Minggu, 09 September 2018

Menikmati Ikan Laut Segar di Depot Anda Pelabuhan Kota Pasuruan


Kalau di postingan sebelumnya saya hepi karena akhirnya di Pasuruan kota ada hotel oke juga, nah sekarang giliran kuliner kota Pasuruan nih.

Baca juga:  Horison Hotel Pasuruan, Akhirnya Kota Pasuruan Punya Hotel Moderen dengan Harga dan Fasilitas Oke

Kalau lagi pergi ke suatu kota, saya paling suka ngicip kuliner khas atau yang legendarisnya. Tapi berhubung Pasuruan itu masih wilayah Jawa Timur dan notabene deket banget dari Sidoarjo dan Malang jadi kuliner khasnya ya mirip-mirip seperti Rawon atau Pecel. Boseeennn!


Ada sih nasi punel di Bangil yang legendaris banget tapi jauh dari pusat kota, udah masuk kabupaten. Kuliner Pasuruan kotanya nih, saya gemes banget gak nemu yang unik atau jarang bisa ditemui.

Baca juga:  Pulennya Nasi Punel Bu Hj Lin, Bangil

Sampai akhirnya suami mendapat info mengenai Depot Anda Pelabuhan, rumah makan yang berada di dekat pelabuhan kota Pasuruan dengan menu andalan serba ikan laut, dari teman kantornya. Langsung deh begitu ke Pasuruan kapan hari, saya minta untuk makan siang ke sana sekalian ngajak Alif liat perahu nelayan di pelabuhannya.

Baca juga:  Berwisata di Kota Pasuruan


Ternyata penampakan Depot Anda ini lebih mirip warteg yang menunya kita pilih langsung di etalase, kirain bakal ada pelayan yang nyamperin bawa buku menu gitu, haha. Tempatnya gak terlalu luas, tapi gak sempit juga. Cuma kita datang di saat yang tidak tepat, pas jam kantor istirahat. Walhasil suasana di Depot Anda ramai banget, semua meja penuh terisi. Untungnya ada mas-mas baik hati yang mau berbagi meja sama kita. Kasian kali ya liat saya gendong anak panas-panasan.


Gak semua jenis ikan yang terpampang di papan menu tersedia, tergantung hasil tangkapan juga kayaknya. Jadi pelayannya bakal ngasih tau kita ada ikan apa aja hari itu. Penyajiannya bisa pilih digoreng atau dibakar.

Saya  memilih ikan bawal sedangkan pak suami ikan mata miring yang penyajiannya dengan dibakar. Dari awal suami udah wanti-wanti kalau bakal lama menunggu pesanan kita. Dan ternyata emang beneran lama pake banget, apalagi kita dateng pas lagi rame-ramenya kan. Ya udah deh sabar menanti aja. Buat gambaran ya, kita udah nunggu sekitar 15 menitan aja itu panggangan di depan baru disiapin. Dan itu pun ikan gak langsung dibakar, masih nunggu apinya besar dulu. Untung di hotel kita udah makan nasi kotaknya suami jadi nunggunya gak pake emosi.

Satu paket ikan yang kita pilih datang dengan nasi, sayur rebus, lalap, dan sambal jeruk yang baru dibuat saat ada pesanan jadi dijamin fresh.


Ikannya enak, apalagi bagian atas yang ada bumbunya. Kerasa masih segar dan gak amis. Bawalnya beda dari yang biasa saya makan di rumah makan lain, yang ini gak ada bau lumpur gitu. Kayaknya beda jenis. Tapi saya lebih suka ikan mata miring pesanan suami, dagingnya manis dan tebal plus durinya dikit. Sambalnya gak terlalu pedas. Enak cuman gak wow gitu.

Untuk harga menurut saya lumayan mahal sekitar 35-45 ribu per porsi. Harga Bawal lebih mahal timbang ikan mata miring. Tapi sesuai sama ukuran ikannya yang emang besar, bisa untuk makan 2-3 orang. Cuma di sini emang dibuat untuk satu orang, kalau gak gengsi sih bolehlah pesen nasi 2 ikannya 1 biar hemat :D

Kayaknya Depot Anda ini bakal jadi kuliner wajib kalau ke kota Pasuruan atau kalau lagi pengen ikan laut segar. Lumayaaaann, gak usah jauh-jauh ke daerah pantai di Malang Selatan. Saya juga masih penasaran kalau ikannya disajikan dengan cara digoreng soalnya hampir semua pengunjung di sana memilih ikan goreng, kita doank yang minta ikannya dibakar. Penampakannya juga lebih menggoda kalau digoreng, seperti minta dimakan pakai nasi sebakul gitu.



2 komentar:

  1. Aku baru tau apa itu ikan mata miring, ujarku mslah mursh jeung ketimbang yg kiloan 70 ribu nek di tempatku

    Ysh walo rada lams yg penting rasanya wenak kan hahaha

    Ngiler si liat bumbunya yg remesep di daging
    Aku klo yg nasi nasian mlh bosen

    BalasHapus
  2. Namanya kok lucu "depot anda" hahaha
    Tapi yang penting mah rasanya ya. Meski lumayan mahal gitu, kalau aku mikir harga dulu sebelum makan, lol. Tapi lebih baik belilah, daripada masak ribet. Hehe
    Kapan ya ada kesempatan makan di Pasuruan. Jauh banget guaaaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p