Selasa, 28 Maret 2023

Review Tempat Poundfit yang Pernah Dicoba

Kalau di postingan sebelumnya saya menjabarkan daftar tempat Poundfit yang ada di Jawa Timur, kali ini saya mau menuliskan review tentang tempat Poundfit yang pernah dicoba.

Selama 3 bulan rutin mengikuti kelas Pound, saya sudah mencoba kelas Pound di beberapa lokasi berbeda di Malang, Sidoarjo, serta Surabaya dengan Pound Pro yang berbeda-beda pula. Ada beberapa lokasi yang jadi favorit saya, ada juga yang kayaknya gak mau saya datengin lagi kalau gak ada alasan khusus, seperti Pound Pro yang diundang saya suka atau ada event yang menarik.

Jadi, tempat Poundfit mana aja yang jadi favorit saya dan mana yang bikin saya kapok? Langsung aja yok kita review!


Suara Surabaya Centre

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya bahwa Suara Surabaya adalah tempat pertama kali saya mengikuti kelas Pound. Tempat bersejarah ceritanya, uhuk!

Kelas Pound Suara Surabaya ditempatkan di sebuah ruangan semacam hall yang cukup luas. Seluruh ruangan dilapisi karpet sehingga terasa lebih nyaman dan hangat. Toiletnya juga bersih dan estetik (penting!)

Untuk yang membawa keluarga atau ada kerabat yang mengantar, di bagian depan ada food court untuk menunggu. Sayangnya stand makanannya sudah banyak yang tutup saat malam hari.

Ruangan kelas Pound di Suara Surabaya tidak dilengkapi AC mau pun kipas angin sehingga terasa gerah meskipun kelas di malam hari. Tapi masih oke kok gerahnya, gak yang sampai berasa pengap. Mungkin karena ruangannya luas dan atapnya yang lumayan tinggi jadi sirkulasi udaranya masih bagus.


Spazio Surabaya

Masih dengan penyelenggara Zubazi.mpm, Spazio merupakan lokasi kelas Pound dengan jadwal tiap minggu pagi pukul 07.00 WIB pada sesi 1 dan pukul 08.00 WIB pada sesi 2.

Spazio ini seperti gedung yang unit-unitnya disewakan untuk keperluan bisnis dan kantor. Mirip SCBD Jakarta kali, ya? (Sotoy deh ah). Ada 2 gedung yang memanjang ke samping serta 2 pintu masuk yang jujur bikin bingung untuk yang pertama kali ke sana. Mana berada di jalanan yang satu arah. Kalau kelolosan, muter baliknya jauh.

Meski begitu, Spazio merupakan salah satu tempat Pound favorit saya karena desain gedungnya estetik sekali. Kelas Pound berada di teras gedung dengan lantai yang dilapisi parket kayu sehingga memberi kesan nyaman dan adem. Sekitar lokasi juga banyak pohon. Apalagi kalau pagi-pagi, berasa sejuknya meskipun tepat di pinggir jalan.

Di dalam area Spazio dan sekitarnya banyak booth jajanan serta resto yang cukup ternama. Bagi yang muslim hati-hati ya kalau mau jajan di sekitar Spazio, karena Pak Suami pernah terkecoh dengan booth yang berada tepat di belakang kelas Pound. Karyawannya pada berjilbab, eh waktu diteliti ternyata menunya ada yang mengandung pork. Mana baru ketahuan saat udah kadung beli kentang gorengnya.

Oh iya, toilet di Spazio juga bersih dan nyaman. Anak-anak juga senang mengantar kelas Pound di sini karena areanya luas sehingga mereka bisa lari-larian atau jalan-jalan keliling gedung bersama Papanya.


Begawan Apartement Malang

Tipikal bangunan di Begawan Apartement ini hampir mirip dengan Spazio, estetik, moderen, dan adem. Tapi Begawan punya nilai plus dibanding Spazio yaitu punya view pegunungan dan jembatan Tlogomas yang cantik apalagi kalau langitnya cerah.

Karena lokasinya di Malang jadi meskipun kelas dimulai agak siang tapi hawanya tetep adem. Kenapa hawa di Sidoarjo dan Surabaya tuh gak kayak Malang yang anginnya bisa terasa segar, ya? Suka banget olahraga di Malang tuh, meskipun keringetan tapi gak gerah.

Toilet di Begawan Apartement juga bersih dan nyaman. Selain itu, tersedia Alfa Express serta beberapa resto dan coffee shop lucu. Wajib nongkrong dulu untuk beli kopi tiap selesai kelas Pound di Begawan Apartement.

Cuma kekurangan dari kelas Pound di sini adalah panggungnya kecil dan pendek sedangkan pesertanya banyak, jadi instrukturnya gak kelihatan kalau pas dapet barisan di belakang. Selain itu mereka gak pakai microfon yang kayak bando itu, ada mic yang dipegang tapi suka lupa dipakai jadi kadang saat memberi instruksi suka gak kedengeran. Lebih ke kendala teknis aja sih ya, kalau dari segi tempat udah oke banget.


Ciplaz (Ramayana) Sidoarjo

Di sinilah pertama kalinya matras kesayangan saya jadi kotor dengan tanah karena hujan deras turun sejak kelas belum dimulai. Kelas Pound ini diselenggarakan oleh Poundbeatsidoarjo.

