Kamis, 28 Februari 2019

Review Skincare Erha untuk Kulit Kering dan Sensitif


Teman-teman pernah gak mengalami kulit wajah tiba-tiba kondisinya berubah? Misalnya yang tadinya berminyak berubah jadi kering? 

Kondisi tersebut belakangan sedang saya alami. Kulit saya yang tadinya sangat berminyak tiba-tiba sering kering dan mengelupas di beberapa bagian terutama setelah saya cuci muka dengan facial wash.

Dan yang bikin galau adalah beberapa jam setelah cuci muka, wajah saya akan kembali memproduksi minyak berlebih lagi. Dilematis banget karena saya harus mengaplikasikan pelembab berlayer-layer agar kulit saya tidak kering tapi setelah itu kulit saya malah tambah berminyak karena kebanyakan pelembab. Muka berminyak jadi jatuhnya kileng-kileng dan kusam kayak belum mandi. Hadeehh cobaan apa lagi ini? 

Awalnya saya kira karena kulit saya sudah kebal dengan skincare yang selama ini saya pakai sehingga kandungannya gak bisa bekerja dengan baik lagi. Tapi setelah mencari tau, ternyata kulit itu tidak akan kebal dengan produk perawatan meskipun dipakai dalam jangka waktu lama. Justru kondisi kulit kita lah yang sering berubah karena berbagai faktor jadi penggunaan skincare bisa diselang-seling sesuai kebutuhan.

Nah, untuk kulit kering sendiri, ada beberapa hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu.
  • Iritasi karena sensitif pada kandungan tertentu dalam produk perawatan, 
  • Pertambahan usia yang menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan penurun kerja hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan kesehatan kulit,
  • Perubahan cuaca yang mempengaruhi kelembaban udara sehingga ikut berpengaruh juga pada kelembaban kulit
  • Kurang asupan cairan sehingga kelembaban kulit berkurang, 
  • Faktor genetik, 
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti menderita dermatitis atopik atau psoriasis. 

Tentu saja kulit kering dan kusam bisa diatasi yaitu dengan cara pastikan asupan cairan cukup, cermat memilih produk perawatan, serta menggunakan pelembab yang tepat.

Oleh karena itu, sudah satu minggu ini saya mencoba menggunakan 3 produk perawatan dari Erha Dermatology untuk kulit kering dan sensitif yaitu Erhalogy Skin Barrier Facial Wash, Erha 21 TruWhite Activator C Serum, dan Erha 21 TruWhite Activator Day Cream.


Siapa sih yang gak tau tentang Erha Skin, Hair, and Laser Expert yang kliniknya udah tersebar di berbagai kota di Indonesia? Gak cuma wanita, pasti banyak pria yang juga tak asing dengan Erha. Karena Erha gak cuma concern di masalah perawatan wajah tapi juga melayani konsultasi dan perawatan untuk rambut dan masalah kulit lainnya. Tentunya ditangani oleh para dermatologist terpercaya dan ahli di bidangnya. 


Tapi untuk membeli produk-produk Erha yang saya gunakan sekarang, saya gak pakai konsultasi dulu lho. Yupz! Sekarang produk perawatan Erha bisa dibeli tanpa konsultasi di Erha Aphotecary seperti beli produk OTC (On The Counter) aja gitu.

Untuk wilayah Surabaya, setau saya Erha Aphotecary ada di Pakuwon Mall dan Mall Ciputra. Counternya kece banget lho dengan desain industrial gitu, mirip dengan Erha Aphotecary di Kemang. Kayaknya konsep desainnya memang sengaja disamakan di tiap counter. Tapi kalau punya masalah serius dengan kulit dan rambut, menurut saya mending konsultasi dulu dengan dokter di Erha Clinic supaya mendapat penanganan yang tepat.



Berikut review saya setelah mencoba 3 produk dari Erha untuk kulit kering dan sensitif selama 1 minggu. 

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash

Kemasan


Di antara 3 produk dari Erha yang saya coba, hanya skin barrier facial wash saja yang tidak dilengkapi dusbox. Facial wash ini dikemas dalam botol tube dengan tutup fliptop. Tutup botol dilindungi dengan aluminium seal yang menandakan produk belum pernah digunakan. Desain kemasannya simpel, clean, tapi mencakup informasi tentang produk yang cukup lengkap seperti komposisi, cara pakai, serta expired date.

Komposisi


Salah satu alasan saya gak ragu untuk mencoba Erhalogy Skin Barrier Facial Wash adalah karena kandungannya yang sudah free SLS dan mineral oil. Kulit saya termasuk sensitif dengan 2 zat tersebut. Bisa dipastikan kulit langsung break out kalau menggunakan produk dengan SLS dan mineral oil.

