Senin, 28 Januari 2019

Kalkulator AFS, Cara Praktis Cek Tumbuh Kembang Anak


"Nayla kok baru bisa tengkurap ke kanan doank ya? Perasaan dulu Alif langsung bisa guling-guling ke kiri kanan deh? Alif dulu umur 12 bulan udah ngoceh banyak banget, Nayla kok masih males ngomong ya umur 15 bulan gini? Apa jangan-jangan Nayla speech delay? "

Meskipun anak udah ada 2 dan bisa dibilang udah lumayan punya pengalaman merawat anak tapi jangan salah, sampai sekarang pun saya masih suka khawatir kalau mikirin tumbuh kembang anak. Meskipun sudah tau kalau tumbuh kembang tiap anak itu berbeda, tapi kadang masih sering juga banding-bandingin Nayla sama kakaknya, Alif. Padahal kalau dipikir-pikir, tumbuh kembang Nayla juga ada yang lebih cepat dibanding Alif dulu. Tapi urusan hati ya buibu, suka susah dikasih tau, eeeaa.

Waktu jaman Alif batita dulu, saya sering browsing artikel di berbagai website untuk tau apakah tumbuh kembang Alif termasuk normal. Sekarang jaman makin canggih, gak perlu buka website macem-macem untuk tau tumbuh kembang anak karena udah ada kalkulator AFS.

Apa itu kalkulator AFS?

Kalkulator AFS merupakan tool yang terdapat dalam web www.parentingclub.co.id yang dikreasikan oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang pediatri sosial. Kalkulator ini dapat menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial anak sejak usia 6 bulan hingga 7 tahun.


Langkah menggunakan kalkulator AFS pun cukup mudah yaitu dengan cara registrasi ke web parentingclub.co.id kemudian isi data yang diperlukan dalam kalkulator AFS. Setelah itu akan muncul hasil dari kalkulator AFS berupa seberapa maksimalkah sinergi Akal, Fisik, dan Sosial si kecil lengkap dengan rekomendasi stimulasi yang bisa diberikan untuk si kecil.

Apa itu sinergi Akal, Fisik, dan Sosial?

Jadi perkembangan anak itu melalui berbagai proses sejak ia dilahirkan dan membentuk sebuah karakter yang berasal dari gabungan akal, fisik, dan sosial yang dialaminya selama proses tumbuh kembang tersebut.

Akal sendiri merupakan kemampuan si kecil dalam merespon rangsangan dari lingkungan sekitarnya dan mengembangkan pemahaman untuk ide dan strategi memecahkan masalah yang dia hadapi. Sedangkan fisik merupakan kemampuan si kecil untuk melakukan pergeralan tubuh menggunakan kekuatan dan keseimbangan tubuhnya. Dan sosial adalah kemampuan si kecil dalam berintetaksi dengan berbagai benda serta makhluk hidup di sekitarnya. Ketiga hal ini dibutuhkan anak dalam perkembangannya dan tak bisa dipisahkan. Oleh karena itu kita sebagai orang tua baiknya memantau apakah tumbuh kembangnya sudah membentuk suatu sinergi yang baik dan tahu bagaimana untuk menstimulasi akal, fisik, dan sosial si kecil agar tidak ada yang terlewat.

Apakah tumbuh kembang sudah membetuk sinergi yang baik sampai stimulasi apa saja yang dapat diberikan untuk si kecil terkait akal, fisik, dan sosialnya dapat diketahui para orang tua lewat kalkulator AFS dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan dalam kalkutor AFS.


Menurut kalkukator AFS, sinergi akal, fisik, dan sosial Nayla sudah sangat baik serta sesuai jalurnya dengan persentase di angka 100% semua. Mungkin karena usia Nayla yang saat ini menginjak usia 1 tahun 5 bulan ini masuk di rentang umur yang nanggung, jadi saya mendapat 2 jenis rekomendasi stimulasi untuk membentuk sinergi antara akal, fisik, dan sosialnya yaitu stimulasi untuk anak 12-18 bulan dan 18-24 bulan. Dilihat dari kegiatannya, Nayla lebih cocok untuk distimulasi dengan aktivitas untuk anak 18-24 bulan karena kegiatan untuk rentang sebelumnya sudah lulus semua, takutnya Nayla malah bosan.


