Sabtu, 17 September 2016

Cara Mendapatkan 50 Followers Sosial Media Dalam Sehari


"Yah kurang 10 followers lagi nih.."

"Duh gak masuk kriteria, followersnya masih kurang.."

Komentar tersebut sering sekali muncul ketika di group blogger sedang ada pengumuman Job yang syaratnya mengutamakan jumlah followers sosial media, biasanya instagram dan twitter.


Emang sih, terkadang jumlah followers sosial media sangat berarti untuk para blogger. Masalahnya gak semua blogger yang populer di dunia blog, populer juga di dunia instagram atau twitter.

Nah, kali ini saya mau berbagi cara bagaimana mendapatkan 50 followers organik dalam sehari. Cara ini sudah saya terapkan, dulu followers sosial media saya masing-masing masih di bawah 500 followers, sekarang sudah di atas 500 semua.

Baca juga: Memonetize Instagram ala Dedek Gemes

Bisa dapet lebih 50 gak? Bisaaa, kurang dari itu juga bisa, tergantung amal ibadah masing-masing, haha.

Jadi gimana cara menambah 50 followers dalam sehari?

"FOLLOW BLOGGER LAIN"

Eiittss, jangan keburu komentar dulu!

Biasanya nih, kalau mulai ramai job dengan syarat followers sosial media, di grup suka ada yang bikin open list sosial media para blogger, terus yang ikutan daftar listnya, harus follow sesama yang ikutan di list itu juga *duh kah belibet bener ngomongnya*, blogger tau lah ya maksud saya. Pasti ada yang pernah ikutan kan?

Saya juga pernah ikutan, tapi menurut saya cara ini gak begitu efektif. Karena, pertama bikin pegel harus bolak-balik ngopy id akun sosial media di group trus search di sosial media, baru follow. Ada sih, yang gak perlu ngopy nama, listnya udah langsung ngelink ke akun sosial medianya masing-masing, tinggal klik-loading-kebuka-follow. Tapi ya loading bolak balik juga ngabisin baterai.

Udah gitu, suka banyak yang gak konsisten nih para pesertanya, ikutan daftar list, udah difollow tapi kagak mau follow balik. Sigh!

Saya pernah ikutan daftar list begitu, ada sekitar 40 orang yang daftar, bayangin donk pegelnya klik-loading-follow 40 orang. Eh feedbacknya, yang follow balik cuma 20an orang, haha.

Selain itu, tiap ada open list follow for follow, paling yang ikutan dia lagi dia lagi, jadi ya mentok sampai segitu doank.

Terus cara yang efektif gimana?

1. Buka official akun group blogger yang kalian ikuti, seperti Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, Warung Blogger dll.

2. Klik followers akun tersebut.

3. Follow deh tuh para followersnya akun tersebut. Gak usah pakai mikir, follow aja sebanyak-banyaknya, makin banyak follow makin banyak juga kesempatan di folbek. Yah, kalau target difollow 50 akun dalam sehari, ya dalam sehari itu, followlah lebih dari 50 akun buat jaga-jaga ada yang gak follow balik.

Cara di atas paling mudah diterapkan di twitter, karena hampir 90% followers grup blogger ya murni dari sesama blogger juga.

Agak repot kalau di instagram, karena tau sendiri akun spam di instagram itu banyak banget. Apalagi makin populer akun tersebut makin banyaklah akun spam atau bukan blogger yang bakal follow. Tapi akun instagramnya group blogger itu banyak follow sesama blogger sih, jadi kalau instagram biasanya yang saya buka followingnya. Ya Allah, omongan saya kenapa ngalor ngidul gini ya? Wkwkwk,

Intinya, kalau di twitternya Kumpulan Emak Blogger misalnya, saya buka followersnya trus saya follow deh sebanyak-banyaknya, sedangkan di instagram KEB yang saya buka followingnya, dan saya follow juga akun blogger sebanyak-banyaknya.

Dan para blogger tersebut baik-baik kok, kalau mereka tau ada blogger lain yang follow akun sosial medianya, tanpa kita minta folbek, mereka dengan senang hati bakal follow balik.

Langkah yang harus dilakukan sebelum follow akun blogger, gantilah keterangan profil akun kalian dengan keterangan yang lebih spesifik, misalnya cantumkan blog dan keterangan bahwa kalian blogger supaya blogger lain yang difollow gak ragu buat follow balik.

Beberapa blogger ada yang pilih-pilih untuk follow balik akun instagram blogger lain, mereka hanya mau follow akun yang feednya rapi, jadi pertimbangkan juga untuk memulai merapikan feed instagram.

Kekurangan cara ini adalah, jumlah following akun kalian akan lebih banyak timbang followersnya, karena yaa gak semua yang difollow bakal follow balik kan?

