Jumat, 02 Juli 2021

Cerita Kelahiran Kamayel Part 1

Sama seperti saat hamil Nayla, di kehamilan ke 3 ini saya memutuskan untuk memilih RSIA Pondok Jati sebagai tempat kontrol rutin kehamilan di Sidoarjo. Tapi karena di sini kami jauh dari keluarga jadi saya dan suami juga berencana untuk memeriksakan kehamilan di RSIA di Malang serta konsultasi juga di Bidan Rina, bidan gentle birth yang membantu kelahiran Alif dan Nayla dulu.

Apalagi di Sidoarjo hampir gak ada klinik bersalin yang melayani BPJS, untuk jaga-jaga kalau saya harus melakukan persalinan sesar yang mana biayanya pasti lumayan mahal jadi pengen coba klinik bersalin di Malang juga. Di Malang banyak banget RSIA yang sudah bekerja sama dengan BPJS.

Sampai akhirnya Corona datang menyerang saat kehamilan saya baru saja memasuki trimester 2. Awalnya sih masih yakin bisa lahiran di Malang, ya minimal bisa ke Bidan Rina lagi lah kalau emang gak memungkinkan untuk nyoba periksa di RSIA Malang.

Kirain aja si Coronces ini cuma sebulan dua bulan mampir ke Indonesia eh ternyata sampai masuk trimester 3 kehamilan bukannya menurun malah wabah ini makin parah. Kasus makin naik dan gak menunjukkan tanda akan segera membaik. Ditambah waktu itu ada pemberlakuan PSBB (waktu ituuu, aturan masih ketaaatt kayak celana legging) di mana kalau mau keluar dan masuk ke kota lain harus melewati berbagai prosedur. Bisa-bisa brojol di pos pemeriksaan gue ntar kalau tetep maksa lahiran di Malang.

Ya udah, dengan berbagai pertimbangan kami memutuskan untuk melakukan persalinan di Sidoarjo saja. Tapi masih ada satu lagi yang mengganjal nih, masalahnya sekarang prosedur persalinan lebih rumit dan ketat. Pasien tidak boleh dijenguk dan hanya boleh didampingi oleh satu orang saja untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran virus dalam fasilitas kesehatan. Terus 2 anak gue mau dikemanain nih pas lahiran? Apakah aku harus lahiran sendirian tanpa ditemani suami?

Kami pun mulai menyusun beberapa rencana baru. Rencana pertama, saya melahirkan di RSIA Pondok Jati sendirian. Suami dan anak-anak menunggu di mobil. Rencana kedua, mencoba periksa ke klinik bersalin di dekat rumah agar bisa melahirkan di sana. Klinik ini lebih kecil dari Pondok Jati. Parkirannya di halaman yang luas persis di samping klinik, jadi bisa lah anak-anak ditinggal di mobil sambil diawasi dari klinik. Selain itu kamar VIPnya lumayan bagus dengan tarif yang terjangkau. Rencana ketiga, saat kontraksi datang saya akan menghubungi adik saya, Dafit, di Malang untuk datang ke Sidoarjo dan menjaga anak-anak. Malang-Sidoarjo cuma 2 jam jadi bisa lah ya sampai sebelum lahiran.

Dan dari ketiga rencana tersebut tak ada satu pun yang terlaksana, haha. Pada akhirnya saya melahirkan di Papilio Natural Birth Centre Sidoarjo milik Bidan Wina yang beralamat di Jalan Raya Sambibulu Gang Papilio No. 1/2, Kecamatan Taman.

Pertama kali tau Papilio NBC dari instagram story The Urban Mama yang sedang membahas biaya lahiran. Tapi karena saat itu masih berniat lahiran di Malang jadi saya cuma kepo seperlunya kemudian terlupakan. Cuma mbatin, oh ternyata di Sidoarjo ada bidan gentle birth juga.

Masuk trimester 3, udah mulai galau tuh mau lahiran di mana. Akhirnya keinget sama Papilio NBC, terus mulai kepo-kepo instagram dan websitenya. Akhirnya bikin janji konsultasi di minggu 32 kehamilan.