Rekomendasi stimulasi untuk anak 18-24 bulan yang saya dapat dari kalkulator AFS antara lain.

Dorong si kecil untuk bereksplorasi dengan pergerakan fisik pada posisi berdiri atau berjalan.
  • Bila ia bisa berdiri tapi masih berpegangan  maka ketika ia berdiri di tepi sofa, pindahkanlah mainannya ke atas sofa. 
  • Bila si kecil sudah bisa berjalan dengan berpegangan, ajak ia menendang bola kecil sambil berpegangan pada tangan Mam. 
  • Bila si kecil sudah mampu berjalan tanpa pegangan, dorong ia melangkah berjalan mengambil mainannya menurut petunjuk Mam.
Mainkan berbagai mainan "pura-pura" dengan si kecil. 
  • Pura-pura menyuapi bonekanya
  • Pura-pura menjadi kucing yang mengeong
Ajak si kecil untuk menyortir berbagai benda atau mainannya. 
  • Bantu ia mengelompokkan mainannya sesuai jenis tertentu. Misalnya kelompok balok, kelompok mobil-mobilan, kelompok boneka. 
  • Minta ia membantu memisahkan kaos kaki dari tumpukan baju.
Ubahlah kata yang diucapkan si kecil menjadi sebuah kalimat.
  • Jika dia berkata "Mam" maka Mam katakan "Mam ingin kamu sebentar lagi mandi"  
Bicara dan bertanya saat membaca buku bersama si kecil. 
  • Tanya tentang gambar dan cerita yang Mam dan si kecil sedang baca bersama. 
  • Cermati reaksinya saat Mam bertanya. Jangan mengevaluasi kebenaran jawabannya. Dorong ia menjawab semampunya dengan perbendaharaan kata yang ia ketahui. Kegiatan ini bukan untuk supaya anak menjawab dengan benar tetapi mendorongnya untuk bereaksi ketika Mam bertanya. 
Lega rasanya saat tau bahwa perkembangan Nayla baik-baik saja, komunikasi Nayla juga masih tahap wajar belum terindikasi speech delay. Dan pas banget rekomendasi untuk stimulasi di usia 18-24 bulan ini memang lebih banyak melatih kemampuan bicara anak. Saya yang suka bingung bagaimana berkomunikasi dengan anak seusia Nayla jadi tercerahkan dan punya gambaran bakal memberi stimulasi apa saja untuk Nayla.


Ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian yang suka penasaran atau bahkan waswas dengan tumbuh kembang anaknya bisa coba menggunakan kalkulator AFS untuk mengetahui apakah tumbuh kembang anak sudah sesuai jalurnya. Info lengkapnya langsung ke link berikut http://bit.ly/Kalkulator-AFS

Selain kalkulator AFS, ada juga tools lain untuk anak seperti Smart Strenght Finder, Smart Simulation, Smart School, dan Smart Consultation. Selain itu ada juga tools yang ditujukan untuk masa pra kehamilan dan kehamilan. Lengkap banget kan? Cukup buka web parentingclub.co.id aja, semua informasi sudah bisa diperoleh dengan mudah.

#ParentingClubID #KalkukatorAFSReview





1 komentar:

  1. kereeeennn.. langsung otw ke web parenting club.. :D

    saya juga suka penasaran banget sama tubuh kembang anak saya, apa udah normal atau belum. kadang suka mikir, kok anakku blm bisa jalan ya? anak yg lain di usia segitu udah bisa. jadi parno sendiri aku nya. hehe..

    makaciw info nya ya mbaa ;)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p