Minggu, 11 Oktober 2015

Toko perlengkapan bayi dan anak di Malang

Assalamu'alaikum,


Susahnya tinggal di Malang saat punya anak itu adalah nentukan baby shop untuk belanja belanji perlengkapan bayi dan anak karena pilihannya dikit. Hampir gak ada yang bahas di forum maupun blog jadi berasa gak ada temen diskusi. Tanya yang berpengalaman juga taunya baby shop itu lagi itu lagi, -___-. Suka iri deh sama ibu-ibu di Jakarta atau minimal Surabaya, di forum seru banget diskusinya yang beli di ITC Mangdu lah di Suzana di mana-mana hatiku nelangsa liatnya.


Jadi ya udah kita cobain satu-satu tempat belanja perlengkapan bayi dan anak buat alif. Jadi ini saya mau rekap kita udah pernah belanja dimana aja plus review singkatnya, semoga bisa membantu ibu-ibu se-Malang Raya.


1. Buchi Kids

Tanyakan pada ibu-ibu berpengalaman se Malang dimana beli perlengkapan bayi di Malang yang murah, pasti 99% jawabnya di Buchi, haha. Jangankan ibu-ibu, temen saya yang masih bujang pun taunya kalau beli kado bayi ya di Buchi.


Kelebihan buchi ini, barangnya cenderung lengkap, jadi semacam toserba gitu. Mulai dari baby gear, mainan, diapers, baju bayi dan anak, perlengakapan ibu pasca melahirkan, breast pump, susu, perlengkapan mpasi, baby's skincare dll, semua adaaa.



Selain itu barang yang rata-rata dijual di olshop bayi, di buchi dijual juga. Jadi buat yang males olshop-olshopan, sila cek kemari. Kaya leging, jumper, jumpsuit Kawekaweannya carter's gitu di buchi adaa. Prewalker juga lengkap, lebih lengkap dari olshop malah modelnya.


Ada juga perlengkapan impor merk luar negeri dia juga ada, kaya merk tommee tippee, unimom dll. Terus baby's skincare kaya seabemed juga ada, snack bayi import kaya merk heinz gitu juga adaaa.


Kekurangannya harga untuk produk yang sering kita lihat di olshop cenderung mahal, kaya jumper carter's gitu mending beli di olshop deh, bedanya bisa dua puluh ribu sendiri. Baju-baju anak yang produk lokal juga jarang ada yang kece tapi harganya mihil. Tapi dulu pernah beli satu set dot tommee tippee isi tiga yang 160ml harganya jauh lebih murah dari olshop lho, murah banget cuma dibandrol 170rb, padahal di olshop satuannya dijual 90rb waktu itu.


Kata orang-orang sih di buchi yang murah itu diapers sama susu formulanya, bedanya bisa puluhan ribu dari toko lain. Karena alif gak sufor jadi rajin kesini paling beli diapers aja. Selain itu dulu sering beli prewalker di sini, karena pilihannya banyak dan harganya sama kaya di olshop.


Sleepsuit dan romper bayi untuk newborn-3mo juga modelnya lucu-lucu dan lebih murah daripada beli sleepsuit next yang KW.


2. Laris Pasar Besar

Laris ini toko langganannya mertua buat hunting hadiah kalau ada lomba di madrassahnya mertua. Lapaknya di pasar besar ada banyak banget, ada yang di dalem pasar besar ada yang berupa toko gitu di sebrangnya pasar besar.


Barang yang dijual emang gak cuma perlengkapan bayi, tiap lapak beda-beda jenis barang yang dijual. Khusus perlengkapam bayi dan anak lapaknya ada di dalem pasar besar yang paling bawah (basement) deket sama parkiran motor. Satu lorong gitu bisa lho dikuasai sama lapaknya Laris semua, ckckck.


Lapak perlengkapan bayi pun masih dibagi-bagi, yang ini khusus kaos dalem, yang itu khusus baju bayi, yang ono khusus bedong dll.


