Senin, 17 September 2018

Survey Biaya SD di Sidoarjo dan Surabaya


Per tahun ajaran 2018/2019 ini Alif sudah mulai sekolah di TK A. Awal-awal masuk sekolah saya biasanya jemput Alif setengah jam lebih cepat dari waktu pulang sekolah. Sambil nunggu anak-anak keluar kelas, para ibu-ibu wali murid biasanya suka ngobrol. Saya mah bagian nguping doank, heuheu. Nah, topik yang paling hawt dijadikan bahan obrolan saat itu adalah soal pendaftaran masuk SD.

Dari hasil nguping, saya dapat info soal aturan zonasi dan umur anak untuk syarat masuk ke SD negeri. Kabarnya daerah perumahan saya itu masuk area salah satu SD di kelurahan yang begitu saya cek kondisinya agak kurang oke. Selain itu kalau dihitung umur Alif, besok saat masuk SD umurnya pas banget dengan syarat masuk SD di mana agak bikin degdegser juga kan takut kegeser sama yang lebih tua.

Gak mau ambil resiko, saya dan suami pun mulai getol mencari info mengenai SD swasta di sekitaran Sidoarjo dan Surabaya. Sebenarnya opsi memasukkan Alif ke sekolah swasta sudah terpikir sejak sebelum Alif masuk TK tapi ya udah gak yang terlalu ngoyo gimana gitu. Perkiraan saya biaya masuk sekolah swasta di Sidoarjo masih terjangkau, eh begitu survey biaya masuk sekolah eng ing eng mahal ugha yha! Harus lebih giat lagi nih nabungnya.

Nah, berikut biaya masuk SD di seputaran Sidoarjo yang saya dapat lewat internet maupun langsung mendatangi lokasinya. Postingan ini insya Allah bakal saya update lagi kalau kami dapat info biaya sekolah lain. Survey masih belum berakhir kawanz, halah :p

Al Falah Sidoarjo - Surabaya



Saya baru tau kalau ternyata sekolah yang bernama Al Falah itu ada 2 di Sidoarjo. Sepertinya keduanya bukan berasal dari yayasan yang sama. Bedanya yang satunya bernama Al Falah, satunya lagi Al Falah Darussalam. Yang Al Falah tok ini untuk KB, TK, dan SD alamatnya di Surabaya sedangkan untuk SMP berada di Deltasari Sidoarjo. Kalau Al Falah Darussalam dari KB sampai SMP berada di lokasi yang sama.

Al Hikmah Surabaya
Biaya ini untuk tahun ajaran 2018/2019 ya, info lengkap mengenai pendaftaran dan endebre lainnya langsung ke sini aja.

Kemarin waktu nemenin suami lembur di kantor, pulangnya kami lewat SD dan TK Al Hikmah. Saya pikir sekolahnya satu atap dari TK sampai SMA digabung, ternyata lokasinya terpisah-pisah tapi masih saling berdekatan. Untuk SD aja, gedungnya besar banget. Yaaa sesuai lah ya sama harganya, wkwk.

SD Islam Kreatif Mutiara Anak Shaleh Sidoarjo


Dapat info dari orang administrasi sekolah kabarnya kalau daftar sebelum bulan Oktober alias lebih dari setengah tahun sebelum tahun ajaran baru akan dapat potongan sebesar 2 juta. Lumayan banget kaan?

Mutiara Anak Shaleh ini juga punya KB dan TK yang lokasinya terpisah dengan SDnya. Nah lokasi KB-TKnya itu gak jauh dari sekolahnya Alif tapi harus naik motor sih kalau dari rumah. Dan gedungnya lumayan modern dan baru. Saya sampai terharu, di deket rumah ada TK yang layak dipamerin juga, wkwk. Sayang baru tau pas Alif udah masuk TK. Tapi sekolahnya Alif sekarang juga udah bagus sih, cuma kurang sreg suasananya yang agak berdebu aja.


Untuk biaya masuk TK Mutiara Anak Shalehnya sekitar 7 juta, udah dapat snack setiap hari jadi kita gak perlu nyiapin bekal. Selain KB dan TK, di sini juga ada daycarenya. Kemarin saya lihat beberapa anak SD, pulang sekolah diantar mobil antar jemput ke sini dulu. Kayaknya nunggu orang tuanya pulang kerja kali ya. Dan sama seperti SDnya, dapat seragam renang juga.

SD Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo


Tau berita penggrebekan terduga teroris yang lokasinya gak jauh dari sebuah sekolah dasar negeri di Sidoarja beberapa waktu lalu? Nah, SDIT Nurul Fikri ini lokasinya deket-deket daerah penggrebekan itu *info gak penting, wk*

Saya suka sama lokasinya yang gak langsung jalan raya tapi agak masuk jalan kampung terus masuk lagi ke halaman masjid punya yayasan Nurul Fikri juga, baru deh masuk lagi ke area sekolah.