Selain sudah free SLS dan mineral oil, facial wash ini juga tidak mengandung paraben serta diformulasikan khusus dengan busa lembut dan bahan non irritant.

Kandungan utama dari facial wash ini sendiri adalah PHA, Zinc PCA, serta aloe vera extract yang bermanfaat untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati serta melembabkan kulit.

Komposisi lengkap dari Erhalogy Skin Barrier Facial Wash adalah sebagai berikut.

Aqua, Sodium Cocoyl Isethionate, Cocamidopropyl Betaine, Potassium Cocoyl Glycinate, Acrylates Crosspolymer-4, Acetamidoethoxyethanol, Glycerin, Gluconolactone, Xylitylglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, Glucose, Propanedi-ol, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Panthenol, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Dipotassium Glycyrrhizate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hydroxide, Zinc PCA, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol.

Tekstur dan Aroma


Bisa dilihat sendiri kan ya? Kalau tekstur dari facial wash ini lumayan cair jadi hati-hati saat menuangkan produk, takut kebanyakan. Busa yang dihasilkan dari facial wash ini gak terlalu banyak dan lembut banget.

Aroma dari facial wash ini sendiri agak unik dan berbeda, wanginya cukup lembut. Saya sih suka dengan aromanya.

Kesan Pemakaian


Bersih banget!

Setelah cuci muka dengan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash dengan cara memijat lembut selama 1 menit pada wajah yang sudah dibasahi dan kemudian bilas, saya merasakan kulit wajah rasanya bersih banget. Udah gak ada kasar-kasar dan kulit kelupas lagi setelah cuci muka. Yang ada malah kulit terasa lebih halus.

Harga: Rp 79.000,00

Erha 21 TruWhite Activator C Serum

Kemasan


Kemasan Erha 21 TruWhite Activator C Serum dilengkapi dengan dusbox yang didominasi warna putih. Botol serumnya sendiri terbuat dari plastik berwarna gelap dengan tutup pump. Pemilihan botol berwarna gelap ditujukan agar kualitas serum pencerah wajah ini tetap terjaga.

Ukuran botolnya lumayan sleek sehingga gak makan tempat di pouch dan enak dibawa bepergian.

Komposisi


Sesuai namanya yang membawa embel-embel serum vitamin C jadi tentu saja kandungan utama serum ini adalah 10% vitamin C. Selain vitamin C, targeted whitening system juga juga termasuk di dalamnya. Kandungan tersebut berfungsi untuk menghambat pertumbuhan melanin, merangsang produksi kolagen, menghambat efek buruk radikal bebas, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Yupz, selain serum vitamin C, produk ini juga berfungsi sebagai brightening serum.

Komposisi lengkap Erha 21 TruWhite Activator C Serum adalah sebagai berikut.

Aqua, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Trehalose, Dicaprylyl Carbonate, Dipropylene Glycol, Sodium Palmitoyl Proline, Nymphaea Alba Flower Extract, Ethoxydiglycol, Glycerin, Propanediol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Xanthan Gum, Caprylyl Glycol, Glyceryl Caprylate, Phenylpropanol, Palmitoyl Sh-Octapeptide-24, Amide, Glycolic Acid, Lactic Acid, Polyvinyl Alcohol, Palmitoyl Sh-Tripeptide-5 Norisoleucyl Sh-Nonapeptide-1, Citric Acid, Sodium Citrate, Bisabolol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Silica, Butylene Glycol, Isoceteth-10, Ethylhexylglycerin, Panthenol, BHT, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, Sodium Metabisulfite.

Tekstur dan Aroma


Awalnya saya pikir tekstur dari serum ini bakalan cair, ternyata saya salah. Teksturnya justru agak kental seperti gel bening.

Arom serum ini juga lumayan unik, saya sulit mendeskripsikannya. Ada aroma fermentasi yang samar tapi gak menggangu sama sekali.

Kesan Pemakaian


Saya menggunakan Erha 21 TruWhite Activator C Serum sebanyak 2 kali sehari pagi dan malam setelah cuci muka dengan facial wash.

Serum ini cepat sekali meresap ke kulit tanpa meninggalkan rasa greasy sama sekali. Kemampuannya melembabkan kulit  top banget tapi sama sekali gak bikin wajah berminyak. Malah terlihat lebih cerah dan sehat. Kalau ditumpuk dengan complexion, serum ini membuat hasil make up terlihat halus dan gak menggumpal.

