Selasa, 28 Mei 2019

Berburu Kuliner Ala Timur Tengah di Ampel, Surabaya


Wow! Seorang Meriska yang sangat jauh dari kata soleha ini tiba-tiba ngebet banget pengen mendatangi wisata religi Sunan Ampel di Surabaya. Apakah dia baru dapat hidayah??


Beberapa kali lewat gerbang masuk wisatan religi Sunan Ampel di Surabaya Utara sana, saya sama sekali gak tertarik untuk sekedar mampir melihat-lihat. Baru di gerbangnya saja kesan panas, rusuh, dan semrawut langsung terpampang nyata. Pasti rempong deh kalau ngajak anak-anak ke sana. Lagi pula saya juga dari dulu gak terlalu tertarik sama wisata religi gitu. Padahal mertua saya biasa memandu tour Wali Songo dan salah satu pengurus seniornya Muslimat NU. Emang dasar aja anaknya salah pilih istri, wkwk.

Sampai pada akhirnya saya melihat review kuliner Ampel di salah satu akun tentang Surabaya terus lanjut ubek-ubek youtube, saya pun jadi tertarik untuk mengenal daerah Ampel lebih jauh. Ternyata kuliner khasnya itu banyak bangeett, mostly sih kuliner ala Timur Tengah gitu yang aslinya saya gak begitu suka. Cuma karena banyak yang bilang kuliner Timur Tengah di Ampel itu enak-enak, saya jadi tertantang untuk membuktikannya sendiri. Jadilah seminggu sebelum masuk puasa, saya sekeluarga nginep di salah satu hotel di daerah Jembatan Merah yang mana lokasinya gak jauh dari kawasan Ampel.

Berikut beberapa kuliner yang sempat kami coba saat menyambangi kawasan Ampel.

Kambing Oven Yaman Kuliner


Salah satu menu yang tersohor banget di Ampel adalah Kambing Oven. Menu ini banyak dijual di depot-depot masakan Timur Tengah yang banyak tersebar di seputaran Ampel. Nah, salah satu depot ternama dan legendaris yang menjual kambing oven adalah Yaman Kuliner.

Yaman Kuliner ini termasuk yang paling banyak direview di google maps. Lokasinya ada di deretan ruko Hotel Kemadjoean. Depotnya kecil banget, dengan sekitar 4 apa 5 meja gitu. Selain di dalam ruangan, ada juga meja di teras depot.

Kita datang beberapa saat menjelang isya', depot masih terlihat sepi. Cuma ada satu rombongan pelanggan. Kali itu kami memesan kambing oven, nasi goreng, nasi putih, dan nasi kebuli polos. Minumnya es teh dan jus kurma, pokoknya saya pesan menu yang banyak direkomendasikan sedangkan suami ngalah pilih yang murah, wkwk.


Pesanan datang lumayan cepat. Kambing ovennya disajikan di atas hot plate dengan asap yang masih ngebul. Ada sepiring saus kacang untuk mendampingi kambing oven. Nasi gorengnya Alif porsinya lumayan banyak dengan potongan ayam yang melimpah. Nasi kebulinya karena polosan jadi tampilannya biasa aja.

Dan benar yang direview orang-orang, kambing ovennya gak bau prengus sama sekali padahal kita pesan yang plain. Paling enak dicocol saus kacangnya yang berasa light dan gak eneg. Pak suami sampai minta nambah saus kacang sepiring saking doyannya. Padahal awalnya dia bilang ogah makan kambing dan nyuruh saya yang ngabisin. Eh ujung-ujungnya malah dia yang habisin kambingnya, haha.

Nasi kebulinya juga enak, rempahnya berasa dengan sedikit taste manis tapi enaknya gak istimewa. Untuk saya yang biasanya gak doyan nasi kebuli, ini mah itungannya udah oke banget karena lidah saya bisa nerima bahkan sanggup ngabisin sepiring penuh. Daripada nasi kebulinya, saya malah lebih suka nasi gorengnya Alif. Lebih gurih dan berasa bumbunya.


Sayangnya minuman di Yaman Kuliner yang kita pesan semuanya terlalu manis, dari es teh sampai jus kurmanya. Mungkin lain kali pesen gulanya sedikit aja kali ya.

