Jumat, 09 Desember 2016

Cafe Sawah Pujon Kidul, Batu, Cara Asyik Nongkrong di Tengah Sawah


Malang seolah gak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi. Setelah sekian lama gak buka instagramnya akun-akun wisata Malang, kapan hari pas saya kepo eh baru tau kalau ada banyak banget tempat baru di Malang, dan rata-rata lokasinya berada di Batu. Salah satunya yang saat ini lagi sering ditampilkan adalah Cafe Sawah Pujon Kidul, Batu.


Kebetulan banget, pas lagi pengen ke Batu eh pak suami dapat tugas dinas ke Batu selama tiga hari. Ya udah saya dan Alif pun diboyong ke Malang sekalian mudik ke rumah mertua. Dan di hari terakhir dinasnya, jadwal kerja pak suami cuma acara penutupan doank, jadi sisanya bisa dipakai jalan-jalan ke Cafe Sawah deh.


Karena saya lagi gak mood buat cerita panjang lebar (maklum magnet liburan kuat sekali tarikannya, bikin males ngapa-ngapain :D), jadi laporan kunjungan ke Cafe Sawah kali ini saya buat dengan format ala FAQ aja, padahal siape juga yang mau nanya, haha.

Apa itu Cafe Sawah?

Cafe sawah adalah tempat nongkrong yang berada di tengah-tengah persawahan. Beneran di tengah sawah, gak cuma cafe dengan pemandangan persawahan seperti di Pupuk Bawang atau Bess Resort.

Baca juga:
Pupuk Bawang Cafe & Dining
BeSS Resort & Waterpark

Dari sini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam berupa hamparan sawah dan pegunungan yang asri. Jika beruntung, kita juga bisa melihat para petani sedang menggarap lahannya.


Akan tetapi sepertinya cafe sawah ini belum 100 % selesai, di bagian bawah masih ada tukang yang menggarap taman. Jadi selain melihat petani, pengunjung juga bisa menyaksikan para tukang sedang bekerja, hehehe.



Konsep Cafe Sawah?

Konsepnya outdoor dan semi outdoor, ada satu bangunan permanen semi outdoor di bagian paling atas cafe. Bangunannya menyerupai balai warga gitu, di sini tempat duduk pengunjung dibuat lesehan.



Karena mengikuti kontur sawah, cafe ini pun dibuat berundak-undak. Bagian bawah disediakan gazebo dan beberapa meja kursi. Ada juga taman yang asri untuk tempat berfoto dengan background yang gak kalah kece.



Lokasi Cafe Sawah di mana?

Cafe Sawah Berlokasi di desa wisata Pujon Kidul, Batu. Sepertinya cafe ini didirikan dengan tujuan untuk menarik wisatawan agar mau datang ke desa pujon kidul, mirip kayak Wow Cafe di sumberpodang, Kediri.

Baca juga: Wow Cafe, Desa Sumberpodang Kediri

Petunjuk arah ke Cafe Sawah Pujon Kidul gimana?

Sebenarnya lokasi Cafe Sawah sudah ada di google maps, tapi rada tricky juga nyari tempatnya. Saya aja sempet kelolosan lumayan jauh karena minimnya papan petunjuk arah. Jadi bacalah instruksi saya berikut ini baik-baik biar gak nyasar. Apalagi kalau signal providermu gak sampai daerah Pujon.

Dari pusat kota Batu, arahkan kendaraan ke jalur Batu-Kediri. Setelah melewati daerah Payung alias jalan yang berkelok-kelok itu, nanti bakal ketemu sama pertigaan patung Sapi (itu lho pertigaan coban rondo). Dari Patung Sapi pelankan kendaraan karena sekitar 50 meter dari situ bakal ada gang di kiri jalan yang bernama jalan beringin, di gangnya terpasang plang, "pangkalan ojek Pujon Kidul".

Masuk ke gang sekitar 4 km, melewati kelokan, tanjakan dan perkampungan penduduk. Nanti akan bertemu pertigaan, ke kanan pujon lor dan lurus ke pujon kidul. Setelah melewati pertigaan, di kiri jalan akan bertemu sekolah satu atap. Nah itu tandanya lokasi Cafe Sawah sudah dekat. Kemudian masuk gang kecil di kanan jalan, kalau ini tanya penduduk atau liat google maps aja ya. Soalnya gang kampungnya kan banyak, ketimbang salah belok.




Dari gang tadi, terus mentok, belok kanan dikit, kemudian belok kiri (ini gangnya semakin sempit), setelah itu bakal ketemu persawahan.

Sudah sampai?

Belum, masih harus melewati jalan makadam sekitar 300 m. Setelah itu baru deh sampai di Cafe Sawah Pujon Kidul.



Menu dan harga menu yang dijual di Cafe Sawah?

Menu makannya cuma ada nasi jagung dan bakso sedangkan minumannya ya cuma minuman sachetan. Menu-menu khas warung banget lah.

Harganya murah, cuma 10 ribuan aja. Saya kemarin pesen bakso aja sih, dan rasanya enak kok. Gak aneh-aneh. Sedangkan minumannya karena cuma ada yang instan ya rasanya ya gitu itu kayak yang biasa kita minum, review apa inii?? Haha

Angin di Cafe Sawah lumayan kenceng jadi saran saya kalau pesen makan dan minum segeralah disantap sebelum keburu dingin.


