang segar namun gak kerasa nyegrak di hidung.


Kesan Pemakaian


Selama 3 minggu ini saya selalu mencuci muka dengan  Scarlett Facial Wash 2 kali sehari. Dan Alhamdulillah tidak ada efek negatif yang muncul di kulit wajah saya. Dan yang paling saya suka dari Scarlett Facial Wash adalah tidak menimbulkan efek kering dan terasa ketarik setelah menggunakannya.

Untuk kemampuan membersihkannya sendiri, facial wash ini cocok sebagai first cleanser di pagi hari, jika untuk membersihkan make up apalagi yang agak tebal, harus disertai dengan double cleansing.

Entah kenapa Scarlett Facial Wash ini kok agak underrated dibanding produk Scarlett lainnya, padahal menurut saya kualitasnya gak kalah dengan produk yang lebih mahal.


Scarlett Acne Serum

Nomor BPOM: NA 18200104454

Harga: Rp 75.000,00

Kemasan


Sama seperti facial washnya, Scarlett Acne Serum juga dilengkapi dengan dusbox dominan berwarna putih. Tiap serum dari Scarlett memiliki warna kemasan berbeda-beda sesuai dengan variannya. Untuk varian Acne Serum kemasannya berwarna ungu.

Pada dusbox terdapat keterangan kompisisi, cara pakai, nomor BPOM, dan barcode untuk mengecek keaslian produk.

Botolnya sendiri terbuat dari kaca yang tebal dan kokoh dengan tutup berupa silikon berwarna putih yang juga berfungsi sebagai pipet. Saya suka sekali dengan botol kemasan Scarlett serum ini karena kualitasnya bagus dan tutupnya rapa, gak terlihat murahan padahal harga serumnya di bawah Rp 100 ribu.

Kalau pada dusbox memuat komposisi lengkap, botol serumnya sendiri hanya menampilkan kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam serum.


Komposisi


Scarlett Acne Serum memiliki kandungan 5 bahan aktif yang dipercaya dapat meredakan masalah jerawat pada kulit yaitu, Tea Tree Water, Jeju Centella Asiatica, Vitamin C, Salicylic Acid, dan Liquorice Extract.

Setahu saya, Salicylic Acid atau BHA ini tidak disarankan untuk ibu hamil khususnya jika presentasenya di atas 2 %, tapi kalau ibu menyusui seperti saya ,sih, boleh-boleh aja. Tapi kalau ragu, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.

Selain itu, Scarlett Acne Serum tidak mengandung alkohol dan fragrance sama sekali sehingga sepertinya cocok bagi mereka yang sensitif dengan kandungan pewangi dalam skincare.

Komposisi lengkap Scarlett Acne Serum adalah sebagai berikut.

Aqua, Melalueca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, Isotearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanidiol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum -1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1-Butanol, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil.


Tekstur dan Aroma


Scarlett Acne Serum ini memiliki tekstur yang cenderung cair tapi gak terlalu ruiny. Jika ditetes ke kulit, dia gak langsung "lari" gitu. Saya suka dengan tipikal tekstur serum yang seperti ini. Karena rasanya pas aja gitu ketika diaplikasikan di muka. Gak bikin wajah berasa basah mau pun lengket juga.

Karena gak mengandung fragrance, saya mencium ada aroma yang kurang familiar ketika serum pertama diaplikasikan ke kulit. Mungkin ini aroma dari campuran komposisi yang ada di serum. Aromanya gak terlalu mengganggu, kok, cenderung samar dan setelah beberapa saat akan hilang.


Kesan Pemakaian 


Sesuai dengan petunjuk pemakaian, saya biasanya mengaplikasikan Scarlett Acne Serum 2 kali sehari.

Ketika diaplikasikan ke kulit wajah, serum ini cepat sekali menyerap tapi masih meninggalkan rasa lembab. Karena teksturnya cair, cukup 2 hingga 3 tetes saja sudah bisa menjangkau seluruh area wajah.

Pada wajah saya yang memang sedang ada beberapa jerawat, Scarlett Acne Serum terlihat dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya peradangan. Hanya butuh 2 hari saja untuk jerawat kecil bisa hilang. Sedangkan untuk jerawat mendem alias yang ada di bawah lapisan kulit, awalnya jerawat dimunculkan dulu ke permukaan kulit setelah itu baru mengempis secara perlahan.

Senang sekali, ternyata saya cocok dengan facial wash mau pun acne serum dari Scarlett. Ditambah harganya juga terjangkau, jadi gak perlu pusing kalau mau repurchase. Malah saya tertarik juga untuk mencoba produk skincare dari Scarlett lainnya.

Oh iya, rangkaian skincare dari Scarlett selain sudah terdaftar di BPOM, juga cruelty free, serta bebas merkuri, dan hydroquinone. Jadi aman untuk ibu menyusui seperti saya.

Produk-produk dari Scarlett by Felicia Angelista bisa dibeli di official shopnya di Shopee, ya. Berikut link pembeliannya,

https://shopee.co.id/scarlettofficialshop?smtt=0.0.9

Untuk teman-teman yang sedang berjuang dengan jerawat, semangat, ya. Cari referensi sebanyak-banyaknya tentang perawatan kulit sambil pelan-pelan mengenal kondisi kulit kita dan tahu mana komposisi yang cocok mana yang tidak.






1 komentar:

  1. Beda jenisnya, beda teksturnya. Klau yg brightly ever after teksturnya cair. Begitu ditetesin ke kulit langsung meluncur 😀

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p