Jumat, 11 Januari 2019

Liburan Akhir Tahun di Hotel Singgasana Surabaya


Liburan akhir tahun 2018 kemarin kami yang malas bermacet ria ke luar kota atau tempat wisata ini memutuskan untuk staycation saja di hotel Singgasana Surabaya karena fasilitasnya cukup lengkap untuk anak-anak, ada kolam renang dan playgroundnya serta ruang terbukanya luas jadi anak-anak bisa lebih leluasa bereksplorasi.


Kesan pertama memasuki hotel bintang 4 yang berlokasi di jalan Gunung Sari, Surabaya ini adalah luas, rimbun, dan megah. Begitu masuk pintu gerbangnya, suasana langsung berubah karena pepohonan besar yang berada di area hotel membuat teriknya Surabaya tak terasa lagi.


Lobbynya luas dengan desain etnik yang kuat. Tercium aroma terapi dengan wangi bunga kenanga yang menenangkan begitu memasuki area lobby. Karena konsepnya terbuka ala resort jadi semua kamar langsung terhubung ke area taman mengelilingi kolam renang yang ada di area tengah. Tapi gak usah takut kehujanan, karena jalan menuju kamar dari area lobby diberi atap. Sekilas jalan penghubung ke kamar ini mengingatkan saya pada lorong rumah sakit jaman dulu tapi versi gak seremnya.

Kami menempati kamar tipe executive deluxe dengan double bed yang lumayan luas, bisa dibilang luas banget malah. Kamarnya didesain etnik klasik dengan furniture serba kayu. Fasilitas di dalam kamar antara lain  TV, meja kerja, teko listrik, brankas, AC, kulkas, dan hairdryer. Hair dryernya lucu banget karena menggunakan model yang lumayan jadul. Saya aja baru tahu ada hairdryer seperti itu, hehehe. Kamar kami juga dilengkapi dengan bathtub, lumayan banget anak-anak bisa berendam saat hujan turun sehingga gak bisa menggunakan kolam renang.




Karena tak lama setelah kami check in, hujan turun lumayan deras jadi kami berniat esok hari harus bangun sepagi mungkin agar bisa memanfaatkan fasilitas hiburan di hotel Singgasana dengan maksimal. Tapi sebelumnya, sarapan dulu untuk mengisi energi agar kuat momong para bocah nanti.

Menu sarapan di Singgasana Hotel terbilang cukup bervariasi. Menu utamanya pun beraneka jenis, belum menu pendampingnya yang rata-rata merupakan masakan Indonesia seperti lontong sayur, rawon, dan pecel. Selain itu ada menu dari negara lain seperti dimsum, bakpao, pasta, dan sushi. Rasanya lumayan enak, walau ada juga beberapa yang kurang cocok di lidah saya.



Meskipun terbilang hotel lama, namun semua fasilitas di hotel Singgasana masih sangat terawat. Tamannya bersih, rumputnya rapi, dan hampir gak ada nyamuk. Nyamuknya malah pada mojok di depan pintu kamar sehingga gak bisa membuka kamar terlalu lama supaya nyamuk gak ikut masuk.

Spot paling menarik di hotel Singgasana menurut saya berada di kolam renangnya yang didesain minimalis dan asri. Kolam anak dan dewasanya terpisah. Keduanya sama-sama luas banget dan bersih. Gak jauh dari kolam renang ada gym centre, saung untuk body spa, dan playground.



Mainan di playgroundnya memang tipe lawas dari bahan besi tapi kondisinya masih bagus dan terawat. Di sekitar area playground dan kolam banyak burung merpati yang dibiarkan terbang bebas. Duh jadi pengen nyanyi, kala kita lihat sepasang merpati, eeaa ketauan angkatannya kan jadinya, hahaha.



Gak cuma merpati, anak-anak juga bisa berinteraksi dengan hewan lain seperti angsa, ikan, tupai, dan rusa. Buat yang suka bersepeda, hotel Singgasana juga menyediakan sepeda gratis untuk tamu hotel. Ada camping ground serta wahana flying fox juga tapi sayang saat kami ke sana, flying foxnya ditutup karena ada persiapan untuk malam tahun baru.



Belakangan menginap di hotel menjadi pilihan favorit kami untuk berlibur karena lebih hemat dan gak menghabiskan energi serta waktu untuk perjalanan. Meskipun begitu, namanya bawa buntut 2 tetep bawaannya seabrek, haha. Cuma menginap semalam di hotel saja koper ukuran medium penuh terisi dengan keperluannya anak-anak khususnya Nayla nih yang masih perlu perlindungan lebih di 1000 hari pertamanya.

Apa aja keperluan anak bayi yang saya bawa saat traveling?

Yang jelas sih ada baju ganti yang dilebihkan beberapa untuk jaga-jaga kalau terjadi sesuatu yang mengharuskan ganti baju, pospak, dan minyak essensial sebagai pengganti obat-obatan.

Selain itu ada Sleek Baby yang sangat membantu memberi perlindungan ketika traveling dengan anak-anak. Produk-produk Sleek Baby tersedia juga dalam kemasan dan size yang mudah untuk dibawa dan gak makan tempat.


