Senin, 20 Februari 2017

Zest Hotel, Jogja, Budget Hotel Dekat Malioboro


Lanjut postingan liburan Jogja-Solo akhir tahun lalu yaa! Maafkan yang punya blog lagi mager parah, sampe membiarkan blognya terbengkalai sekian lama :D

Baca: Catatan Perjalanan Surabaya-Solo-Jogja


Hari ke dua di Jogja, saya memilih untuk mencari hotel yang lebih dekat dengan stasiun Tugu supaya lebih santai aja kalau mau ke stasiun soalnya lokasi Adhistana lumayan jauh dari stasiun sedangkan kita kan hobi ngaret, takutnya malah keburu-buru ngejer kereta nanti.

Baca: Adhistana Hotel, Jogja, Penginapan Kece di Prawirotaman II

Rencananya sih mau cari hotel lewat Zen Rooms karena kebetulan saya punya voucher diskon Zen Rooms. Selain itu waktu di Solo kan udah nyobain Airy Rooms, jadi pengen bandingin aja sama Zen Rooms. Eh tiba-tiba mbak Vinna Lutfi ngasih tau kalau Pegi pegi lagi bagi-bagi voucher diskon 50 % di semua hotel, langsung berubah haluan buat booking hotel lewat pegipegi, kalau Zen Rooms kan vouchernya bisa kapan-kapan. Sayangnya saya kehabisan diskon Pegi-pegi yang 50% tapi dapet diskon 100 ribu, yaah mayanlah.

Baca: Pengalaman Booking Hotel di Airy Rooms Solo

Berdasarkan budget dan kriteria yang kita mau, akhirnya terpilihlah Zest Hotel sebagai tempat kita menginap di malam terakhir. Rate aslinya sekitar Rp 300 ribu lebih, tapi kita dapat diskon dari Pegi pegi jadi cuma Rp 250 ribu. Lokasinya ada di Jalan Gajah Mada, dekat banget dari daerah Sayidan, gak sampai 10 menit dari Malioboro menggunakan kendaraan, asal gak macet ya! Mau ke area keraton juga lumayan deket, ke Tugu Jogja juga deket, secara lokasi lumayan strategis.

Untuk urusan kuliner, lokasinya juga lumayan dekat dari Jalan Taman Siswa, dimana banyak bertebaran kuliner murah di sepanjang jalannya, maklum dekat area kampus.


Sebenarnya waktu nentuin hotel ini, saya gak research lebih dalam. Cuma liat penampakan hotelnya sekilas terus langsung booking. Hal itu karena saya pernah baca blognya mbak Sandra, saat dia ke Jogja bersama geng blogger horenya, mereka menginapnya di Zest Hotel. Padahal mbak Sandra gak ngereview hotel ini sih, cuma bilang nginepnya di sini, tapi sekelas blogger hits Jakarta nginep di Zest, berarti hotelnya lumayan lah ya? *analisa ngaco*. Selain itu Zest merupakan budget hotel punya Swiss Bell in, jadi lumayan punya nama dan pastinya mereka ada standar kualitas pelayanannya kan?

Bangunan Zest Hotel ini berkonsep building, hampir semua lahannya dimanfaatkan untuk bangunan. Interiornya bergaya modern minimalis dengan dominan warna lime green. Untuk kelas budget hotel, kamar yang kami pesan ukurannya cukup besar, gak compact dan sempit kayak budget hotel jaringan ternama lainnya. Bahkan di dalam kamar disediakan sofa memanjang, jarang-jarang nih ada kursi tambahan di budget hotel.


Fasilitas dalam kamarnya standarlah, ada meja, AC, rak dan gantungan baju, brankas, LCD TV ukuran gede, kamar mandi dengan shower air hangat, wifi, dan sofa panjang tadi.

Budget hotelnya berasa banget waktu melihat complimentary yang disediakan yaitu cuma air mineral ukuran kecil dua botol, gak ada teh atau kopi. Sedihnya lagi gak ada water heater dalam kamar, padahal ini benda penting buat kami yang punya anak dengan nafsu minum susu yang tinggi. Fyi, Alif harus dibatasi konsumsi susu UHTnya karena pernah diare jadi kemana-mana kudu bawa sufor. Untungnya di lorong kamar disediakan dispenser untuk tamu hotel jadi kalau mau bikin susu kudu keluar kamar. Sayangnya air dari dispensernya gak terlalu panas, jadi ya cuma bisa bikin susu gak bisa bikin kopi, timbang mules-mules kan? Padahal sofa panjang yang ditempatkan di samping jendela udah mendukung banget buat leyeh-leyeh manja sambil ngopi.


