Senin, 22 Juni 2020

Roadtrip Semarang-Solo: Baru Hari Pertama Udah Panggil Bengkel

Meskipun akhir tahun 2019 kemarin banyak banget tanggal merah dan harpitnas tapi kami memutuskan untuk stay di rumah aja karena suami gak boleh cuti dan ya pasti di mana-mana ramai kan? Duh males banget, mana rate hotel pada naik pula. Ditambah saya dan anak-anak pada tumbang kena demam karena radang tenggorokan yang pemulihannya astaga lama sekaleee. Berhari-hari glibak-glibuk di kasur terus, buat duduk aja nggliyeng. Untung pas banyak hari libur jadi suami sering di rumah dan bisa bantu ngurus anak-anak.

Singkat cerita setelah berdiskusi ina inu gonta ganti rencana, kami pun berencana untuk berlibur bulan Januari aja saat musim libur udah selesai dengan destinasi ke Semarang dan Solo menggunakan mobil sendiri sekalian nyobain tol trans Jawa biar kayak rang orang, huehehe. Ini pertama kalinya lho kita pakai mobil sendiri buat ke luar Provinsi Jatim, biasanya mah lingkupnya antar kota dalam provinsi aje.

Kami berangkat hari kamis tanggal 9 Januari 2020, jam 11.00 WIB. Rencananya sih berangkat pagi-pagi tapi ya gitu deh, packing belum selesai, mbulet nyiapin anak-anak, dan beres-beres rumah endebra endebre syalalala jadi molor dari rencana awal.

Kami sampai Semarang pukul 16.30 WIB, yupz! menghabiskan waktu 5,5 jam perjalanan. Lumayan lama karena hampir semua rest area kita ampiri, entah buat isi bensin, numpang pipis, makan siang, sampai gara-gara urusan ban mobil yang bunyi terus. Ceritanya sehari sebelum berangkat, pak suami ganti ban mobil di tukang ban deket rumah. Ganti pakai ban bekas yang konon kondisinya masih bagus. Awal berangkat sih baik-baik aja, baru deh pas masuk tol Mojokerto yang notabene dari hotmix kedengaran ada suara gak wajar di mobil.

Btw, saya baru tahu kalau ternyata tol Solo-Semarang itu jalannya ekstrim banget ya? Naik turun belak belok, mana kemarin kita kejer-kejeran sama hujan pula. Syereeem. Tol Malang-Pandaan gak ada apa-apanya. Udah gitu, rest areanya pada belum jadi donk. Ada satu rest area darurat, itu pun pas udah hampir sampai Semarang. Begitu pun dengan jalur sebaliknya alias Semarang-Solo, rest area yang udah berfungsi ada di awal pintu masuk tol.

Semarang

Nasi Ayam Bu Wido

Pemberhentian pertama di Semarang, Nasi Ayam Bu Wido. Bukan karena lapar sih kok langsung njujug kulineran dulu tapi karena menurut google maps jam buka Nasi Ayam Bu Wido itu adalah pukul 16.30 WIB, pas banget dengan jam kita sampai di Semarang. Selain itu konon kalau telat dikit pengunjungnya bakal rame banget.

Bener aja, kali itu kami jadi pengunjung pertama di sana. Sempat mbatin, kok sepi ya? Katanya biasanya rame? Eh gak lama setelah mbatin begitu, pengunjung mulai berdatangan satu per satu.

Nasi ayam Semarang ini mirip sama nasi liwetnya Solo. Ada sayur labu siam dan suwiran ayam yang disiram kuah santan. Porsinya sedikit banget, kalau lagi kelaperan pasti seporsi gak akan cukup. Satu porsi Nasi Ayam Bu Wido dihargai sekitar Rp 12 ribu, maaf udah agak lupa saya. Pokoknya sekitar segitu lah. Ada lauk tambahan untuk mendampingi nasi ayam seperti sate usus, kulit, ceker, dan lain-lain. Selain itu setiap pengunjung akan diberi satu wadah berisi santan kuning kental sebagai saus si lauk pauk tadi. Buat yang doyan pedas mungkin bakal rada kecewa karena di sini gak disediakan sambal. Kalau mau pedas, harus minta porsi sayur labu siamnya agak banyakan.

Soal rasa, menurut saya bumbu tiap isiannya terlalu gurih, legit, dan strong sehingga saling mengalahkan satu sama lain. Enak sih tapi kalau kebanyakan bikin mblenek, kayak ada yang gak balance gitu lho.

