Rabu, 09 Agustus 2017

Mempersiapkan Diri Menjadi Orang Tua Terbaik untuk Buah Hati Teristimewa dalam Prenagen Pregnancy Educational Journey


"Umur saya masih 20 tahun waktu pertama kali punya anak, rasanya bingung banget harus ngapain.." cerita Mona Ratuliu


Hampir mirip dengan Mona, saya pun masih berusia cukup muda ketika resmi menyandang status ibu, 22 tahun. Mama saya sudah meninggal, jauh dari sanak saudara, dan tinggal di lingkungan keluarga suami yang masih asing bagi saya membuat saya sempat dihinggapi baby blues ringan. Bingung bagaimana cara merawat bayi yang benar, payudara lecet karena menyusui, sampai Alif yang sering dilanda kolik membuat saya stres.

Belakangan saya sadar bahwa dulu saya kurang mempersiapkan diri menjadi orang tua, saya lebih excited membaca review baby gears daripada mencari tau tentang bagaimana merawat bayi baru lahir. Saya juga baru tahu bahwa selama 14 tahun ini ada acara yang bermanfaat banget untuk mempersiapkan diri sebagai orang tua yang diadakan oleh Prenagen, PPEJ, Prenagen Educational Journey, yang rutin diadakan setiap tahunnya di beberapa kota di Indonesia salah satunya Surabaya.

Dulu waktu hamil pertama saya pernah tahu sih ada kenalan yang ikutan acara ini dan saya pikir isinya cuma senam hamil aja, di rumah juga bisa kan?

Baru deh setelah datang sendiri minggu kemarin, 30 Juli 2017 di Dyandra Convention Centre, Surabaya, saya baru tahu bahwa acara ini super duper bermanfaat untuk para orang tua yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hatinya.

Jadi ada apa aja di PPEJ 2017 kota Surabaya kali ini?

TALKSHOW



Acara utama dari rangkaian PPEJ ini sempat membuat saya gak bisa tidur sebelumnya karena memikirkan durasi waktunya yang lama. Di kehamilan yang sudah memasuki umur lebih dari 8 bulan ini, saya takut gak kuat mengikuti keseluruhan acara. Ternyata sesi talkshownya disajikan begitu menarik dan interaktif sehingga gak kerasa bahwa acara ini durasinya cukup lama. Selain itu banyak ilmu yang saya dapatkan dari sesi talkshow dari para bintang tamu.

Dipandu Mona Ratuliu, rangkaian acara dalam sesi ini terdiri dari.

- Sharing Session With Andien

Kalau sering mantengin akun instagramnya penyanyi jazz satu ini, pasti udah tau donk bagaimana serunya Andien dan suami yang dengan telaten merawat langsung buah hatinya, baby Kawa?

Nah, dalam talkshow PPEJ 2017 kali ini Andien juga sharing bagaimana dia mempersiapkan yang terbaik sejak untuk bayinya sejak dalam kandungan.

- Interaktif Talkshow with dokter Boy Abidin, SpOG (K)



"Selama ini kan kita sering mendengar tentang plasenta, nah ada yang tau gak sebenarnya apa sih plasenta itu?" Tanya dokter Boy pada para peserta PPEJ.

Deg! Saya langsung sadar bahwa selama ini sering banget mendengar kata plasenta pada suatu kehamilan tapi gak pernah benar-benar tau pengertian sebenarnya apa.

Dan dampak penting kesehatan plasenta untuk perjalanan hidup si kecil menjadi topik dalam interaktif talkshow dengan dokter Boy kali itu.

Jadi apa itu plasenta?

Menurut dokter Boy, Plasenta itu adalah suatu penghubung antara janin dengan ibu. Plasenta bisa menjadi penghubung dalam banyak hal, ya menghubungkan nutrisi, sekaligus sebagi media komunikasi antar ibu dan janin. Oleh karena itu sering banget kan para ibu hamil disarankan untuk sering-sering mengajak janinnya berkomunikasi atau dilarang bersedih karena janin bisa merasakannya? Nah semua itu berkat adanya plasenta dalam kandungan ibu.

"You're what you're mother eat". Nutrisi yang dikonsumsi ibu akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke tubuh janin sehingga pemilihan nutrisi selama kehamilan harus diperhatikan secara spesifik.

Selain membawa nutrisi dan media komunikasi antar ibu dan janin selama kehamilan, plasenta juga berfungsi untuk menyalurkan oksigen, membuang zat beracun, mekanisme imunologi, memproduksi hormon perkembangan janin, membentuk sistem saraf, serta transpor DHA.

