Selasa, 10 Desember 2019

Tentang Nayla dan Diare yang Berulang


Berbeda dengan kakaknya yang sering mengalami sembelit ketika masih usia batita, Nayla justru kebalikannya alias sering banget terserang diare. Dan yang bikin bertanya-tanya, diarenya itu gak jelas penyebabnya karena apa. Perasaan gak abis makan yang aneh-aneh, eh kok ujug-ujug jadi diare?


Diarenya gak yang parah banget sih, paling frekuensi BABnya jadi lebih sering. Dari yang biasanya sehari BAB cuma 1 sampai 2 kali, tiba-tiba jadi 4 sampai 5 kali dengan tekstur yang lebih lembek. Meskipun terbilang gak parah dan bisa sembuh sendiri dalam 1 sampai 2 hari aja, tapi ya namanya anak sakit, orangtua mana sih yang gak kuatir? Apalagi kalau masih dalam masa 1000 hari perlindungan di mana merupakan periode emas dalam tahap tumbuh kembangnya.

Berdasarkan beberapa artikel kesehatan yang kami baca, ada beberapa penyebab terjadinya diare, antara lain.

  • Infeksi bakteri
  • Infeksi virus
  • Berwisata ke tempat tertentu
  • Obat-obatan tertentu
  • Intoleransi makanan
  • Keracunan makanan
  • Kondisi medis tertentu

Dari beberapa faktor penyebab diare tersebut, saya menyimpulkan kemungkinan yang menjadi penyebab dari diare yang dialami Nayla adalah bisa jadi karena infeksi bakteri, infeksi virus, berwisata ke tempat tertentu, atau intoleransi makanan.


Kalau diperhatikan, Nayla memang lebih sering terkena diare saat kami sedang di luar kota atau baru saja pulang dari berpergian. Mungkin Nayla tertular bakteri atau virus dari orang lain atau bisa juga ada bakteri atau virus yang tak sengaja masuk ke mulutnya melalui tangan atau benda di sekitarnya seperti mainan. Selain itu, setiap mengonsumsi makanan tertentu Nayla juga bisa tiba-tiba mendadak diare. Dugaan sementara sih, kemungkinan Nayla alergi susu dan cokelat tapi belum valid juga karena pernah saya coba beri lagi 2 menu tersebut, ternyata gak ada efek negatif yang terjadi.

Btw, diare itu ternyata memang bisa menular dari kontak dengan orang lain terutama kalau penyebab diarenya karena infeksi virus, bakteri, atau parasit. Kuman pada feses dapat mengontaminasi tangan, makanan, air, mainan, dan perlengkapan makan, hingga akhirnya masuk ke dalam saluran cerna orang lain melalui mulut.

Makanya penting banget untuk menjaga kebersihan apalagi kalau punya anak kecil atau bayi yang masih dalam periode emas di mana merupakan waktu terbaik untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil. Selain memperhatikan asupan nutrisi dan stimulasinya, menjaga kebersihan lingkungan dan benda-benda di sekitar juga memiliki pengaruh besar pada 1000 hari perlindungannya. Kalau lingkungan sekitar gak bersih, anak bisa rentan terkena penyakit yang tentunya akan mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Untuk mengobati diarenya Nayla sendiri, biasanya sih saya cuma beri probiotik atau BRATY (Banana, Rice, Apple Syrup, Toast, and Yogurt) dan memastikan asupan cairannya tetap terjaga. Sedangkan upaya preventif yang saya lakukan agar diarenya tidak berulang antara lain.

  • Membatasi konsumsi menu tertentu yang diduga sebagai pencetus diare
  • Rajin mengajak Nayla cuci tangan, terutama setelah dari luar rumah
  • Selektif ketika membeli makanan di luar rumah
  • Rutin mencuci mainan



Apa hubungannya mainan sama diare?

Ada donk! Anak-anak dan mainan itu kan adalah 2 hal yang sulit untuk dipisahkan. Hampir semua anak pasti punya mainan kesukaan. Sedangkan mainan itu kan salah satu benda yang rentan jadi sarang bakteri karena sering diletakkan di sembarang tempat. Padahal anak-anak terutama yang masih dalam fase oral seringkali gemar memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya, termasuk mainan favoritnya. Jika mainan yang penuh dengan bakteri masuk ke dalam mulutnya, tentu saja risiko terkena diare akan semakin besar.

Untuk mencuci mainan anak-anak, biasanya saya menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi, pembersih botol dan peralatan bayi dengan formula food grade yang aman untuk bayi. Saya sudah menggunakan produk-produk Sleek sejak anak-anak masih bayi baru lahir, dari jamannya Alif bayi sampai punya Nayla masih setia sama Sleek. Gak cuma Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi tapi juga hampir semua perlengkapan bayi anak-anak pakai produk dari Sleek. Selain karena harganya terjangkau dan mudah didapat di minimarket terdekat, Sleek ini merupakan salah satu produk bayi yang aman karena memang hanya menggunakan bahan-bahan yang benar-benar diperlukan dan tentunya sudah teruji klinis.


