Sabtu, 16 Januari 2021

Bayi Menangis Histeris di Malam Hari? Sawan Atau Kolik?


Beberapa hari belakangan jam tidur saya dan suami agak berkurang dikarenakan hampir tiap malam Kama selalu terbangun tengah malam sambil menangis histeris dan kejadian ini berulang terus hingga pagi hari. Jadi sepanjang malam saya bergantian dengan suami untuk menenangkan Kama dengan cara menggendongnya serta membalurkan minyak telon untuk kulit sensitif ke badannya.

Kalau kata orang tua jaman dulu, bayi tiba-tiba menangis pasti bakal dikira lagi sawan atau diganggu makhluk astral, hehehe. Tapi sebenarnya bayi menangis histeris tanpa sebab seperti yang dialami Kama ada penjelasan ilmiahnya, yaitu kemungkinan bayi sedang mengalami kolik.

Dari yang saya baca di buku Mommyclopedia, Panduan Merawat Bayi 0-1 Tahun karangan Dokter Meta Hanindita, kolik sendiri biasanya terjadi dari usia 3 minggu setelah lahir hingga usia 4 bulan. Berlangsung setidaknya 3 jam perhari, minimal 3 hari dalam seminggu, dan bisa berlanjut hingga 3 minggu.

Penyebab paling sering terjadinya kolik adalah karena GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) di mana asam lambung bayi naik sehingga bayi lebih kesakitan saat dalam posisi tidur, sensitif terhadap makanan ibu menyusui seperti diary product atau yang mengandung kafein, serta alergi terhadap susu formula.

Kama sendiri sudah kali ke 2 mengalami kolik. Dulu yang pertama saat kami melakukan perjalanan Banyuwangi-Sidoarjo. Mungkin karena kecapekan menempuh perjalanan darat berjam-jam sehingga Kama merasa tidak nyaman pada badannya. Sedangkan yang belakangan terjadi saya gak tahu penyebab pastinya apa, yang jelas cara saya mengurangi gejalanya sama dengan waktu pertama kali Kama kolik dulu yaitu dengan melakukan pijat kolik menggunakan Mama's Choice Calming Tummy Oil.

Sekilas Mama's Choice Calming Tummy Oil mirip dengan minyak telon yang digunakan untuk menghangatkan badan bayi. Fungsinya memang hampir sama tapi ada beberapa hal yang sedikit berbeda seperti Mama's Choice Calming Tummy Oil juga dapat juga digunakan untuk #kurangiworry saat bayi mengalami kolik dan membuatnya lebih nyaman #seamanpelukanmama.

Berikut review Mama's Choice Calming Tummy Oil berdasarkan pengalaman saya untuk mengatasi gejala kolik yang dialami Kama.


Kemasan Mama's Choice Calming Tummy Oil


Kemasan dari Mama's Choice Calming Tumny Oil dilengkapi dengan dusbox yang memuat beberapa informasi terkait produk beserta tutorial untuk pijat kolik. Warna kemasannya hampir sama dengan rangkaian produk perawatan bayi dari Mama's Choice lainnya yang didominasi dengan warna kuning dan putih.

Baca juga: Pengalaman Mengatasi Ruam Kemerahan di Leher Bayi Dengan Mama's Choice Rash Cream

Botol minyaknya sendiri terbuat dari plastik bening yang kokoh. Sayangnya tutup botolnya yang juga terbuat dari plastik bening mudah sekali lepas dan rada tricky untuk membuatnya bisa tertutup rapat. Untungnya mulut botolnya berupa pump sehingga meskipun tutupnya hilang atau tidak rapat, isi produk tidak mudah tumpah.


Komposisi Mama's Choice Calming Tummy Oil


Sebelum membahas komposisi dari Mama's Choice Calming Tummy Oil, saya mau tanya dulu nih. Di umur berapa kalian tahu kalau penamaan minyak telon itu berasal dari bahasa Jawa yaitu telu alias tiga?

Kalau saya baru aja tahu waktu mau nulis artikel ini, haha. Asal muasal dinamakan minyak telon karena komposisi dasar dari minyak ini terdiri dari 3 bahan yaitu minyak kelapa, minyak adas, dan minyak kayu putih.

