Minggu, 10 April 2022

Skincare dari Scarlett untuk Memperkuat Skin Barrier. Emang Bisa?

 


"Saran produk untuk memperkuat skin barrier, donk!"

"Lebih baik perbaikin skin barrier dulu atau nyembuhin jerawat dulu?"

"Kulit kusam dan banyak komedo itu termasuk tanda skin barrier rusak gak sih?"

Skin barrier, skin barrier, dan lagi lagi skin barrier. Kayaknya topik soal skin barrier sedang hangat menjadi perbincangan di kalangan pengguna skincare. Emang ada apa sih dengan skin barrier? Terus apa itu skin barrier?

Singkatnya skin barrier merupakan lapisan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari zat berbahaya untuk masuk ke lapisan yang lebih dalam. Jika skin barrier rusak maka akan mengakibatkan timbulnya iritasi seperti kulit kering bersisik, berjerawat, gatal-gatal, kulit meradang, perubahan warna kulit, serta infeksi bakteri atau virus.

Penyebab skin barrier rusak antara lain karena over exfoliating, penggunaan produk dengan bahan aktif yang terlalu keras, terpapar sinar matahari tanpa perlindungan secara terus menerus, kulit tidak terhidrasi dengan baik, polusi, kurang tidur, stres, serta faktor usia.

Itulah mengapa topik soal skin barrier menjadi perbincangan belakangan ini, karena rutinitas perawatan kulit yang dapat memperkuat skin barrier dianggap menjadi jawaban atas berbagai masalah kulit serta membuat kulit menjadi lebih sehat.

Rutinitas perawatan kulit yang dapat dilakukan untuk memperkuat skin barrier antara lain, perkuat basic skincare (cleanser, moisturizer, dan protection), meminimalisasi penggunaan skincare terutama yang memiliki bahan aktif yang tergolong keras untuk kulit agar tidak terjadi over exfoliating, menggunakan pembersih wajah yang lembut, memperbaiki pola hidup, serta memilih produk yang dapat menghidrasi kulit.

Ngomongin skin barrier, ternyata Scarlett by Felicya Angelista juga punya produk yang bisa memperkuat skin barrier, yaitu Scarlett Glowtening Serum.

Saya sudah cukup lama menggunakan Scarlett Glowtening Serum, sudah masuk botol ke 2. Dulu awal beli karena penasaran aja eh saat baca keterangan pada kemasannya ternyata serum ini juga berfungsi untuk memperkuat skin barrier.

Berikut review lengkap Scarlett Glowtening Serum.

Scarlett Glowtening Serum

Komposisi.

Aqua, Oles Europaea Husk Oil, Caprylic/Capric, Triglyceride, Propanediol, Niacinamide, Isopropyl Myristate, Glycerin, Aloe Barbandensis, Leaf Extract, Cetearyl Alcohol, Allantoin, 1,2-Hexanediol, Polyacrylamide, Olus Oil, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Dmdm Hydantoin, Cetearyl Glucoside, C13-14 Isoparaffin, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Ceteareth-33, Tranexamide Acid, Lauric Acid, Calendula Officinalis Flower Oil, Disodium Edta, PEG-75 Stearate, Caprylhydroxamic Acid, Oleic Acid, Steareth-2, Ppg-15 Stearyl Ether, Poloxamer 407, Laureth-7, Myristic Acid, Steareth-20, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Ceteth-20, Pogostemon Cablin Oil, Pelargonium Roseum Leaf Oil, Eugenia Caryophyllus Bus Oil, Cedrus Atlantica Wood Oil, Citrus Sinensis Peel Oil Expressed, Lavandula Hybrida Oil, Cinnamomum Zeylanicum Leaf Oil, Canarium Luzonicum Gum Oil, Illicium Verum Fruit Oil, Tocopherol Acetate, Sodium Metabisulfite.

Berbeda dari produk skincare yang menggunakan Ceramide untuk perawatan skin barrier, Scarlett Glowtening Serum menggunakan komposisi utama berupa Tranexamide Acid, Calendula Oil, Olive Oil, Allantoin, serta Licorice Extract yang juga memiliki manfaat tak kalah bagus untuk kulit yaitu, dapat mencerahkan kulit, membuat kulit lebih glowing, memudarkan bekas jerawat, menenangkan dan memperbaiki skin barrier, serta menyamarkan garis halus dan flek hitam pada wajah.

Bisa dibilang produk ini adalah serum terunik yang pernah saya coba karena memiliki tekstur berbeda dengan serum lainnya yaitu berwarna putih susu kental seperti lotion. Karena teksturnya yang kental tersebut, produk jadi agak sulit diambil menggunakan pipet bawaannya jadi saya lebih suka menuangkannya ke telapak tangan dari kemasannya langsung. Yupz! Kemasan serum ini sama seperti serum kebanyakan yaitu dari botol kaca dengan tutup ulir yang sudah dilengkapi dengan pipet yang dikemas dalam dusbox berwarna dominan putih dan jingga.

