Senin, 09 Januari 2017

Sehari Bersama Bakmi Mewah, Si Bakmi Siap Saji Rasa Restoran


Sekompak-kompaknya dengan pasangan, saya yakin pasti pernah mengalami yang namanya pertikaian. Pun begitu dengan saya dan pak suami, empat tahun menikah sudah tak terhitung berapa kali kami berselisih paham. Kadang pertengkaran yang terjadi di antara kami malah lebih sering karena hal sepele yang lucu juga sih kalau dipikir-pikir, salah satu hal gak penting yang memicu pertengkaran kami adalah soal mie instan.


Suami saya paling gak suka dengan bau bumbu mie instan yang katanya bikin pusing, sedangkan istrinya alias saya, doyan banget ngemil mie instan kalau lagi kelaparan. Jadi tiap saya membuat mie, pak suami langsung pergi ke kamar sambil menutup hidung, kalau saya makan mie di dekatnya pasti diusir untuk menjauh. Sebel donk saya ditolak mentah-mentah begitu, akhirnya saya ngambek, mogok bicara, haha gak penting banget emang, jangan ditiru ya adek-adek :D

Sebenarnya pak suami bukan yang anti banget dengan mie instan, dia sesekali juga makan tapi hanya mau jenis mie kuah yang diberi bumbu seminimal mungkin dengan air yang melimpah supaya bau dan rasa micin yang kuat di mie instannya bisa tersamarkan. Selain itu meski gak suka saya makan mie instan di dekatnya, tapi pak suami tetap bersedia untuk membelikan mie instan tiap saya minta.

Lalu suatu hari, sepulang dari kantor, pak suami membawakan saya dua bungkus mie dengan merk bernama Bakmi Mewah. Saya tau merk mie satu ini heboh banget dibicarakan, tapi saya sama sekali gak tertarik untuk mencoba karena harganya yang di atas rata-rata mie instan pada umumnya, meskipun aslinya ya penasaran juga, haha.


Rupanya saat itu si Bakmi Mewah sedang ada promo diskon di minimarket jadi pak suami tertarik untuk membelinya. Karena penasaran, saya pun segera mengeksekusi dua bungkus Bakmi Mewah di dapur. Cara membuat Bakmi Mewah gak jauh berbeda dengan mie instan lainnya, cukup rebus mie sekitar 2 menit, tiriskan, campur dengan bumbu kemudian sajikan bersama toping daging ayam aslinya.



"Eh kok gak ada baunya ya?"

"Hhmm, enak ya rasanya gak nyegrak.."

Itulah kata-kata yang meluncur dari mulut pak suami setelah mencicipi seporsi Bakmi Mewah. Waah, akhirnya ada juga ya merk mie instan yang bisa bikin pak suami jatuh cinta, hehehe.

Sekarang saya mengerti kenapa satu bungkus Bakmi Mewah dihargai lebih mahal timbang mie instan lainnya, karena memang kualitas mie dan rasanya sangat jauh berbeda. Mienya kenyal, lembut tapi gak mudah putus. Saya sudah buktikan sendiri, beberapa waktu lalu saya pernah merebus Bakmi Mewah lebih dari 2 menit karena saya sambi menjemur baju, mienya memang mengembang tapi tekstur Bakmi Mewah tetap bagus, gak jadi lembek seperti mie kebanyakan.

Dari segi kemasan pun si Bakmi Mewah ini memang terlihat lebih eksklusif dari mie lainnya. Dikemas dalam box kertas dengan warna hitam elegan yang dominan, membuat yang melihat pasti sudah tau bahwa ini bukan mie instan biasa.

Lanjut ke isi kemasan, dalam satu box Bakmi Mewah terdapat mie keriting, soy sauce atau kecap asin, minyak sayur, saus sambal, daun bawang kering dan yang paling istimewa adalah toping daging ayam dan jamur asli, bukan yang sudah dikeringkan, ini nih yang bikin Bakmi Mewah jadi mie instan kelas atas yang menawarkan sensasi makan bakmi siap saji seperti makan di restoran.



Bisa dilihat sendiri kan dari bahan Bakmi Mewah yang saya sebutkan, gak ada bumbu bubuk yang kalau dihirup bisa bikin mabok yang biasanya terdapat pada mie instan di pasaran. Makanya rasa dari Bakmie Mewah gak tajam di tenggorokan serta gak ada bau-bauan yang bikin pusing. Dan yang paling penting pak suami suka, hehe.

Masih gak percaya juga dengan review saya?

Oke, oke, gak apa-apa. Kalau masih gak yakin bahwa Bakmi Mewah ini gak seperti mie instan kebanyakan yang rasa dan aroma micinnya luar biasa kuat, saya kasih bukti komposisi bahannya langsung deh biar percaya.