Plasenta yang tidak sehat atau mengalami komplikasi dapat menyebabkan beberapa masalah pada kehamilan, antara lain preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas, hingga kematian janin.

Oleh sebab itu plasenta yang sehat sangat penting sekali untuk perkembangan janin selama masa kehamilan hingga persalinan kelak.

- Interaktif Talkshow with dokter Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K)

Setelah dokter Boy yang mengisi talkshow mengenai nutrisi selama kehamilan, giliran dokter Bowo memberi informasi tentang pengaruh nutrisi terhadap sistem syaraf dan redflag si kecil.

Selama ini stereotype yang berkembang di masyarakat adalah bahwa anak gemuk adalah anak yang sehat. Padahal menurut dokter Bowo, gemuk belum tentu sehat, tapi kurus juga gak baik. Idealnya berat seorang anak itu gak terlalu gemuk tidak juga terlalu kurus. Oleh karena itu nutrisi selama pertumbuhan anak harus diperhatikan agar tidak terjadi obesitas atau malah malnutrisi.

Kekurangan zat besi juga merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak. Berbeda dengan obesitas dan malnutrisi yang bisa langsung terlihat, kekurangan zat besi ini agak sulit terdeteksi dengan kasat mata namun dampaknya sangat berbahaya bagi perkembangan otak.

Salah satu cara untuk menghindari agar anak tidak menderita kekurangan zat besi adalah dengan memberinya ASI sejak baru lahir. Kolostrum pada ASI mengandung kolesterol yang menunjang pembentukan mielin (selubung penghantar impuls).

- Pengenalan Aplikasi Hallo Bumil



"Mer, kandunganmu udah berapa minggu?"

Pertanyaan ini sering banget diajukan kepada saya selama masa kehamilan dan saya selalu kesulitan menjawab karena gak pernah mencatat berapa minggu usia kehamilan saya.

Nah, dalam talkshow PPEJ 2017 ini, turut dikenalkan aplikasi pendamping kehamilan persembahan dari Prenagen yang bernama Hallo Bumil.

Dalam aplikasi ini kita bisa mencatat berapa usia kehamilan, mencari tau info mengenai pertumbuhan janin, hingga mitos-mitos seputar kehamilan. Pokoknya segala hal yang ingin diketahui seputar kehamilan bisa didapat dalam genggaman. Gak usah repot juga mencatat atau mengingat umur kehamilan karena udah ada reminder dari aplikasi Hallo Bumil.

- Bagi-bagi Smoothies



Ngomongin nutrisi, gak sah rasanya kalau gak praktek langsung kan?

Ada chef Edrian yang mempraktekkan resep-resep smoothies kaya nutrisi selama kehamilan dihadapan para peserta PPEJ sekaligus bagi-bagi hasil olahannya tersebut. Sayang saya gak kebagian smoothiesnya, padahal udah ngiler aja ngeliatnya, hikz.

- Senam Prenafit bersama Adianti Reksoprodjo



Lewat jam 12 siang, saya mulai gelisah karena punggung saya terasa pegal banget kelamaan duduk. Saya pakai untuk berjalan-jalan ke booth Prenagen dengan harapan bisa mengalihkan pegalnya, tapi gak banyak membantu.

Pulang! Cuma itu yang ada di pikiran saya. Rasanya pengen tiduran dan meluruskan badan supaya pegal-pegal ini hilang. Daerah sekitar paha juga mulai sakit untuk dipakai melangkah, saya terus mengeluh kepada suami karena sudah tak tahan lagi rasanya. Yang hamil tua seperti saya pasti tau banget kan rasanya?

"Stay fiiittt..." seorang wanita hamil dengan pakaian olahraga berteriak lantang menyemangati peserta talkshow dari atas panggung.

Dia lah Adianti Reksoprodjo, founder fitmum and bub sekaligus pemandu senam Prenafit yang konon katanya bagus untuk ibu hamil.

"Kebetulan Ayah saya seorang Genkolog, jadi gerakan senam Prenafit ini sudah saya konsultasikan kepada beliau sebelumnya sehingga dijamin aman untuk ibu hamil.." cerita Adianti

"Ayo semuanya, dari tadi duduk pasti punggungnya pegel-pegel kan? Stay fiiiitt.." Adianti terus memberi semangat sembari memandu gerakan senam.


Gerakan senam Prenafit yang diberikan sangat sederhana sekali, cuma terdiri dari 3-4 gerakan tapi saya sendiri langsung bisa merasakan manfaatnya. Badan yang tadinya pegal-pegal selama acara jadi hilang. Bahkan sejak mempraktekkan gerakan ini, saya yang sebelumnya sering kesulitan bergerak saat tidur, sekarang bisa bebas glibak glibuk ke sana kemari tanpa merasakan nyeri di sekitar daerah paha lagi. Ibu-ibu hamil yang sering mengalami keluhan seperti saya, wajib nyoba senam Prenafit juga deh di rumah.


