Sabtu, 25 Juli 2020

Cara Saya Mengatasi Mual dan Muntah Kehamilan Tanpa Obat


Dulu waktu hamil Alif, saya mengalami mual tiap mencium aroma yang menyengat seperti bumbu masakan dan wewangian. Selain itu saya juga mengalami muntah-muntah sebanyak 3 kali selama masa kehamilan. Saya pikir mual dan muntah tak akan lagi saya rasakan saat hamil Nayla karena merasa sudah berpengalaman hamil sebelumnya. Tetapi ternyata saya salah! Justru saya mengalami muntah jauh lebih parah ketika hamil Nayla yaitu sebanyak 10 kali. Dari sebuah artikel yang saya baca, faktanya mual dan muntah kehamilan adalah salah satu pertanda jenis kelamin bayi lho!


Baca juga: 4 Fakta Mual dan Muntah Saat Hamil yang Wajib Mama Ketahui

Dan bener aja, kehamilan kali ini saya tidak mengalami mual dan muntah yang parah seperti saat hamil Nayla dulu. Setelah periksa USG, eh ternyata jenis kelamin bayinya sama seperti Alif, hehehe. Meskipun begitu, di kehamilan kali ini saya tetap merasakan mual pada hal tertentu terutama di trimester pertama kehamilan.

Mual dan muntah atau bahasa  kerennya morning sickness memang tak bisa dipisahkan dengan yang namanya kehamilan. Hampir sebagian besar ibu hamil pasti merasakan morning sickness terutama di trimester pertama kehamilan. Dari yang saya baca, faktor penyebab terjadinya morning sickness adalah karena adanya perubahan hormon yang menjaga selama masa kehamilan. Makanya kalau ditanya ada gak cara supaya gak merasakan morning sickness selama kehamilan, menurut saya gak ada karena semua itu tergantung bagaimana hormon kehamilan bekerja. Jangankan pada ibu yang berbeda, bahkan di tiap kehamilan pada ibu yang sama pun bisa berbeda-beda keluhannya.

Meskipun tak bisa dihindari, tapi gejala morning sickness bisa dikurangi kok. Berdasarkan pengalaman saya selama beberapa kali hamil, berikut adalah cara saya mengatasi mual saat hamil.

Konsumsi Mama's Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief



Biasanya dokter akan memberi resep vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual kehamilan. Akan tetapi gak semua ibu hamil bisa dengan mudah mengonsumsi obat-obatan. Seperti saya yang justru tambah mual setiap meminum air putih setelah mengonsumsi obat dokter.

Untuk ibu hamil yang kesulitan minum obat-obatan, sekarang sudah ada Mama's Choice Supplement Pregnancy, suplemen kehamilan berupa serbuk yang bisa dinikmati dengan cara diseduh dengan air hangat.

Mama's Choice Supplement ini sudah memiliki kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meringankan mual pada kehamilan. Selain itu vitamin B6 juga bagus untuk meningkatkan metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan, serta perkembangan otak bayi.

Selain memiliki kandungan vitamin B6, Mama's Choice Supplement juga mengandung jahe dan lemon. Jahe sendiri memiliki kandungan bioaktif 6-gingerol yang bermanfaat dalam mengurangi mual, meningkatkan imunitas tubuh, serta menambah nafsu makan. Sedangkan lemon memiliki khasiat dalam melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan.

Tenang aja, rasa jahe dalam Mama's Choice Supplement tidak terlalu strong kok tapi cukup untuk memberi rasa hangat di tubuh dan menyamankan perut. Ditambah asam segar dari lemon membuat rasa Mama's Choice Supplement gak terlalu "njamu".


Selain rasanya yang segar dan membuat perut terasa nyaman serta efektif dalam mengatasi mual kehamilan, saya juga suka dengan cara pengemasan Mama's Choice Supplement yang dikemas dalam box berisi 15 sachet sehingga memudahkan untuk dibawa berpergian.

Ngomong-ngomong soal Mama's Choice, brand satu ini memang masih terbilang baru namun sampai saat ini sudah banyak ibu-ibu yang merasakan manfaat dari produknya dan memberikan review yang positif.