Sudah dibaca komposisi bahannya? Coba cari ada Monosodium Glutamat (MSG) gak di sana?

Yupz, gak ada! Tapi masih ada penguat rasa berupa Dinatrium Inosinat dan Guanilat dalam komposisi toping daging ayam serta kecap asinnya.

Apa itu Dinatrium Inosinat dan Guanilat?

Dinatrium Inosinat dan Guanilat adalah salah satu jenis penguat rasa yang biasanya terdapat pada mie instan dan snack kemasan untuk menghadirkan rasa umami. Biasanya pada mie instan di pasaran kandungan Dinatrium Inosinat dan Gualinat ini selalu hadir bersama Monosodium Glutamat (MSG), tapi gak begitu dengan komposisi pada Bakmi Mewah kandungan MSG dihilangkan sehingga menghadirkan rasa Bakmi Mewah yang gurih namun tidak tajam di tenggorokan.

Karena rasa bumbunya yang gak tajam di tenggorokan, membuat banyak ide di kepala saya bermunculan untuk berkreasi dengan menggunakan Bakmi Mewah sebagai bahan utamanya. Sepertinya bakal cocok dibuat menjadi aneka hidangan yang menggugah selera dan dinikmati kapan saja.

Sedikitnya saya berhasil membuat lima menu yang berbeda dari Bakmi Mewah yang bisa disajikan untuk sarapan, makan siang, makan malam sampai sebagai cemilan ringan. Tapi ya gak harus seharian makan Bakmi Mewah juga lah, disesuaikan aja dengan kebutuhan.

Jadi, yuk kita mulai kencan seharian dengan Bakmi Mewahnya.

SARAPAN

Biasanya pagi-pagi itu identik dengan diburu waktu jadi suka gak sempat buat sarapan kan? Kalau pun sarapan, maunya yang praktis aja.

Terinspirasi dari hidangan Sushi dari Jepang, saya membuat Bakmi Mewah Roll yaitu sajian Bakmi Mewah yang digulung menggunakan Nori alias rumput laut panggang tapi isian nasi dan daging yang biasa terdapat pada Sushi Roll diganti dengan Bakmi Mewah dan toping daging ayam aslinya.

Menu ini praktis banget buat sarapan, bisa juga untuk bekal di jalan karena makannya praktis, tinggal lep. Selain itu nori juga merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, cocok untuk memulai hari yang berenergi.

Bakmi Mewah Roll

Bahan:

Bakmi Mewah 1 bungkus
Nori (rumput laut) 1 bungkus

Cara membuat:

  1. Remukkan mie kemudian rebus sekitar 2 menit, tiriskan
  2. Campur mie dengan semua bumbu Bakmi Mewah beserta toping ayamnya
  3. Siapkan nori
  4. Letakkan Bakmi Mewah di atas nori lalu gulung seperti membuat sushi. Lebih bagus lagi jika punya bamboo mat untuk menggulung agar lebih rapi




SNACK TIME 

Biasanya kalau waktu sudah menunjukan pukul 10.00-11.00 pagi menjelang siang nih, perut mulai gak bisa diajak kompromi, tapi mau makan juga nanggung sebentar lagi masuk waktunya jam makan siang. Solusinya ya ngemil. Saya punya resep pangsit goreng isi bakmi mewah yang kriuk-kriuk supaya bikin siangmu makin ramai, hehe.

Pangsit Goreng Isi Bakmi Mewah

Bahan:
Bakmi Mewah 1 bungkus
Kulit pangsit 10 lembar
Tepung terigu 3 sendok makan
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Remukkan Bakmi Mewah kemudian rebus selama 2 menit, angkat dan tiriskan
  2. Campur Bakmi Mewah dengan bumbu beserta toping daging ayam aslinya, sisihkan
  3. Encerkan tepung terigu dengan air secukupnya untuk perekat kulit pangsit
  4. Siapkan satu lembar kulit pangsit, isi dengan Bakmi Mewah kemudian rekatkan sisinya menggunakan tepung terigu yang sudah diencerkan.
  5. Ulangi langkah 4 hingga Bakmi Mewah habis atau dirasa cukup
  6. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan pangsit
  7. Angkat dan tiriskan jika warna pangsit sudah kuning kecoklatan
  8. Sajikan Pangsit Goreng Isi Bakmi Mewah dengan saus sambal



MAKAN SIANG

Biasanya kalau udah menjelang siang, semangat beraktivitas pun jadi menurun. Bawaannya malas dan mengantuk. Nah, supaya lebih semangat butuh asupan yang bisa bikin mata lebih melek donk. Makan yang pedas-pedas aja, dijamin bikin semangat balik lagi.

