Senin, 27 Maret 2023

Daftar Tempat Poundfit di Jawa Timur

 


"Mer, cariin poundfit di Ngawi donk!"

"Di Banyuwangi udah ada poundfit belum, kak?"

Semenjak sering membagikan momen saat mengikuti kelas Pound, kerabat saya jadi banyak yang bertanya kelas poundfit di kota mereka khususnya di seputar Jawa Timur. Sekalian aja ya, saya rangkum di sini daftar tempat Poundfit yang ada di Jawa Timur.

Sebelumnya saya mau jelaskan kalau ada 2 tipe kelas Pound berdasarkan lokasi dan cara pendaftarannya. Pertama, kelas Pound di fitness centre yang pendaftarannya dengan cara menjadi member atau bisa juga insidentil. Sedangkan yang ke 2, kelas Poundfit yang diadakan oleh semacam event organizer di mana pendaftarannya via WhatsApp atau mengisi form dan lokasinya berada di Public Space seperti mall, taman, kafe, dan sebagainya.

Sooo, berikut adalah daftar tempat Poundfit yang berada di Jawa Timur.


KELAS POUND DI SURABAYA

Sebagai kota yang pertama kali menjadi tempat tumbuhnya olahraga Pound di Jawa Timur, tak heran jika sudah ada banyak penyelenggara atau fitness centre di Kota Pahlawan ini.


Event Organizer

Zubazi.mpm


Selain Pound, Zubazi juga mengadakan banyak jenis olahraga lain seperti Zumba, Strong Nation, Kick & Punch, serta HIIT dengan lokasi dan waktu yang berbeda tiap harinya.

Biasanya tiap awal minggu mereka akan mengumumkan jadwal olahraga seminggu ke depan lengkap dengan coach yang mengisi, waktu dan lokasinya.

Untuk Pound sendiri, biasanya berlokasi di Harris Hotel Bundaran Satelit, Praxis, Suara Surabaya, serta Spazio.

Cara daftarnya bisa langsung via WhatsApp yang tertera di akun instagramnya @Zubazi.mpm ketika flyer naik. Untuk Pound kalau bisa langsung daftar segera karena peminatnya sedang banyak jadi kuotanya cepat sekali habis. Tarif kelas Pound di Zubazi.mpm untuk saat ini adalah Rp 25 ribu sudah termasuk sewa ripstix.

Saat ini ada 3 orang Poundpro yang mengisi kelas di Zubazi yaitu, Lina, Maulani, dan Pipit.


Poundbonex



Sebenarnya Poundbonex ini lebih tepat jika disebut komunitas Pound di Surabaya daripada event organizer. Kuota mereka untuk 1 sesi pound cukup banyak bisa sampai 150 orang karena Pound Pro yang mengisi bisa 3 sampai 4 orang bersamaan.

Cara pendaftaran Poundbonex adalah dengan bergabung di WhatsApp grup yang linknya tertera di instagram @Poundbonex. Peserta baru bisa mendaftar di waktu yang sudah ditentukan. Misalnya untuk kelas hari senin di Lagoon Avenue, peserta baru bisa mendaftar mulai hari Jumat pukul 19.00 WIB dengan cara mengirim format pendaftaran ke admin. Pendaftaran di luar jadwal tidak akan diterima.

Tarif kelas pound di Poundbonex adalah Rp 30-40 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Meskipun kuota tiap sesi kelas pound-nya banyak, tapi karena peserta komunitas Poundbonex juga sangat banyak jadi kuotanya cepat sekali habis hanya dalam hitungan detik. Udah ngalah-ngalahin war tiket Blackpink gak tuh?

Lokasi kelas Pound dari Poundbonex berada di Lagoon Avenue, Surabaya Town Square, dan Kateko Gubenb dengan Pound Pro Yanu, Eliz, Emma, Amalia, dan Xinxin yang mengisi kelas.