Untuk Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi sendiri ternyata saat ini hadir dengan formula baru yang sudah dilengkapi 8 proteksi yang lebih lengkap untuk si kecil. Delapan proteksinya antara lain:

  1. Food Grade, formulanya tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si Kecil,
  2. Natural Anti Bacterial, bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si Kecil termasuk botol susunya, 
  3. Stain Removal, mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak, dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan si Kecil secara keseluruhan, 
  4. Hypoallergenic, formula hypoallergenic mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal, dan kasar pada kulit. Gak cuma memberi perlindungan bukan hanya untuk si Kecil tapi juga untuk Ayah Bunda saat mencuci agar tangan tetap lembut dan bebas iritasi,
  5. Dermatologically Tested, Sabun pencuci botol yang sudah teruji klinis,
  6. Microbiological Tested, produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya,
  7. High Quality Concentrate, hanya perlu sedikit saja, botol susu si Kecil sudah bersih dan terlindung dari kuman! 
  8. Paraben free, sabun pencuci botol, peralatan makan, dan mainan si Kecil yang tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya sehingga aman untuk si Kecil.

Waktu anak-anak masih minum ASIP dan masa MPASI, Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini lebih sering saya gunakan sebagai pembersih botol, breast pump, dan peralatan makan anak-anak yang memang rata-rata terbuat dari plastik di mana perlu sabun khusus yang ampuh untuk mengangkat lemak susu dan makanan yang menempel. Sekarang Alif sudah gede, dan Nayla juga sudah makan makanan rumahan jadi si Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi beralih fungsi sebagai sabun untuk mencuci mainan anak-anak, khususnya mainannya Nayla.

Entah naluri wanita apa gimana ya, Nayla tuh paling suka main segala jenis masak-masakan di mana saking menghayati permainannya, dia hobi banget memasukkan replika makanan ke dalam mulutnya. Makanya rada gak tega kalau mencuci mainannya pakai sembarang sabun, bener bakterinya hilang tapi yang ada malah bahan kimia yang gak aman buat tubuh yang masuk ke mulut. Ya udahlah paling bener emang percayakan ke Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi aja yang udah terbukti aman untuk anak-anak.

Ohya, cara saya mencuci mainan anak-anak berbeda-beda tergantung jenis dan bahan mainannya. Untuk boneka berbulu biasanya saya cuci aja menggunakan mesin cuci kemudian dijemur di bawah sinar matahari, tapi sabunnya tetap menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi karena busanya gak terlalu banyak jadi meminimalisir kemungkinan ada sabun yang tersisa pada boneka. Sedangkan mainan berbahan plastik atau aluminium dan sejenisnya yang berukuran kecil, biasanya saya kumpulkan jadi satu dalam ember kemudian direndam dalam air yang sudah diberi Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi. Setelah beberapa saat direndam, baru saya gosok menggunakan spons atau sikat, dan terakhir baru dibilas serta dikeringkan. Kalau mainannya berukuran besar, langsung saya cuci menggunakan spons atau sikat dengan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi seperti mencuci peralatan dapur. Supaya lebih seru, biasanya anak-anak saya ajak ikut serta saat membersihkan mainan mereka. Lumayan, bisa dapat 2 pekerjaan sekaligus, mencuci mainan sekaligus memandikan anak-anak, hehehe.


Sejak rutin mencuci mainannya dan melakukan upaya preventif lainnya, Alhamdulillah, sejauh ini Nayla sudah gak pernah lagi diare tanpa sebab. Semoga sehat terus yaa! Tolong Aamiinkan donk, :D

Ibu-ibu dan Bapak-bapak, punya pengalaman menghadapi anak diare juga gak? Share ya!

Info selengkapnya tentang Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi.


#SleekBaby
#SleekBabyAlamiMelindungi 
#SleekBaby8Protection 
#1000HariPertama
#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

23 komentar:

  1. aku jg pake sleek untuk cuci botol, dan utk dibawa traveling . berguna utk nyuci dalaman baju ;p. tinggal taro di dalam wastafel hotel. ato kalo sdg nginep di airbnb, yg nyediain masin cuci, jd bisa nyuci baju sih. udh aku percaya dari anakku yg kedua masih bayi mba. kayaknya ntr bakal aku pake juga untuk bersihin maianan anak2 :D baru inget mainan mereka banyak yg kesimpen gitu aja dan berdebu.