Kalau boleh nebak, sepertinya usia hotel ini masih baru karena bau catnya lumayan berasa ketika membuka pintu kamar, tapi gak ganggu sih baunya. Bahkan saking barunya, sampai lift hotel sangat berfungsi dengan baik, cepet banget coy buka tutupnya. Liftnya lumayan serem lho, Alif pernah hampir ketutup di dalam lift karena dia keluar belakangan. Setelah itu setiap masuk lift, Alif pasti minta gendong karena trauma, padahal biasanya ini anak sok tua gak mau digandeng kalau masuk lift. Saya juga sempat jadi korban lift Zest Hotel ini waktu mau check out. Karena Alif minta gendong papanya, otomatis semua bawaan, saya yang bawa donk dan hal ini bikin saya keluar lift belakangan. Baru seperempat badan saya yang keluar lift, pintunya udah mau nutup aja sehingga membuat bahu saya terbentur pintu lift lumayan keras.

Di antara hotel yang kita inapi selama liburan, Zest hotel ini satu-satunya yang include breakfast. Menunya gak terlalu bervariasi sih, tapi dengan harga di bawah 300 ribu, udah termasuk lumayan. Ada nasi goreng, bihun goreng, tumis kacang panjang, dan ayam asam manis. Menu pendampingnya ada salad, sereal, dan roti bakar. Untuk minumannya ada teh, jus mangga (atau sirup?) dan infused water (timun). Uniknya warna menu makanan dan minumannya dibikin senada dengan warna dominan yang diusung hotel, yaitu hijau dan orange. Contohnya nasi goreng yang berwarna hijau kekuningan dengan lauk ayam asam manis yang berwarna orange dan minuman infused water dari timun berwarna hijau sedangkan jusnya dipilih mangga yang berwarna orange.


Soal rasa, menu sarapan di Zest Hotel menurut saya enak gak enak sih. Ada beberapa menu yang sama sekali gak cocok di lidah saya, ada juga yang berasa enak-enak aja. Saya termasuk orang yang nerimoan soal makan, jadi kalau lidah saya nolak artinya ya rasanya gitu deh, hehehe jabarkan sendiri :p

Ohya, Zest Hotel juga memiliki kolam renang semi indoor yang berada di bagian belakang area resepsionis. Kolam renang kotak gitu aja sih, tapi enak tertutup jadi gak usah takut kepanasan. Melihat dari lokasinya yang dekat Malioboro dan fasilitasnya yang lumayan lengkap, hotel ini bisa dibilang murah banget lah ya. Apalagi bangunannya masih baru. Cuma rasa menu makanannya yang mungkin kudu dikoreksi dikit :D




13 komentar:

  1. wah hotelnya sederhana banget mbak..but oke nih buat liburan keluarga sama anak istri :)

    BalasHapus
  2. Wah hotelnya full color ya, bikin betah kalau gitu mah

    BalasHapus
  3. wallpapernya ucuuu banget mer, btw itu yg potoin kalian siapa?

    BalasHapus
  4. Hotelnya lumayan terjangkau dan udah dapet breakfast dengan harga segitu.

    BalasHapus
  5. Wah mbak mer.. hotel sgitu udah ada kolam renangnya itu lumayan loh

    Biasanya aku segitu ya wis dapet kamar tok :D

    BalasHapus
  6. Lumayan ya mba kalo 300 tp udah include breakfast.. Ada kolam renang sama tambahan sofanya juga yaa.. :) Tapi sayang bgt gak ada water heater, pdhal mau bawa anak2 kan klo liburan.. Tfs mbaaa, aku lg cari2 info hotel di Jogja jg soalnya :D

    BalasHapus
  7. Untuk harga segitu deket malioboro mah murah banget. Kalau cuma untuk numpang tidur semalem okelah yaa

    BalasHapus
  8. aku rencana bulan depan mau jalan2 ke jogja juga nih mba, hihi maksaih ya referensinya *kiss-kiss

    BalasHapus
  9. warna warninya cantik, gak bikin sakit mata :)

    BalasHapus
  10. sukaaa ama warna2nya, colorful tapi lembuuut :). bisa nih kapan2 aku cek ah hotel ini, kalo sdg traveling rame2 ama temen :). apalagi ada pool nya gini... poin plus banget...

    BalasHapus
  11. Hallo mba. Lagi nyari hotel budget dan akhirnya tertuju ke sini :)

    BalasHapus
  12. Waw boleh ni jadi pilihan saat ke Yogya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p