Ternyata lokasi kliniknya itu deket dari rumah saya, cuma 11 menitan aja. Emang rada di desa dan pinggiran kota. Udah gitu masuk gang kecil dikit tapi parkiran mobilnya cukup luas kok.

Kliniknya lumayan homy dan modern, cukup baguslah buat foto-foto, wkwk ngapain juga foto-foto di klinik? :D

Pertama datang, bakal ditanya mengenai data diri dan riwayat persalinan sebelumnya. Terus disuruh tunggu giliran periksa.

Awalnya cuma saya yang masuk ke klinik, suami dan anak-anak tunggu di mobil seperti biasa. Tapi asisten bidannya bolak balik tanya serius nih gak mau ditemenin suami?

Sampai akhirnya giliran saya dipanggil, asisten bidannya meyakinkan lagi, beneran suaminya gak ikut? Lalu saya bilang, anak saya 2 lho mbak. Emang gak apa-apa nih ikut masuk? Dan mbaknya bilang gak apa-apa, akhirnya pak suami saya panggil untuk ikut ke ruang periksa. Anak-anak tunggu di luar ruangan aja deh.

Selama ini pak suami gak pernah ikutan masuk ruangan sejak pandemi, gak apa-apa deh kali ini dia ikutan biar tau perkembangan anaknya juga, lagipula kliniknya terlihat aman sih menurut saya. Yang periksa gak banyak dan tetap menggunakan masker.

Begitu masuk ruangan, udah ditunggu sama Bidan Wina. Dan ternyata beliau punya alat USG. Lalu saya di USG dan beliau menjelaskan soal persalinan di Papilio NBC. Beliau juga memberi saran untuk mengonsumsi olive oil. Jujur lupa fungsi olive oil buat apa, pokoknya ikhtiar biar persalinan lancar lah. Setelah itu saya dijadwalkan untuk kontrol 3 minggu lagi, kurang lebih ketika umur kehamilan masuk usia 36 minggu.

Setelah kontrol, asisten bidan memberi form jihad persalinan yang harus diserahkan saat kontrol selanjutnya. Serem amat ya namanya pakai jihad-jihad?

Tapi isinya gak serem kok, ini tuh form tentang keinginan pasien punya impian lahiran seperti apa. Makanan minuman kesukaannya apa. Selain itu saya juga harus tes laboratorium untuk pemeriksaan penyakit kelamin dan kadar Hemoglobin. Kebetulan di RSIA Pondok Jati juga memberi rujukan untuk tes laboratorium jadi sama asisten bidannya rujukannya jadi satu aja pakai yang punya Pondok Jati. Bidan Wina gak memberi resep obat, biaya kontrolnya Rp 185 ribu. Hampir sama dengan di Pondok Jati kalau gak pakai nebus obat, hehehe.

Seharusnya saya kontrol lagi ke Bidan Wina hari Selasa, 28 Juli 2020. Eh ya kok waktu itu pak suami ada jadwal Swab dari kantornya (alhamdulillah hasilnya negatif). Akhirnya dijadwalkan lagi untuk kontrol hari kamis, 30 Juli 2020. Kebetulan juga saya belum tes lab karena pak suami saat itu lagi sibuk-sibuknya dinas keluar kota, berangkat pagi pulang malam sedangkan jadwal periksa di RSIA Pondok Jati berubah cuma buka dari siang sampai sore aja. Akhirnya baru sempet tes lab hari rabunya.

Di hari kamis, Bidan Dewi, asisten Bidan Wina, menghubungi bahwa jadwal kontrol diundur dari yang tadinya pagi menjadi siang. Eh menjelang siang, Bidan Dewi menghubungi lagi kalau hari itu kontrol dibatalkan karena ada persalinan. Akhirnya dijadwalkan lagi untuk kontrol hari Selasa, 4 Agustus 2020.

Di trimester 3 ini saya sering banget ngerasa gak enak badan, kayak meriang dan lemes gitu gak tau kenapa. Begitu pun yang terjadi pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020. Hari itu rasanya saya gak enak badan. Mana ini bayi aktif banget nget nget sampai rasanya buat gerak gak nyaman. Selain itu saya juga udah mulai susah tidur. Akhirnya seharian itu saya cuma rebahan aja di kasur. Segala kerjaan rumah tangga yang ngerjain suami. Tapi karena gak enak cuma goler-goleran terus, saya pun memaksa diri buat bangun dan mempersiapkan hospital bag.