    BalasHapus
  2. tosss dulu lah. aku pun juga suka ngajakin anak nyuci mainan pakai SLeek pembersih botol. sejauh ini , belum pernah sampai diare sih. (amit amit jangan sampe ). Cumaaaa.... kalau nyuci botol pakai sabun biasa baunya masih bau susu basi. kalau pakai Sleek ini baunya fresh, bye bau apek

    BalasHapus
  3. Klo aku, si kakak malah yang sering mencret dan itu nek dia abis minum susu uht,
    Owalah klo sleek aku pernah dapat paket super duper lengkap bar lahiran mer dari hermina, jadi merasa tertolong banget secara sleek kan termasuk mahal di sabun bayi di kelasnya

    BalasHapus
  4. HIks, inget anakku dulu belum usia setahun, baru mulai fase oral kena diare sampe masuk rumah sakit. Emang bener mom, anak2 dan mainan gak bisa dipisahkan. Makanya aku dulu juga pake sleek

    BalasHapus
  5. Macam si kakak waktu kecil nih, sering banget diare, berakhir dengan muntaber dan dirawat di RS, hiks.
    Si kakak memang lebih sensitif pencernaannya, makanya dulu saya over protektif banget ama dia, dan iyes, saya mempercayakan Sleek dalam membersihkan peralatan minum susu dan makannya.Terutama botol susu yang memang penuh lemak susu kan, kalau nggak bersih juga bikin penyakit :)

    BalasHapus
  6. Anak-anak memang masih banyak yang belum tahu apa hal yang boleh dan tidak boleh. Termasuk saat menggunakan alat bermainnya. Jadi deh kita yang harus sering-sering mencuci mainannya

    BalasHapus
  7. Aku pakai sleek bottle ini dari Kenzo lahir sampai sekarang mbak hehehe, semacam sudah jadi kebiasaan kalau lagi grocery :)

    BalasHapus
  8. Jadi ingat zaman anak2ku masih bayi dan balita dulu. AKu juga menggunakan Sleek ini buat mencuci buah2an juga alat2 makannya. Hati jadi tenang kan Sllek higienis. Moga2 terhindar dari berbagai penyakit ya mbak.

    BalasHapus
  9. Kalau anak kena diare sih alhamdulillah belum pernah. Paling sakit demam flu batuk gitu saja.
    Menjaga kebersihan bagi kita memang wajib ya. Semoga anak kita sehat selalu semuanya... Amin...

    BalasHapus
  10. Wah samaan ya bun.. saya di rumah juga pake Sleek buat cuci botol si adek. Bebas bakteri jadi pencernaan adek juga jadi sehat,

    BalasHapus
  11. Waktu anak-anak masih minum ASIP dan MPASI, aku juga selalu cuci peralatannya pake sleek..

    Sehingga terjaga kehigenisannya, dgn begitu anak akan terhindar dari diare

    BalasHapus
  12. Kebersihan wadah makanan dan minuman anak emangkrusial ya mbak. Soalnya kalau gak bersih bisa bikin pencernaan anak bermasalah. Yg jd masalah kalau bepergian gtu ya kudu mastiin bahwa yang dimakan anak, dipegang anak juga bersih. Sehat2 terus ya dedek Nayla

    BalasHapus
  13. Iya Bun.. bener banget. Penting sekali untuk menjaga kebersihan apalagi kalau punya anak kecil atau bayi yang masih dalam periode emas di mana merupakan waktu terbaik untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil.

    BalasHapus
  14. Produk sleek ini memang bagus banget. bagi yang punya balita, kita memang harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan, apalagi untuk barang-barang si kecil.

    BalasHapus
  15. Ternyata sleek pembersih cucian peralatan yg aman dan bersih serta higienis ya. Jadi ga takut lagi kuman nempel para peralatan bayi

    BalasHapus
  16. Wah makasih artikel nya bermanfaat mba, anak sy juga lagi masa2 nya masukkin semua barang ke mulut

    BalasHapus
  17. Habis baca tulisan mba, saya jadi teringat kalau mainan anak anak belum saya cuci. Paaass sekali. Tentunya dicuci dengan Sleek Baby dong ya.

    BalasHapus
  18. Anak saya yg ketiga jg lg masa2nya masukkan mainan ke mulut mba jd mesti dijaga nih biar ga diare semoga ngga deh. Klo anak yg kedua malah dulu pernah diare yg ga brenti2 dan itu bikin sedih ya kalo liat anak sakit

    BalasHapus
  19. waspada dg bakteri penyebab diare. kan gak kelihatan tuh. jd harus rutin bersihkan mainan dan alat makan si kecil biar jauh2 daei diare

    BalasHapus
  20. Keamanan bahan pencuci untuk peralatan makan anak memang harus diperhatikan ya mbak. Soalnya anak yg jadi taruhannya

    BalasHapus
  21. Anak balita memang rentan dengan diare ya Moms, Mereka lagi Eksplorasi banyak hal dengan memasukannya ke mulut. Kalau kita ga mengawasi dengan baik, bisa-bisa kena diare terus.

    BalasHapus
  22. Kayaknya aku juga perlu beli ya, buat perlindungan si bayi. Nungguin dapet kado sleek, tapi ternyata ga ada.. Wkwkwkw

    BalasHapus
  23. Tenang dan nyaman kalau ada Sleek ywaa, mengatasi masalah kawatir kuman saat mencuci alat makan anak ya mba.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p