Bukan masalah yang besar sih, karena biasanya Job Blogger hanya melihat jumlah followersnya saja, jumlah following gak jadi soal.

Tapi kalau bikin sepet mata karena ngeliat following lebih banyak timbang followers, lakukanlah filter akun yang difollow secara berkala. Biasanya nih setiap sebulan sekali, saya selalu buka daftar following instagram saya, kalau twitter udah bodo amat, jarang aktif juga, haha. Akun-akun yang terlihat asing, dalam arti gak pernah muncul di home IG, gak pernah ada interaksi sama akun saya, dan akun-akun yang udah lama gak update, langsung saya unfollow. Kadang temen sendiri juga saya unfollow (kayak Jesica Iskandar banget ya? Haha), kalau dia gak pernah update berminggu-minggu, ngapain juga kan follow akun yang udah gak aktif?

BONUS: Cara mendapatkan banyak likes di instagram

udah lah stop pakai hashtag #likeforlike, selain bakal kalah sama ribuan akun lain, cara ini udah gak efektif karena udah banyak ditinggalkan. Kebukti dari orang yang pakai hashtag ini dan gak populer, tetep aja yang ngelike dikit.

Cara efektif untuk mendapatkan banyak likes itu adalah dengan cara like juga feed yang muncul di home. Tiap buka home instagram, scroll scroll, like aja semua foto yang muncul semampunya. Kalau saya sih masih saya filter, foto yang di luar idealisme saya gak mau saya like.

Makanya tuh, remaja jaman sekarang yang ngelike fotonya banyak banget, soalnya mereka spam like di mana-mana, tapi jangan harap mereka baca caption foto yang dilike, tuh contohnya adik saya sendiri, haha.




18 komentar:

  1. baru dipraktekkan, tapi kalau nggak ada gerakan massal follow for follow biasanya buat dapat folbek juga lama apalagi ada yang akun twitternya memang sudah jarang aktif. Makasih sharingnya, menuju tahap ke-2. Btw kita sudah saling follow belum ya? - @ranirtyas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cepet kok mbak,, udah dua kali pake cara ini dari 400an sekarang jadi 700 lebih,, hehe

      Hapus
  2. Boleh juga dicoba. Tapi emang aku tipe yang matanya bakal sepet sih kalo jumlah following lebih banyak dari followers haha

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Owalah menarik juga triknya mba admin ini. Saya ngak terlalu aktif di Twitter, aktifnya lewat ig aja, sini ig nya mba admin biar saya follow gih, itung2 punya rekan baru sesama blogger hehe

    BalasHapus
  5. oke tipsnya bu...
    kalau saya biasanya memfollow dulu, baru di follow (kalau mereka pada mau sih :) )

    BalasHapus
  6. kalau dianya unfoll kita unfoll balik juga gitu ya meer :p
    langsung komen aja ih padahal baru publish

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, aku gak pernah ngecek yg unfollow atau yg gak folbek.. pokoknya akunnya jarang update, langsung tak unfoll, :p

      Tumben-tumbenan kan komenku pertamax? :D

      Hapus
  7. tips ini udah aku jalanin..emang jomplang banget sih antara pengikut danyang diikuti..he2, mau unfollow males aja..mesti download aplikasi baru..

    BalasHapus
  8. paragraf terakhir bikin :D

    dan ini bener banget, semakin banyak ngelike, semakin banyak yang ngelike.

    satu lagi tips dari saya: jadilah aktivis sosmed, karena rumus sosmed yg saya amati: makin aktif, makin ramai sosmednya. termasuk makin banyak followersnya :)

    BalasHapus
  9. mau nyoba praktekin nih.
    hahaha

    tapi, baru tau juga kalo ada persayaratan minimal followersnya sekian banyak lah. hmm

    BalasHapus
  10. Merrr..hihi, kadang akyu takut maen approve di ig ato twitter, e dptnya yg model dedek2 emesh ato yg berpotensi jd haters ato nyinyis ato sinis, jd klo follow2an biasanya takcek duluk profilnya kek apa, hihi...

    BalasHapus
  11. Follow mem follow memang bersifat reciprocal, tak peduli apapun bagusnya. Artinya siapa yang memfollow oranglain bakal difollow juga hahaha
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  12. semakin banyak follow semakin banyak juga yg folbek.

    BalasHapus
  13. kren nih tipsnya, bisa dicoba ...

    BalasHapus
  14. btw saya sudah follow kamu mbak..salam kenal dari saya :)
    ini pertama kunjungan perdana saya

    Salam
    mysukmana.net

    BalasHapus
  15. Mau cobain ah. Doakan berhasil ya.....

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)