Kamis, 03 November 2016

Warung Khas Batu, Rumah Makan Murah di Dekat Jatim Park dan Museum Angkut


Hal apa sih yang paling dikhawatirkan saat mau makan di daerah objek wisata?

Kalau saya sih..... harga.

Daerah objek wisata itu selalu identik dengan harga yang mahal atau pedagang yang suka matok harga semaunya.



Itu juga yang terjadi sama saya kalau lagi ke Batu. Tau sendiri wisata di Batu berapa jumlahnya, terkenal semua pula. Tiap ke Batu dan lagi pengen makan berat kayak barbel, ya gak lah menurut loe? Maksudnya pengen makan porsi besar yang bikin kenyang gitu, pasti bingung mau makan di mana. Tempat makan sih banyak, tapi kita kan cari yang enak, porsi banyak, dan murah, haha teteup.

Berkali-kali ke Batu ujung-ujungnya paling jajan ketan, mie ayam, bakso, atau jagung bakar buat ngganjel, ntar makan besarnya ya di Malang. Sekalinya makan besar di Batu itu kalau lagi ada traktiran. Liat aja review-review saya soal tempat nongkrong di Batu, emang pernah saya pesen makan banyak? Haha.

Nah, beberapa waktu lalu saya baru nemu tempat makan murah berporsi banyak dengan suasana yang cozy di Batu. Bagusnya lagi lokasinya ada di deket Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Jadi kalau kelaperan abis jalan-jalan di wisata Jatim Park Group, bisa langsung meluncur kemari gak pakai lama.


Nama tempat makannya adalah Warung Khas Batu. Jangan terkecoh sama namanya yang ada warungnya, karena tempat ini sama sekali gak mirip warung kebanyakan.

Warung Khas Batu ini satu lokasi sama The Batu Villas, penginapan murah dengan konsep bed and breakfast.


Kalau The Batu Villas, saya sering banget baca reviewnya dari member Female Daily. Katanya sih penginapan murah yang recommended di Batu. Mereka juga punya kamar model hostel atau dorm gitu buat para backpacker. Tapi untuk Warung Khas Batu baru-baru ini saya taunya.

Warung Khas Batu terletak di lantai dasar The Batu Villas dan beberapa area outdoor. Tempat makannya luas, ada 3 tempat yang bisa kita pilih jika makan di sini. Semuanya dijamin cozy dan adem.

Pertama, area indoor yang jadi satu dengan loby dan resepsionis hotel. Area ini didesain minimalis dan simple serta dipercantik dengan kehadiran kolam ikan yang didesain minimalis juga.


Kedua, area taman depan. Lokasinya berdampingan dengan area pertama tapi bedanya ini outdoor alias terbuka. Hal yang istimewa dari area ini adalah kita akan ditemani oleh kelinci-kelinci yang dibiarkan berkeliaran. Biasanya kalau lagi makan, yang suka nyamperin kita kan kucing tuh, nah kalau di sini kelinci yang dateng. Alif heboh banget main sama kelinci tanpa dibatasi kandang.

Liat ada kelinci di bawah kursi gak?

Ketiga, area gazebo. Area ini terpisah sendiri sama area lainnya. Gak terpisah banget sih, sebenernya area ini sebelahan sama area kedua. Cuma karena area kedua kan ada kelinci yang dilepas jadi kudu dibatasi pager. Jadi kalau mau ke area gazebo kudu lewat pintu samping dan harus jalan lumayan jauh, ya gak jauh amat sih, gak sampai ribuan kilo jalan yang kau tempuh, halah.


Area kelinci yang sebelahan sama area gazebo

Kali itu saya memilih untuk duduk di area gazebo, karena tempatnya misah sendiri jadi bebas buat foto-foto, you know me so well lah :p Jumlah gazebonya cuma 2 sih, tapi enak jadi berasa bebas. Udah gitu di depan gazebo itu ada area rumput yang luas. Alif bebas lari-larian dan emaknya juga dapet spot foto kece buat diupload di instagram, wkwkwk.


Menu yang ditawarkan di warung khas Batu banyak banget. Dari western sampai javanese, ada semua. Tapi emang tagline yang mereka usung adalah "when java meet west", jadi ya menunya perpaduan antara dua wilayah tersebut. Tapi westnya bukan west java apalagi west sumatra lho ya. Ntar jadinya bukan warung khas Batu tapi Warung Khas Sunda atau Warung Khas Padang, haha.