Hari minggu saya bangun pagi banget padahal baru tidur sebentar. Tapi saat hari mulai terang, saya tidur lagi dengan nyenyak sampai siang. Bangun-bangun badan berasa segar dan sehat banget. Akhirnya saya melakukan pekerjaan rumah dan masak. Sorenya saya berencana membuat empal gepuk dari daging Idul Adha dan sayur sop buat pendamping. Pak suami saya beri mandat untuk belanja sayur dan yang gepukin daging tapi ngeselinnya dia nunda buat belanja sampai sore banget. Habis belanja, dia pakai nyuci mobil pula. Kapan masaknya coba?

Akhirnya semua saya kerjakan sendiri timbang kelamaan, udah keburu laper. Dan setelah gepuk-gepukin daging, badan saya yang tadinya udah enakan jadi linu-linu dan gak nyaman lagi. Tulang selangkangan juga jadi sakit untuk gerak. Akhirnya saya pakai tiduran aja sambil nonton It's Okay Not to be Okay episode 14.

Lagi asyik-asyiknya nonton, tiba-tiba perut saya mules banget. Saya sudah sering sih merasakan mules-mules karena kontraksi palsu tapi mules kali ini beda. Biasanya saya merasakan perut mules kalau badan abis gerak yang rada ekstrim atau lagi tiduran terus pindah posisi. Lha kali ini gak lagi ngapa-ngapain eh tiba-tiba mules aja. Adegan drama korea yang saya tonton pun bukan adegan yang bikin perut kenceng, lagi biasa aja gitu. Dan yang paling aneh, setelah mules hilang, perut saya masih berasa gak nyaman. Gak sakit tapi gak enak deh rasanya. Saya sampai gelisah karena dibuat tiduran atau duduk rasa gak nyaman itu tetep ada.

Karena takut kalau ini tanda menuju kontraksi beneran jadi saya langsung ambil form jihad persalinan dan mengisinya.

Semalaman saya sulit tidur karena badan rasanya gak nyaman. Keesokan harinya pak suami keluar kota untuk survey lapangan. Ini agak ngeselin sih buat saya, karena saya udah berpesan ke suami kalau jangan keluar kota lagi. Dia udah menyanggupi, eh tiba-tiba ngasih tau kalau hari senin harus keluar kota lagi. Katanya survey terakhir, setelah itu udah ganti lokasi dan dia gak ikut karena mau persiapan lahiran. Okelah gak apa-apa, karena HPL memang masih 2 minggu lagi. Berdasarkan pengalaman anak sebelumnya juga biasanya hari persalinannya cuma maju semingguan.

Untungnya hari itu jadwal video conference untuk sekolahnya Alif jam 1 siang jadi saya bisa agak santai. Setelah sarapan, rasanya saya masih mengantuk dan akhirnya memutuskan untuk tidur. Tapi tidur pun gak nyenyak, kepikiran jangan-jangan bangun tidur saya tiba-tiba kontraksi beneran.

Ternyata setelah bangun tidur, saya sama sekali gak merasakan kontraksi tapi badan masih berasa gak nyaman. Biasanya kalau lagi ngerasa gak enak badan saat hamil, saya alihkan dengan bermain game. Tapi kali ini dipakai main game pun tetep gak bisa teralihkan rasa gak nyamannya. Buat nyusuin Nayla juga rasanya makin gak nyaman. Apalagi kalau dipakai buat jalan, rasanya perut mau ambrol. Pengennya rebahan aja tapi gimana lagi, kudu ngurus anak-anak.

Sekitar jam 2 siang, saya merasakan linu di bagian pinggang dan perut terasa kencang tiap jeda waktu tertentu. Kemudian sadarlah saya, jangan-jangan ini kontraksi beneran?

Bersambung, udah kepanjangan, hehe

Baca juga: Cerita Kelahiran Kamayel Part 2


1 komentar:

  1. selamat atas kelahiran anak ketiga Mer, menuju ganti header blog dong udah berubah personil hihi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p