Kamis, 08 November 2018

Kokoon Hotel Surabaya, Hotel Dekat Suramadu dengan Kolam Renang


Salah satu agenda rutin keluarga besar suami tiap bulannya adalah arisan keluarga dan kebetulan bulan Oktober lalu tepatnya tanggal 28, giliran salah satu keluarga yang tinggal di Bangkalan Madura yang jadi tuan rumah arisan keluarga.

Karena saat hari H acara, di Sidoarjo akan dilaksanan istigosah akbar yang pastinya bakal menimbulkan kemacetan dan seminggu sebelumnya suami juga keluar kota, jadi kami berencana berangkat sehari sebelumnya dan menginap di hotel biar sekalian liburan tipis-tipis.

Berhubung di Bangkalan saya gak nemu penginapan yang proper, jadi kami memutuskan untuk mencari hotel di Surabaya yang dekat dengan jembatan Suramadu.

Kami pun memutuskan untuk menginap di Kokoon Hotel yang berlokasi di antara Jembatan Merah dan Pasar Atom, karena menjadi satu-satunya hotel di dekat Suramadu yang dilengkapi fasilitas kolam renang dan tarifnya murah banget. Maklum ya kan, liburan bawa anak kayaknya kurang afdol kalau gak ada kolam renangnya.


Rencananya kita mau berangkat pagi-pagi supaya gak kepanasan di jalan dan bisa keliling di dekat hotel dulu secara lokasinya di kota lama Surabaya di mana banyak terdapat wisata sejarah dan gedung tua kesukaan saya. Percaya atau gak, meskipun gak suka pelajaran sejarah tapi kalau lihat bangunan lawas apalagi kalau masih terawat kayak di kampung kemasan Gresik itu saya bisa nangis terharu saking senengnya, haha lebay ya?

Baca juga: Jelajah Kampung Kemasan, Santorini Ala Kota Gresik

Tapi ternyata rencana gak berjalan mulus karena kita pada mager, haha. Ya gimana suami baru pulang dari luar kota malemnya dan saya masih tepar abis ngurus anak sendiri, eh udah kudu siap-siap packing segala macem paginya, duh maleslah. Akhirnya kita pun berangkat sekitar pukul setengah 2 siang. Paling sampai Kokoon jam setengah 3 sore jadi masih sempat jalan-jalan lah ya.

Eh ndilalah, jalanan macet banget termasuk tol Waru karena hari itu presiden Jokowi mau meresmikan tarif gratis untuk Suramadu dan rangkaian acara lainnya. Dan kita pun baru sampai hotel jam setengah 5 sore, ckckck. Kayaknya emang cuma pas di Baobab aja deh rencana staycation kita bisa mulus tanpa kendala, huhu.

Baca juga: Staycation dengan Suasana Africa di Baobab Safari Resort, Prigen Pasuruan

Sampai depan hotel saya langsung jatuh cinta dengan desain bangunannya yang bergaya vintage. Hotelnya nyempil di antara bangunan tua dan halamannya kecil ketutup atap gerbang hotel yang melengkung. Harus jeli banget deh liatnya supaya gak kelewatan. Saya sempat mikir, kalau pas ramai gimana parkir mobilnya ya? Eh ternyata parkiran mobilnya itu ada di bagian belakang hotel di gang satunya lagi. Kalau bawa kendaraan pribadi mending langsung njujug ke parkirannya yang berada di seberang hotel Merdeka.


Lobby hotelnya terbilang kecil, cuma ada beberapa kursi jengki lengkap dengan furniture jadul lainnya. Tepat di sebelah lobby terdapat restoran hotel yang desainnya gak kalah cantik. Suka banget sama konsep hotel ini, meskipun bergaya vintage tapi gak meninggalkan kesan moderen serta gak berasa serem. Pendapat sotoy saya, desain vintage kayak begini tuh namanya gaya victorian. Iya gak sih?




Awalnya kamar kami berada di lantai 3, tapi begitu buka pintu kamar, suami yang langsung notice kalau kamar tersebut adalah tipe smoking room pun mengajukan protes ke resepsionis hotel karena dia merasa udah ngasi catatan untuk minta kamar non smoking. Kamar kami pun dipindah ke lantai 6 dengan view kolam renang.

Tarif kamar di Kokoon sebenarnya mulai 330 ribu untuk kamar standar sudah termasuk breakfast dan 350 ribu untuk tipe superior. Karena suami mepet banget bookingnya jadi tarifnya udah naik jadi 350 ribu untuk standar dan 370 ribu untuk superior. Tapi saya ngotot minta yang tipe superior karena suami udah janji dari awal, gak mau tau pokoknya, wkwk istri tega. Untungnya ada poin Traveloka yang mau hangus jadi bisa dimanfaatkan dan kami pun cukup membayar 260 ribuan aja untuk kamar tipe superior sudah termasuk sarapan, haha rejeki emang gak kemana.