Harga menunya, murah lah untuk ukuran rumah makan di Batu, apalagi yang cozy dan banyak spot kecenya begini. Gado-gado cuma Rp 10 ribu, cemilan mulai under Rp 10 ribu, mereka juga punya paket aneka lauk beserta nasi dan sambal dengan harga cuma Rp 18 ribu aja.




Menu andalan di sini adalah sate kelinci yang merupakan kuliner khas dari kota Batu. Sayangnya waktu kemari, sate kelincinya udah habis. Kesorean banget sih kita datengnya, mana waktu itu baru kedatengan rombongan wisata yang makan di sini.

Terus ditawarin menu terbaru mereka yang lagi promo, yaitu pizza dan pecel rawon. Karena lagi gak pengen makan nasi jadi saya memilih pizza aja, tapi penasaran juga sih sama pecel rawon. Gimana tuh rasanya pecel dicampur rawon?

Satu porsi pizza yang dihargai Rp 39 ribu ini bisa dibagi menjadi 4 slice, saya gak tau ini pizzanya diameter berapa, 22 apa ya? Malah nanyak. Topingnya terdiri dari potongan sosis, daging asap, paprika, keju mozarella dan lapisan paling dasar diisi dengan cornet.



Topingnya gak pelit, roti pizzanya empuk gak alot atau keras. Dan sungguh makan satu slice aja kenyangnya kebangetan.

Biasanya saya gak suka cornet karena suka masih ada bau sapi gitu, tapi ini cornetnya enak gak ada bau aneh sama sekali. Cuman namanya cornet ya, asin. Jadi ketika toping pizza tinggal cornet doank, jadi berasa asinnya. Mungkin karena saya emang bukan penggemar cornet dari dulu kali ya. Kalau saya sih prefer toping yang atas aja, tanpa cornet. Enak banget rasa perpaduan antara sosis, daging asap, paprika dan mozarellanya, gurih-gurih seger.

Selain pizza, saya juga penasaran sama menu indomie kekinian, yaitu indomie yang dimodifikasi dengan aneka toping. Ada indomie tomyam, bolognase, rica-rica, dan lain-lain. Saya pun memilih indomie kekinian spesial khas Batu yang berisi toping daging, udang, sosis, telur dan sayuran. Apapun jenisnya, menu indomie kekinian dipatok dengan harga yang sama yaitu Rp 16,5 ribu. Mahal ya untuk ukuran indomie? Tunggu dulu sampai liat penampakannya.


Daging dan udangnya berlimpah ruah, sampai bagian terbawah pun full dengan daging. Ini mah namanya daging toping indomie, bukan indomie toping daging, heheheh.

Nilai plus dari indomie kekinian spesial khas Batu ini adalah bumbunya gak nyegrak dan light banget. Mungkin menu ini gak cocok buat kamu yang suka nyemilin micin, karena rasa gurih indomie yang khas itu gak se-rich biasanya. Kalau saya dan pak suami sih suka banget yang bumbunya ringan begini karena gak nyantol di tenggorokan.

Untuk minuman, kami memesan yang hangat-hangat aja karena makin sore, daerah Batu makin dingin. Saya memesan black coffee mediocre, pak suami pesen espresso latte, dan buat Alif, hot chocolate.

Biasanya kan kalau di cafe atau resto, minuman hangat itu disajikan di cangkir kecil gitu. Di Warung Khas Batu donk, minuman hangatnya disajikan dengan mug gede, puas banget jadinya.

Hot chocolatenya gak kefoto, udah dikuasi anak lanang

Biasanya saya jarang komentar soal minuman, karena ya minuman gitu-gitu aja. Apalagi pesenan kita ya tergolong standar kan?

Tapi minuman di Warung Khas Batu, terutama yang kita pesan ya, terasa mahal semua di lidah, maksudnya berkualitas gitu lah rasanya.

Pertama hot chocolatenya Alif, rasanya nyoklat banget. Coklatnya rich kayak coklat beneran, bukan coklat sachetan. Alif habis tuh satu mug gede sendirian hingga tetes terakhir, untung saya boleh nyicipin dikit jadi bisa tau rasanya.

Kedua, coffee mediocre pesenan saya, satu kata, pahit! Jadi mereka punya 3 jenis menu black coffee berdasarkan level gitu. Ada level beginner, mediocre, dan yang tertinggi, level maniac. Harganya mulai dari Rp 6 - 10 ribu.

