Jumat, 02 April 2021

Review MUGU Sensoric Spoon Untuk Bayi MPASI

Selain baju bayi yang lucu-lucu, kayaknya peralatan MPASI juga jadi salah satu sumber kekalapan ibu-ibu yang bikin pengeluaran membengkak, betul apa betul? (Cari temen, hehehe)

Gimana gak, sekarang tuh peralatan makan anak banyak yang menarik dari segi fungsi dan desain. Rasanya pengen dibeli semua, bahkan yang sebenarnya gak penting jadi dianggap penting karena gak tahan dengan kelucuannya.

Tahaaaaan, ibu-ibu! Tarik nafas dulu, ambil minum, seruput perlahan lalu sembur ke muka sendiri biar tetap eling, Haha. Kalau nurutin hawa nafsu, emang gak ada habisnya, ya. Oleh karena itu sebelum membeli peralatan MPASI baiknya membuat list dan catatan mana yang sekiranya penting untuk dimiliki segera, bisa ditunda, dan yang gak penting sama sekali agar tetap bisa mengontrol keinginan untuk belanja peralatan MPASI. Bisa juga sebelumnya cari tahu tentang review peralatan makan bayi supaya gak bingung mau membeli merek dan produk apa aja.

Nah, kalau buat saya salah satu peralatan MPASI yang penting dan harus segera dimiliki ketika bayi sudah memulai makan makanan padat adalah sendok makan bayi MPASI. Karena perlengkapan lainnya bisa menggunakan apa yang ada di rumah tapi kalau sendok dewasa dipakai untuk ukuran mulut bayi yang masih mungil kan repot juga. Belum lagi kalau misalnya menggunakan sendok dari stainless yang keras dan kadang suka ada bagian yang tajam sehingga rentan melukai area mulut bayi.

Oleh karena itu, kalau misalnya budget mepet banget, minimal beli sendok bayi aja untuk MPASI sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan. Tapi kalau ada budget lebih, boleh deh dilengkapi perlengkapan MPASInya supaya lebih semangat dan instagramable (konteeen terooosss yang dipikir, haha)

Ngomongin sendok makan untuk MPASI, minggu lalu untuk pertama kalinya Kama keluar kota saat sudah memulai MPASI. Karena pengalaman keluar kota tersebut, saya baru kepikiran kalau Kama butuh sendok makan yang traveling friendly dan kualitasnya terbaik tentunya. Makanya sekarang Kama beralih menggunakan MUGU sensoric spoon.

MUGU sensoric spoon? Apaan tuuh?

Singkatnya, sih, MUGU sensoric spoon adalah sendok makan untuk bayi MPASI berbahan silikon. Mungkin beberapa di antara teman-teman masih ada yang belum pernah dengar review MUGU, tapi kalau MOOIMOM pasti udah pada tahu, donk, ya? Ini tuh salah satu brand yang produknya banyak saya pakai untuk memenuhi kebutuhan selama hamil dan menyusui hingga saat ini. Nah, MUGU merupakan sister brand dari MOOIMOM yang khusus menghadirkan merk peralatan makan bayi yang bagus dan kualitasnya terbaik.

Balik ngomongin MUGU sensoric spoon, sendok ini terbuat dari material food grade PP dan TPE . PP atau Polypropylene merupakan salah satu jenis plastik yang paling sering digunakan untuk bahan baku kemasan makanan atau minuman karena sifatnya yang tahan panas, tahan terhadap bahan kimia, serta aman digunakan berulang kali. Sedangkan TPE alias Elastomer Termoplastik merupakan bahan yang memiliki sifat elastis, fleksibel, tidak beracun, serta aman digunakan untuk peralatan makan dengan catatan TPE-nya sudah food grade. Kedua bahan ini selain aman, juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Selain itu, MUGU sensoric spoon juga sudah BPA Free, Latex Free, Pthalate Free, PVC Free, Nitrosamine Free, dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga dijamin sendok ini aman digunakan untuk bayi setiap hari.

Keamanan bahan pembuat MUGU sensoric spoon bukan cuma klaim semata, tapi pada kemasannya sudah tertera logo recycle, food grade, dan BPA free. Jadi kita sebagai konsumen semakin yakin untuk menggunakan produk dari MUGU.

Karena terbuat dari bahan silikon yang lembut, MUGU sensoric spoon tidak akan berisiko melukai lidah, mulut, serta bibir bayi. Meski  terbuat dari silikon yang umumnya mempunyai sifat elastis tapi tenang aja, sendoknya sama sekali gak letoy, kok. Termasuk sendok silikon yang kokoh sehingga tetap mudah dipakai untuk menyendok makanan dan menyuapkannya ke bayi.

Panjangnya yang 13,5 cm juga pas menurut saya, gak kepanjangan kalau untuk melatih bayi makan sendiri tapi juga gak kependekan kalau untuk menyuapi langsung. Gagangnya juga dilengkapi anti slip sehingga gak licin saat digenggam.

Selain itu, MUGU sensoric spoon juga sudah dilengkapi dengan sensori suhu di mana warna sendok akan berubah menjadi transparan jika makanan berada pada suhu di atas 40 °C. Jadi gak kuatir menyuapkan makanan yang terlalu panas untuk lidah bayi.