Sleek Baby Anti Bacterial 2 in 1 Hair and Body Liquid Soap

Dari dulu saya memang tim pengguna sabun 2 in 1 yang bisa buat badan sekaligus rambut karena lebih praktis. Tahu kan gimana hebohnya kalau mandiin anak-anak itu?

Sebenarnya Sleek Baby Anti Bacterial 2 in 1 Hair and Baby Liquid Soap ini ada size yang lebih kecil lagi, ringkas banget buat dibawa traveling. Tapi harus beli online karena agak susah ditemui di minimarket. Selain itu buat yang sering traveling bakal boros karena cepet habis, jadi saya pilih bawa yang size agak gede aja. Sleek Baby salah satu produk yang tidak menggunakan SLS pada sabunnya jadi cocok untuk bayi yang kulitnya masih sensitif. Busanya gak terlalu banyak dan wanginya enak banget.

Sleek Baby Anti Bacterial Diaper Cream

Kebiasaan buruk kalau lagi berpergian sama bayi itu suka lupa ganti popoknya. Jadi untuk jaga-jaga agar tidak terjadi rash yang bisa merusak liburan, setelah mandi dioles diaper cream di sekitar area genitalnya sebagai tameng yang melindungi dari urine agar tidak menempel di kulit.

Sleek Baby Diaper Cream ini mengandung bahan-bahan natural yang sudah teruji hypoallergenic dan clinically tested.

Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser 

Botol susu, peralatan MPASI, sampai breastpump tentunya merupakan barang yang harus dibawa jika traveling bersama bayi. Otomatis kita butuh sabun untuk mencuci peralatan tersebut. Tapi gak mungkin donk nyucinya pakai sabun mandi?

Oleh karena itu Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories yang sudah tersedia ukuran travel size ini wajib dimasukkan juga ke dalam koper. Sabun pembersih dari Sleek Baby ini terbuat dari bahan yang 100% foodgrade sehingga aman untuk bayi, dan tidak mengandung SLS jadi tangan tetap lembut setelah mencuci menggunakan sabun ini.

Sleek Baby Laundry Travel Wash

Pernah mengalami hal tak terduga saat traveling bersama bayi? Saya sering banget!

Dari pup Nayla yang mbleber ke baju dan gendongan, baju ketumpahan makanan, bubur MPASI disembur ke baju, sampai celana Nayla kotor karena anaknya ngesot di tanah. Gak cuma Nayla, Alif pun sering memberi kejutan dengan bajunya dipakai lap saat makan cokelat atau es krim dan ngompol saat tidur di hotel, hadeeehh.

Kalau udah gitu, langsung deh harus segera menyingsingkan lengan baju terus kucek-kucek. Kalau noda di baju gak segera dibersihkan suka susah hilangnya. Apalagi kalau bajunya kena pup atau ompol, gak mungkin kan pulang bawa kotoran yang harumnya makin lama makin semerbak?

Dulu saya biasanya bawa detergen bayi ukuran besar gitu aja, makan tempat banget dan pernah kejadian saya kurang rapat menutup detergen sampai isinya tumpah ke mana-mana. Untungnya sekarang sudah ada Sleek Baby Laundry Travel Wash, detergen khusus bayi berbentuk konsentrat yang dikemas dalam tube sehingga gak mudah tumpah dan lebih travel friendly tentunya.

Formulanya dibuat dari bahan alami seperti natural plant dan lime extract yang efektif menghilangkan noda, mudah dibilas, dan lembut di tangan. Sleek Baby Travel Wash ini juga paraben free dan sudah teruji klinis anti bacterial dan anti jamur.

Semua produk Sleek Baby tersebut saya masukkan dalam satu pouch supaya lebih rapi dan mudah dicari kalau butuh. Info lebih lengkap tentang Sleek Baby bisa dilihat di instagram (@SleekBaby_id) dan Facebook (@SleekBaby)


Liburan bersama anak itu memang agak ribet karena perlengkapan yang harus dibawa lebih banyak tapi saya sih pilih ribet sedikit tapi hati lebih tenang karena yakin anak-anak terlindungi sehingga liburan akan berjalan lancar.

Terbukti, anak-anak super happy selama berlibur di hotel Singgasana karena kami memberi kebebasan mereka untuk bereksplorasi dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Apalagi Nayla yang memang lagi aktif-aktifnya seperti menemukan surganya. Asik banget dia ngejer merpati, manjatin semua mainan di playground, naik ke pinggiran kolam ikan, sampai ngorek-ngorek tanah.


Suami yang memang sedang berulang tahun saat itu juga happy karena mendapat kejutan dari staff hotel berupa kue tart dengan tulisan happy birthday. Maklum, istrinya gak pernah ngasi kue-kuean. Rekening juga masih terpantau aman karena rate di hotel Singgasana terbilang murah saat peak season dengan fasilitas yang lengkap banget yaitu sekitar Rp 500 ribuan semalam. Liburan selanjutnya pengen nyobain hotel-hotel lain di Surabaya.

Teman-teman, punya rekomendasi hotel oke yang fasilitasnya ramah anak di seputar Surabaya gak?


