Sabtu, 17 Oktober 2020

Review Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mama's Choice Hair Care Series

Setelah melewati berbagai rintangan dan lika-liku kehamilan selama 9 bulan, dulu saya pikir semua akan selesai setelah persalinan. Akhirnya saya bisa melihat bayi mungil yang sudah lama kami nantikan, semua keluhan kehamilan tak lagi saya rasakan, dan kami pun hidup happily ever after, macam di cerita dongeng ye kaan?

Tapi ternyata tidak semudah itu, Fulgoso!

Setelah persalinan seorang ibu baik yang melalui proses sesar mau pun pervaginam masih harus melewati masa pemulihan . Setelah melahirkan rahim masih berkontraksi untuk mengembalikan posisinya ke tempat semula, ditambah nyeri nifas yang lebih sakit dari menstruasi, serta jahitan yang masih nyut-nyutan. Baiknya sih ibu harus banyak istirahat agar fisiknya cepat pulih tapi di satu sisi ada bayi yang setiap saat menangis minta disusui. Lalu terjadilah drama menyusui lalala yeyeye itu, dari pelekatan belum sempurna, ASI kurang lancar, tongue tie, lip tie, growth spurt, puting lecet, mastitis, badan meriang, dan masih banyak lagi yang gak cuma berpengaruh pada kondisi fisik tapi mental juga ikut dibuat lelah.

Dua bulan berlalu, badan sudah pulih, jahitan sudah kering, nifas berakhir, dan drama menyusui pun sudah mulai berkurang. Tapi apa semua sudah selesai?

Belum! 

Please, Welcome... drama rambut rontok!

Buat yang berkerudung seperti saya, mungkin masalah rambut rontok gak terlalu berpengaruh ke penampilan atau kondisi fisik tapi kadang risih juga melihat helaian rambut tersebar di segala penjuru rumah. Di kamar mandi, kasur, lantai rumah, kaki meja, di mana-mana selalu ketemu rambut lagi rambut lagi. Capek juga membersihkannya terus menerus seperti gak ada habisnya.

Karena belum tahu bahwa pasca persalinan seorang ibu rata-rata akan mengalami masalah kerontokan rambut, dulu saya sempat kuatir mengidap penyakit tertentu waktu melihat rambut saya rontok banyak banget 2 bulan setelah melahirkan anak pertama. Akan tetapi setelah membaca artikel kesehatan, ternyata rambut rontok pasca melahirkan itu adalah hal yang wajar terjadi. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan kerja hormon estrogen saat hamil dan setelah melahirkan.

Baca juga: Rambut Rontok Saat Menyusui: Penyebab dan Solusi Aman

Ngomongin soal rambut rontok pasca persalinan, beberapa hari setelah Kama, anak ke tiga saya lahir, saya mencoba berikhtiar menggunakan shampoo dan conditioner khusus rambut rontok yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, Mama's Choice Treatment Shampoo dan Mama's Choice Treatment Conditioner agar saya bisa #KurangiWorry akan masalah rontok setelah melahirkan.

Sudah lebih dari 2 bulan saya menggunakan Mama's Choice Hair Care Series ini. Dan berikut review lengkapnya berdasarkan pengalaman saya.


KEMASAN

Baik shampoo mau pun conditionernya dikemas dalam botol berbentuk tabung yang ramping dan tinggi dengan tutup berupa pump. Bedanya kemasan shampoo dominan berwarna putih sedangkan conditioner berwarna shocking pink. Kalau dijejerin jadilah perpaduan warna yang eye catching.

Dan sama seperti produk Mama's Choice lainnya, desain kemasan pada shampoo dan conditionernya juga simple, clean, gak neko-neko, tapi tetap terkesan chic dan ceria.


KOMPOSISI


Baik shampoo mau pun conditionernya memiliki komposisi utama yang sama yaitu kiwi yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, kemiri untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, serta green pea (kacang polong) untuk meningkatkan kekuatan akar rambut dan merangsang pertumbuhan yang lebih sehat.

Seperti produk Mama's Choice lainnya, dalam produk hair care series ini juga tentunya mengandung bahan yang aman, natural, dan halal. Selain itu yang membuat saya suka dengan produk ini, SLS tidak ada dalam daftar komposisinya. Masih jarang banget kan produk rambut, khususnya shampoo yang bebas dari SLS. Dan untuk shampoonya, saya perhatikan sudah tidak menggunakan silicone lagi tapi conditionernya masih ada Dimethicone dalam daftar komposisinya.

Komposisi lengkap dari Mama's Choice Hair Care Series adalah sebagai berikut.

Komposisi Mama's Choice Treatment Shampoo

Sodium Cocoyl Glutamate, Water, Sodium Cocoamphoacetate, Citric Acid, Sorbeth-450 Tristearate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, PEG-9 Cocoate, Fragrance, Glycerin, Sodium Chloride, Propanediol, PEG-32 Distearate, PEG-175 Distearate, Polyquaternium-10, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Aleurites Moluccana (Candlenut) Extract, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Butylene Glycol, Pisum Sativum (Pea) Peptide.

Komposisi Mama's Choice Treatment Conditioner

Water, Cetearyl Alcohol, Glycerin, Bis-Aminopropyl Dimethicone, Behentrimonium Methosulfate, Polyquaternium-10, Dimethicone, Fragrance, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Cetyl Alcohol, Propanediol, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Butylene Glycol, Aleurites Moluccana (Candlenut) Extract, Pisum Sativum (Pea) Peptide.