Tepat setelah kami selesai makan, pengunjung mulai berdatangan dan terlihat Yaman Kuliner ini memang yang paling ramai didatangi. Selain pembeli, pengamen dan pengemis juga mulai silih berganti masuk ke depot. Untung saja saya udah baca-baca review sebelumnya, jadi udah persiapan bawa recehan satu kantung. Soalnya pengemis dan pengamennya rada maksa gitu. Pantang pergi sebelum diberi, halah.


Overall, rasa menu yang kita coba enak-enak. Saya yang gak suka kambing bisa jadi doyan. Selain itu sekilas harga menunya mahal-mahal kan? Tapi ditotal cuma habis Rp 150 ribuan, udah kenyang dan full protein hewani. Sama aja kayak makan shabu/suki ngirit-ngirit di mall. Cuman sayang aja suasana di Yaman Kuliner kurang nyaman, puanas banget. AC gak dinyalain cuman pakai kipas angin yang muter ke satu sisi dan ya itu tadi, banyak pengamen dan pengemisnya.


Gule Kacang Ijo dan Maryam H. Safili


Selain kambing oven, gule kacang ijo juga termasuk kuliner yang banyak tersebar di kawasan Ampel. Sebenarnya di depot-depot semacam Yaman Kuliner juga menjual menu ini, tapi saya kan pengennya nyoba dari vendor yang udah terkenal gitu. Jadi terpilihlah Gule Kacang Ijo dan Maryam H. Safili karena reviewnya paling banyak di google maps.

Gule Kacang Ijo H Safili ini bukanya mulai dari jam 12 malam sampai jam 7 pagi. Karena suami udah ngantuk banget, jadi kami baru datang setelah subuh.

Lokasinya persis di seberang Yaman Kuliner dengan lapak menggunakan tenda. Begitu datang kami langsung ditodong pertanyaan mau pesan berapa roti maryam. Untuk gule kacang ijonya pesan sendiri ke meja bagian depan.

Dengan pedenya saya pesan 2 porsi gule kacang ijo untuk saya dan suami. Ternyata seporsi gule kacang ijo itu banyak banget. Tau gitu pesan satu aja. Seporsi gule dilengkapi dengan beberapa tusuk sate jeroan, gak tau jeroan apa. Tapi menjelang pagi sate jeroannya kayaknya sudah habis jadi banyak pembeli yang gak kebagian.


Gimana soal rasanya?

Rasanya aneh banget di lidah saya. Bayangin aja bubur kacang ijo kental tapi dengan citarasa gurih dan berempah. Rasa kuah gulenya juga sama sekali berbeda dengan gule yang biasa saya makan. Sate jeroan juga gak bisa saya nikmati. Benar-benar rasa yang gak familiar banget deh.

Dan kehadiran roti maryam itu memang penyelamat banget. Roti maryam bikin rasanya gak terlalu kuat dan gak eneg. Cuman ya itu harusnya pesan satu porsi gule aja karena saya udah kekenyangan ngabisin 3 roti maryam tapi gulenya masih banyak.

Gara-gara mencoba memaksakan diri untuk makan gulenya tanpa roti, rasa gulenya jadi nyantol terus di lidah. Bikin mblenek.

Tapi meski saya kurang cocok dengan rasanya, nyatanya kuliner ini jadi menu favorit warga Ampel lho. Banyak banget yang beli untuk sarapan. Bahkan masih jam 6 pagi, mereka sudah persiapan untuk tutup.

Total harga yang harus kami bayar untuk 2 porsi gule kacang ijo, roti maryam yang entah berapa jumlahnya saking pesen banyak karena anak-anak mau makan roti maryam polosan, teh hangat, dan kopi rempah cuma Rp 40 apa 50 ribuan aja. Murah banget, roti maryamnya dihargai cuma Rp 2 ribu per bijinya. Tapi jangan bandingin sama roti maryam di cafe atau resto. Roti maryam di sini mirip sama bikinan saya sendiri yang kadang rada bantet, wkwk.

Kebab Layali


Kebetulan dulu waktu menginap di Swiss Bell in Surabaya, salah satu menu breakfastnya adalah Oum Ali, semacam bread pudding khas Timur Tengah, yang ternyata cocok di lidah saya. Nah, pas banget dapat info dari akun instagram Surabaya kalau di Ampel ada yang menjual Oum Ali juga yaitu Kebab Layali.