21 komentar:

  1. wah seru ya, aku meski nginep di hotel ttp deh males keluar2 smp nginep, wkwkwk

    BalasHapus
  2. Pernah waktu itu aku kebingungan cari hotel di surabaya karena emang baru pertama kali kesana. Tapi sekarang baca review hotel dari blogger SBY jadi pengen main kesana lagi hehe. Nginep ya di hotel singgasana, wah anakku pasti Heppi banget ada kolam renang dan taman bermain 😍
    Boleh ini rekomendasi nya

    BalasHapus
  3. Lengkap yaa mba sleek baby yang dibawa, liburan jadi makin seruuu. Btw jadi pengen staycation hihihi bosan juga dirumah.

    BalasHapus
  4. Asiknya ke hotel Sisinggasana lengkap dan nyaman.

    Biasanya kalau nginepn di hotel hanya berenang saja . Anak Anak akan senang sekali bisa bermain flying fox.

    BalasHapus
  5. Seru banget nih liburan akhir tahun bersama keluarga. Kolam renangnya cakep ya. Playgroundnya juga cocok banget untuk anak-anak. Duh, jadi pengen liburan bersama keluarga juga deh setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  6. Seru banget nih liburan akhir tahun bersama keluarga. Kolam renangnya cakep ya. Playgroundnya juga cocok banget untuk anak-anak. Duh, jadi pengen liburan bersama keluarga juga deh setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  7. Dulu ini hotel Hilton Surabaya terus berubah jadi Singgasana.
    Saya suka dengan hotel jadoel begini..kayaknya perabot dan lainnya ada kenangannya dan sudah enggak bisa kita temui di tempat lainnya, seperti hair dryer tadi.
    Wah lumayan juga ya sarapannya termasuk lengkap itu untuk kategori bintang 4.
    Bisa jadi referensi nginep kalau main ke Surabaya lagi:)

    BalasHapus
  8. Seru banget yaaa liburan akhir taun mampir di hotel....akupun jg suka ke hotel kalau lagi traveling .hehhehe apalagi surabaya deket rmhku dimalang

    BalasHapus
  9. Staycation emang jadi pilihan terbaik saat pengen suasana baru tapi males dg macet atau perjalanan jauh. Dan yang paling penting rekening tetep aman meski habis liburan. Hehehe...

    BalasHapus
  10. Wah senengnya ada hotel yangkids friendly ya mba. Ada tsman bermain, ada hewan-hewan jinaknya juga. Hehe bener nih budget bensinnya bisa dialihkan ke hotel kayak gini kalo pas liburan.

    BalasHapus
  11. Daku suka lihat lobi nya, selain luas ternyata antik dan unik juga. Jadi gampang diingat ciri khas hotel singgasana ini

    BalasHapus
  12. aku uda lama pengen banget bisa nginep di hotel ini. keren banget gitu kyaknya yaa krliatan elegan tapi nyaman banget. enak kyaknya emang si liburan gini. soalnya biasanya kan hotel cuma buat tidur aja.

    BalasHapus
  13. Singgasana ini hotel yang awet ya, sejak aku kecil udah megah banget di mataku hehe :D
    Cukup lengkap ya fasilitasnya :D
    Wah iya kalau traveling sama anak2 kudu bawa perlengkapan lengkap termasuk buat nyuci bajunya dan pembersih alat makannya kyk sleek ini.

    BalasHapus
  14. Ini hotel nya luas dan lengkap banget ya. Kids friendly pula mba. Jadi gak cuma kita aja yg liburan, anak-anak juga happy ya.

    BalasHapus
  15. Bawa baby traveling jadi gak perlu khawatir lagi dengan produk sleek baby yah kak, ah pengen segera jadi ibu 😁😊

    BalasHapus
  16. Aku juga kalau traveling suka bawa Sleek ini. Praktis banget deh. Inovasi baru, detergent bentuknya cream gitu. Kemasannya tube. Sukaaa..

    BalasHapus
  17. Hotel kalau ada bathtubnya aman banget deh buat anak2 hahahaha, tapi ini hotelnya kece ya, kolam renang & fasilitas anaknya cucmey :D Mau anak2 gogoleran di rumput jg ngga khawatir karena bawa sleek baby travel wash, tinggal kucek2 dikit, bebas kotoran & baju anak2 bebas dari bakteri apapun... bungkhuss!!

    BalasHapus
  18. Hotel ini jadi tempat resepsinya Omesh & Dian Ayu di Sby. Belum pernah sama sekali masuk, lewat sering.
    Liburan bawa krucils alat tempurnya kudu lengkap. Apalagi kalo longstay, kebayang cuciannya sekarung.
    Makanya mesti bawa baju anak buanyak. Eh sekarang ada sleek baby laundry kemasan praktis bisa dibawa travel kemana aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah? Baru tau lho, berarti Dian Ayu itu asli SBY ya? Lah malah nggosip, wkwk.

      Iya, praktis banget ini udah ada detergen laundry kemasan travel friendly

      Hapus
  19. Lengkap banget ya fasilitas hotelnya ya mba. Ntar kalau ke surabaya extend disini ah...

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p