Ohya, tadi saya bilang kan kalau MUGU sensoric spoon ini cocok untuk dibawa traveling. Kenapa?

Karena sendok ini dikemas dalam wadah plastik yang ramping sehingga gak cuma menjaga kehigienisannya, tapi juga mudah diselipkan dalam tas saat berpergian. Kabar baiknya lagi, dalam satu wadah, gak cuma terdiri dari sensoric spoon tapi juga dilengkapi dengan sensoric fork dengan fitur dan bahan yang hampir sama persis dengan sendoknya.

MUGU sensoric fork ini didesain melengkung menyerupai sendok, sehingga meminimalisir kemungkinan rongga mulut anak tertusuk garpu saat makan. Dibanding dengan sendoknya, bagian ujung MUGU sensoric fork menurut saya lebih lunak. Tapi justru bagus ya, sehingga gak akan melukai mulut anak. Terbukti di Kama yang suka ikutan masukkin sendok atau garpu ke mulutnya saat makan, MUGU sensoric fork sama sekali gak bikin tersedak atau iritasi.

Cara membersihkannya juga mudah banget, cukup dicuci bersih dengan sabun kemudian keringkan. Jangan dimasukkan dalam microwave atau disimpan pada tempat yang langsung terpapar sinar matahari karena dapat merusak fitur sensorinya.

Coba tebak, deh, dengan fitur sedemikian rupa dan kualitas yang oke, berapakah harga satu set MUGU sensoric spoon and fork ini?

Rp 24 ribuan aja, cuuuyyy!

Murah meriah mantab! Selain warna biru seperti yang Kama punya, MUGU sensoric spoon and fork ini juga tersedia warna pink.

Selain sensoric spoon and fork, MUGU juga punya anti spill suction bowl dan training cup untuk mendukung masa-masa saat bayi sedang MPASI. Kita review peralatan makan dari MUGU satu per satu, ya!


Review MUGU Anti Spill Suction Bowl


Ngomongin soal MPASI, meskipun Kama menggunakan metode responsive feeding sesuai anjuran IDAI tapi di usia menjelang usia 8 bulan ini, Kama sudah mulai saya latih untuk makan sendiri supaya nanti terbiasa memegang peralatan makan sekaligus melatih kemampuan motoriknya juga. Oleh karena itu, sudah sejak lama saya mengincar MUGU anti spill suction bowl untuk Kama belajar makan agar gak mudah dibanting.

Anti spill suction bowl ini merupakan produk dari MUGU yang pertama kali saya tahu saat sedang berburu peralatan MPASI di market place. Kayaknya saat itu brand ini masih baru saja launching produk jadi belum banyak saya temukan review MUGU. Tapi saya langsung tertarik untuk memilikinya (caelah, bahasanya) karena pilihan warnanya kece-kece dan kekinian.

Semakin yakin dengan keamanan dan kualitas dari anti spill suction bowl ini ketika mengetahui bahwa MUGU masih saudaraan dengan MOIMOOM. Jadi udah jelas bukan produk abal-abal yang gak tahu siapa produsennya.

MUGU anti spill suction bowl terdiri dari 2 bagian yang bisa dilepas pasang yaitu mangkok serta bagian karet suction dengan material yang terbuat dari Polypropylene dan TPE yang sudah foodgrade, serta mendapat sertifikasi SGS karena tidak mengandung BPA, DEHP, DNOP, DBP, serta BBP. Banyak ya, bok? Yang familiar buat saya cuma BPA, doank. Intinya mangkok ini bebas bahan kimia berbahaya dan aman untuk anak-anak, lah, pokoknya.

Oh iya, SGS atau Soiciete Generale de surveillance adalah perusahan multinasional yang memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss, yang menyediakan layanan inspeksi, verifikasi, pengujian, serta sertifikasi terhadap kuantitas, berat, dan kualitas dari sebuah produk untuk memastikan bahwa produk tersebut sudah memenuhi standar keselamatan dan kesehatan yang ditetapkan.

Pertama kali Kama mencoba untuk makan sendiri menggunakan MUGU anti spill suction bowl, alih-alih menyendokkan makanan sebagaimana mestinya, yang terjadi malah buburnya langsung dikrauk pakai tangan dan beralih fungsi menjadi lotion rambut dan muka, haha. Selain itu, Kama juga berusaha mengambil mangkoknya dengan cara menggoyang-goyangkannya. Untungnya karet dari MUGU anti spill suction bowl ini kuat, ya, jadi gak geser dan lepas sama sekali dari tray high chairnya. Lain kali belajar makannya pakai makanan yang gak belepotan aja, deh :D

Meskipun udah mulai belajar makan sendiri, untuk makanan utama, Kama masih saya suapin, kok. Bukan berarti beralih metode menggunakan BLW (Baby Led Weaning) yang mana tidak dianjurkan di Indonesia karena dikuatirkan gak mampu memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien bayi. BLW memang banyak digunakan di luar negeri, tapi kita juga harus ingat, aturan untuk negara berkembang dengan negara maju itu berbeda. Apalagi Indonesia masuk 5 besar negara dengan anak-anak stunting di dunia.

