Kamis, 22 Maret 2018

Merencanakan Liburan ke Bromo Bersama Keluarga


Setuju gak sih, kalau buka folder foto-foto lama di sosial media itu kadang suka bikin baper?


Kemarin saya baru aja nostalgia jaman kuliah lewat koleksi foto lama yang tersimpan di facebook. Wow! Masih gak nyangka kalau dulu saya suka berpetualang, naik motor berjam-jam dihajar aja. Yang paling ekstrem sih, naik motor pulang pergi ke Bromo. Saya masih ingat, betapa jauhnya rute Malang-Bromo via Pasuruan melewati tikungan tajam berkali-kali, naik turun tanjakkan curam dengan jalan rusak parah, dan melewati lautan pasir yang gak cuma bikin kelilipan tapi juga sukses membuat roda motor selip beberapa kali. Belum lagi masih harus naik sampai ke kawah Bromo dengan kondisi belum sarapan. Kalau sekarang disuruh begitu lagi, ya bhay! Usia tak bisa bohong, sekarang stamina gak seoke dulu.

Baca juga: 50 Ribu Sampai Bromo


Tapi kalau ditanya, mau ke Bromo lagi gak?
Mau banget! Tentunya dengan akomodasi yang lebih nyaman timbang dulu. Apalagi sekarang udah ada buntut dua (baca: anak-anak), ya gila aja kalau mau naik motor ke Bromo. Jangankan naik motor, naik mobil aja suami saya ogah. Bisa-bisa sampai rumah, mobil kita tinggal setirnya doank, haha lebay.

Seperti biasa, kalau untuk urusan merencanakan liburan, saya lah yang lebih banyak memegang kendali. Pak suami selaku ketua panitia dan bendahara yang mengevaluasi serta mengurus pembayaran, hehehe.

Ada yang pernah menonton iklan Traveloka di mana ada nenek-nenek naik kuda yang pengen liburan ke Bromo gak? 

Berkat iklan tersebut, tanpa babibu saya langsung cek paket tour menuju Bromo di Traveloka yang saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pemesanan tour, event, wisata, dan kuliner. Daripada bingung milih mana travel agent yang terpercaya kan?

Benar saja, di Traveloka sudah tersedia beberapa pilihan paket tour Bromo, salah satunya adalah paket tour Golden Sunrise Gunung Bromo dengan harga Rp 540 ribu per pax (minimal 3 pax), kita sudah bisa menikmati beberapa spot populer di area Taman Nasional Gunung Bromo seperti Kawah Bromo, Pasir Berbisik, serta Padang Savana. Tak lupa kesempatan menyaksikan golden sunrisenya gunung Bromo yang fenomenal itu. Dulu belum kesampaian menyaksikan si golden sunrise, makanya pengen banget bisa ke Bromo lagi.

Harga Rp 540 ribu itu sudah termasuk penjemputan dari kota Malang atau Surabaya, sewa jeep, minuman, supir, serta tiket masuk. Cocok banget ya buat yang bawa keluarga? Udah gak perlu mikir gonta ganti transportasi.


Selain fitur pemesanan atraksi dan aktivitas, sekarang juga tersedia fitur flexi package yaitu pemesanan paket pesawat hotel Traveloka.  Biasanya paket pemesanan begini kan pilihan hotelnya terbatas hanya yang bekerja sama dengan maskapai sehingga meskipun sudah ada paket pesawat dan hotel, saya sih tetep pesan terpisah. Nah, kalau di Traveloka bebas pilih penerbangan dan hotel yang sesuai dengan selera dalam sekali transaksi. Lokasi hotelnya pun gak harus sama atau dekat dengan area bandara jadi lebih mudah, flexible, serta saving time. Pas banget nih, buat saya yang sering diminta oleh Papa saya memesan tiket pesawat dari Lombok ke Surabaya tapi booking hotelnya di Malang saat menjenguk adik saya yang sedang kuliah di salah satu universitas di Malang. Maklum ya, harga tiket pesawat Lombok-Surabaya jauh lebih murah dibanding tiket Lombok-Malang.