Seperti yang dapat dilihat pada komposisinya, serum ini tidak mengandung fragrance, akan tetapi saya mencium aroma herbal seperti gingseng yang segar dan menenangkan.

Jika butuh kelembaban lebih untuk kulit, pemakaian Scarlett Glowtening Serum bisa dikombinasikan dengan serum dari Scarlett yang lain. Karena kulit saya cenderung berminyak, saya lebih suka menggunakan serum ini tanpa dikombinasi serum lainnya.

Setelah diaplikasikan ke wajah, serum cepat meresap dan wajah menjadi lebih lembab tanpa terasa lengket. Scarlett Glowtening Serum menjadi andalan saya ketika kulit sedang kurang hidrasi atau banyak dry patches muncul karena kemampuan melembabkan serum ini terbilang sangat baik.

Selain Scarlett Glowtening Serum, saya juga rutin menggunakan rangkaian Brightening Series ketika ingin memperkuat skin barrier. Beberapa waktu lalu saya sudah pernah mereview Scarlett Brightly Ever After Day Cream dan Night Cream. Kali ini, giliran untuk mereview Scarlett Brightly Essence Toner serta Scarlett Brightly Ever After Serum.


Scarlett Brightly Essence Toner

Komposisi.

Aqua, Glycerin, Niacinamide, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Vitis Vinifera Fruit Water, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Propanediol, Sodium Chloride, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, 1,2-Hexanediol, Hydroxyethyl Urea, Dmdm Hydantoin, Disodium edta, Allantoin, Propolis Extract, Pentylene Glycol, Methyl Diisopropyl Propionamide, Ethylhexylglycerin, Sodium Lactate, Sodium PCA, Gellan Gum, Ascorbyl Glucoside, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Urea, Chondrus Crispus Powder, Crocus Sativus Flower Extract, Glutathione, Agar, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Raphanus Sativus Root Extract, Tephrosia Purpurea Seed Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tromethamine, PVM/MA Copolymer, Sodium Benzoate, Ethanolamine, Citric Acid, Potassium Sorbate, Glycine, Fructose, Inositol, Lactic Acid, 2-Aminobutanol, Cl 73360, Cl 77891.

Ada yang bingung gak, sih, maksud dari essence toner itu apa? Ini produk punya kepribadian ganda apa gimana, nih?

Jadi, essence toner adalah produk skincare berupa cairan yang mengusung manfaat dari gabungan essence dan toner. Toner biasanya digunakan setelah mencuci muka untuk membersihkan sisa kotoran di wajah yang masih tertinggal, mengembalikan pH kulit, serta menghidrasi kulit. Sedangkan essence digunakan untuk mempersiapkan kulit ke tahap skincare berikutnya agar produk dapat terserap lebih optimal serta memberikan kelembaban kulit yang lebih tinggi. Nah, essence toner ini cocok banget bagi yang ingin meminimalisasi penggunaan skincare karena cukup dengan satu produk sudah mendapat 2 manfaat sekaligus.

Jika dilihat berdasarkan komposisi utamanya, Scarlett Brightly Essence Toner memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen,
  • Glutathione untuk mencerahkan kulit,
  • Witch Hazel Extract bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori,
  • Jeju Propolis Extract bermanfaat meregenerasi kulit agar tekstur kulit menjadi lebih halus dan wajah terasa lebih kenyal,
  • Niacinamide untuk membantu meminimalkan pori-pori yang membesar,
  • Grape Water untuk melembabkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit.

Scarlett Brightly Essence Toner sendiri dikemas dalam botol pump yang terbuat dari plastik bening berbentuk tabung panjang dengan tutup ulir bening serta dilengkapi dengan dusbox yang didominasi warna putih dan pink. Terlihat ada bola-bola kecil di dalam produk yang jujur, saya juga tidak tahu itu apa. Semacam micorbeads, tapi ukurannya lebih besar.

Tekstur essence tonernya terbilang sangat cair dengan warna bening agak kemerahan. Jika dituang ke kapas akan terlihat ada endapan halus berwarna merah muda.

Meskipun tidak mengandung fragrance tapi samar-samar saya mencium ada aroma segar yang sepertinya berasal dari kandungan Witch Hazel atau ekstrak tumbuhan lainnya.

Ada yang bingung bagaimana cara pakai Scarlett Brightly Essence Toner? Harus dituang ke kapas atau langsung diaplikasikan ke wajah, ya?

Jawabannya adalah bisa keduanya, yaitu tuang produk ke kapas lalu usapkan ke wajah untuk membersihkan sisa residu, mengembalikan pH kulit, serta menghidrasi kulit. Kemudian tuang ke telapak tangan dan aplikasikan pada wajah secara langsung untuk memberi kelembaban yang lebih tinggi. Untuk yang gak mau ribet, bisa pilih hanya salah satu cara tersebut. Senyamannya aja deh pokoknya.

Essence Toner ini cepat sekali menyerap ke kulit. Setelah diaplikasikan, wajah terasa segar, lembab, dan adem. Karena fungsinya untuk menghidrasi jadi gak ada efek perih atau cekit-cekit di kulit saya.