Mama's Choice sendiri merupakan brand yang menyediakan produk dengan bahan aman, halal, natural, serta bebas dari toksin berbahaya untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui sehingga para ibu bisa #kurangiworry dalam mengatasi masalah saat hamil dan menyusui karena yakin produk yang digunakannya tidak berbahaya bagi bayi serta dirinya sendiri.

Selain itu Mama's Choice juga memberikan harga yang terjangkau untuk produk yang ditawarkan. Selain Pregnancy Supplement, Mama's Choice juga memiliki produk lain untuk ibu hamil dan menyusui seperti herbal oil, pasta gigi, mouth wash, massage oil, moisturizer cream, korset, dan masih banyak lagi.


Produk-produk Mama's Choice bisa dibeli secara online di official shopnya di Shopee. Dapatkan potongan sebesar Rp 25 ribu setiap pembelanjaan minimal Rp 150 ribu dengan cara memasukkan kode "MAMAMERIS" di profil akun Shopee teman-teman.

Langkah-langkahnya yaitu masuk ke profil akun Shopee (klik menu "saya" di halaman utama), lalu klik "voucher saya", dan terakhir masukkan "MAMAMERIS" di kolom kode voucher, lalu klik "simpan".


Selalu Sedia Cemilan



Balik lagi ngomongin soal cara saya mengatasi mual dan muntah kehamilan, selain mengonsumsi Mama's Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief, saya juga selalu menyediakan cemilan ringan baik di rumah mau pun ketika berpergian.

Gak cuma ibu menyusui, ibu hamil pun banyak yang tiba-tiba jadi mudah sekali merasa lapar termasuk saya. Kadang rasa lapar yang dirasakan tidak bisa ditahan sama sekali dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut sehingga tak jarang memicu mual dan muntah.

Oleh karena itu selalu sedia cemilan ringan bisa menjadi solusi untuk mengurangi gejala morning sickness. Selain itu mengunyah terus di saya terbukti bisa mengalihkan perhatian dari rasa mual. Pastikan untuk memilih camilan yang rendah gula dan garam agar tidak memicu datangnya penyakit lain seperti hipertensi atau diabetes.

Makan Sedikit tapi Sering



Menjadi ibu hamil itu kadang memang suka serba salah. Di satu sisi gampang sekali merasa lapar, tapi di sisi lainnya juga gampang sekali merasa kenyang sampai menimbulkan rasa begah. Kalau perut terlalu penuh akhirnya malah berujung pada muntah-muntah.

Solusinya porsi untuk makanan beratnya lebih baik dikurangi namun frekuensi makannya ditambah. Pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi seimbang agar nutrisi janin dan ibu hamil juga terpenuhi. Kurangi makan makanan pedas karena bisa memicu kontraksi serta keluhan lainnya seperti maag atau heart burn.

Selain memperhatikan apa yang harus dikonsumsi, memberdayakan diri dengan sugesti positif dan tidak terlalu fokus pada keluhan kehamilan juga bisa mengurangi gejala morning sickness. Selain itu dukungan orang-orang sekitar juga bisa memberi pengaruh yang sangat besar karena bagi saya, masa kehamilan itu adalah momen di mana apa yang terjadi pada tubuh kita seperti serba di luar kendali.

Mood berantakan, mual dan muntah tanpa sebab, serta kondisi fisik yang tiba-tiba mudah lelah atau drop seringkali dialami oleh ibu hamil. Tak heran kalau banyak ibu hamil yang mengalami stress selama kehamilan. Padahal ada benih cinta yang akan hadir di tengah keluarga yang tentunya harus disambut dengan suka cita. Ingat! Kondisi mental ibu hamil juga dapat berpengaruh ke janin lho. Oleh karena itu pastikan kita memiliki support system yang baik agar proses kehamilan berjalan lancar hingga kelahiran yang dinanti tiba.

Info Selengkapnya Tentang Mama's Choice

Instagram: @mamaschoiceid

2 komentar:

  1. Bumil makin happy dan no worry karena banyak produk khusus yang aman dan menenangkan seperti mama's Choice, nih.

    BalasHapus
  2. semangat jeung mer, insyalloh dilancarkan dan dimudahkan tekan due date
    aku baru tahu supplemen ini, ada kandungan jahenya pula cocok buat penangkal muleg muleg

    dan ngemil sering walau dikit ngaruh banget sih jeung timbang makan banyak langsung soorr metu kabeh hehe

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p