Gak enaknya, kita gak bisa milih-milih dan pilihannya juga sedikit buat perlengkapan bayi, seringnya mereka cuma punya satu jenis aja. Misalnya mau beli celana buat newborn ya udah pilihannya cuma celana pendek apa panjang, untuk motifnya ya cuma ada satu paling beda di warna. Mana motifnya norak banget lagi, motif boneka ala-ala gitu. Tapi kalau lagi hoki ya bisa nemu yang motifnya agak kece dikit.


Harganya sih emang murah, apalagi kalau beli grosir. Tapi kualitas bajunya so so, katun lokal gitu dan yang parah bajunya gampang sobek lho, padahal itu dipakenya alif masih newborn yang mana geraknya belum lasak, ckck.


Untungnya sih, alif tu bayinya gampang gumoh, jadi bajunya laris mayan banget buat ganti-ganti, sekarang riwayatnya tu baju udah jadi lap semua, haha. Tapi untuk celananya, pada awet-awet lho, sampe sekarang masih alif pake biar karetnya udah melar-melar, wkwk.


3. Toko sampingnya buchi (gak tau namanya)

Waktu alif ultah, omnya mau beliin alif jaket kulit (sintetis), atas rekomendasi kakak ipar disarankan buat beli di toko baju anak di sampingnya buchi persis, katanya harga jaketnya lebih murah timbang di buchi.


Dan di sini untuk jaket anak pilihannya emang lumayan banyak banget. Terus sambil milih-milih jaket saya tengok-tengok koleksi baju anak di sana, baju cowoknya gak terlalu banyak sih. Tapi baju anak ceweknya surga banget kayaknya, banyak pilihan modelnya dan lucu-lucu.


Di kotak obralnya gitu dia jual kaos-kaos hello baby yang harganya ternyata lebih murah timbang di olshop. Jaman dulu rata yang jual kaos hello baby harganya di kisaran 18-25rb, di sana mereka jual cuma 15rb aja.


Sepatu merk baby wang juga pilihan modelnya lebih banyak di sini timbang di buchi.


4. Omah Mode

Omah mode ini factory outlet yang dulu namanya cargo. Lokasinya di belakang SMA 4 Malang, daerah alun-alun tugu.


Dulunya dia punya gerai khusus perlengkapan bayi dan anak di samping toko utamanya, sebelum akhirnya namanya berubah jadi omah mode dan baby shopnya jadi cafe.


Ternyata setelah berubah nama diskonnya lebih gede timbang dulu. Awalnya saya mau beli jaket sport buat alif, eh sampe sana ternyata jaketnya kegedean banget. Emang sih buat baju bayi dan anak di sini pilihannya sedikit.


Terus geser ke bagian belakang omah mode, eh kok nemu sepatu-sepatu anak. Akhirnya malah beli sepatu buat alif merk geox yang didiskon jadi harganya sekitar 40rb kurang gitu.


Setelah beberapa bulan, alif pun semakin tumbuh dan semua sepatunya pada kekecilan, akhirnya minggu lalu kita ke omah mode lagi donk buat hunting sepatu. Lah sekarang diskonnya tambah gila jadi 70% aja, perpasang sepatunya dihargai 28ribu aja donk. Langsung suami nyeletuk, beli dua aja kalau gitu, haha.


Awalnya pengen beli sepatu satu sama sepatu sandal satu, tapi akhirnya beli sepatu semua dua pasang, pilihan sepatu sandal buat cowok cuma dikit, kebanyakan buat cewek. Cuma harus jeli liat kondisi sepatunya di sini, karena mostly sepatunya dimasukin dibox, didesek-desekin, jadi ada yang kulitnya ngelupas, ads yang warnanya kusam dll.


5. Giant MOG

Sering ke sini buat belanja kebutuhan bulanan, karena males pindah-pindah toko jadi sekalian aja beli diapers di giant juga.