Lokasi kelas berada di teras depan Ciplaz alias outdoor tapi ada atap teras yang menaungi, cuma kalau hujan deras ya tetep aja kena tampias hujan. Oleh karena itu, Poundbeatsidoarjo hanya 2 kali mengadakan kelas di Ciplaz, setelah itu berganti lokasi menjadi di Suncity Mall.


Suncity Mall Sidoarjo


Berkat ikut kelas Pound yang diselenggarakan oleh Poundbeatsidoarjo di Suncity Mall, saya jadi tahu kalau sekarang mall ini sudah berubah menjadi lebih baik, terang, dan luas. Terakhir ke sini bagaikan hidup segan mati tak mau, bertahan karena banyak vendor makanan ternama aja. Saya kira sebentar lagi bakal bangkrut, tapi ternyata saya salah.

Suncity Mall juga jadi tempat Pound paling favorit untuk saat ini karena selain adem dan terang, banyak vendor makanan yang cukup ternama di sini seperti KFC, McD, Solaria, J.Co, Starbuck, Yoshinoya, Hokben, Kopi Kenangan, Cha Time, Ramen Ya, dan masih banyak lagi.

Anak-anak juga suka kalau nungguin Mamanya Pound di sini karena mereka bisa njajan dan main. Kadang sambil nunggu kelas, Pak Suami sekalian belanja di Superindo. Happy deh tuh mereka bisa minta jajan segala macem, zzz.

Karena Suncity termasuk mall yang udah lawas di Sidoarjo, jadi toiletnya agak jadul masih menggunakan WC jongkok tapi cukup bersih dan sudah pakai sistem flush serta jet washer. Kayaknya sih ada juga toilet yang duduk, mungkin saya yang kurang explore, heuheu.

Lokasi kelas Pound di Suncity sering berpindah-pindah, kadang di lantai bawah tapi pernah juga di lantai atas. Paling sering di lantai bawah dekat Ramen Ya, di jalan memanjang bekas Borobudur Departement Store. Kalau saya pribadi paling suka saat lokasinya di depan Superindo karena areanya luas dan atapnya rendah tapi blower AC-nya banyak jadi adem banget berasa Pound sambil ditiup angin kesejukan.

Kalau di dekat Ramen Ya areanya memanjang, sehingga bagi yang dateng telat terpaksa dapet barisan yang jauh di belakang dan di spot tertentu Pound Pro-nya gak kelihatan karena ketutup pilar besar. Solusinya ya jangan dateng telat, haha.


Ksatrian Futsal Sidoarjo


Ceritanya pengen cari suasana baru dengan ikut kelas Pound yang instrukturnya dari Poundbonex, kalau Poundbeatsidoarjo kan Pound Pronya dari Zubazi.mpm. Ikutlah saya kelas Pound dengan penyelenggara Poundaddict_sda di Ksatrian Futsal.

Lokasinya ada di kompleks TNI AD Buduran. Saya lihat dari video kelas sebelumnya sih, tempat futsalnya terlihat oke. Ternyata begitu sampai lokasi, area parkiranya gak begitu luas, masih berupa tanah dan becek kalau hujan.

Gedungnya bisa dibilang tertutup, dengan pintu masuk berupa gerbang full besi kayak yang biasa untuk gudang. Terdapat 2 lapangan futsal tapi untuk kelas Pound hanya menggunakan 1 lapangan saja.

Saat itu kelas diadakan sore hari pukul 16.00 dengan cuaca mendung tapi begitu masuk ke dalam gedung, saya langsung merasakan hawa panas dan pengap. Kelas belum dimulai saja, saya sudah berkeringat.

Benar saja, begitu kelas dimulai saya gak tahan dengan hawa panasnya, ditambah saat itu kondisi saya memang kurang fit. Akhirnya saya tumbang juga dan gak kuat mengikuti kelas secara keseluruhan, banyakan istirahatnya, huhu.

Kata teman saya, atap gedung futsalnya yang terbuat dari asbes seng juga yang membuat hawa di dalam lapangan jadi panas. Sebenarnya ada beberapa jendela di sekeliling gedung, tapi gak membantu sama sekali. Begitu keluar gedung, saya kaget ternyata di luar hawanya sangat sejuk karena sedang hujan.

Meski begitu venue ini sepertinya jadi favorit penyelenggara kelas Pound di Sidoarjo. Selain Poundaddict_Sda, jika ada event tertentu, Poundbeatsidoarjo juga sering menggunakan Ksatrian Futsal.

Saya perhatikan, kayaknya cuma saya deh yang mengeluh soal gerahnya gedung futsal. Peserta lain gak ada yang komplain, emang dasar aku Warga Sidoarjo abal-abal, haha.

Mungkin cukup sekali sih saya ikut kelas di sini, selain gerah, kasian juga anak dan suami gak ada tempat menunggu yang nyaman. Selama kelas mereka menunggu di dalam mobil.

Masih banyak venue kelas Pound yang belum saya coba. Berdasarkan pengalaman, mungkin saya cuma akan mencoba kelas yang lokasinya terbuka atau di gedung ber-AC aja. Kalau pun di area indoor tanpa AC, lokasinya ada di Malang yang hawanya masih segar.

Teman-teman, ada yang gak betah gerah juga seperti saya? Jangan lupa cek kondisi venue dulu ya sebelum memilih kelas olahraga.

1 komentar:

  1. Informasinya lumayan berguna buat aku yg masih awam banget soal pound fit mba. Tapi kalo nanti aku ikutan ini, aku pasti pilih paling depan, secara pendek, dan rabun pula 🤣🤣.bisa bingung Ama gerakannya kalo di belakang

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p