Senin, 26 Oktober 2020

Persiapan MPASI Untuk Kama

Usia Kamayel sekarang sudah hampir 3 bulan yang artinya 3 bulan lagi akan memasuki masa MPASI alias mulai makan makanan padat pendamping ASI. Jadi sekarang saya sudah mulai menyicil perlengkapan MPASI supaya pengeluarannya gak langsung membengkak nantinya.

Emang perlengkapan MPASI itu banyak banget ya?

Gak juga sih, aslinya perlengkapan MPASI itu bisa memanfaatkan alat makan dan masak yang kita punya aja di rumah. Cuman namanya emak-emak kadang suka lapar mata, jadi rasanya semua perlengkapan MPASI yang muncul di market place itu jadi terlihat penting untuk dibeli, padahal mah alasan utama belinya cuma karena designnya lucu aja, huehehe.

Melihat pengalaman MPASI anak-anak sebelumnya di mana banyak perlengkapan yang dibeli tak terpakai, jadi kali ini saya berusaha lebih berhati-hati untuk membeli perlengkapan MPASI supaya gak mubazir nantinya. Mending dananya dialokasikan untuk keperluan lain aja, beli make up dan skin care misalnya, eeeaaa.

Baca juga: Review Sabun Muka Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Jadi apa aja nih perlengkapan yang sudah saya siapkan untuk MPASI Kama nanti?


Buku tentang MPASI

Ilmu MPASI yang saya dapat waktu jaman Alif dan Nayla dulu kebanyakan dari googling dan masuk grup MPASI di facebook. Melihat begitu cepatnya arus informasi dan gak semua yang ada di internet bisa dipastikan kebenarannya jadi saya harus pintar-pintar menyaring informasi yang saya dapat. Dan hal tersebut cukup melelahkan serta memakan waktu. Belum lagi kalau cuma modal googling, teori yang saya dapat ya hasil dari apa yang saya cari aja. Jadi kemungkinan banyak ilmu yang belum saya ketahui. Oleh karena itu dalam mempersiapkan MPASI Kama nanti, saya memilih untuk membeli buku seputar MPASI agar gak perlu capek-capek googling serta supaya teori yang saya dapat gak sepotong-potong lagi.

Saya memilih seri buku Mommyclopedia karangan Dokter Meta Hanindita, dokter spesialis anak yang populer banget di jagat dunia maya. Saya punya semua buku seri Mommyclopedia. Dari 5 seri buku Mommyclopedia, semuanya selalu diselipkan edukasi tentang MPASI tapi yang bahasannya lebih spesifik ada di buku Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Kehidupan, 567 Fakta tentang MPASI, dan 78 Resep MPASI. Bukunya bagus banget, teori yang disampaikan oleh Dokter Meta sangat mudah dipahami oleh saya yang awam ini. Beli salah 1 buku aja sudah cukup kok karena isinya hampir sama.

Kalau keberatan membeli bukunya, teman-teman yang juga sedang mempersiapkan MPASI anaknya bisa menyimak highlight instagram stories Dokter Meta di akunnya. Ilmu yang disampaikan sama persis kok dengan di buku. Atau bisa juga buka akun instagram Dokter Miza Afrizal, melihat video youtube Dokter Tiwi atau Dokter Damayanti. Ilmu tentang MPASI yang mereka jabarkan sama semua.

Intinya anak memulai MPASI ketika umur 6 bulan atau sebelum 6 bulan asal berdasarkan saran dari dokter. Menu untuk awal MPASI langsung berikan menu lengkap atau 4 kuadran, bukan 4 bintang ya, yang terdiri dari karbohidrat, protein (utamakan protein hewani), sumber lemak, dan sayur sedikit sebagai perkenalan. Selengkapnya langsung cus ke akun instagram atau tayangan youtube dokter-dokter yang bersangkutan atau konsultasi langsung dengan dokter anak masing-masing. Dan please, jangan nambahin perkara dengan ngikutin saran dari yang bukan ahlinya ya!


Perlengkapan Masak dan Makan

Untuk perlengkapan masak saya gak menyiapkan sama sekali karena masih ada slow cooker dari jaman Nayla MPASI dulu. Selain itu sama seperti Alif dan Nayla dulu, rencananya menu MPASI untuk Kama nanti mengikuti apa yang saya masak hari itu untuk keluarga. Kalau gak sempat masak atau menu hari itu tidak baby friendly, baru deh memanfaatkan slow cooker atau bubur fortifikasi alias bubur instan.

Tapi kayaknya sih bakal beli hand blender atau food processor untuk menghaluskan MPASInya karena sungguh, melumatkan MPASI menggunakan saringan kawat itu menguji kesabaran sekaleee.

Untuk perlengkapan makan saat ini saya baru membeli sendok, piring, dan mangkok plastik aja yang sebenarnya sudah cukup sekali. Cuma karena saya banyak mau jadi rencananya mau nambah perlengkapan yang membantu bayi untuk belajar makan sendiri.

Selain itu saya juga membeli high chair karena sesuai anjuran dokter, baiknya anak dalam posisi duduk ketika makan untuk mencegah risiko tersedak. Duduknya sih sebenarnya terserah di mana aja, bisa lesehan juga tapi berdasarkan pengalaman Alif dan Nayla yang ketika MPASI saya biasakan duduk di booster seat, mereka jadi terbiasa duduk di high chair saat makan di restoran. Saya dan suami pun bisa makan dengan tenang.


Baby Liquid Cleanser


Saya sebenarnya paling anti dengan peralatan makan berbahan plastik karena selain lebih tricky saat mencucinya, saya juga trauma dulu waktu kecil peralatan makan di rumah suka bau sabun dan saat digunakan untuk makan pun aroma sabunnya masih menyengat. Tapi demi keselamatan anak-anak jadi peralatan makan khususnya saat masa MPASI saya beri yang berbahan plastik. Tahu sendiri ya, anak-anak kalau makan kadang suka heboh sampai piring gelas bisa berjatuhan.