Diapers merk merries juga stocknya paling banyak di sini timbang di supermarket lain. Mainan anak di sini juga pilihannya lumayan banyak, harganya muraj, dan semua udah berlabel SNI jadi aman.


Selain itu baju anaknya juga beberapa ada yang murah terutama yang merk Giant. Ada yang kualitas kainnya jelek banget ada yang kualitasnya sedang. Beberapa kali beli kaos n kemeja alif di sini. Motifnya juga gak ada yang norak. Pernah beli sepatu merk hipofant juga, walker shoe tapi bahannya kain semua dan bagian bawahnya pake anti slip karet yang ringan, favoritnya alif banget tuh pake sepatu itu, berasa melayang kali ya jalannya, wkwk.


Di bagian buku-buku obralannya banyak buku buat anak keluaran gramedia yang diskon rata-rata harganya jadi 10ribuan ajuah. Setelah muter-muter malang, eh malah di giant saya bisa nemu buku cerita buat alif yang gambarnya lebih banyak timbang kalimatnya dengan harga murah (penting!). Di gramedia aja saya gak nemu lho, hihihi.


6. Centre Point MOG

perlengkapan bayi di sini juga lumayan lengkap ya ternyata. Koleksi baju dan sepatu anaknya juga banyak, dari yang branded sampai non branded bahkan branded tapi KW juga ada. Kalau pinter milih bisa dapet barang bagus tapi harga murah.


Dan bagian favoritnya alif ituuh ada di bagian mainannya di lantai dua. Mainannya super banyak dari murah banget sampe mahal banget adaaa. Hati-hati aja bawa anak ke sini, dijamin gak mau pulang.


7. Hypermart Matos

Di sini sih juara buat yang anaknya lagi MPASI, karena mereka jual buah potong yang kalau malem didiskon 50% per kotaknya. Anak MPASI kan makannya masih dikit ya, eman aja beli buah utuh karena keburu busuk kalau nunggu si bayi ngabisin semua stocknya. Apalagi dulu waktu alif MPASI, saya dan suami pas LDM, jadi deh beli semangka utuh eh gak ada yang ngabisin dan busuk padahal masih banyak.


Protein hewaninya juga lebih lengkap di sini, apalagi rata-rata semua udah dikemas di stereofoam kecil gitu kan, jadi porsinya pas buat MPASI. Buat yang cari ikan salmon murah, di sini hampir selalu ada, di supermarket hampir gak pernah liat.


8. Mickey Baby shop

Kapan hari ke sini buat nyari kado lahiran tantenya suami, lokasinya di samping carefour belimbing. Koleksinya gak begitu banyak sih, tapi rata-rata barang branded semua. Buat yang cari topi-topi anak yang lucu-lucu, di sini pilihannya banyak.


Harga barangnya rata-rata agak mahal tapiiii waktu kita lihat booster seat merk terkenal (lupa namanya) harganya murah banget dibanding di buchi. Ya Allah padahal dulu waktu alif MPASI kita udah keliling Malang buat nyari booster seat yang murah seharga di olshop, tapi gak nemu. Sampe akhirnya batal beli dan alif makannya lesehan aja donk.


9. Olivia Baby Shop

Tiap lewat baby shop ini parkirannya selalu rame sama motor-motor, kirain ni toko mirip sama buchi. Ternyata tokonya emang luas cuma barangnya dikit dan pelanggannya dikit banget.


Kita ke sini buat hunting booster seat yang ternyata mereka gak jual. Terus yang bikin males itu pramuniaganya gengges abis, kita diikutin dan dilihatin terus. Sumpah saya males banget kalau udah ke toko terus pramuniaganya kaya begitu, gak leluasa mau liat-liat, bawaannya jadi males. Akhirnya kita beli diaper aja biar seneng mbaknya udah repot-repot ngikutin kita, ahah.


