Kamis, 29 Desember 2016

Adhisthana Hotel, Jogja, Penginapan Kece di Prawirotaman II


Tahun lalu saat liburan ke Jogja, bersamaan dengan itu Bu Gusti, selebgram dedengkotnya komunitas @UploadKompakan yang pernah saya ceritakan di postingan inspirasi rumah, juga sedang jalan-jalan di kota Jogja. Kemudian Bu Gusti meng-upload salah satu sudut hotel tempatnya menginap yang kece baget dengan tema etnik modern. Hotel tersebut adalah Adhisthana yang terletak di daerah Prawirotaman II.


Baca Juga: Akun Instagram Inspirasi Rumah Mungil

Seketika itu saya langsung pengen menginap di sana juga, tapi ketika saya cek rate permalam ternyata gak masuk budget banget, sekitar Rp 400ribuan ke atas. Padahal waktu itu kami keliling ke 5 kota, budget hotel pun dibatasi gak boleh lebih dari Rp 200ribuan.

Kemudian beberapa waktu lalu Putri KPM bikin lomba blog yang hadiahnya voucher menginap di Adhisthana, langsung semangat buat ikutan meskipun teteup ya, baru submit artikelnya detik-detik menjelang deadline, haha.

Setelah keluar pengumuman pemenang lomba, ternyata masih belum berjodoh juga sama Adhistana, kalah maakk, huahuahua.

Baca Juga: Kenapa Harus Staycation

Begitulah, yang namanya jodoh itu akan datang di saat yang tepat, bukan di saat yang kita inginkan, halah. Keluarga pak suami woro-woro di grup WA kalau tanggal 14 Desember mau liburan ke Jogja. Saya langsung berburu hotel di tanggal tersebut dan menemukan rate Adhisthana lagi best deal di Booking.com, cuma Rp 265 ribu per malam. Gak perlu jaminan kartu kredit dan bisa bayar saat check in, cucoookk. Langsung booking meskipun au'deh liburannya jadi apa gak. Bener aja, abis itu ratenya Adhisthana naik terus sampai 500ribuan. Lucky me.


Setelah drama nungguin motor rental dateng sampai 2 jam waktu tiba di Jogja, tanggal 14 Desember siang, sampai juga kami di Adhisthana. Lumayan jauh juga ya bok daerah Prawirotaman dari Stasiun Tugu. Boyok rasanya mau pretel karena naik motor bertiga sambil bawa koper dan ransel yang beratnya sama kayak lagi tidur terus disuruh emak beli bawang, berat banget broh, haha.

Tampilan Adhisthana dari depan kelihatan kecil tapi istimewa dengan adanya dinding tinggi yang dihias aneka jendela kayu warna warni. Di bagian depan juga terdapat cafe Lawas milik Adhisthana yang tak kalah kece. Keluarga suami yang cuma liat bagian depan Adhisthana aja pada bilang hotel ini lucu.




Tapi emang rata-rata penginapan di daerah Prawirotaman itu lucu-lucu dan artistik banget desainnya. Mungkin karena dinobatkan sebagai kampung turis di mana yang menginap di sini kebanyakan para bule, jadi penginapannya didesain sesuai selera pasar. Kalau hotel yang lux gitu, kayaknya di luar negeri juga udah banyak ya? Iya gak sih? Iyain aja deh, biar cepet, haha.

Lanjut tentang Adhisthana, masuk ke area resepsionis dan loby, interiornya gak kalah lucu dari bagian depan. Disediakan banyak kursi beserta buku bacaan dan aneka game board untuk pengunjung mengisi waktu luang. Para tamu hotel banyak banget yang menghabiskan waktu di sini buat duduk santai, cozy banget sih tempatnya.




Di sebelah meja resepsionis, disediakan welcome drink berupa es asam jawa yang enak dan seger banget, laawwffftt. Selain minuman, ada keripik singkong dan stik ubi yang juga bisa diambil sesukanya.


Masih di lantai bawah, ada kolam renang di bagian belakang. Kolamnya kotak aja gitu sih, kolam renang dewasa, gak kids friendly. Tapi kolam kotak begini aja, bisa tetep kece buat foto-foto. Ohya sebagian besar kamar di Adhisthana menghadap ke kolam renang ini, dan sebagian lagi menghadap taman.



Ada empat pilihan kamar yang disediakan di Adhisthana, yaitu tipe Studio, Deluxe, Superior, dan dorm. Dengan harga Rp 265 ribu saya mendapatkan kamar jenis superior tanpa breakfast dengan fasilitas single bed ukuran besar, kamar mandi dalam dengan air hangat, free wifi, AC, meja rias, water heater serta LCD TV ukuran besar. Wifinya lumayan kenceng, persis seperti di Malang Galery & Homestay.

Baca juga: Malang Hill Galery & Homestay, Staycation Anti Mainstream di Kota Malang

Ukuran kamar tipe superiornya agak kecil, didominasi dengan warna putih dan biru tua dengan aksen batik dipadu dengan furniture kayu. Meskipun kecil tapi tetep ya, unsur kekecean di dalam kamar gak hilang. Bikin susah beranjak dari kamar.



Biasanya kalau di hotel, kita mendapat sandal hotel berwarna putih tipis gitu kan? Nah kalau di Adhistana sandalnya bermotif batik warna biru tua dan bahannya lumayan tebel. Pak suami sampai niat banget bawa pulang sandalnya, haha.