Meskipun sekilas memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk menghangatkan badan bayi tapi Mama's Choice Calming Tummy Oil memiliki komposisi yang jauh berbeda dengan minyak telon biasanya.

Mama's Choice Calming Tummy Oil mengandung 3 jenis Essential Oil yaitu, Nutmeg Oil yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan perut kembung melalui pijatan pada perut, Lavender Oil yang bermanfaat dalam membantu menenangkan dan mengatasi gejala sakit perut melalui pijatan pada perut, dan Chamomile Oil yang berfungsi untuk merelaksasi melalui pijatan agar bayi tidur lebih nyenyak serta dilengkapi dengan Coconut Oil dan Olive Oil yang bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit bayi.

Yang pasti, komposisi Mama's Choice Calming Tummy Oil dijamin aman, halal, dan natural. Tidak mengandung bahan aneh-aneh apalagi yang toksin bagi anak-anak.


Tekstur dan Aroma Mama's Choice Calming Tummy Oil


Tekstur dari Mama's Choice Calming Tummy Oil ini sedikit kental dan agak lama meresapnya tapi justru tekstur seperti ini enak kalau digunakan untuk memijat badan bayi karena gak seret.

Aromanya sendiri saya bilang rada ajaib karena mirip karakteristik parfum yang memiliki tingkatan aroma berbeda. Jadi, ketika pertama dituang yang tercium adalah wangi lembut khas bayi, begitu diusap ke kulit aromanya berubah menjadi aroma rempah yang kuat, dan setelah beberapa saat aromanya berubah lagi menjadi perpaduan wangi lembut dan rempah yang mirip sereh. Tapi anehnya, saya perhatikan pada komposisinya sama sekali gak ada Sereh di dalamnya. Kemungkinan aroma sereh yang saya rasakan berasal dari kandungan Minyak Buah Pala alias Nutmeg Oil.


Kesan Pemakaian Mama's Choice Calming Tummy Oil


Entah udah masuk minggu ke berapa saya menggunakan Mama's Choice Calming Tummy Oil untuk Kama. Yang jelas sekarang udah botol ke 2 dan itu pun isinya sudah tinggal separuh.

Biasanya Mama's Choice Calming Tummy Oil yang balurkan ke badan Kama setiap selesai mandi agar badannya hangat. Nah, kalau Kama sedang mengalami kolik, Mama's Choice Calming Tummy Oil jadi andalan saya untuk melakukan pijat kolik di sekitar area perut Kama.

Berdasarkan pengalaman saya, pijat kolik menggunakan Mama's Choice Calming Tummy Oil ampuh banget untuk mengurangi gejala kolik yang Kama alami. Setelah area perutnya dipijat, pasti deh tidurnya jadi lebih nyenyak dan tangisan histerisnya jauh berkurang.

Step pijat untuk kolik menggunakan Mama's Choice Calming Tummy Oil yang saya lakukan sesuai dengan tutorial yang ada pada kemasan, yaitu.

  • Usap tubuh bayi perlahan
  • Usap perut searah jarum jam
  • Pijat dengan ibu jari melawan arah jarum jam
  • Usap telapak tangan ke arah luar pusar
  • Usap bagian pusar
  • Sentuhan jari berjalan ke luar pusar
Udah jelas atau malah makin bingung dengan tutorial pijat koliknya?

Makanya beli donk Mama's Choice Calming Tummy Oil karena tutorial pijat kolik pada kemasannya sudah dilengkapi dengan gambar ilustrasi sehingga lebih mudah untuk dipraktikkan di rumah, hehehe.

Harga Mama's Choice Calming Tummy Oil adalah Rp 79 ribu. Jangan lupa gunakan kode voucher MAMAMERISKA jika belanja di website www.mamaschoice.id untuk mendapatkan potongan harga Rp 25 ribu dengan minimal belanja Rp 90 ribu. Gratis ongkos kirim se-Jabodetabek.

Info lebih lanjut mengenai produk Mama's Choice lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p