10. Sardo

Mahasiswa Malang mana yang kagak tau Sardo? Selain karena lokasinya di dekat beberapa universitas tersohor di Malang, barang-barang di Sardo ini juga murah-murah. Buat yang gak suka tawar menawar, dateng ke Sardo aja, dijamin harganya udah harga penawaran terendah kalau kita belanja di pasar.


Buat perlengkapan bayinya juga termasuk lengkap lho, cuma rata-rata non branded, sebranded-brandednya paling banter merk baby dialogue.


Hoki-hokian juga sih kalau ke sini, kadang stocknya bagus-bagus kadang zonk. Pinter-pinter milih aja, tapi saya gak sarankan buat beli sarung tangan di sini, karetnya ketat gelaaa. Semua sarung tangan yang beli di sini akhirnya kebuang, padahal motifnya lucu-lucu.


Ohya, stock diaper Sardo termasuk banyak, lengkap dan murah. Hampir semua merk ada di sini, bahkan merk lokal kaya favourite, upin ipin, terus mama apa gitu yang kagak ada Iklannya di TV tersedia semua di Sardo.


11. Royal ATK

Lokasinya di belakang POM bensin Ciliwung. Perlengkapan bayi yang di jual sih sebatas bouncher sama playgym unbranded aja. Tapi buat yang suka bikin sensory play ala montessori at home di sini surganya. Mainan untuk anaknya juga banyak pilihannnya.


Kalau lagi cari finger paint buat anak ada di sini, mainan kayu kaya di TK dan lagi happening di olshop2 juga ada, playdough bermacam rupa juga ada. Tas sekolah juga banyak tapi rata-rata motif tokoh kartun atau animasi gitu sih, tak suka.


Peralatan menggambar berbagai merk apalagi, royal ATK ajaah. Best buy waktu ke Royal ATK itu waktu beli buku puzzle seri binatang yang terdiri dari 6 buku dengan kualitas kertas super tebel dan bagus dengan harga 16ribu aja. Jadi bukunya berbentuk potongan puzzle yang bisa digabungin sama buku lainnya tiap buku berisi 6 buah gambar binatang beserta keterangan namanya dalam bahasa indonesia dan inggris.


Dari buku ini, kosakatanya alif tentang binatang nambah banyak. Pas ke sini lagi mau beli yang seri sayuran, bukunya udah out of stock. Lalu nemu yang modelnya sama persis kaya buku ini di gramed, dan harganya udah 50 ribu, huahua nyesel gak langsung beli semua serinya.


Sekian dulu review toko perlengkapan bayi dan anak di Malang. Nanti bakal saya bikin lanjutannnya buat online shop bayi dan anak di Malang.





9 komentar:

  1. SNI hanya sebagai kedok ketidak siapan dan ketidak mampuan indonesia utk bersaing dlm pasar bebas

    BalasHapus
  2. Husnul Hidayah10 Maret 2016 12.37

    ada toko diaper dan susu yang murah mbak, namanya toko Citra, ada beberapa toko yang aku tau di Sengkaling, dulu di Sigura-gura ada terus toko pindah kemana udah nggak ngikutin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya aku tau citra, di daerah embong arab alun2 jg ada.. tp anakku gak minum sufor jd males aja jauh2 ke sana cuma beli diapers, hehe

      Hapus
  3. Hompila juga ada mb.. kualitasnya jg sama kyk di buchi.. tapu enaknya penataan disana lebih rapi, jadi milihnya gampang..

    BalasHapus
  4. wah..makassih referensi toko baby shop nya...sangat mmebantu untuk kaum pendatang seperti aku^^

    BalasHapus
  5. Toko baby yang menjual kebutuhan bayi dengan kualitas terbaik, branded dan harga miring banget ada di www.birdsnbeesbaby.com mom :)

    BalasHapus
  6. Grosir dan eceran, aneka gendongan bayi, kasur bayi, bantal bayi, selimut bayi
    http://fluentcollection.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. Kalau yang jual perosotan anak murah dimana ya mbk...??

    BalasHapus
  8. Toko citra pindah di galunggung sebelum dieng

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)