Selain Oum Ali, saya juga penasaran dengan ayam goreng elbhaik mereka. Reviewnya sih rempah ayam gorengnya terasa, saya langsung kepikiran ayam albhaik yang terkenal itu. Siapa tau rasanya mirip kan lumayan ya, bisa beli tiruannya dengan harga lebih murah? Heuheu. Padahal saya juga belum pernah nyobain ayam Albhaik, macam mana bisa tau kalau rasanya mirip apa gak?? Suka gak jelas emang Meriska ini.

Di daerah Ampel, Kebab Layali ini ada 2. Pertama lokasinya ada di seberang hotel Kemadjoean dekat Dalwa Mart. Yang ke 2, ada di dekat Ampel Lonceng, gak jauh dari lokasi yang pertama. Waktu kami datang, Kebab Layali di lokasi yang pertama tutup, jadi kami pun berjalan menuju Kebab Layali di lokasi ke 2.

Dibanding Yaman Kuliner, suasana di Kebab Layali jauh lebih nyaman. Dengan desain modern ala Timur Tengah, pengunjung bisa memilih untuk duduk atau lesehan. Ruangannya juga berAC jadi lebih adem. Pintu masuknya selalu ditutup jadi meminimalisir masuknya pengamen dan pengemis.

Menu yang dijual hampir mirip dengan yang ada di Yaman Kuliner, bedanya di Kebab Layali pilihan lebih bervariasi. Selain menu nasi dan kambing-kambingan, ada dessert seperti Oum Ali dan Roti Maryam. Ada juga kebab dan ayam goreng crispy. Harganya standar aja, hampir mirip sama depot lain di Ampel.

Kali itu kami memesan ayam goreng elbhaik seharga 15 - 18 ribu, roti maryam susu seharga 10 ribu, nasi briyani ayam seharga 55 ribu. Yupz! Menu nasi-nasiannya emang rada mahal tapi worth it kok. Dan sayang banget, Oum Alinya pas lagi kosong.

Nasi briyaninya menggunakan beras basmati lengkap dengan potongan ayam goreng dengan ukuran yang geday. Rasanya juga enak banget, rempahnya cocok untuk lidah saya. Saus pendampingnya juga enak, rasanya asam pedas yang gak biasa. Duuh nyesel baru sekarang nyobain nasi briyani, biasanya cari aman makan nasi kebuli terus tiap ke rumah makan timur tengah.


Untuk ayam goreng elbhaiknya standar aja sih, kulitnya garing dan rasanya gurih. Tapi saya merasa gak ada yang istimewa. Kayaknya emang gak mirip dengan Albhaik yang di Arab sana.


Roti maryamnya jelas ya lebih enak timbang di gule maryam H Safili. Ini pake maryam yang pecah-pecah kayak pastry gitu. Ada harga ada rupa lah.

Karena tempatnya yang jauh lebih nyaman dan rasanya juga gak mengecewakan, kalau ke Ampel lagi kayaknya saya bakal pilih ke Kebab Layali aja daripada Yaman Kuliner. Atau mungkin nyobain resto lainnya tapi yang tampilannya juga seoke Kebab Layali.


Sebenarnya masih banyak banget kuliner Ampel yang belum kita coba kayak sate karak dan kopi rempah tapi waktunya gak cukup dan kebetulan waktu itu ternyata bersamaan dengan acara haulnya Sunan Ampel jadi macet banget. Ya udah kapan-kapan harus ke sini lagi, suka banget sama suasananya. Gak sesemrawut yang saya kira, malah kayak ada hal magis yang bikin nyeess gitu.

Buat yang suka kuliner Timur Tengah atau lagi cari kuliner halal di Surabaya, coba deh datang ke Ampel. Surga banget lah, roti maryam frozen aja bertebaran di mana-mana dari segala merk. Buat yang suka hunting foto, jangan lupa mampir ke jalan Panggung di mana ada jejeran ruko dan bangunan lawas yang dicat ulang jadi berwarna-warni terus sekalian mampir Kopi Rempah Very dan Pasar Pabean buat beli seafood mentah. Duuh, nulis begini jadi kangen pengen menjelajah Ampel lagi kan.





1 komentar:

  1. Saban pesan minuman biasanya aku minta gula dipisah, kalo gak bs selalu pesan gula sedikit ... yg pesan udah manis soalnya wkwkwkwk trus ditabok.

    Itu si kambing ngebulnya minta dicocol emang yak, menggoda sekali!

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p