Indipound



Berawal dari event Indihome saat konser Sheila on 7, menjadi kelas pound rutin tiap minggu di lapangan badminton Ketintang dan punya official akun sendiri untuk mengumumkan jadwal kelas Pound. Bahkan penggagas Indipound baru saja resmi menjadi Pound Pro.

Saat ini ada Pound Pro Emma, Annas, dan Xin xin yang mengisi kelas secara bersamaan. Cara pendaftaran kelas Indipound adalah dengan mengisi google form yang tertera di profil instagram Indipound. Mereka juga punya grup WhatsApp untuk mengumumkan jadwal kelas Pound. Tarif kelas Pound di Indipound adalah Rp 30 ribu sudah termasuk sewa ripstix.


Fitness Centre

Berikut adalah beberapa fitness centre atau studio yang mengadakan kelas Pound di Surabaya,

Elizabeth Studio

Instagram: @Elizabethstudiosby

Alamat: Jalan Raya Sambikerep No.192A, Sambikerep, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60217


Atlass Sports Club

Instagram: @atlasportsindonesia

Alamat: Jalan Dharmahusada Indah Barat III No.64-66, Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60285


Kaza Gym Community

Instagram: @Kaza.fit

Alamat: Kaza City Mall, Jalan Kapas Krampung No.45, Tambakrejo, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60142


Clark Hatch Fitness Centre

Instagram: @Clarkhatchsurabaya

Alamat: Lantai 7 Garden Palace Hotel, Jalan Yos Sudarso No.11, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60271


King Gym

Instagram: @Surabayafitness

Alamat: Jalan Tenggilis Utara IV No.5, Tenggilis Mejoyo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60292


Fithub Surabaya

Instagram: @Fitnesshub_Surabaya

Alamat: Cabangnya ada di beberapa lokasi dari Manyar, Gubeng, Darmo, Grahapena, Adityawarman, MERR, dan Citraland. 

untuk pendaftaran, tarif, dan jadwal tiap fitness centre bisa langsung ke official akun instagram atau hubungi costumer service-nya aja, ya.

Ohya, para Pound Pro juga menerima undangan kelas untuk event, institusi, atau kelompok. Bisa langsung ke instagram masing-masing Pound Pro antara lain, @Maulanimurika, @Liemmlina, @Fitriyarosana, @Elizabethstudiosby, @Yanu1456, @Emapuspa_nirmala, @Just_Call_Me_Xinxin ,@Primadika904, dan Mhujiee. Maaf ya kalau ada yang tidak disebut, saya gak tau instagramnya, hehe.


KELAS POUND SIDOARJO

Pertumbuhan kelas Pound di Sidoarjo terbilang sangat cepat, di bulan Januari cuma ada di salah satu fitness centre, eh bulan februari sudah ada 4 penyelenggara yang mengadakan kelas Pound di Sidoarjo. Gak tanggung-tanggung, dalam satu hari tiap penyelenggara bisa mengadakan 2 sampai 5 sesi Pound dan selalu penuh dengan peserta.


Event Organizer

Poundbeatsidoarjo


Bisa dibilang Poundbeatsidoarjo adalah penyelenggara kelas Pound pertama dan terbesar di Sidoarjo. Gak sampai sebulan mulai bermunculan penyelenggara kelas Pound lain.

Jadwal dan lokasi rutin kelas Pound dari Poundbeatsidoarjo biasanya tiap sabtu sore di Suncity Mall. Tapi jika ada event tertentu, jadwal dan lokasi acaranya bisa di tempat lain lain.

Cara pendaftarannya dengan bergabung di WhatsApp grup yang tertera di akun instagram @Poundbeatsidoarjo. Lalu tiap hari Senin Pukul 20.00 WIB pengumuman jadwal serta link pendaftaran akan di-post di grup. Tarif kelas Pound di Poundbeatsidoarjo adalah Rp 30 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Mereka juga menyediakan sewa matras seharga Rp 10 ribu.

Pound Pro yang mengisi kelas sama dengan Zubazi.mpm. Kadang juga mereka mendatangkan Pound Pro dari Malang dan Pound Pro pria dari Surabaya.

