Sabtu, 19 Januari 2019

Nyobain Warunk Upnormal dan Makmu Eatery Sidoarjo


Belakangan di Sidoarjo lagi banyak bermunculan tempat makan baru yang cukup menyita perhatian. Gimana gak? Wong tempat makannya udah punya cabang di kota lain. Jadi begitu buka di Sidoarjo udah gak perlu susah-susah promosi karena udah banyak yang penasaran.


Saya pun baru-baru ini mencoba salah dua tempat makan baru di Sidoarjo tersebut, Warunk Upnormal dan Makmu Eatery. Beginilah risiko liburan gak ke mana-mana, eh nginep di Singgasana Hotel Surabaya ding, jadinya sisa liburan dihabiskan buat nimbun lemak, huehehe.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun di Hotel Singgasana Surabaya

Warunk Upnormal Sidoarjo
Alamat: Jalan KH Mukmin No 46



Kayaknya se-Indonesia raya udah pada tau tempat ini ya? Secara kan cabangnya udah banyak tersebar di mana-mana.

Ini juga bukan kali pertama saya ke Warunk Upnormal, dulu pernah nyobain di Sumenep. Tapi entah kenapa dan tumben-tumbennya pak suami ngidam banget pengen ke sini waktu tau Warunk Upnormal buka di Sidoarjo. Jarang-jarang lho dia ngebet ke tempat makan, biasanya yang ngajak kan saya.

Kita sempet ragu mau ke Warunk Upnormal Sidoarjo karena lihat review di google maps banyak yang mengeluhkan pelayanannya super lama. Tapi karena udah buntu gak tau mau ke mana lagi, akhirnya bismillah aja deh. Berangkat kita!

Bangunannya berupa 3 lantai, lantai paling bawah khusus tempat parkir, lantai 2 dan 3 buat tamu. Interiornya gak jauh beda dari Warunk Upnormal yang lain dengan sentuhan warna hitam dan ada ornamen kontainernya serta mengusung desain industrial. Tapi dibanding yang di Sumenep, desain Upnormal Sidoarjo masih kurang greget.



Kami memilih meja di lantai 3 yang saat itu masih sepi, di lantai 3 juga terdapat smoking room di area balkon. Sistem pemesanan di Warunk Upnormal adalah dengan cara menulis menu yang dipesan terus langsung ke kasir di lantai 2 dan bayar.

Untuk ukuran Sidoarjo City yang metropolitan nanggung ini, harga menu di Warunk Upnormal terbilang agak menengah ke atas. Nasi goreng Rp 27 ribu, nasi daging Rp 30 ribu dll. Lengkapnya lihat daftar harga berikut aza deh.



Kemarin kita pesan nasi gila abang ganteng, nasi chili beef (chibi), dan nasi goreng spesial upnormal. Sedangkan untuk minumnya pesan hot cappucino, es kopi susu (si eko), dan es teh. Kopinya enak-enak dan lumayan nendang meskipun es kopi susunya agak kemanisan dikit tapi no problem lah. Makanan yang kita pesan juga lumayan lah, porsinya gede pula. Kata suami yang doyan masakan legit, paling enak pesanan nasi gila abang ganteng punya saya. Cuma nasi gorengnya Alif yang B aja dan agak pedes, lebih enak versi Upnormal Sumenep punya.


Ohya, pesanan kita datang dalam waktu yang super cepet geewlaaa. Padahal udah siap-siap kalau bakal nunggu lama, anak-anak juga bawa bekal mainan biar gak bosen. Eh ternyata cepet banget. Mungkin karena waktu itu masih sepi ya? Kebetulan kita berangkat ke Upnormal abis magrib tet, makin malem baru deh makin ramai. Dan saya perhatikan mulai agak lama tuh pelayanannya. Jadi lebih baik jangan datang pas jam makan atau jam anak nongkrong deh. Kalau pun pas apes harus menunggu pesanan lama datang, mereka punya game board yang boleh dipakai oleh pengunjung. Lumayanlah biar gak bosen.

Jangan lupa siapkan uang parkir, karena tarif parkir di Upnormal agak mahal. Sama kayak masuk mall. Parkir mobil Rp 5 ribu, vallet Rp 10 ribu, sepeda motor saya lupa, hehe. Ada pengumumannya di tangga kok.

Makmu Eatery Sidoarjo
Alamat: Komplek Pondok Jati, Blok AL-17, sebelum Aiola Canteen



Nah, kalau tempat yang satu ini cabang pertamanya ada di Surabaya dan udah buka lumayan lama. Inget banget dulu pas awal hamil Nayla kita gagal makan di Makmu Surabaya karena pengunjungnya penuh. Maklum lagi hits-hitsnya.

Ketika saya sudah melupakan keinginan untuk mengunjungi Makmu Eatery, lha kok deseu buka cabang di Sidoarjo. Ya udahlah cus cobain, pas banget waktu itu kita lagi bingung mau makan di mana karena lagi hujan.