BOOTH MENARIK

Sembari menunggu talkshow dimulai, para peserta PPEJ 2017 dapat mengunjungi berbagai booth yang disediakan oleh Prenagen. Ada banyak booth menarik dan pastinya bermanfaat banget, seperti booth konsultasi kehamilan, konsultasi laktasi, hingga demo resep nutrisi sehat dari persiapan hamil sampai menyusui dari Chef Edrian.


Ada juga booth-booth yang menyediakan gift gratis untuk mereka yang berpartisipasi sesuai syarat yang diberikan, seperti gift berupa pouch cantik untuk yang sudah mengisi kuisioner tentang kemasan baru Prenagen. Ada photobooth juga bagi yang suka bernarsis ria, hehehe.



KIDS CORNER



Nah, buat para orang tua yang membawa anak alias bukan orang tua baru lagi, dalam acara ini disediakan kids corner supaya anak-anak tidak bosan selama acara. Ada beberapa mainan dan peralatan menggambar yang bisa digunakan sepuasnya oleh anak. Alhamdulillah, selama acara Alif betah banget main di sini, malah dia bisa belajar bersosialisasi dengan anak-anak lain.

GOODY BAG


Saat melakukan registrasi, para peserta PPEJ akan mendapat sebuah goodybag berukuran besar yang isinya banyak banget. Ada snack, produk-produk Prenagen, t-shirt, CD senam Prenafit, hingga resep nutrisi dari Prenagen. Worth it banget dengan biaya yang sudah dikeluarkan.

Overall, acara Prenagen Pregnancy Educational Journey ini recommended banget untuk dihadiri oleh para calon orang tua atau yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. Banyak ilmu bermanfaat yang bisa didapat dalam acara ini.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan nutrisi sejak sebelum kehamilan hingga buah hati lahir agar perkembangannya lebih maksimal, salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi rangkaian produk dari Prenagen Prenapro yang dirancang khusus untuk memenuhi nutrisi selama 1000 hari pertama kehamilan, yang terdiri dari.
- Prenagen Esensis,
- Prenagen Mommy Emesis,
- Prenagen Mommy,
- Prenagen Lactamom, dan
- Prenagen Juice.

Karena ibu sehat, Indonesia Sehat.

10 komentar:

  1. Saat hamil saya konsumsi susu bumi Prenagen. Saya sukanya yang rasa cokelat. Pernah dibelikan yg vanila wah malah merasa enek. Dikasih aja ke orang. Hehehe...

    BalasHapus
  2. awal-awal hamil aku pake susu merk lain cuman akhirnya mabok juja karena skainng eneknya akhirnya suamiku rekomendasiin susu ini alhamdulilah selama mengandung aku konsumsi ini :)

    BalasHapus
  3. Asik banget ada aplikasi buat mencatat perkembangan bayi ya mba

    BalasHapus
  4. Aku dulu hamil juga minum susu prenagen yang coklat. Dulu sepertinya cuma 2 varian aja, sekarang tambah banyak ya variannya.

    BalasHapus
  5. 1000hari prtama mnurut pnelitian dokter adlh cikal bkl kecerdasan kelak asal Gizi dn asupannya baik

    BalasHapus
  6. Seru bgt acaranya. Pas bgt mbaknya lg hamil...nambah ilmu jg

    BalasHapus
  7. sama...lebih seru lihat-lihat baju bayi, cari stroller, sampai lupa belajar senam hamil. Setelah ikut PPEJ makin ngerti mempersiapkan kehamilan

    BalasHapus
  8. Semakin ramai aja acara PPEJ ini. Tahun lalu pernah ikut yang di Bandung. Harapannya sih semoga besok-besok diadakan juga di Lombok :)

    BalasHapus
  9. Ampunnn deh malah ngiler liat smutis stroberi aku
    Klo yg melakukan gerakan stay fit kudu yg uda tm 3 ya mer? Soalnya ku tm 2 aja dah gampang pegel2 gini, dusah mw glibak glibuk

    BalasHapus
  10. Kita sama mba, pas hamil lbh tertarik nyari baby gear daripada cari tau cara2 merawat bayi :D. Pdhl justru itu yaa yg hrs dipelajari. Dulu mikirnya, krn bakal ada babysitter yg udh siap bantu, jd ga trlalu pgn cari tau yg lain -_-

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p