Sekolahnya kelihatan bersih dan rapi, cuma rada panas karena pepohonannya cuma di area parkir.

Nurul Fikri juga punya KB-TK yang lokasinya terpisah, tepatnya di perumahan Graha Asri Sukodono. Deket banget sama perumahan saya. Dan berbeda sama gedung SDnya yang cenderung plain, gedung KB-TKnya terlihat moderen dan kece banget. Tapi harganya ternyata juga kece. Kirain karena SDnya lumayan murah, TKnya juga demikian. Ternyata saya salah, biaya masuk untuk KB dan TK Nurul Fikri Sidoarjo lumayan mihil juga untuk kantong saya, wkwk. Biaya masuk KBnya itu sekitar 5 juta sedangkan TKnya 7 jutaan.

SD Mutiara Bunda Sidoarjo



Sekolah Mutiara Bunda ini punya 3 cabang, masing-masing di Krian, Sidoarjo kota, dan Surabaya. Yang saya survey kemarin Mutiara Bunda Sidoarjo kota, tepatnya di Perumahan Pondok Mutiara. Sekolahnya ada di gang ke dua dari gerbang utama dan di pojokan, jadi gak mengganggu lalu lintas perumahan kalau jam masuk atau pulang sekolah.

Kita datang ke sini setelah pulang dari Baobab Safari Resort pas jam anak pulang sekolah, sekitar jam 3 sore. Untuk ukuran sekolah satu atap dari KB-TK sampai SMA, muridnya terbilang gak begitu banyak. Ya emang sih untuk TK dan SD kelas 1 sampai 2 pulangnya lebih awal. Tapi beneran deh, dikit banget muridnya. Usut punya usut ternyata per tingkatannya cuma ada 1 kelas dan itu pun sekelas muridnya cuma sekitar 20 orang.

Baca juga: Staycation dengan Suasana Afrika di Baobab Safari Resort, Prigen Pasuruan

Sepertinya Mutiara Bunda ini termasuk sekolah inklusi deh karena saya perhatikan banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang sekolah di sini. Katanya mereka juga menganut sistem pengenalan karakter tiap anak. Jadi tiap murid dilihat kecerdasannya cenderung mengarah kemana. Dari segi fasilitas juga lumayan lengkap dan ruangannya kece cuma agak kusam karena belum diperbarui. Tapi kurang sreg karena satu atap itu sih dan jauh dari rumah, sekitar 15 menitan.

Untuk biaya, kemarin itu mereka ngasi brosur dan biaya masuk endebrenya ditulis tangan di balik brosurnya. Nah belum sempat kefoto, eh laci tempat saya biasa nyimpan brosur sekolah diacak-acak Alif. Ndilalah, brosur sekolah Mutiara Bundanya hilang entah kemana, hwaaa. Seingat saya, biaya pendaftarannya Rp 350 ribu. Untuk uang pangkalnya sekitar Rp 8 jutaan. Dan SPPnya sekitar Rp 800 ribuan. Ohya mereka pakai kurikulum Cambridge. Dan kalau kita daftar serta bayar uang pangkal lebih dulu, biayanya ikut tahun ajaran saat itu, bukan saat anak kita masuk.

Saya lumayan shock lho melihat uang pangkalnya yang terbilang murah, kirain udah tembus Rp 20 juta melihat sekolah ini cukup elit dan desain fasilitasnya lumayan moderen. Ternyata malah lumayan terjangkau, lebih murah dari sekolah dekat rumah saya yang coret ini, wkwk.

SD Al Azhar 52 Sidoarjo


Mungkin karena terbilang cukup baru, jadi fasilitasnya masih oke. Gedungnya lumayan modern. Sekolah ini satu atap tapi cuma KB-TK dan SD jadi gak terlalu campur-campur lah. Sejauh ini, Al Azhar Sidoarjo merupakan sekolah terkeren yang udah kita survey. Cuma lokasinya nylentang sendiri, gak deket kota, gak deket juga dari rumah saya. Mana harus lewat jalan kampung pula.

Tapi begitu sampai lokasi, pasti langsung jatuh cinta sama suasananya. Berada di perumahan elit, Safira Garden yang mana tempat saya foto-foto produk Mooimom itu. Enak banget suasananya di sini, jauh dari hiruk pikuk. Sejuk, asri, dan bersih.