Whiz Hotel

Setelah dari Bu Wido, kami langsung menuju hotel yang sudah kami pesan, Whiz Hotel. Lokasinya ada di seberang Mall Paragon, gak jauh dari Lawang Sewu dan Simpang Lima, pokoknya tengah kota banget. Dan yang membuat kita memutuskan untuk menginap di sini selain faktor lokasi, tentu saja karena ratenya yang terjangkau. Cuma Rp 312 ribu sudah termasuk sarapan.

Karena termasuk budget hotel jadi ya semua sudut hotelnya minimalis. Parkirannya gak terlalu luas, begitu juga dengan lobby dan area resepsionis. Jujur, saya udah lupa kamar kami berada di lantai berapa, kalau gak salah lantai 5 apa 7 gitu.

Kamarnya terbilang sempit, buka pintu langsung kasur, di samping kasur ada space dikit terus jendela dan di pojokan ada meja kerja. Area shower, wastafel, dan toilet dibuat terpisah-pisah. Jadi kalau lagi mandi terus mau pipis, kudu keluar area shower terus baru ke toilet. Mengingatkan pada konsep kamar mandi dan toilet jaman dulu di desa-desa, hehehe.

Meskipun sempit, untungnya jendela kamar dibuat memanjang dan memiliki view ke arah jalanan jadi gak terasa sumpek. Kasurnya cukup nyaman meskipun selimut dan spreinya udah waktunya diganti karena rada lusuh dan belel. Handuknya juga! Udah mulai kuning, malah hari ke 2 saya dapat handuk yang sudah robek-robek. Lebih cocok buat jadi keset timbang handuk, huhu.

Malam pertama di Semarang kami gak ke mana-mana. Begitu sampai hotel, Pak Suami langsung menghubungi bengkel terdekat yang punya layanan antar jemput. Soalnya di perjalanan menuju hotel, kondisi mobil sepertinya makin mengkhawatirkan. Suara brebet-brebetnya makin berat dan terasa.

Untuk makan malam, saya memutuskan pesan nasi goreng babat lewat ojek online aja sedangkan Alif dan suami jalan-jalan berdua ke Mall Paragon. Alhasil baru hari pertama, pengeluaran kita udah membengkak aje. Ya gimana gak bengkak, ini orang 2 makannya di CFC terus balik ke hotel bawa J.CO dan Cha Time padahal di Sidoarjo juga ada -_-

Melihat fasilitasnya yang minimalis dan seadanya, jadi ekspektasi saya soal sarapan yang disediakan oleh Whiz Hotel ya paling seadanya juga, malah saya pikir bakal dikasi nasi kotak aja, hehehe.

Eh ternyata, sarapannya di luar ekspektasi. Gak terlalu bervariasi tapi enak-enak.  Kalau gak salah inget hari pertama ada sop sayur, daging, ayam goreng, dan stand Nasi Ayam Bu Sami. Nasi Ayam Bu Sami ini salah satu Nasi Ayam yang terkenal juga di Semarang. Eh ternyata di Whiz Hotel sarapannya tiap hari selalu ada Nasi Ayam ini. Malah pas hari ke 2, sarapannya serba kuliner Semarang lho. Selain Nasi Ayam Bu Sami, ada nasi goreng babat dan wedang tahu juga. Udah deh, cukup ke Whiz Hotel gak perlu kulineran ke mana-mana lagi, huehehehe. Dan menurut saya yang diamini juga oleh pak suami, Nasi Ayam Bu Sami kerasa lebih enak buat lidah kita timbang Nasi Ayam Bu Wido. Meskipun rasa bumbu di Nasi Ayam Bu Sami juga lumayan strong dan bikin mblenek kalau kebanyakan.

Tepat setelah selesai sarapan, mobil kami diantar ke hotel. Ternyata yang bermasalah ada di ban yang baru aja diganti sehari sebelum keberangkatan kami. Jadi Pak Suami membeli ban bekas yang konon kondisinya masih bagus di tukang ban dekat rumah. Rupanya ada satu ban yang kondisinya itu udah ngglembung di salah satu sisinya. Jadilah, bikin mobil gak stabil dan menimbulkan suara mbrebet-mbrebet itu. Sama bengkelnya itu ban dipindah posisi untuk meminimalisir suara mbrebet dan biar mobil tetep bisa dipakai sementara sampai kami kembali ke Sidoarjo. Total kerusakan yang harus dibayar untuk bengkel adalah Rp 400 ribu, fyuuuhh Semarang, kenapa engkau syelalu membuatku tekor?