Bakmi Mewah Sambal Matah pas banget untuk menemani makan siang, perpaduan rasa sambal yang segar dan pedas serta gurihnya Bakmi Mewah pasti bikin siangmu jadi lebih berwarna. Cara bikinnya juga gampang banget, ini kreasi favorit saya karena rasanya pas buat lidah Indonesia seperti saya.

Bakmi Mewah Sambal Matah

Bahan:
Bakmi Mewah 1 bungkus

Sambal Matah:
Bawang merah 2 siung, cincang kasar
Serai 2 batang, kupas kulitnya, iris tipis
Cabe rawit 3 buah atau sesuai selera, iris tipis
Daun jeruk 1 lembar, buang tulangnya, iris tipis
Jeruk limau atau nipis 1/2 buah
Terasi bakar 1 jumput
Minyak kelapa atau sayur 2 sendok makan
Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan sambal matah yang sudah diiris dalam satu wadah
  2. Tambahkan garam dan terasi bakar
  3. Campur bahan dengan setengah buah jeruk limau atau nipis, aduk-aduk
  4. Tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa atau sayur, aduk-aduk kembali.
  5. Sisihkan
  6. Rebus Bakmi Mewah selama 2 menit, tiriskan
  7. Campur mie dengan semua bumbu
  8. Tuangkan sambal matah dalam mie, aduk hingga merata
  9. Sajikan Bakmi Mewah Sambal Matah dengan toping daging ayam asli




SANTAI SORE

Menjelang sore hari itu emang paling pas duduk santai sambil nyeruput teh atau kopi ditemani cemilan kesukaan.

Terinsipirasi dari jajanan yang lagi hits di kota Malang, Sempol, saya punya resep Sempol Bakmi Mewah yang siap menemani santai soremu.

Pada umumnya, Sempol yang ada di pasaran itu terdiri dari tepung tapioka dan daging ayam yang dihaluskan. Karena saya paling malas mengolah ayam, jadi bahannya saya ganti menggunakan bakmi mewah dengan toping daging ayam aslinya. Ternyata hasilnya mirip seperti sempol kebanyakan lho, lebih enak lagi. Dan yang terpenting cara membuatnya lebih praktis.

Sempol Bakmi Mewah

Bahan:
Bakmi Mewah 1 bungkus
Telur ayam 1 butir
Tepung tapioka secukupnya
Tepung terigu secukupnya
Tusuk sate 10 buah
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus Bakmi Mewah Selama 2 menit, angkat dan tiriskan
  2. Campur Bakmi Mewah dengan bumbu dan toping daging ayam asli
  3. Masukkan telur pada Bakmi Mewah, aduk-aduk hingga merata
  4. Tambahkan tepung tapioka secukupnya hingga adonan menjadi sedikit padat
  5. Gulung adonan pada tusuk sate
  6. Celupkan pada tepung terigu kering kemudian padatkan
  7. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan adonan Sempol Bakmi Mewah
  8. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan
  9. Sajikan Sempol Bakmi Mewah bersama dengan saus sambal


MAKAN MALAM

Suhu yang mulai dingin di malam hari apalagi saat musim hujan begini, paling enak makan dengan yang berkuah untuk menghangatkan perut. Bakmi Mewah Godog yang terinspirasi dari Bakmi Godog Jogja pas banget jadi menu penutup hari sebelum tidur. Dijamin, tidur pasti jadi lebih nyenyak.

Bakmi Mewah Godog


Bahan:
Bakmi Mewah 1 bungkus
Telur ayam 1 butir
Daun kol 3 lembar, iris tipis memanjang
Daun bawang 4 helai, iris tipis
Lombok merah 1 buah, iris tipis
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Minyak goreng 3 sendok makan
Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan telur ayam, orak arik
  3. Masukkan daun kol dan daun bawang, tambahkan air secukupnya
  4. Masukkan Bakmi Mewah beserta bumbunya, aduk-aduk
  5. Tambahkan merica dan garam secukupnya
  6. Tunggu sampai matang, angkat, dan sajikan bersama toping ayam dan jamur asli dari Bakmi Mewah



Gimana gampang kan resep-resepnya?

Maklum aja, saya termasuk wanita yang kalau ke dapur udah kayak mau berangkat ke medan perang, beraaatt banget. Jadi kalau masak maunya yang praktis aja. Dan Bakmi Mewah menjadi solusi buat saya ketika malas masak tapi ingin hidangan yang wah. Udah cara membuatnya praktis, aromanya menggugah selera, rasanya enak, gak nyegrak di tenggorokan, dan toping daging ayam dan jamur aslinya itu lho, juicy. Bener-bener makan daging ayam asli, dengan potongan yang gede, gak sekedar tampak indah di bungkus doank seperti mie instan lainnya. Kadang sampai lupa kalau lagi makan mie instan karena rasa Bakmi Mewah yang persis seperti Bakmi di restoran, hehehe.