Baca juga: Tetap Stylish Saat Hamil dan Setelah Melahirkan dengan Mooimom

Sayangnya hasil survey kita di Al Azhar Sidoarjo ini zonk. Karenaaa, kita sama sekali gak dikasih bocoran biaya masuknya. Katanya sih mau dikirim lewat Whatsapp, tapi sampai sekarang belum juga ada kabar. Kata suami, mungkin karena penampilannya dia kurang meyakinkan. Pakai kaos belel yang sablonnya udah meletek. Pasti dikira gak sanggup bayar *emang iya sih, haha*

Saya gak percaya sih mereka sedangkal itu, buktinya suami dianter keliling sekolahan padahal katanya kalau survey ada waktunya sendiri. Saya pun mencoba browsing ke web resminya dan di menu info pembayaran juga gak aktif saat diklik. Kayaknya mereka memang belum launching biaya masuk untuk tahun ajaran depan. Nunggu setelah open house apa ya? Semoga aja abis ini dapat info pembayarannya, karena saya penasaran, wkwk.

Sekolah Alam Al Izzah Krian


Sekolah alam ini terbilang baru, kata mbak Nana, penguasanya Krian City, baru sekitar satu tahunan gitu. Gak heran waktu kemarin kita ke sini banyak area yang masih dalam tahap pembangunan.

Suasananya enak banget, sejuk dan banyak angin karena dikelilingi sawah. Cuma rada waswas kalau pas hujan gimana tuh, apalagi dekat banget sama tower sutet. Sekolah ini satu atap juga ya, dari KB-TK sampai SMP. Kalau dari survey kemarin, kelihatannya program mereka islami banget *namanya juga sekolah islam Maemunah!*, maksudnya menitikberatkan kegiatannya di sunah dan ajaran Islam, bingung saya jelasinnya. Saat pendaftaran, mereka juga ngadain observasi gak cuma ke murid tapi orang tuanya juga. Saya agak lupa observasi apaan ya, soalnya suami yang ngobrol, heuheu.

Untuk biaya sekolah dan lain-lain mereka ada tingkatannya, wali murid tinggal menyesuaikan dengan kemampuannya. Untuk sekolah baru yang belum terakreditasi, biaya masuknya lumayan juga sih menurut saya.


Ya udah, segitu dulu deh pencapaian survey sekolah kali ini. Nunggu suami ada waktu luang baru bisa survey lagi. Ohya, biaya sekolah rata-rata ada kenaikan sekitar 10-15 % tiap tahunnya, jadi kalau mau lihat biaya masuk saat anak mulai sekolah jangan lupa hitung juga kenaikan biayanya. Jangan lupa nabung juga, heuheu.

13 komentar:

  1. aku jadi pengen nulis ini mba wkwkk ya ampun SD skrg mahal-mahal kuingin menangis dibuatnya ada 2 SD yang dah disuvery biaya masuk yg stau 18 juta satu lg 11 juta *kray emak kray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuus tulis juga mbak. Buat crazy rich Cimahian kecil biaya segitu mah, wkwk :p

      Hapus
  2. Hiksss bikin sedih ya biayanya 😂😂
    Brb mulai nabung, kurang2in hedon skincare 🤣

    Survey Sekolah Alam Insan Mulia dong Mbak 😁 lokasinya di Merr, masih terjangkau laah dari Sidoarjo 😄 *maksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini anak temen kantor suamiku ada yang di sekolahin di SAIM. Kayaknya lebih murah dari Al Hikmah.

      Hapus
  3. aku kok langsung mules ya baca ini? hahaha.
    ini bocah baru umur setaun, ntar kalo doi udah waktunya sekolah, tinggal kalikan aja ya sama nilai inflasi per tahun. makin mules. wkwkkw.

    btw, di sukodono udah mahal ya. sek, mungkin krian bisa agak murah dikit. wkwk.
    kemarin iseng googling biaya masuk TK alam deket rumahku, biaya masuknya 6 jutaan spp 500 ribuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya aku tau tuh sekolah Alam yang dimaksud, :D

      Hapus
  4. hai ..mba Aku tinggal di sdarjo masih lumayan jauh juga sih anak masuk SD, ini aja masih ancang-ancang mau masuk KB, tapi liat rincian harga biaya masuk Sekolah terutama SD yang melangit..waduh *garuk-garuk kepala- nabung lebih giat lagi deh..trims infonya y mb.:)

    BalasHapus
  5. apa itu Al-Hikmah ... 32juta kudu cash yak? ckckck murah mah segitu, gesek sekali doang udah kebayar kok mbak #CrazyRichNgalam


    Hmmm melipir ke mana nanti yak kira-kira kalo babybear dah mulai sekolah *lirikbapaknyayangmasihsekolahjuga wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. makkkk 32 juta? mari kita tanam pohon uang

    BalasHapus
  7. Trmksih untk revewnya.. stdknya da gmbaran d th kmrn brp

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Makasih mbak info nya ngebantu banget.. saya lagi planing ngitung dana pendidikan anak .. oiya sd swasta yang di info itu full day semua atau gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, rata-rata full day pulang jam 3 atau 4 sore :])

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p