Selain Pound, ada juga kelas Zumba yang gak kalah seru dan heboh. Udah lama saya pengen ikutan kelas Zumbanya tapi stamina belum kuat kalau harus ikut 2 kelas sekaligus, huhuhu.


Poundaddict_sda


Kalau Poundbeatsidoarjo sering mengundang Pound Pro dari Zubazi.mpm, sedangkan Poundaddict_sda memilih untuk menggandeng Pound Pro dari Poundbonex.

Cara pendaftarannya dengan bergabung di grup WhatsApp yang tertera di akun instagram @Poundaddict_sda dan baru boleh mendaftar kelas jika flyer sudah diposting di grup. Tarif kelas Pound di Poundaddict_sda adalah Rp 30 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Mereka juga menyediakan sewa matras seharga Rp 10 ribu.


Delta_Pound


Delta Pound ini terbilang penyelenggara yang masih baru di Sidoarjo. Kelasnya masih berpindah-pindah dan gak selalu di tengah kota. Sama seperti Poundbeatsiaorjo, sampai saat ini Delta Pound lebih sering mengundang Pound Pro dari Zubazi.mpm dan Pound Pro pria dari Surabaya.

Cara daftarnya, bisa langsung hubungi nomor WhatsApp yang tertera di instagram @Delta_Pound ketika flyer sudah diunggah. Mereka juga memiliki grup WhatsApp untuk para peserta Pound.

Tarif kelas Pound di Delta_Pound adalah Rp 30 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Tidak ada info apakah mereka juga menyediakan persewaan matras.


Poundhits_Sidoarjo

Lebih baru dari Delta Pound, saat ini Poundhits_Sidoarjo terhitung baru mengadakan 2 kali kelas Pound. Kelas yang ke 2, mereka berkolaborasi bersama @PoundAddict_sda dengan mengundang 2 Pound Pro dari Poundbonex.

Cara pendaftaran di Poundhits_Sidoarjo dengan bergabung di grup WhatsApp yang tertera dan baru boleh mendaftar kelas saat flyer sudah diunggah. Penggagas Poundhits_Sidoarjo dan PoundAddict_sda sepepetinya sering bertemu saat mengikuti kelas Pound di Poundbonex. Jangan kaget kalau bergabung di 2 grup WhatsApp tersebut, yang bikin ramai ya orang-orang itu aja.

Tarif kelas Pound di Poundhits_Sidoarjo adalah Rp 30 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Mereka juga menyediakan sewa matras seharga Rp 10 ribu.


Fitness Centre

Kalau mencari kelas Pound menggunakan hashtag #Poundfitsidoarjo, akan banyak bermunculan studio atau klub sehat yang menyediakan kelas Pound. Akan tetapi banyak kelas yang abal-abal dan sertifikasi instrukturnya perlu dipertanyakan.

Dari segi peralatan saja mereka menggunakan stik kayu biasa. Bagi yang pernah mengikuti kelas Pound, pasti akan langsung mengerti jika gerakan yang dilakukan sama sekali berbeda dengan Poundfit yang asli.

Sejauh ini saya baru menemukan 2 fitness centre yang terpercaya dalam mengadakan kelas Pound di Sidoarjo.


Olafit Club House

Instagram: @Olafitclub

Alamat: Club House Citra Garden, Cluster Orchard, Mlaten, Sidokepung, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252


Bulls Gym Delta Centre

Instagram: Bullsgym_deltacenter

Alamat: Perumahan Delta Sari, Jl. Delta Raya Sel. No.1, Ngingas, Kepuhkiriman, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256


KELAS POUND DI MALANG RAYA

Sepengetahuan saya, untuk saat ini ada 3 orang Pound Pro yang berada di Malang tapi entah kenapa, 1 orang Pound Pro jarang terdengar kiprahnya. Gak tau juga, apa sedang off menjadi Pound Pro atau sudah pindah domisili, atau mungkin masih aktif tapi saya aja yang kurang udpate, hehehe.