Harga: Rp 180.000,00

Erha 21 TruWhite Activator Day Cream

Kemasan


Sama seperti serumnya, Erha 21 TruWhite Activator Day Cream juga dilengkapi dusbox dengan warna dominan putih. Berbeda dengan day cream kebanyakan yang dikemas dalam pot, day cream Erha menggunakan kemasan botol plastik dengan tutup ulir dan mulut botol berbentuk pump jadi lebih higienis.

Komposisi


Day cream ini dilengkapi dengan whitening agent seperti Niacinamide, Arbutin, dan tyrosinase Inhibitor yang berfungsi menghambat pigmentasi berlebih dan mencerahkan kulit. Diformulasikan dengan oil absorbance untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Erha 21 TruWhite Activator Day Cream juga sudah dilengkapi dengan spf 25 PA++ yang berfungsi menangkal radiasi sinar UVA dan UVB. Bisa sekaligus jadi sunscreen deh.

Komposisi lengkap Erha 21 TruWhite Activator Day Cream adalah sebagai berikut.

Aqua, Octocrylene, 2-ethylhexyl salicylate, Propanediol, Polymethyl Methacrylate, Glycerin, Dicaprylyl Carbonate, Glyceryl Monostearate, Styrene/Acrylates Copolymer, Cetearyl Alcohol, Dicetyl Phosphate, Ceteth-10 Phosphate, BHT, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzoate, Caprylic/Capric Triglyceride, 4-Methylbenzylidene, Camphor, Dimethicone, Cetearyl Ethylhexanoate, Hydrolyzed Wheat Protein/PVP Crosspolymer, EDTA, Ethylhexylglycerin, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Decyl Glucoside, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Palmitoyl Hydroxypropyltrimonium Amylopectin/Glycerin Crosspolymer, Papain, Hydrogenated Lecithin, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Tocopheryl Acetate, Bisabolol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Triethanolamine, Disodium EDTA, Glabridin, Phenoxyethanol, Potassium Sorbate, Methylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben.

Tekstur dan Aroma


Tekstur day cream agak unik, padat tapi lembut seperti foam atau mouse gitu.

Dari ke tiga produk Erha yang saya coba, aroma dari day cream ini yang jadi favorit saya. Wanginya unik dan lembut tapi gak bikin eneg.

Kesan Pemakaian


Meskipun konsistensinya agak padat tapi day cream ini cukup mudah dibaur. Meresapnya juga cepat banget di kulit.

Dibanding TruWhite Activator C Serum, day cream ini masih meninggalkan sedikiiitt rasa greasy. Sedikit banget kok, gak sampai menggangu bahkan kayaknya hampir gak berasa greasynya.

Dipakai seharian sama sekali gak bikin produksi minyak jadi berlebih. Makanya sekarang saya rutin pakai day cream ini di pagi hari sebagai pengganti sunscreen, karena rasanya lebih nyaman seperti pelukan suami di malam yang dingin. Suami sendiri tapi yha!

Harga: Rp 198.500,00

Kesimpulan


Dulu saya pikir solusi untuk kulit kering adalah dengan menggunakan skincare berlapis-lapis supaya mendapat kelembaban ekstra. Ternyata cukup memilih produk yang tepat sesuai dengan kondisi kulit, bisa juga kok mengatasi problem kulit kering dan kusam tanpa harus pakai skincare tumpuk-tumpuk. Apalagi buat saya yang malas banget ribet ini.

Makanya senang sekali ketika kulit wajah yang sedang kering ini cocok dengan 3 produk perawatan dari Erha. Mempersingkat waktu buat dandan banget. Tambah senang lagi karena hasil pemakaian selama seminggu aja udah kelihatan kulit jadi lembab dan lebih cerah. Selain itu kalau ditumpuk dengan complexion, hasilnya jadi halus banget.

Buat kamu yang sedang bermasalah dengan kulit kering, kusam, dan sensitif, bisa dicoba menggunakan perawatan dari Erha untuk mendapatkan kulit sehat kembali. Tenang aja, produk-produk ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi kalau ragu, silakan konsultasi dulu dengan dokter ya.

Info selengkapnya tentang Erha Skin, Hair, & Laser Expert. 

Website: 

Instagram:
@erha.dermatology 




19 komentar:

  1. aku prnh ngalamin kondisi kulit berubah2 gitu mba. tp zaman masih kuliah sih. sejak nikah rasa2nya udh ga prnh lg. mungkin hormonku juga udh stabil saat itu :p. Waktu itu aku jg akhirnya mengganti skin care. kirain udh ga cocok ama skin care lama. tp untungnya, skin care baru ga bikin masalah, malah bikin kulit jd calm lagi. beruntung nemu yg lgs cocok berarti :D

    BalasHapus
  2. Paket lengkap ya. Mencucinya, menggunakan serum dan langsung pakai day cream. Udah. Hasilnya dalam seminggu saja udah terlihat itu senang sekali. Apalagi kalau pemakaian jangka lama pasti kulit makin cantik terawat ya...