Enaknya lagi, bikin kreasi apa pun dengan Bakmi Mewah, rasanya tetep enak dan anti gagal. Gak perlu tambah bumbu macam-macam, dibikin kreasi ini itu, dicampur bahan ini itu, tetap berhasil menggoyang lidah. Saya sampai speechless waktu mencicipi hasil kreasi saya sendiri kok hasilnya bisa enak semua, padahal biasanya saya ratu gagal kalau soal berkreasi dengan masakan, haha. Di antara lima kreasi Bakmi Mewah yang sudah saya buat, paling favorit adalah Bakmi Mewah Sambal Matah, gak nyangka ternyata Bakmi Mewah bisa begitu klop dipadu dengan sambal matah khas Bali yang notabene berasal dari aneka rempah Indonesia. You should try this at home *maksa*








14 komentar:

  1. Wuih komplit menu sarapan sampe makan malam. Wajib dicoba nih resepnya

    BalasHapus
  2. Aku selama ini gak bisa pindah merek mie instan. Cuma itu maunya.

    Tapi kok jadi penasaran sama bakmi ini. Soalnya banyak yang suka.

    BalasHapus
  3. Waduh resepnya komplit beut dari makan pagi, cemilan, makan siang sampai makan malam. Mau cobain resepnya Mbak Meriska ah..

    BalasHapus
  4. sempolnya bikin geleng2 kepala
    hebat effortnya merr hihi
    terus yang roll itu kok bikin pengen sushi yaaa :p
    gini katanya gabisa masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Effort banget mbak, harus mengalahkan rasa malas masak, haha.

      Ya bisa masak dikit, tapi muales :D

      Hapus
  5. Mbak, kreasi bakmi mewahnya beragam dan kreatif banget. Thanks for sharing :)

    BalasHapus
  6. Percaya kok mer percaya klo baunya ga nyegrak wkwkwk

    Btw itu wadh saosnya , e maksudnya soy saus itu saus kedele apa, wadahnya lucu banget
    Bakmi roll itu kek sushi mie gitu tah ceritanya? Kreatip abis kamu mer

    Artinya dia klo direbus agk lamaan ga selembek mie instan biasa, apa lembek cuma ga gampang putus? Aku suka keteteran nih nentukan kematangan mie yang direquest paksu. Bliau bertolak belakang dg masmu si yang ogh mie instan..,paksuku malah nggatuk banget alias hobi hahhhh, cuma herannya bikinanku selalu ga enak sedangkan bikinan dese selalu terlihat pro

    BalasHapus
  7. pengen nyoba yang resep bakmi mewah roll anakku pasti suka :D

    BalasHapus
  8. Wihhh banyak bener resepnya. Kereeen! :D

    Aku juga awalnya skeptis ama Bakmi Mewah, habis baca ini jadi pengen buktiin sendiri :D

    BalasHapus
  9. Ada tips masakannya juga pakai mie.. Bisa di coba nih.. Tapi bagus mba gak doyan mie instan.. Kan mecin hehehe

    BalasHapus
  10. Wakakaka kalian kebalikan kami berdua, kalo aku tuh suka banget ama mie instant. Dulu sampe makan yang mentahan gitu trus dikasih bumbunya, kriuk-kriuk uenaaak wakakaka.
    Nah sejak menikah ini, konsumi mie instant dibatasi ama Ratu Dapur demi alasan kesehatan.
    Tapi kalau mienya kayak Bakmi Mewah ini bolehlah karena emang rasanya enak dan bumbunya ga over.

    BalasHapus
  11. aisshhhh, super deh resep2nya bisa lima gini :D.. paling banyak dr yg udh aku baca dibanding blog2 lain :D.. moga menang mbak... aku pgn bgt nyobain yg sempol ama bakmi matah.. tp kalo sambal matah aku agak gelian ama bawang merah ;p... jd biasanya kalo bikin sambal matah, bwang merah g boleh bener2 mentah ;p.. hrs tumis dikit baru aku mau makan ;p

    BalasHapus
  12. Aku juga suka nih bakmi mewah, gurihnya ga bikin merasa bersalah hahaha.. soalnya kebanyakan micin itu kan g sehat ya. Banyak banget nih resepnya, aku cobain yang mana dulu ya. Aaah galau deh.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p