Metode responsive feeding juga ada anjuran untuk melatih bayi makan sendiri, kok. Cuma dikenalkan secara bertahap, gak langsung makan sendiri sejak awal. Btw, saya ngomong begini bukan bermaksud sok iye melainkan pernah jadi ibu yang lebih memilih saran dari yang bukan ahlinya dan berujung kerepotan sendiri dengan berbagai masalah makan anak-anak, huhuhu.

Harga MUGU anti spill suction bowl hanya Rp 50 ribuan aja dan tersedia 2 warna dan ukuran berbeda yang bisa jadi pilihan sesuai kebutuhan.


Review MUGU Training Bottle


Karena asupan air selain susu untuk bayi di bawah satu tahun itu masih sedikit, sekitar 120 ml sehari, jadi selama ini Kama minum air putih masih dengan cara disendokin aja. Lalu saya membaca sebuah artikel kalau ternyata melatih anak minum menggunakan sedotan itu bagus untuk melatih otot mulut dan bisa jadi salah satu cara untuk stimulasi kemampuan bicara anak. Oleh karena itu, saya pun mencoba memberi Kama minum menggunakan MUGU training bottle.

MUGU training bottle sendiri merupakan botol minum yang dilengkapi sedotan. Uniknya, pada bagian ujung bawah sedotan terdapat pemberat berupa bola gravitasi sehingga mempermudah anak untuk minum dari segala sudut dan posisi.

Tipe sedotan pada MUGU training bottle memang dari silikon dengan karakteristik agak lemas, bukan yang kaku gitu, yang memang tujuannya agar sedotannya bisa bergerak ke berbagai sisi dengan bantuan bola gravitasi. Cocok untuk menyapih anak minum susu menggunakan dot karena training bottle ini bisa digunakan sambil tiduran seperti dot tapi punya manfaat lebih baik untuk kesehatan gigi. Apalagi untuk bayi yang minum ASIP, menggunakan botol dengan sedotan bisa meminimalisir terjadinya bingung puting.

Pertama kali nyoba minum menggunakan MUGU training bottle, Kama terlihat kebingungan. Sedotannya cuma digigit aja. Tapi lama kelamaan, Kama mulai mengerti cara menggunakannya dan sudah bisa minum dengan sedotan meskipun air yang masuk ke mulutnya gak langsung ditelan tapi dilepeh lagi sehingga beleberan kemana-mana. Gak apa-apa, namanya juga belajar. Pelan-pelan pasti bisa lebih baik lagi minumnya.

MUGU training bottle juga dilengkapi dengan segel kedap udara sehingga gak mudah tumpah meskipun botol dibalik, skala ukuran untuk mengontrol jumlah air yang diminum oleh anak, serta tutup botol dengan desain flipcap sehingga mudah untuk dibuka tutup.

Semua part dari MUGU training bottle dapat dilepas pasang agar lebih mudah saat dicuci. Cara mencuci botol ini cukup menggunakan spons lembut serta sabun. Bisa disterilkan pada air mendidih kurang dari 3 menit dan hindari memasukkannya pada microwave.

Tersedia 5 pilihan warna dan 2 jenis ukuran MUGU training bottle dengan harga berkisar di antara Rp 84 sampai 92 ribuan.

Gak cuma menyediakan peralatan MPASI untuk bayi, MUGU juga punya perlengkapan makan dan minum untuk anak di atas usia setahun. Cocok banget untuk yang punya anak lebih dari satu kayak saya, adiknya dibelikan eh kakaknya gak mau kalah pengen punya perlengkapan makan baru juga, hehehe.

Tenang aja, set peralatan makan dari MUGU gak cuma punya desain oke dan kualitas yang bagus tapi harganya juga terjangkau banget. Jadi isi dompet masih bisa terselamatkan, kok, meskipun harus belanja perlengkapan makan untuk adik dan kakaknya sekaligus.

Untuk teman-teman yang sedang mencari referensi merk perlengkapan makan bayi yang bagus, boleh coba lihat-lihat koleksi dari MUGU. Atau bisa juga buat yang sedang cari kado untuk bayi dengan harga terjangkau tapi tetep pantes karena desain produk sampai kemasan MUGU kece-kece semua. Gak malu-maluin kalau buat kado ke orang lain.

Produk-produk dari MUGU bisa dibeli di www.mooimom.id . Gunakan kode voucher BLOGMESIKA10 untuk mendapatkan diskon 10% dengan minimal pembelanjaan Rp 300 ribu.

1 komentar:

  1. Dulu zaman anakku mulai belajar makan, aku pake sensoric spion kayak gitu juga, walopun dulu merk nya beda :D. Jd bisa tahu makanannya msh kepanasan ato ga ya :D

    Sayangnya yg suction bowl, aku ga prnh pake, cm aku malah pernah beli banyak, tp utk kado mba :D. Krn pas tahu ttg bowl yg bisa nempel gitu supaya ga tumpah, anak2ku udh gedean, ga perlu bowl begitu lagi :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p