Selasa, 24 September 2019

Main Air Seru di Suncity Waterpark, Sidoarjo


Meskipun terbilang kota kecil tapi Sidoarjo ternyata punya cukup banyak waterpark lho. Ya gak ada hubungannya juga sih antara kota kecil sama jumlah waterpark yang ada, wkwk. Lagi bingung aja mau bikin kalimat pembuka postingan :D

Salah satu waterpark yang cukup ternama dan sudah lama keberadaannya di Sidoarjo adalah Suncity Waterpark yang masih satu area dengan Suncity Mall dan hotel. Ada di pusat kota Sidoarjo banget lah pokoknya.


Konon katanya Suncity Waterpark ini adalah waterpark terbesar di Sidoarjo. Gak heran kalau tiket masuknya lumayan mahal yaitu Rp 30 ribu saat weekday, Rp 40 ribu saat weekend, dan Rp 50 ribu saat libur nasional. Ngalah-ngalahin tiket masuk Kusuma Agrowisata Waterpark di Batu ya?

Baca juga: Kusuma Agrowisata Waterpark, Kolam Renang Dengan Air Hangat di Batu

That's why, meskipun udah lama di Sidoarjo tapi saya gak kunjung tertarik untuk ke Suncity Waterpark. Lumayan juga ya say, Rp 40 ribu per orang. Kalau dikali 3 atau 4 kan udah Rp 120-160 ribu. Apalagi kalau saya gak ikut renang, rugi amat Rp 40 ribu buat jagain tas doank, heuheu jiwa misqueen detected.


Sampai akhirnyaa bulan Agustus lalu ada promo 17-an dari Traveloka berupa diskon 45% untuk pembelian Traveloka Xperience. Nah, kebetulan Suncity Waterpark sudah ada di Traveloka, jadilah saya langsung minta suami booking tiket yang diskon jadi Rp 20 ribuan itu. Waterpark lain di Sidoarjo juga sudah masuk ke Traveloka sih tapi harga normalnya gak semahal Suncity Waterpark jadi meskipun gak lagi promo masih mampulah beli tanpa diskon, heuheu.

Kami datang ke Suncity Waterpark di hari sabtu siang awal September. Di rumah, saya sudah screenshoot kode booking 4 kali karena pesan 4 tiket. Yupz! Anak umur 2 tahun ke atas sudah dihitung jadi Nayla kami belikan tiket juga.

Sampai di loket pembayaran, ternyata gak perlu nunjukkin kode booking segala. Cukup bilang sudah pesan di Traveloka atas nama siapa, langsung deh tiketnya dicetak sama petugas.

Peraturan di Suncity Waterpark melarang pengunjung untuk membawa makanan dari luar, tapi kemarin barang bawaan kami gak diperiksa sama sekali. Dan emang lagi gak bawa makanan apa-apa juga sih.

Kesan pertama saat memasuki area Suncity Waterpark adalah mbingungi! Bingung jalurnya ke mana karena semua lahan dimanfaatkan untuk kolam jadi jalur untuk pejalan kakinya rada muter-muter. Sebenarnya gak muter-muter juga sih, wong tempat duduk untuk penunggu tersebar di sekeliling area kolam tapi karena kita semua mau nyemplung termasuk saya jadi tujuannya cari tempat persewaan loker dulu.

Tempat persewaan loker ada di seberang kolam, harus lewat jembatan gantung dan naik turun tangga dulu. Saya gak memperhatikan dengan sesama, ada jalur khusus untuk stroller atau kursi roda apa gak. Kalau bisa sih, mending gak usah bawa stroller.


Selain loker, di sini juga menyediakan persewaan ban dan baju renang. Di samping tempat persewaan juga tempat ruang ganti dan bilas berada. Jadi emang paling enak cari tempat duduk di sekitaran area sini. Deket dari berbagai fasilitas waterpark.

Tarif untuk sewa loker adalah Rp 10 ribu dan ditambah deposit Rp 10 ribu. Kunci lokernya diberi gantungan berupa gelang yang bisa dipakai di tangan agar kunci gak mudah hilang. Sedangkan tarif untuk sewa ban double adalah Rp 20 ribu.

Secara garis besar, kolam di Suncity Waterpark terbagi menjadi 3 yaitu, kolam arus, kolam dewasa dengan seluncuran yang terbagi jadi 2 ketinggian, tinggi dan tinggi banget, serta kolam anak dengan seluncuran beraneka bentuk.


Saya gak nyobain seluncuran yang tinggi, karena nyaliku sangat ciut soal ginian, wkwk. Jadi cuma suami aja yang nyoba pakai ban double itu. Katanya seluncuran yang tinggi lagi gak dibuka. Sayang banget ya?