Sebagai orang yang ngakunya pecinta kopi hitam, saya sempat rada congkak mau pesen yang level maniac, tapi takut lambung saya gak kuat, haha cemeeen. Jadi saya pun memesan yang mediocre dan ternyataaaa.... ampun Dijee, pahit banget sepahit kisah rekening tabunganku di tanggal tua, halah.

Kopinya udah saya tambahin gula yang banyak dan rasa pahitnya masih nyantol banget ditenggorokan. Ternyata kecintaan saya pada kopi masih level beginner, hikz. Sama kayak hot chocolatenya, black coffeenya juga berasa mahal, gak kayak kopi tubruk atau robusta yang biasa ada di supermarket.

Dan terakhir, minuman suami, espresso latte. Ini juga enak, gak kemanisan. Rasanya creamy dan gak eneg. Top lah, pinter banget baristanya jadi pengen kenalan, haha. Mau belajar bikin minuman broo, aku kan wanita setia yang menjaga martabat, pret!



Overall, Warung Khas Batu recommended banget buat yang lagi nyari tempat makan murah dengan tempat dan suasana cozy di Batu. Porsinya gak pelit, pelayannya lugu-lugu enak didzolimi gitu, haha gak lah maksudnya ramah-ramah dan sabar banget menghadapai customer yang kalau mesen lambreta banget kayak kita. Pesanan kita juga cepet datengnya jadi gak harus nunggu sampai sakit mag, pesenan baru dateng.

Secara lokasi juga strategis banget, tepatnya berada di Jalan Sultan Agung, deket gerbang masuk Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Jalan kaki juga bisa kali, deket banget pokoknya. Dan dari sini kita juga bisa melihat pemandangan kota Batu, yaah meskipun kehalang jalan tapi masih kelihatah kok pemandangannnya. Kayaknya, kalau malem bakal romantis banget suasana di sini.



Warung Khas Batu buka dari pukul 07.00 - 22.00 WIB. Kapan-kapan mau banget ke sini lagi buat nyoba sate kelinci dan pecel rawonnya, hehehe.



10 komentar:

  1. Beuh, tempatnya keren banget, gak kebayang kalau habis makan pasti pengen lama2 di tempat itu dulu, baru pulang :D

    BalasHapus
  2. tempatnya enak banget sampek alif bisa larilarian gitu
    eh pizzanya murah ya merrr
    kemudian jadi pengen lattenya bojomu

    BalasHapus
  3. Aku juga pasti pilih makan di gazebo. Gak jauh-jauh dari foto-foto.
    Sama atuh, baru kali ini warung ada kelincinya.
    Aku juga pasti rekomendasikan tempat seperti ini.

    BalasHapus
  4. kayaknya bisa betah nongkrong di warung itu, tapi gak cocok buat yang suka nongkrong di warung kopi, bisa betah seminggu disana

    BalasHapus
  5. Widih manteb banget makananya...sumpah keren banget tempatnya...
    Belum pernah nih... ngersain yang begituan...

    BalasHapus
  6. Aku suka kopi tapi ga pernah bisa minum kopi mahal yg pahitnya ga bisa ilang walo ditumpahin gula hahahahha :p. Blm tau nikmatnya kopi yg begitu di mana :D. Ga kebayang yg maniac rasanya kayak apa ya mbak..

    Tapi kalo utk makanannya, hiks, kyknya aku g bisa kesana.. soalnya ada menu kelinci... :(. Ga tega ngeliat kelinci2 nya main2 gitu tapi tau mereka bkl ada yg di potong utk makanan :(. Aku penyayang kelinci soalnya..

    BalasHapus
  7. Kalau semua warung kyk gtu bakal betah makan di sana :D
    Wah makanannya nampaknya enak2 ya mbak :D

    BalasHapus
  8. Klo lg bw di Batu Malang kyaknya selaluuu aja ada yg baru, ya.. Seru bgt restonya ya mba, luas lega, anak2 bisa lari2an.. :D Ngileeer sama pizza n mie banyak topping ituuu.. :D

    BalasHapus
  9. waduh kenapa ni postingan baru muncul, gak dari kemaren-kemaren, udah tekor saya, mahal banget makanan di kota metropolitan dibandingkan dengan desa, 5000 aja sudah kenyang

    salam hangat
    www.rahmanfiles.blogspot.co.id promosi dulu ya heheheh :D

    BalasHapus
  10. Jajan ketan? Ketan apaan mer yg ngehits di mbatu?
    E kok sekarang di bawah kolom komen ada kolom ijo2nya mer

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p