Selain lebih praktis, pemesanan paket pesawat dan hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apa pun.  Lumayan lah, uangnya bisa buat kulineran atau beli oleh-oleh kan?

Contohnya nih, saya mau pesan tiket pesawat dari Bandara International Lombok menuju Bandara Juanda Surabaya serta booking hotel di Hotel Trio Indah 2 Malang untuk tanggal 4 April.  Kalau pesan secara terpisah,  dengan harga tiket pesawat termurah sebesar Rp 336.700/pax  dan rate hotel Rp 355.725 per malamnya,  jadi total yang harus saya bayar adalah Rp 692.425.

Sedangkan kalau saya pesan paket pesawat dan hotel di Traveloka untuk jadwal penerbangan, maskapai,  serta hotel yang sama, maka total harga yang saya bayar hanya Rp 632.624 saja. Selisihnya hampir Rp 60 ribu sendiri lho. Lumayan banget,  apalagi kalau perginya ramai-ramai bareng keluarga, selisihnya jadi tambah besar lagi.

Gak cuma lebih mudah di urusan pemesanan akomodasi, tapi urusan pembayaran pun sekarang sudah tersedia berbagai akses pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya aja untuk pemesanan hotel, selain lewat kartu kredit atau bank transfer, di Traveloka sekarang juga tersedia pilihan bayar di tempat.



Buat teman-teman yang berencana ke Bromo tapi waktunya terbatas, saran saya sih langsung pesan penerbangan ke Malang aja. Apalagi kalau dari Jakarta, harga tiket pesawatnya beda tipis banget dibanding tujuan Surabaya. Hemat waktu dan tenaga lebih banyak. Selain itu penginapan di Malang sekarang sudah banyak yang fasilitasnya oke dengan harga yang masuk akal. Cukup Rp 400-500 ribu aja, sudah bisa menginap di hotel berbintang seperti The 101 OJ hotel, Maxone, dan Harris *iya iya, banyak utang review*

Baca juga: Staycation di The 101 Malang OJ Hotel dan Nongkrong di Skyroomnya

Untuk yang bawa anak, wisata di Malang eerr Batu sih, banyak banget yang kids friendly seperti Eco Greenpark, Batu Secret Zoo, dan yang terbaru Jatim Park 3. Kalau kata pepatah, sekali terbang 2-3 wisata terlampaui. Dapat Bromonya, dapat juga wisata keluarganya.

Bahasanyaaa, udah kayak travel expert beneran aja. Padahal sekarang masih galau mau ambil paket tour via Malang atau Surabaya aja? Atau ke Bromo lewat rute Probolinggo menggunakan kereta dan menginap di kawasan Bromo? Waktu ke Jember tahun lalu, di stasiun Probolinggo kita ketemu banyak banget bule yang akan dan baru pulang dari Bromo. Kayaknya akomodasi ke Bromo dari Probolinggo juga sudah cukup memadai sekarang. Sediakan fitur pemesanan paket kereta dan hotel juga donk Traveloka.

Baca juga: Naik Kereta Ke Jember dan Menginap di Aston Hotel

Yaaah, apa pun pilihannya, pokoknya everyone should be happy. Kan mau liburan, bukan tawuran, hehehe.

Ada yang berencana ke Bromo juga? Jangan lupa cobain fitur flexi packagenya Traveloka ya! Yakin deh, lebih banyak untungnya 


2 komentar:

  1. Ini Yg ga kesampaian pas aku ke malang duluuu :( . Suami malah yg akhirnya bisa ke bromo pas outing kantor dia. Aku tuh pgn bgt ngerasain naik jeepnya di medan yg ekstreme mba :D. Katanya kan bikin dag dig dug bangetttt. Hahahah.. Penasaran aja seasyik apa :D. Td nya sih pgn thn ini bisa ke malang, sambil ajak asisten dan babysitter. Tp blm tau deh ini bakal sempet ato ga, secara cuti thn ini udh fix semua :p

    BalasHapus
  2. Aku mau lagi ke Bromo hahahaha nagih dan pengennya sekalian jalan2 sama anak bayik, dulu karena kecapean ada beberapa tempat yg ngga aku datengin, next time insha Allah kuat nanjak meski gendong bayik :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p