Mobil bisa masuk ke Cafe Sawah gak?

Bisa, di cafe Sawah sudah disediakan parkiran mobil dengan tarif Rp 5 ribu. Tapi saran saya sih mending kalau ke cafe sawah bawa motor aja karena jalan perkampungan dan makadamnya itu cuma cukup untuk satu mobil dengan ukuran kecil. Gak bayangin kalau papasan dengan mobil lainnya saat itu.



Kenapa harus ke Cafe Sawah?

Buat refreshing, apalagi kalau pikiran sedang butek, liat pemandangan yang ijo-ijo gini bikin otak fresh seketika. Udara di sekitaran cafe sawah juga sejuk banget, bersih dan bebas polusi.

Lokasinya juga gak terlalu jauh dari pusat kota Batu, jadi bisalah ya kalau lagi liburan ke Batu sekalian mampir kemari.


Cuma mungkin untuk akses ke sini yang masih perlu dibenahi, terutama akses untuk kendaraan roda 4. Dan menu di Cafe Sawah juga akan lebih baik dibuat lebih variatif lagi supaya pengunjung gak bosen. Karena saya lihat banyak yang datang ke sini, cuma buat foto-foto terus pulang. Coba kalau ada menu khas yang jadi andalan di cafe sawah, jadi selain untuk melihat pemandangan pasti pengunjung juga penasaran untuk mencoba menu yang ada.

Bukanya dari jam berapa?

Hari senin sampai jumat Cafe Sawah buka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB, sedangkan Sabtu Minggu buka mulai pukul 08.11 (??) WIB sampai pukul 22.00 WIB



Saran buat yang mau berkunjung ke Cafe Sawah?

Datang saat hari biasa atau kalau pun weekend datang saat masih pagi. Biasalah tempat hitz ya bu, lagi rame-ramenya. Kemarin aja saya datang kemari saat weekday pengunjungnya lumayan rame lho, gimana kalau weekend kan? Pasti lebih rame lagi.







18 komentar:

  1. Wah pemandangannya bagus ya mba. Orang2 skarang makin kreatif menggembangkan bisnis di dunia kuliner ya mba. Hihiii
    Bagi baksonya mba. Hihihi

    BalasHapus
  2. Aaaah, cantik banget...kebayang sejuknya hawa di sana nih Mba. Jadi ancer2nya si patung sapi legendaris itu ya hahaha. Thx yaaa infony ;)

    BalasHapus
  3. Ya Tuhan cantik banget pemandangannya, mau ke sana, thanks for sharing mbaknyaaa.

    Salam,
    Gabrilla.

    BalasHapus
  4. Wah cantik banget lokasinya. Kalo tempat makan seperti ini bisa nagih pesen makanannya. Sebuah ide bagus, memanfaatkan lahan persawahan sekaligus perkenalan kulineran.

    BalasHapus
  5. Cocok klu buat refresing ya mbk. Klu soal makanan kyknya sebagai pelengkap aja nih

    BalasHapus
  6. Unch unch banget deh tempatnya <3<3

    BalasHapus
  7. Konsepnya bagus. Tempatnya juga damai bngt.. Tp sayangnya menunya dikit macemnya ya mbak.. Minumnya juga, coba model2 minuman tradisional ala2 jadul..paling malah pada suka

    BalasHapus
  8. Bagus mbaakk.. Jadi mupeng saya.. Tapi jaoohhh.. Hikz.. Smoga pak suami bisa penenmpatan di malang deh.. Hihihi...

    BalasHapus
  9. Wahhh.. Tempat nongkrong baru nih mak. Tp kalo aku palingan nyasar :D

    BalasHapus
  10. Makanannya cuma 2 macem gitu yaa, mungkin krna msh baru jd belum bantak ya mba. Tapi buat pemandangannya kece berat.. Gak heran ada yg ke sana cuma buat foto2 aja.. :D

    BalasHapus
  11. baru tahu meerrr ternyata pujon punya tempat hits juga ya
    jauh emang sih
    niat banget sampek kesana sih dikau? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung ke Batu mbak, tapi gak tau kalau semblusuk itu, wkwkwk

      Hapus
  12. cakep bgd cafenya, dan pastinya seger ya mbk, seger bwt mata, seger jg udaranya, jd pgn ke sana,

    BalasHapus
  13. Waah asyik banget lokasinya. Sayang pas ke Batu dulu belum tau kalo ada cafe ini. Kapan yah ke Batu lagi?

    BalasHapus
  14. Wuah asri banget tempatnya, moga sawahnya lestari jd kafenya tetep bernama Kafe Sawah :D

    BalasHapus
  15. kirain harga menunya mehong mbk, ternyata murah gt.. hehehe

    BalasHapus
  16. Wuih, kece badai tempatnya. Asik nih buat nongkrong.

    BalasHapus
  17. apa karena masih baru makanya menu blm bnyk kali yaa.. aku ngebayangin duduk deket sawah gitu sambil makan nasi ayam bakar dan lalapan mbak jadinya :D... enak bangttt, ato sayur asemlah :D... cocok banget pasti

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p