Senin, 10 April 2017

7 Grup Facebook Panduan Cara Mendidik Anak


Mama saya meninggal saat saya masih kuliah, setelah menikah saya tinggal jauh dari keluarga, sedangkan hubungan saya dengan ibu mertua tak begitu akrab karena kami tinggal terpisah jadi jarang bertatap muka. Praktis ketika melahirkan Alif, saya sempat kebingungan tentang cara mendidik anak. Gak ada tempat bertanya, gak ada tempat curhat. Aahh tapi curhat pada orang sekitar pun sepertinya bikin kening makin mengkerut karena kebanyakan dari mereka masih percaya mitos yang seringkali susah diterima logika saya.


Beruntunglah saya, saat itu sudah ada sosial media bernama facebook yang memiliki fitur grup di dalamnya. Karena dari sanalah lahir grup-grup parenting yang sangat membantu ibu-ibu tak berpengalaman seperti saya. Apalagi grup-grup tersebut diawasi langsung oleh para ahli yang berkompeten di bidangnya, jadi teori yang disampaikan gak perlu diragukan lagi.

Ini nih 7 grup facebook yang sudah sangat membantu saya dalam mendidik Alif selama ini. Ohya, mendidik di sini gak hanya fokus tentang psikologi anak ya, tapi juga seputar kesehatan dan tumbuh kembang. Namanya juga mendidik kan? Gak boleh setengah-setengah, aahhseekkk.

1| Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

Siapa sih yang menyangsikan berbagai manfaat Air Susu Ibu (ASI)?

Saya yakin hampir semua orang pasti tau bahwa kandungan ASI sangat bermanfaat bagi bayi. Tapi saya juga tau bahwa memberi ASI itu sama sekali gak mudah, pasti ada aja tantangannya, entah dari diri sendiri mau pun dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, terbentuklah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang bertugas untuk mengedukasi para orang tua tentang masalah per-ASI-an.

Selain memiliki website resmi, AIMI juga punya wadah untuk para ibu bertanya maupun berdiskusi soal ASI di facebook. File-file di grup AIMI ini juga sangat informatif buat ibu baru seperti saya, mulai dari soal ASI perah, mitos seputar ASI, sampai soal MPASI dibahas di sini.

2| Homemade Healthy Baby Food (HHBF)

Setelah bayi umur 6 bulan, tantangan sebagai ibu makin bertambah nih. Yupz, apalagi kalau bukan soal MPASI.

Menu apa sih yang dianjurkan untuk awal MPASI? Bahan makanan apa aja yang gak disarankan untuk anak di bawah 1 tahun? Anakku makannya banyak tapi kok berat badannya cuma nambah dikit sih? Mau traveling nih, cara menyiapkan MPASI anakku gimana ya? Gak bisa masak, butuh inspirasi resep MPASI donk!

Pokoknya dari A sampai Z soal MPASI dan asupan balita dibahas di sini. Pedoman MPASI yang dianut HHBF mengacu pada aturan WHO. Adminnya juga ketat banget dalam menyeleksi sumbangan resep dari member, kalau ada bahan yang gak sesuai aturan, bakal gak ditayangkan deh tuh resepnya.

3| Baby Led Weaning (BLW)

Kalau HHBF mengacu pada pedoman WHO alias MPASI konvensional (makanan dihaluskan dan disuapkan ke bayi), nah kalau Baby Led Weaning (BLW) ini kebalikannya.

BLW sendiri adalah metode MPASI dengan memberikan bayi makanan utuh dalam bentuk finger food dan membiarkan bayi mengambil serta menyuapkan sendiri makanannya.

Metode ini dipercaya dapat menghindari kebiasaan anak yang suka susah makan. Karena makanan disajikan dalam bentuk utuh, sehingga dia bisa mengetahui rasa asli makanan dan hanya menolak makanan yang tidak disukainya.

Selain itu karena dilatih untuk makan sendiri sejak dini, anak akan lebih terbiasa untuk makan sendiri sekaligus dapat melatih motoriknya.

Tapi metode ini banyak ditentang oleh para ahli karena kemungkinan anak mengalami Anemia Defisiensi Besi (ADB) akan lebih besar karena porsi serta menu makannya tidak sesuai dengan yang dianjurkan. Dengan membiarkan anak makan sendiri dalam bentuk utuh juga memperbesar kemungkinan anak akan tersedak saat makan.

Yaah, sekarang sih pilihan kembali ke orang tua masing-masing ya? Saya yakin tiap orang tua tau mana yang terbaik untuk anaknya, tapi jangan lupa juga untuk mempelejari tiap ilmunya sebelum mengambil keputusan.

Ohya, grup Baby Led Weaning ini adalah grup luar negeri ya, bahasa pengantarnya pakai bahasa inggris.

4| Indonesian Baby Wearers (IBW)

Saya termasuk ibu yang meremehkan persoalan gendong menggendong anak. Yaelah nggendong doank, cincay lah yaw. Gendongan paling dapat banyak dari kado.

Ternyata saya baru tau donk, kalau menggendong aja ada konsultan tersertifikasinya lho. Pelatihan untuk jadi konsultan gendongan pun gak main-main, harus mengeluarkan biaya yang cukup wow, hampir seharga satu motor, ckckck.