Makmu Eatery ini konsepnya adalah foodcourt dengan tampilan yang instagramable. Area untuk pengunjung terbagi menjadi 2, area indoor dan outdoor. Area indoornya kece banget dengan desain shabby chic didominasi warna putih, biru, dan sedikit warna kuning. Sedangkan yang outdoor jadi satu dengan tenant penjual dan desainnya biasa aja kayak foodcourt kebanyakan. Gak heran banyak pengunjung memilih untuk duduk di dalam. Sayangnya area indoor ini mejanya gak terlalu banyak jadi cepet banget penuh.

Untung aja waktu kita dateng pas ada sisa satu meja yang kosong di dalam, abis itu banyak pelanggan yang harus kecewa karena kehabisan tempat.





Karena kita dadakan banget saat memutuskan ke Makmu Eatery, jadi saya gak sempet research lebih jauh tentang menu yang dijual. Begitu sampai tempat, langsung bingung mau pesen apa dan berakhir zonk. Kenapa?

Jadi suami itu pesan nasi madura, Alif pesan nasi goreng, sedangkan saya pesan iga bakar hotplate. Harga makanan berat rata-rata 20 ribuan ke atas tergantung tenant dan menunya. Begitu pesanan datang, nasi madura dan nasi gorengnya okelah, sedangkan iga bakar pesanan saya, dhoeengg.. hanya tulang belulang bookk, dagingnya cuma secuil. Emang sih harganya murah cuma 27 ribu, tapi ya gak gitu juga kalee. Mending naikin harganya atau gak usah dijual sekalian deh. Mana waktu itu saya lagi laper banget. Akhirnya saya pesan kue cubit buat tambahan, heuheu.



Cara memesan menu di Makmu Eatery adalah dengan langsung pesan di tenant yang bersangkutan kemudian bayar di kasir. Untuk minumannya pesannya di kasir langsung. Harga minumannya lumayan terjangkau dan banyak pilihan. Untuk minuman yang aneh-aneh gitu rata-rata dihargai 15 ribu, mereka juga punya tenant khusus untuk menu kopi yang pesannya juga langsung di kasir. Harga kopinya yang panas rata-rata 13 ribu sedangkan yang dingin 14 ribu. Waktu itu saya pesan virgin mojito dan cappucino untuk suami. Rasanya enak-enak semua, kopinya juga mantab.


Lama waktu penyajian menu yang kita pesan tergantung tenantnya sih, ada yang lama ada yang cepet tapi gak sampai super lama banget juga sih.

Tip buat yang mau ke Makmu Eatery, cari tau dulu deh menu apa aja yang tersedia di sana dan tentukan mau pesen apa jadi sampai lokasi gak bingung lagi kayak saya. Seingat saya tenant makanan berat di Makmu ada Nasi Madura, Chinese food dan aneka steak, serta hotplate. Sedangkan makanan ringannya lebih banyak seperti bubur madura, crepes, siomay *siomay makanan berat apa ringan sih? Haha*, kue cubit, aneka bakar-bakaran, dan martabak.

Ohya, di Makmu Eatery parkirnya gratis, jadi mayanlah gak usah nyiapin uang kecil terutama yang suka cahsless nih.

Kesimpulannyaaa... Jreng... Jreng... Kalau lagi pengen makan berat yang mengenyangkan saya bakal pilih Warunk Upnormal sedangkan kalau mau nongkrong sambil ngemil cantik di tempat instagenic, saya bakal pilih Makmu Eatery. Selain itu buat yang cari tempat nongkrong di Sidoarjo dengan pencahayaan terang benderang meskipun malam hari sehingga meskipun pakai hengpong jadul hasilnya gak burem-burem amat seperti masa laluku, Makmu Eatery bisa jadi pilihan.


2 komentar:

  1. Yaampun, di sidoarjo warung upnormal juga udh banyak ya. Ku pikir di jakarta aja. Hitz banget ya tmpt makan yg satu ini. Kalo aku ngelewatin, pasti pengunjung nya rame bgt dan bermobil2.

    Aku sendiri blm pernah nyobain ke warung upnormal. Ku pikir apa enak nya sih ksana? Bukan nya menu nya cuma kopi sama mie instan? Eh ternyata ku salah ya.. Ada menu makan berat nya juga. Hehe

    BalasHapus
  2. Sampe sekarang daku belum pernah ke Upnormal wkwk karena menurutku cukup pricey. Lagipula sekarang ini aku lebih sering ngemall jadi sekalian nongkrong di sana.

    Aku sekali ke Makmu udah males karena tenant-nya nggak menggairahkan. Menunya tidak se-wow bayanganku. Ya ampun menu pentol, sosis, cireng kayak abang2 di depan SD itu harganya 20 ribu XD XD

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p