TEKSTUR DAN AROMA

Mungkin karena memiliki komposisi utama yang hampir sama, jadi aroma shampoo dan conditionernya terbilang mirip. Sama-sama memiliki aroma kiwi yang manis dan segar. Bedanya aroma conditioner sedikit lebih kalem dan milky.

Setelah rambut dibilas, aroma kiwinya berubah menjadi aroma berbeda. Susah jelasin aroma apa, yang jelas wangi rambut jadi mirip seperti habis perawatan di salon. Enaaakkk banget, mana wanginya tahan lama pula.

Secara tekstur, Mama's Choice Treatment Shampoo memiliki tekstur bening dan cair sedangkan conditionernya hampir sama dengan conditioner pada umumnya yang memiliki tekstur kental berwarna putih.


KESAN PEMAKAIAN


Sekarang umur Kama sudah menginjak 2,5 bulan, dan entah belum waktunya atau memang berkat menggunakan Mama's Choice Treatment Shampoo dan Conditioner secara rutin tiap 2-3 hari sekali selama 2 bulan, sampai saat ini saya belum dihampiri masalah rambut rontok sama sekali. Yaa, paling ada rambut rontok 1-2 helai aja yang nyangkut saat disisir. Nanti kalau Kama sudah berusia lebih dari 3 bulan saya akan update lagi mengenai kondisi rambut saya.

Selain itu saya merasa bahwa rambut saya menjadi lebih tebal dan banyak anak rambut yang tumbuh. Pak suami juga bilang kalau rambut saya jadi terlihat lebih berkilau dan lembut. Tapi bukan tipikal lembut yang lemas, haluuuss banget gitu ya. Ini tuh lembut yang pas gak lebay.

Yang paling amazing sih, pernah 5 hari gak keramas tapi rambut saya tetap wangi, gak lepek, atau berminyak. Padahal tahu sendiri kan gimana gerahnya wilayah Surabaya dan sekitarnya itu?


HARGA

Baik Mama's Choice Treatment Shampoo mau pun Mama's Choice Treatment Conditioner memiliki harga yang sama yaitu Rp 99 ribu. Bisa juga membeli paket bundling seharga Rp 179 ribu.

Produk-produk Mama's Choice dapat dibeli di Official Shopnya di Shopee. Dapatkan potongan sebesar Rp 25 ribu untuk minimal pembelian produk Mama's Choice sebesar Rp 150 ribu dengan cara memasukkan kode voucher MAMAMRSKA di profil Shopee akunmu.

Info lebih lanjut mengenai produk Mama's Choice lainnya.

Instagram: @mamaschoiceid

13 komentar:

  1. Benar banget masalah rambut rontok paling menyebalkan deh jadi harus butuh perawatan yang maksimal dengan pake mama choice rambut kembali sehat

    BalasHapus
  2. Kalau bukan bumil atau busui bisa gak, ya? Saya suka khawatir juga kalau rambut udah rontok

    BalasHapus
  3. Wah ada Mama's Choice Treatment Shampoo dan Mama's Choice Treatment Conditioner bundling ya .. lebih mudah jadinya. Para bumil dan busui tidak perli khawatir soal perawatan rambut karena Mama's Choice bahan2nya aman.

    BalasHapus
  4. Bener nih semenjak lahiran tu aku gak pernah lg punya rambut lbh dr sebahu, sampai skrng jg rambut pendek hehe.
    Tp masalahnya kalau hamil atau abis lahiran kan takut ya pakai produk macem2, kalau ada shampoo dan conditioner khusus buat bumil busui kyk mamaschoice ini enak deh lebih tenang yaa

    BalasHapus
  5. Nah nah. Senang sekali dengan pilihan Mamas Choice mba. Paket perawatan khusus ibu hamil yang aman dan nyaman buat ibu hamil dan menyusui

    BalasHapus
  6. Dulu saya juga ngalami rambut rontok banyak banget pasca melahirkan. Sekarang memang ga sebanyak dulu rontoknya, tapi ya masih kategori rontok menurut saya. Mungkin bisa mencoba mama's Choice mungkin yaa...

    BalasHapus
  7. Selama hamil syukurnya aku nggak rontok rambutnya, cma emang rada lembab, berketombe dan nggak nyaman aja klo nggak keramas lebih dari sehari, syukurnya pake Mama's choice lbh membantu sih krn teksturnya cepet bngt dibilas

    BalasHapus
  8. Bisa jadi solusi nih ya untuk yg punya masalah rambut rontok. Kalo aku biasanya ketombean gitu sih, kalo rontok nggak terlalu

    BalasHapus
  9. Mama's choice pengertian bgt sama para bumil dan busui ya mbak...
    Memberikan produk perawatan yg aman, agar bisa tetap cantik meski sedang hamil ataupun menyusui

    BalasHapus
  10. Memang karena perubahan hormon saat hamil dan menyusui itu rambut rontoknya parah banget . Apalagi yang juga ounya riwayat rambut rontok sebelumnya .

    BalasHapus
  11. Selama hamil dan menyusui hal yang paling harus diperhatikan dari bagian tubuh itu adalah rambut kalau saya suka rontok bersyukur ada mama choice yang bisa membantu ibu hamil dan ibu menyusui ya mbak

    BalasHapus
  12. Packagingnya cakep hehe. Btw baru tahu kiwi bagus buat rambut robtok Mbak. Sampai skrg aku masih dengan masalah yg sama hehe

    BalasHapus
  13. Buat bumil maupun busui bisa lebih mudah jadi tampil cantik dengan rasa aman karena perawatan rambutnya dari Mama's Choice

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p