Kamar tidurnya boleh jadi terbilang kecil, namun kamar mandinya lumayan lega lho. Air hangatnya konsisten, begitu dinyalakan suhunya langsung hangat dan sementok-mentok suhunya gak bakal sampai panas banget. Buat saya ini poin plus karena memudahkan saya saat mengatur suhu air. Dan yang paling juara dari fasilitas kamar mandinya adalah shampoo yang dikemas dalam wadah dari gerabah. Uenak banget wanginya sumpaahh. Wangi bunga kenanga yang relaxing abis. Sayang kagak bisa dibawa pulang, pak suami sampai punya ide buat dipindah ke plastik, lol.


Ada tapinya nih dari kamar mandinya, air dari jet washernya gak kenceng, terus toiletnya ketika diflush mengeluarkan aroma yang kurang enak, tapi gak parah sih. Masih parah bau air toiletnya Royal Tretes View di Pandaan.

Baca Juga: Royal Tretes View Hotel, Good Place to Staycation Near Surabaya

Hal lain yang menurut saya jadi kekurangan Adhistana adalah kamar kami berada di lantai 3, dan gak ada lift di sini, ketauan males olahraga, haha. Selain itu tangganya rada gak kids friendly, karena pagarnya lowong-lowong gitu. Jadi kalau bawa anak sebaiknya diawasi atau minta kamar di lantai bawah aja.




Saya gak tau ini cuma pemesanan di booking.com atau memang prosedurnya Adhisthana. Meskipun di booking.com disebutkan bahwa pembayaran dilakukan saat check in, tapi sehari setelah booking, saya mendapat email dari pihak Adhisthana untuk melakukan transfer pembayaran paling lambat seminggu setelah booking disertai dengan tanda tangan surat lampiran yang dikirimkan bersama email serta foto copy kartu identitas.

Soal transfer pembayarannya sih, gak masalah. Tapi harus tanda tangan surat persetujuan itu yang rasanya ribet banget menurut saya karena surat lampirannya format pdf yang gak bisa diedit. Jadi suratnya harus diprint, tanda tangan, kemudian discan baru dikirim. Tapi tetap dilakuin juga karena udah kadung pengen banget nginep di sini, heheheh.



Terlepas dari hal-hal tersebut, saya sangat puas menginap di sini. Recommended deh. Staffnya ramah-ramah, dari resepsionis, cleaning service sampai securitynya tiap ketemu pasti senyum dan menyapa. Meskipun terletak di daerah yang night lifenya lumayan hebring, tapi begitu masuk kamar langsung berasa tenang banget, kayaknya sih kamarnya kedap suara. Satu-satunya yang saya dan pak suami sesalkan dari menginap di Adhisthana adalah menyesal cuma booking semalam, hikz. This place really give us great value for the price, sering-seringlah kasi harga murah begini, haha.

Ngeliat saya difotoin suami, security Adhisthana langsung nawarin diri buat fotoin kita bertiga.





16 komentar:

  1. Sebenernya pas ke Yogya pengen coba nginep di sini. Tapi pertimbangan jauh dan mahalnya itu bikin aku maju mundur.

    Tapi soal cantik dan instagrammable, hotel ini pas banget ya :)

    BalasHapus
  2. Aku tahun 2015 sempat nginep disini dan masih renov, jadi blm ada kolam renangnya dan kamarnya masih sedikit. Dapat kamar di bawah jadi ngga repot turun naik tangga... Btw itu kolam renangnya langung dalam ngga ada yg khusus anak ya?

    BalasHapus
  3. wihh..mantaff sangat deh mba ...hotelnya begitu bagus menghadirkan suasana klassik yang begitu bagus....ditambah kolam renang nya gitu..jadi pengen kesana deh..hhe

    BalasHapus
  4. Thanks for sharing, mbak! Saya jadi punya referensi kalau balik lagi ke Yogya. Instagenic sekali ya.

    BalasHapus
  5. Securitynya baik abiiiis. Hihihi.

    BalasHapus
  6. Rencana februari piknik yogya, mupeng deh inii tapi jauh juga dari Malioboro yaa..

    BalasHapus
  7. Jauh dr stasiun tugu itulah alasanku gak cari hotel di daerah ini hihihi.
    Mungkin next time boleh deh dicoba

    BalasHapus
  8. Mbaaa super deh beruntungnya dapet ratw segitu hihi.. Tapi sayang yah lurang kids friendly.. Pingin bgt pdahal nginep di sini :)

    BalasHapus
  9. ini masuk listku kalo ke Jogja..banyak banget yang review katanya bagus..hihihi jadi makin penasaran

    BalasHapus
  10. Meurah-mriah dan tampaknya memang pas untuk backpaker.
    Selama ini kalau ke Yogya saya menginap di penginapan seputar Malioboro agar dekat stasiun juga.
    Terima kasih infonya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  11. Kece hotelnya.. Nyobain ah ke situ.. Smoga dapet harga murce.. Hihihi

    BalasHapus
  12. tempatnya memang keceh, pengen deh main kesini

    BalasHapus
  13. pernah juga baca review hotel adhisthana ini, klo diliat dari foto suasannya adem, sejukk
    Ahh beruntunngya si mba bisa minep disini ^^

    BalasHapus
  14. Wah aku ga s3mpet ikut tuh yang lombanya putrikpm hahaha
    Ktinggalan info

    Tapi srius seru banget baca nyampe akhirnya jodoh ma ni hotel ahhaha
    Nah aku juga paling pentingin suhu aer di shower ni, soalnya sring nemu yang panasnya nda konstan.,,sebentar mendingin sebentar mendidih ekekek

    BalasHapus
  15. banyak spot keceh di hotelnya. Bakal puas deh foto-foto :)

    BalasHapus
  16. Baru baca postingan ini setelah googling usernameku sendiri ahahahah... Adhisthana emang selalu menyenangkan dan ngangenin :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p