Meskipun jumlah Pound Pronya gak sebanyak di Surabaya, akan tetapi sudah banyak kelas Pound yang tersebar di seputar Malang hingga Batu.


Event Organizer

Poundarema


Sama seperti Poundbonex, Poundarema sebenarnya lebih tepat disebut sebagai komunitas Pound di Malang daripada Event Organizer.

Sampai saat ini Poundarema menjadi satu-satunya penyelenggara kelas Pound yang berlokasi di Public Space tepatnya di Begawan Apartement tiap Sabtu pagi. Kelas Pound lain di Malang lebih banyak di fitness centre.

Cara pendaftaran kelas Pound di Poundarema adalah dengan cara mengirim format via WhatsApp yang tertera setelah jadwal diumumkan. Flyer pengumuman kelas biasanya diunggah tiap hari kamis malam. Tarif kelas Pound di Poundarema adalah Rp 35 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Mereka tidak menyediakan persewaan matras.


Fitness Centre

Meskipun sudah banyak fitness centre di Malang dan Batu yang memiliki kelas Pound tapi jangan kaget kalau Pound Pronya orang itu-itu melulu. Maklum memang saat ini cuma ada 2 orang Pound Pro dari Malang yang eksis.


Wwgym Permata Jingga

Instagram: @wwgym_malang

Alamat: Jalan Raya Permata Jingga Blok CC No.1, Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65143.


Wwgym Jalan Bondowoso

Instagram: @wwgym_bondowoso_malang

Alamat: Jalan Bondowoso No.23, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65115.


Prestige Fitness

Instagram: @Prestigefitness_

Alamat: Jalan Tangkuban Perahu No.9, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65119.


Colosseum Fitness Malang

Instagram: @Colosseumfitness.mlg

Alamat: Apartemen Begawan Premium, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65144.


ProFIT Gym Ladies Only

Instagram: @Profit_gym_malang

Alamat: Ruko Griya Mandiri Kav. 7, Sumbersari, Jalan Sigura - Gura, Karangbesuki, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65145.


F2 Studio Ladies Gym

Instagram: @F2ladiesstudio_malang

Alamat: Jalan Raya Tlogomas No.30, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65144.


Belle Crown Malang

Instagram: @Bellecrown.official

Alamat: Seberang Banana Kids Club dan My Little Island School, Jalan Lembah Dieng No.6, Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, 65151.


Mahameru Gymnastic Batu

Instagram: @Mahameru.gym

Alamat: Jalan WR. Supratman, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314.


Yuka Studio Batu

Instagram: @Yuka.studiobatu

Alamat: Jalan Suropati No.143, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65313.

Untuk info kelas Pound di seputar Malang Raya selengkapnya atau jika ingin mengadakan kelas untuk institusi dan kelompok bisa langsung cek ke instagram para Pound Pro Malang yaitu @nonic_link dan @mynameisovii.


KELAS POUND DI MOJOKERTO

Berita baik nih untuk teman-teman di Mojokerto, baru-baru ini sudah ada penyelenggara kelas Pound. Sering banget dengar banyak peserta dari Mojokerto yang rela jauh-jauh ke Surabaya untuk mengikuti kelas Pound.


Poundfit.mjk



Sejauh yang saya tahu, untuk saat ini hanya ada 1 penyelenggara kelas Pound di Mojokerto yaitu @Poundfit.mjk dan belum ada fitness centre yang mengadakan kelas Pound.

Cara pendaftaran kelas Pound di Poundfit.mjk adalah dengan cara mengirim format ke nomor WhatsApp yang tertera di instagram ketika pengumuman kelas sudah diunggah. Tarif kelas Pound di Poundfit.mjk adalah Rp 35 ribu dan tidak ada persewaan matras.


KELAS POUND DI GRESIK

Saat ini terhitung baru ada 2 penyelenggara kelas Pound di Gresik, yang satu lokasinya masih berpindah-pindah di berbagai public space yang ada di Gresik, sedangkan satunya lagi berada di sebuah club house.