    BalasHapus
  3. Ya ampun harganya lumayan wow juga ya heheheee.... kalau dengan harga segitu seharusnya hasil yang didapatkan juga harus memuaskan donk. Tapi skin care yang cocok cocokan juga sih di kulit setiap orang

    BalasHapus
  4. penasaran dengan serum truwhite activator c serum nya karenalagi cari kandungan vitamin C buat wajah aku yang kusam.gak ada efek cekat cekit ya.keren deh erha

    BalasHapus
  5. Lengkap banget mbak ulasannya :D
    Btw aku juga pakai yang krim day cream itu, emang agak meninggalkan kesan berminyak, tapi setelah ditutup bedak gak kerasa lagi sih :D
    Pengen coba jajal serumnya, moga cocok jg denganku :D

    BalasHapus
  6. kalau kulitku cenderung berminyak. Tapi liat fotonya muka mbak kinclong ya seperti cocok produknya ya

    BalasHapus
  7. Aku babget mbak kulit kusam, dan sensitif, keknya pas dengan perawatan dari Erha biar kulit sehat kembali.
    Aku naksir truwhite activator c serum nih

    BalasHapus
  8. Suka banget kalo Meriska ngereview. Lengkap banget... yang nggak ngerti jadi ngerti, yang sudah mengerti jadi tambah mengerti. Karena ngomong cucok...kok aku latah pengen nyoba produk ini juga ya...hahaha

    BalasHapus
  9. Kalau kulit kombinasi cocok gak, ya? Soalnya saya merasa kulit wajah tuh kombinasi. Berminyak, tetapi di area tertentu berasa kering

    BalasHapus
  10. Aku pernah pake produknya erha, sampai sekarang sih. Pernah punya pengalaman buruk juga, tapi tak tekan pihak erhanya. Terus mereka nanggepin gitu. Harganya agak pricey ya.

    Tapi dokter-dokter di erha emang ramah sih.

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu nih mba, ternyata untuk produk ERHA sekarang bisa beli via OTC tanpa harus konsul dulu yaa. Btw, penjelasannya lengkap banget mba, aku sukaa terlebih aku sendiri termasuk cuek soal urusan treatment kulit. Baca tulisan mba ini nambah insight baru buat aku. Thanks ya mbaa

    BalasHapus
  12. Seneng banget nih sekarang Erha udah bisa dibeli tanpa resep dokter. Memudahkan perawatan di rumah. Mukanya jadi kinclong gitu mbak. Cucok.

    BalasHapus
  13. Aku juga pakai mba product ERHA cocok dah gitu Aman krh hasil rekomendasi dokter lebih fresh sekarang

    BalasHapus
  14. Aku malah kebalikannya nih, tapi si Erha ini sekarang lebih enak ya. Bisa langsung beli ke storenya, tapi amankan ya kalau gak pakai konsultasi sama dokternya.

    BalasHapus
  15. Kulitku kering mba dan kayaknya aku akan nyoba produk Erha yang ini. Sekarang aku menggunakan produk ERha yang anti penuaan dini mba. Hihihi

    BalasHapus
  16. Kalau Erha ga usah diragukan lagi, sesuai harga sama kualitasnya ya. jadi pengen coba, apalagi sekarang bisa langsung beli tanpa konsul dulu ya. tapi baiknya sih kita konsul dokternya dulu ya biar makin paham jenis kulit kita, perawatan apa yang dibutuhkan. makasih mba, artikelnya bermanfaat banget

    BalasHapus
  17. Iya ya dulu kalau mau dapetin produk erha harus konsultasi ke dokter. Sekarang dah bisa dibeli bebas. Kualitasnya emang sudah terjamin dr jaman saya kuliah dulu nih.

    BalasHapus
  18. Wah penggenar erha pastinya terbantu banget nih ya dengan adanya store khusus erha begini. Nggak repot lagi kalau mau nyari produknya

    BalasHapus
  19. Aku banget nih mbaa,, dulu kulitku cenderung berminyak eh pas hamil lagi taun lalu jadi super kering, sampai sekarang menyusui juga masih kering, kayaknya mesti cobain rangkaian Erha deh.. Erha emang udah terkenal bagus juga sih..

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p