Kita juga sempat nyobain kolam arus bertiga, Alif gak mau ikut karena takut. Duuh napa deh nurun emaknya banget yang penakut di segala hal? Heuheu. Ternyata lintasan kolam arusnya itu lumayan pendek, cuma muterin taman yang gak terlalu luas. Kirain bakal muterin seluruh sisi kolam. Rata-rata yang makai kolam arus malah buat renang beneran, bukannya pakai ban.

Pas mau pulang, gak jauh dari waterpark ada kebakaran besar di lahan kosong. Makanya ada asap tebal itu. 

Dan bisa ditebak ya, kita paling lama uplek di kolam anak. Apalagi Nayla sepanjang waktu maunya digendong mulu, zzz. Padahal ekspektasi saya bakalan bisa renang beneran eh ternyata cuma berendam nemenin anak-anak, huhu.

Kolam anak ini bisa dibilang kolam yang paling luas di antara kolam lainnya. Tingginya cuma sebetis orang dewasa. Di sisi kolam anak, ada kolam yang lebih kecil, cuma semata kaki.

Di kolam anak ini ada seluncuran kecil yang cuma lurus doank, ada juga seluncuran seperti di playground, dan ada ember tumpahnya. Lumayanlah, saya juga sempet ngerasain seluncuran di Suncity Waterpark meskipun seluncuran buat anak dan teteup ye sambil nggendong Nayla.



Ohya, Air kolamnya lumayan bening dan bersih, gak sebutek di kolam renangnya Klapa Dream Club. Dan plusnya lagi airnya gak bau kaporit jadi mata juga gak sepet setelah berenang. Selain itu karena hawa di Sidoarjo terbilang panas, jadi air kolamnya gak dingin sama sekali.

Baca juga: Klapa Dream Club, Sidoarjo, Kolam Renang Murah Nan Instagramable

Ada yang tanya, kalau weekend Suncity Waterpark rame gak?

Ruameee! Kemarin kita datang siang hari menjelang sore, sekitar jam 2 gitu. Suasana di Suncity Waterpark penuh dengan rombongan bocah sekolah. Tapi gak lama kemudian suasana makin sepi karena banyak rombongan yang sudah pulang. Jadi kalau gak mau suasananya terlalu rame, ke Suncity Waterparknya menjelang sore kayak kita aja.

Enaknya kalau selesai renang pas jam mau tutup itu ruang gantinya jadi gak ngantri-ngantri banget.

Ngomongin soal ruang ganti nih, ada 3 bilik untuk ganti dan bilas serta 1 bilik toilet. Bilik untuk bilas cuma ditutup tirai, sedangkan toiletnya baru pakai pintu. Tiap bilik bilas disertai dengan shower air hangat dan meja serta gantungan untuk menaruh perlengkapan. Biliknya cukup luaslah untuk ganti dan bilas. Sebenarnya ruang gantinya cukup bersih, cuma ya banyak rambut rontok di lantai. Problematika wanita banget. Cuma di bagian depan ruang ganti ada wastafel serta kaca, nah wastafelnya itu mampet jadi ada air yang mengenang gitu. Itu sih yang rada bikin iyuh soalnya airnya udah kelihatan keruh dan ada rambut-rambut rontoknya.

Kalau kelaparan setelah berenang, di sekitar kolam banyak stand makanan. Menu yang dijual rata-rata makanan ringan sih, kayak kentang goreng, cilok, popmie, dan gorengan. Makanan yang rada berat kayaknya cuma bakso deh. Harga makanannya rada mahal Rp 2-5 ribuan dari harga pasaran.

Awal dateng ramenya kayak gini nih, masih bisa ditolerir lah ya? 

Overall, untuk ukuran kota kecil seperti Sidoarjo, Suncity Waterpark ini terbilang oke banget. Baik dari segi fasilitas dan maintenancenya. Bersih, terawat, dan cukup instagenic. Wahananya juga cukup mengakomodasi semua usia dan terbilang udah modern. Cuma buat saya pribadi kayaknya bakal ke sini lagi kalau anak-anak udah rada gedean pas mereka udah gak takut air lagi. Eman banget bayar mahal tapi anak-anak cuma celup-celup kaki doank, heuheu. Tapi kalau anaknya suka berenang dan gak takut air mah recommended banget buat diajak seseruan di Suncity Waterpark.



3 komentar:

  1. Senangnnya bermain di sana, kalau bareng keluarga... kunbal ya mbak

    BalasHapus
  2. hooaa... akhirnya post ini. dari dulu penasaran sama waterpark ini. cuma wacana doank mau ke sananya kapan belum tau. wekekek.

    ramenya masih bisa ditolerir kok itu. abis renang gosong nggak mama nayla ? :D

    BalasHapus
  3. segala macam waterpark gini, anakku doyaaan banget. jd biasanya kalo liburan ke suatu tempat, aku pasti cari water park utk mereka seneng2. apalagi kalo slidenya ada yg tinggi, itu mah aku pasti ikutan hahahahaha.. makin seru slidenya, aku makin seneng juga

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p