Poundsixgresik



Sama dengan poundfit.mjk, Poundsixgresik merupakan penyelenggara kelas Pound yang terbilang baru. Baru mengadakan 4 kali kelas Pound dengan mengundang Pound Pro dari Surabaya. Pokoknya kota-kota seputar Surabaya seperti Sidoarjo, Mojokerto, dan Gresik meskipun udah ada kelas Pound, tetep aja Pound Pronya dari Surabaya semua, hehehe.

Cara pendaftaran Poundsixgresik sama seperti penyelenggara lain yang kirim format saat flyer diunggah dan ada grup khusus untuk para pesertanya. Tarif kelas Pound di Poundsixgresik adalah Rp 30 ribu.


Tiara Sport Club



Kelas Pound di club house ini sepertinya sudah lebih lama timbang Poundsixgresik. Kalau cek instagram resminya, @tiarasportclub, hampir tidak ada postingan tentang kelas Pound. Saya juga tahu infonya dari salah satu akun Tiktok yang meninggalkan komentar di video saya. Baru deh setelah cek jadwal kelas olahraganya, tertera bahwa memang benar club house ini mengadakan kelas Pound tiap hari kamis.

Untuk tarif dan info lainnya bisa langsung menghubungi costumer service ya. Alamat Tiara Sport Club berada di Jalan R.A. Kartini No.148, Injen Barat, Tlogobendung, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, 61122.


KELAS POUND DI LUMAJANG

Kota kecil seperti Lumajang pun sekarang sudah mulai ada kelas Pound, lho. Keren banget meskipun belum rutin karena Pound Pronya masih belum menetap di Lumajang.


Widayati Studio



Sejauh ini baru ada studio yang menyelenggarakan kelas Pound di Lumajang dengan tarif yang sangat terjangkau yaitu Rp 20 ribu sudah termasuk sewa ripstix. Sayangnya, Pound Pro-nya masih domisili di Jakarta untuk saat ini. Akan tetapi kabarnya akan  segera menetap di Lumajang dan akan dibuka lagi kelas Pound setelah ramadan. Jadi siap-siap ya warga Lumajang bakal ada kelas Pound rutin nih sebentar lagi, hehehe.

Alamat Widayati Studio berada di Perumahan Bumi Rejo Permai U5, Lumajang.


KELAS POUND DI PONOROGO

Berawal dari teman saya yang bertanya tentan kelas Pound di Ngawi, eh malah nemunya kelas di Ponorogo. Semoga Ngawi dan sekitarnya juga segera ada kelas Pound, ya.


ZI Studio



Saya cukup terkejut saat tahu bahwa di kota kecil seperti Ponorogo sudah ada kelas Pound sejak tahun 2021. Bahkan di Madiun saja yang itungannya lebih kota belum ada, lho.

Meski begitu, Pound Pro dari Ponorogo ini juga sering mengadakan event Pound di Madiun dan sekitarnya. Jadi untuk yang di seputaran Ponorogo bisa follow dulu akun @irawati_yuwono_zistudio atau @zistudioponorogo untuk update kelas atau event Pound terbaru.

ZI Studio beralamat di Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, 63418.

Oke, deh, segitu dulu kayaknya daftar tempat Pound yang ada di seputaran Jawa Timur. Kalau ada kelas baru lagi yang saya tahu, akan saya tambahkan. Atau mungkin teman-teman juga punya info kelas Pound yang belum ada di daftar, boleh ya bisikkin ke saya :)

Bagi teman-teman yang ingin mencari kelas Pound di daerahnya bisa dengan cara mengetik hashtag Pound atau Poundfit diikuti nama daerah, atau bisa juga dengan cara cek Instagram @Poundproindonesia.

1 komentar:

  1. Isssh kompliiiit mba mer ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Aku jadi pengen cari yg terdeket Ama rumahku di Jakarta. Bagus juga sih kalo udah sekalian Ama sewa stick nya. Secara lumayan mahal Yaa kalo beli sendiri๐Ÿคฃ

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p