Sejak bergabung di grup IBW, saya baru tahu bagaimana cara menggendong bayi yang benar, gendongan apa saja yang termasuk ergonomis, dan merk gendongan yang murah tapi berkualitas.

Saya juga baru tahu ternyata selama ini cara menggendong saya salah, meskipun sudah menggunakan baby carrier yang ergonomis.

5| Gerakan Sadar Imunisasi (Gesamun)

Sesuai dengan namanya, Gesamun adalah grup untuk memberi edukasi betapa pentingnya imunisasi untuk anak, lengkap dengan info jenis-jenis vaksin yang harus diberikan serta jadwal pemberian vaksin.

Sampai saat ini masih ada beberapa orang yang menolak pemberian vaksin karena alasan tertentu. Saya gak mau berdebat soal itu, silahkan tentukan apa yang menurut orang tua terbaik untuk anak tapi ya harus siap juga dengan konsekuensinya.

6| Room For Children

Siapa yang anaknya pernah sakit?

Pasti pernah lah ya, minimal sakit ringan kayak demam atau flu. Sebagai orang tua baru, kadang suka panik sendiri kalau anak lagi sakit meskipun cuma demam biasa.

Nah, Room for children ini grup khusus yang membahas tentang kesehatan anak. Selain kesehatan, di sini juga membahas psikologi dan tumbuh kembang anak. Grup ini diawasi oleh sedikitnya 19 ahli yang terdiri dari dokter, psikolog, sampai konsultan hukum tentang obat-obatan.

7| Parenting With Elly Risman and family

Pasti udah sering denger donk nama ibu Elly Risman yang kerap diundang berbagai acara baik off air mau pun on air. Saran-sarannya tentang parenting dan pola asuh memang dikenal oke-oke.

Nah di grup ini, gak cuma bu Elly yang akan sharing soal parenting tapi juga keluarganya dari anak-anak sampai suaminya. Keren amat ya, satu keluarga jadi psikolog anak semua?

Artikel keluarga ini yang di-share di grup banyak yang viral sampai di luar grup dan diaminkan oleh banyak orang tua lho.

Kehadiran grup-grup parenting di facebook tersebut memang sangat membantu saya dalam mengasuh anak tapi sekaligus kadang dampaknya juga membuat saya suka sok tau dan terlalu idealis. Jadi ketika ada yang hal yang melenceng dari aturan yang saya tetapkan, jadi suka bikin stres sendiri, haha.

Tapi sekarang sih saya udah mulai santai dan memilih untuk menjadi ibu yang realistis. Belajar berbagai ilmu parenting boleh, tapi kembali lagi bahwa tiap orang punya kondisi yang berbeda. Apa yang diterapkan pada si A, belum tentu bisa berhasil pada si B.

"There is no such things as perfect parent so just be a real one - Sue Atkins"

10 komentar:

  1. Ihhh sejujurnya aku blm prnh gabung ama grub2 parenting ini -_-. Tertarik ama yg mpasi deh mba.. Supaya dpt ide makanan mpasi utk anakku.. :D.

    Grub BLW itu aku jg prnh dgr sih.. Tp memang blm tertarik utk ngikutin metode mereka. Anakku sih sesekali aku ksh potongan wortel, timun, dll yg diiris kecil supaya si baby tau rasa sebenernya dr makanan. Tp itu cm sekedar dia tau aja, utk makanannya sendiri sih aku ttp percaya mpasi konven aja :)

    BalasHapus
  2. yang 3, 5, dan 6 belum gabung nih Mbak. Kalo yg no 7 malah baru gabung tadi siang karena nggak semgaja ada yang share.

    BalasHapus
  3. Mba Meriska makin kece ajaa sihh..jujur saya baru tahu semua grupnya..ngga pernah mencari dan join grup tentang tumbang dan parenting, padahal bermanfaat yah, saya lebih suka baca dari blog..ya..nggak tahu deh kenapa, mungkin karena apa yang di sampaikan di paragraf terakhir hheehe ..

    BalasHapus
  4. Aku baru gabung yg parenting Elly Risma aja mba xixi lainnya ada yng group MPASI si makasi infonya mba :)

    BalasHapus
  5. Yess jadi dapat ilmu baru dari mb Meriska, karena aku tahunya cuma aimi. Ternyata ada banyak ya panduan grup FB yg bermanfaat hihihi
    Aku katrok taunya grup gosip. Thanks mba

    BalasHapus
  6. Aku blum pernah denger grup-grup ini kecuali yang Elly Risman. selama ini lebih banyak mencari info tentang parenting lewat buku. Coba ah ntar lihat grupnya.

    BalasHapus
  7. Wah aku jarang fesbukan, jadi baru tau ada grup2 ini...
    Ntar gabung ah.. Thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  8. Ah, andaikan dulu sudah ada grup2 itu. Dimanapun berada tetap dapat ilmu ya mba.

    BalasHapus
  9. Waaah ada ya, bisa membantu nanti pas aku ngasuh anak. Ya mungkin nggak diterapin 100%, tapi minimal tahu teori dan dampaknya gitu. Nice sharing 😘

    BalasHapus
  10. Blw aku yabg gak gabung mbak, tapi meski begitu tak terapin juga ke kedua anakku. :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p