Selasa, 26 Februari 2019

Gudeg Sagan Jogja, Gudeg Basah Bercitarasa Gurih dan Pedas


Meskipun udah lumayan sering liburan di Jogja, tapi kalau diingat-ingat lagi kayaknya saya jarang banget menyempatkan waktu untuk mencicipi salah satu vendor gudeg Jogja yang terkenal. Cuma pernah ke gudeg pawon dan gudeg Mbah Lindu aja, itu pun yang Mbah Lindu saya gak sengaja nemu pas cari sarapan di Sosrowijayan, gak tau kalau gudegnya ternyata lumayan tersohor. Selebihnya makan gudeg random aja di pedagang kaki lima yang kita temui.


Baca juga: Gudeg Pawon Jogja, Mencicipi Gudeg Langsung Dari Dapurnya

Gara-gara instagramnya Depepedia nih, saya jadi tau kalau di Jogja banyak banget vendor gudeg ternama dengan penggemarnya masing-masing. Makanya waktu ke Jogja kemarin saya jadi pengen icip-icip salah satu gudeg yang legendaris lagi. Nah, berhubung gudeg terfavoritnya Depepedia itu adalah gudeg bromo yang mana bukanya malam hari dan konon selalu antri panjang jadi saya yang ogah ribet ini memilih untuk ke gudeg sagan saja yang jadi gudeg favorit nomor 2 versi Depepedia.

Gudeg sagan ini jadi menu makan malam kita setelah suami selesai dengan kerjaannya sekaligus tujuan pertama sebelum ke Milk by Artemy. Lokasinya ada di belakang Galeria Mall, gak terlalu jauh dari stasiun Tugu kok. Tepatnya di jalan Prof Dr Yohanes.

Baca juga: Milk by Artemy, Jogja, Tempat Makan Gelato yang Kids Friendly

Saya agak takjub waktu tau bahwa gudeg sagan menempati bangunan yang cukup kece dengan desain victorian. Kirain lapak-lapak khas PKL gitu, hehe. Tapi begitu masuk ke dalam, desainnya ya biasa aja dengan dominasi warna orange ngejreng. Khas warung makan atau depot gitu lah. Apalagi begitu masuk rumah makan, pengunjung langsung disambut panci-panci besar berisikan aneka pelengkap gudeg, berasa lagi di warung banget.



Saat kami datang, pengunjung di gudeg sagan lumayan ramai. Hampir semua meja terisi, untungnya kita masih dapat tempat. Gak perlu menunggu waktu lama, begitu duduk kami langsung didatangi oleh pelayan untuk memberikan serta mencatat menu.

Biasa makan gudeg dengan harga di atas Rp 20 ribu per porsi, kami jadi cukup kaget saat melihat harga menu di gudeg sagan yang terbilang murah, rata-rata Rp 13 ribu per porsi untuk satu pilihan lauk, telur bebek atau ayam kampung. Selain disajikan dengan nasi, ada juga pilihan menu bubur gudeg. Saat itu suami pilih lauk ayam sedangkan saya pilih lauk telur bebek. Minumnya es kopi sama teh hangat kalau gak salah ingat, heuheu.

Lagi-lagi gak perlu menunggu lama, gak sampai 10 menit semua pesanan kami sudah tersedia di meja. Untuk ukuran tempat makan yang cukup ramai, kecepatan pelayanan di gudeg sagan patut diacungi jempol.


Gudeg sagan ini termasuk tipe gudeg basah di mana dihidangkan dengan kuah koyor, semacam kuah santan kental gitu. Selain lauk yang kami pilih, dalam seporsi gudeg sagan terdapat sayur nangka dan sambal krecek. Buat perut saya, porsinya agak kurang banyak.

Siraman koyor pada seporsi gudeg sagan menciptakan rasa gurih yang kuat, sayur nangkanya gak terlalu manis, sedangkan sambal kreceknya pedes banget. Pedesnya sih pedes enak, tapi tetep aja saya yang cemen sama cabe-cabean ini gak kuat. Lain kali kalau ke gudeg sagan, saya pesan yang tanpa krecek aja. Tapi buat yang doyan pedas, kayaknya bakal suka dengan rasa si krecek ini.

Meskipun penataannya seperti di warung makan biasa tapi suasana di Gudeg Sagan lumayan asyik apalagi kalau duduk di bagian outdoor karena ada live music dari seniman Jogja. Rasanya pengen nongkrong lama-lama di sana tapi sadar diri harus gantian meja dengan pengunjung baru :D


Buat yang suka gudeg basah dengan citarasa gurih, pedas, dan gak terlalu manis tanpa drama antri panjang, gudeg sagan ini boleh dijadikan jujugan kuliner saat ke Jogja. Jam bukanya mulai pagi sampai malam, tapi untuk yang mengajak orang sepuh harap pikir ulang apakah kuat atau gak karena untuk masuk ke gudeg sagan harus lewat tangga agak tinggi dulu. Ohya kabarnya gudeg sagan sekarang udah buka cabang juga di Jakarta.

3 komentar:

  1. selama ini aku nggak doyan gudeg karena manis mer, taste yg cocok cuma gurih asin pedas
    manis ga terlalu suka

    BalasHapus
  2. aku bakal sukaa sih ini :D. dari dulu lbh milih gudeg yg manisnya ga over, dan kreceknya harus pedes :D. biasanya kalo ke jogja makannya di gudeg bu hj amad. tp kapan2 mau coba yg ini ah :). di jkt udh ada????? waaah hrs aku cari ntr ..

    BalasHapus
  3. Gudeg ini pun ada banyak vendor nya yah ,mbak. Aku beberapa kali ke Jogja belum pernah ketemu gudeg yang paling hits disana. Rasa gudeg ini memang selalu merindukan yah seperti Jogja yang selalu dirindukan.eakkkk

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p