Untuk #kurangiworry ada bau sabun yang menempel atau masih ada deterjen yang tertinggal di peralatan makan, saya memilih menggunakan Baby Liquid Cleanser. Produk yang saat ini saya gunakan adalah Mama's Choice Baby Liquid Cleanser.

Awalnya beli Mama's Choice Baby Liquid Cleanser untuk mencuci breastpump tapi karena ternyata hasilnya memuaskan jadi untuk MPASI Kama nanti saya berencana menggunakan Mama's Choice Baby Liquid Cleanser juga.

Desain packagingnya mirip dengan Mama's Choice Baby Detergent. Perpaduan antara warna putih dan lime green yang segar dengan gambar kartun yang lucu. Bedanya, Mama's Chouce Baby Liquid Cleanser dikemas dalam botol pump.

Baca juga: Cara Menyimpan dan Merawat Pakaian Anak Tanpa Drama

Dan sama seperti produk Mama's Choice lainnya yang selalu menggunakan bahan natural dan bebas dari toksin, Mama's Choice Baby Liquid Cleanser sudah foodgrade dan bebas dari SLS, paraben, serta phtalates sehingga gak perlu kuatir ada residu berbahaya yang tertinggal pada peralatan makan. Selain itu, sabun pencuci ini juga menggunakan tea tree extract sebagai pengganti triklosan yang berisiko merusak sistem kekebalan tubuh.

Kapan hari ada yang bertanya pada saya, apakah produk Mama's Choice sudah bersertifikasi halal?

Jawabannya, semua produk Mama's Choice sudah mengantongi sertifikat MUI sehingga terjamin kehalalannya. Komposisi lengkap Mama's Choice Baby Liquid Cleanser adalah sebagai berikut.

Aqua, Cocamidopropyl Betaine, Potassium Cocoate, Lauryl Glucoside, Cocamide Diethanolamine, Glycerin, Sodium Benzoate, Potasium Sorbate, Tea Tree Extract, Flavour, Polyethylene Glycol.

Dari segi tekstur, Mama's Choice Baby Liquid Cleanser berbentuk konsentrat dengan warna bening dan sedikit cair. Aromanya segar alami yang sepertinya berasal dari tea tree extract dan gak nyegrak. Karena tidak mengandung SLS, busa yang dihasilkan Mama's Choice Baby Liquid Cleanser ini tidak terlalu banyak sehingga mudah dibilas. Tapi jangan salah, meskipun busanya sedikit tapi ternyata cukup ampuh lho untuk membersihkan lemak susu. Kebetulan pak suami suka merebus susu di panci untuk membuat kopi kesukaannya. Dan lemak yang menempel di panci itu susah banget dibersihkan. Lalu kapan hari saya coba merendam panci susu dengan Mama's Choice Baby Liquid Cleanser kemudian dicuci dan dibilas, lemak susunya jadi jauh lebih mudah dibersihkan.

Selain untuk mencuci peralatan makan, saya juga menggunakan Mama's Choice Baby Liquid Cleanser untuk mencuci sayur mayur dan buah-buahan sebelum dikonsumsi. Karena sabun ini gak mengandung pewangi artifisial jadi sama sekali gak ada bau sabun yang tertinggal pada sayur dan buah mau pun peralatan makan.

Baca juga: Penting! Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Virus dan Bakteri

Eits, gak cuma itu, Mama's Choice Baby Liquid Cleanser juga dapat digunakan untuk mencuci mainan anak-anak. Multifungsi banget kan?

Oleh karena itu, Baby Liquid Cleanser ini jadi benda wajib yang dimiliki sebagai pilihan aman mama ketika punya anak.

Mama's Choice Baby Liquid Cleanser bisa dibeli di official akun Mama's Choice di Shopee. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp 49 ribu untuk ukuran 500 ml. Dan seperti biasa, jangan lupa masukkan kode voucher MAMAMRSKA di akun Shopee teman-teman untuk mendapatkan potongan Rp 25 ribu dengan minimal pembelanjaan Rp 150 ribu.

Caranya cukup dengan masuk ke aplikasi Shopee, klik fitur Saya, lalu klik Voucher Saya, dan masukkan kode MAMAMRSKA pada kolom voucher kemudian klik simpan. Setelah kode voucher tersimpan, bisa langsung belanja produk Mama's Choice dan otomatis akan mendapatkan diskon harga jika pembelanjaan mencapai lebih dari Rp 150 ribu.

Info lebih lanjut mengenai produk Mama's Choice lainnya.

Instagram: @mamaschoiceid

Teman-teman, ada yang sedang mempersiapkan MPASI untuk buah hatinya juga seperti saya? Sudah sejauh mana nih persiapannya? Share ya! :)

1 komentar:

  1. Makin komplit aja varian produk nya si mama choice ini ya mba :).untung aja dia muncul saat aku udh ga hamil dan lahiran, bisa2 laper mata dan kalap soalnya beli segala produknya hihihi... Perlengkapan MPASI itu memang suka bikin gemeeees sih. Berasa pgn dibeli semua kalo ketemu gini ntah di toko ato marketplace :D. Banyak jg punya anakku yg akhirnya mubazir. Ujung2nya ksh ke adek2ku yg msh ada bayi waktu itu :D.

    Hand blender memang berguna mba..walopun dulu aku jrg pake, tapi ada. Krn si babysitter Krn udah orang tua, dia LBH suka disaring hahahaha. Katanya ga terbiasa pake si blender. Padahal kan LBH gampang yaaa.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p