Scarlett Brightly Ever After Serum

Komposisi.

Aqua, Nicotinamide, 1,3 Butylene Glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, GLUTATHIONE, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane - 1,2 - diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, 1,2-Hexanediol, 2-Amini-1-Butanol, Tocopherol, Malic Acid, C.l 16255.

Jika teman-teman mencari serum dengan kandungan vitamin C yang cepat meresap ke kulit tanpa meninggalkan rasa lengket, tidak mengandung alkohol, mineral oil, dan fragrance, serta harganya terjangkau, Scarlett Brightly Ever After Serum ini mungkin dapat menjadi pilihan.

Teksturnya sangat cair dengan warna jingga agak keruh. Serum langsung meresap ke kulit sesaat setelah diaplikasikan. Bahkan jika diaplikasikan berulang kali, sama sekali tidak terasa lengket atau becek. Aromanya pun nyaris tidak ada sama sekali jadi sepertinya cocok bagi yang alergi terhadap wewangian pada skincare.

Karena ini merupakan serum pencerah, jadi Scarlett Brightly Ever After Serum memiliki komposisi utama yang sudah terkenal sebagai agen pencerah dalam produk skincare yaitu Lavender Water, Phyto Whitening, Niacinamide, Glutathione, dan Vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit wajah, melembapkan kulit, menyamarkan noda bekas  jerawat serta membantu kulit wajah tampak lebih cerah, meningkatkan elastisitas kulit wajah, serta mencegah dan melindungi kerusakan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Scarlett Brightly Ever After Serum biasanya saya gunakan saat pagi atau siang hari karena konon skincare dengan kandungan Vitamin C akan bekerja lebih optimal jika dikombinasikan dengan sunscreen. Meski begitu, serum ini sebenarnya juga bisa digunakan saat malam hari.

Ketiga produk tersebut, semuanya memiliki kandungan Niacinamide di mana pada beberapa ada yang kurang cocok khususnya jika persentasenya tinggi. Tapi menurut saya, Niacinamide pada produk tersebut tergolong gentle karena saya yang juga kurang cocok dengan kandungan ini tidak mengalami iritasi atau efek negatif lainnya. Malah saya merasa kulit menjadi lebih lembab dan cerah setelah menggunakan ketiga produk tersebut.

Hal yang perlu menjadi catatan, skincare dari Scarlett tidak akan cocok untuk mereka yang mengharapkan hasil instan dan perubahan warna kulit secara drastis berbeda dari warna kulit asli. Karena apa?

Karena semua produk Scarlett by Felicya Angelista adalah produk aman, sudah teruji bebas dari merkuri dan hydroquinone, serta teregistrasi di BPOM. Dan skincare yang aman itu justru butuh proses untuk menunjukkan hasilnya. Untuk skincare pencerah sendiri, butuh waktu 2-3 bulan untuk menunjukkan hasilnya.

Selain itu, efektivitas suatu skincare juga tergantung dari pemakaian tabir surya, jadi jangan lupa basic skincare-nya dikencangin dulu. Baru naik tahap ke serum dan essence toner. Setelah skin barrier dirasa cukup kuat dan sehat, bisa mulai coba menggunakan produk eksfoliasi. By the way, Scarlett sekarang sudah punya retinol serum juga. Duh, jadi pengen cobain, deh!

Oh iya, kalau akan membeli produk Scarlett by Felicya Angelista, pastikan di seller yang terpercaya, ya! Karena di luaran sana banyak produk palsu yang beredar. Cara untuk mengecek keaslian produk Scarlett bisa buka link https://verify.scarlettwhitening.com/ lalu isi data yang diminta dan masukkan kode di bawah barcode yang terdapat pada kemasan produk.

Kalau mau yang lebih pasti dan jelas keasliannya, produk dari Scarlett by Felicia Angelista bisa dibeli di sini.

 https://linktr.ee/scarlett_whitening

Produk face care dari Scarlett khususnya Brightening Series dan Glowtening Serum, dapat digunakan mulai umur 13 tahun serta aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.



1 komentar:

  1. Alasanku ga pakai lagi glowtening serum Krn susah banget diambil by pipet nya itu 😣. Awalnya aku pikir botol yg aku beli agak rusak. Tapi pas pakai botol kedua, sama aja.. sayang banget sih. Aku jadinya juga nuangin ke tangan tp jadi ga tau takarannya, kadang kebanyakan , kadang kedikitan. Dan kalo udh kena kulit, jadi parno sendiri mba 🤣🤣. Makanya aku ga lanjut botol 3. Semoga sih ke depannya Scarlett bikin kemasan baru yg pake pump. Padahal enak memang wanginya si glowtening serum itu.

    Naah itu , agak serem palsunya banyak Yaa. Mungkin Krn laris produknya. Makanya aku punya kebiasaan tiap kali ngabisin skincare, aku langsung rusak kotaknya mba, dicoret atau dirobek. Botol juga coret pake spidol dan dibuang terpisah, biar ga disalah gunain Ama pemalsu skincare 🤣

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p