Karena kehabisan yang double bed, kita pun dapat kasur twin bed. Kamarnya gak terlalu luas. Desainnya juga masih ada sentuhan vintage tapi tetep moderen. Kasurnya pakai King Koil, ntap! Kamar mandinya juga moderen, bersih, dan di bagian showernya pakai tegel kunci. Kekinian banget lah. Ini hotel emang masih baru, dulu pernah iseng nyari hotel di sekitar kota lama Surabaya tapi Kokoon ini belum ada. Makanya gak heran semua sudutnya masih kinclong. Tapi bangunannya sih kayaknya bangunan lama yang direnovasi dan hanya mempertahankan beberapa bagian seperti bagian jendela yang masih nyambung dengan konsepnya.




Karena udah sore, jadi rencana jalan-jalan pun batal dan kita langsung menuju kolam renang. Kolam renangnya unik karena lebih tinggi dari lantai. Desainnya minimalis dan sayangnya gak ada kolam anak jadi langsung dalem tapi gak dalem-dalem banget sih, cuma sepinggang orang dewasa. Area sekitar kolam didesain minimalis dan asri. Bangunan hotel yang bergaya kolonial bikin view kolam renang jadi makin kece. Gak jauh dari kolam renang, ada area gym juga tapi kita gak masuk sih.

Mugkin karena kesorean, jadi di kolam renang gak ada penjaganya dan kita gak dikasih handuk. Di tempat bilas juga gak ada sabun. Akhirnya saya pun balik ke kamar ambil handuk dan bilasnya di kamar aja.


Malamnya di dekat kolam renang ada barbeque party, konsepnya all you can eat dengan membayar 128 ribu per orang. Tapi kita gak cobain juga, gak ada duit, haha. Lagipula saya udah berencana untuk makan nasi cumi madura di Pasar Atom yang terkenal itu. Cek di google map, ternyata lokasinya deket banget dari hotel, cuma 270 meter. Kami pun memutuskan untuk berjalan kaki menuju lokasi nasi cumi. Sayangnya lidah saya kurang cocok sama nasi cuminya, terlalu manis. Bukan kayak cumi yang biasa di waruny seafood. Tapi malah suami saya yang doyan banget. Tipikal makanan kesukaannya yang kaya bumbu dan terasa legit gitu.

Nasi Cumi Pasar Atom

Pulang dari nasi cumi, kita langsung tidur karena udah tepar abis kena macet. Anak-anak tidurnya pules banget, bahkan Nayla yang biasanya gampang bangun ini sampai waktunya sarapan gak mau bangun. Tau aja dia kasur mahal, wkwk.

Salah satu alasan saya tertarik untuk menginap di Kokoon karena melihat review mbak Sri Rahayu yang mengatakan kalau sarapannya pakai nasi briyani. Sayang pas kita nginep di sana, menunya jadi nasi goreng, huhu. Menu sarapannya gak terlalu banyak. Cuma nasi goreng, gak ada nasi putih, bihun, sayur terong tahu, ayam bakar, sup asparagus, dan sosis. Menu pendampingnya ada telur, roti, croissant, wafel, sereal, dan salad. Serealnya gak ada yang coklat, saladnya ditaruh di dalam etalase jadi kalau mau ambil harus manggil stafnya. Tapi enaknya untuk roti disediakan selai Nutella dan Skipy. Jarang-jarang nih.



Rasa menu utamanya gak masuk di lidah saya. Nasi gorengnya terlalu berminyak, sayur terongnya hambar, ayam bakarnya manis banget. Cuma sup asparagus aja yang rasanya oke.

Selesai sarapan, kami gak langsung ke kamar tapi jalan-jalan dulu di sekitaran hotel. Ada hikmahnya juga datang kesorean karena jadwal jalan-jalannya jadi pagi hari dan suasananya masih sepi banget. Coba kalau agak siangan, udah rame sama truk dan kendaraan serta bongkar muat barang karena aslinya daerah sini kan wilayah dagang.

Tujuan saya kali itu mau ke jalan Gula yang terkenal sering jadi lokasi foto itu. Dari hotel juga dekat banget, cuma 10 meter. Ternyata jalan Gula itu cuma gang kecil dan sempit di ujung jalan yang isinya pertokoan. Kirain satu kampung isinya vintage-vintage gitu. Ya udah sih, yang penting udah pernah ke sana, wkwk.



Abis jalan-jalan, kita langsung siap-siap buat ke Madura. Agak nyesel karena belum explore daerah sini lebih banyak. Ditambah setiap sudut Kokoon Hotel itu instagenic tapi saya gak dapet foto bagus karena jadwal yang padat *sok sibuk amat mbaknya*. Pengen balik nginep di sini lagi. Suami juga puas banget sih nginep di Kokoon karena bisa mewujudkan liburan ala kita yang sukanya jalan kaki explore sekitar.

Buat yang suka explore bangunan tua dan wisata sejarah, cari penginapan kece dengan harga terjangkau di sekitaran Jembatan Merah, Ampel,  Pasar Atom, dan Suramadu, Kokoon Hotel ini recommended banget.




2 komentar:

  1. Blm pnh liat hotel ini meski srg ke JMP. Ah aku emang kuper :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari JMP ke selatan, daerah Karet deket Klenteng mbak

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p