Jumat, 15 Desember 2017

Surat Permintaan Maaf untuk Mas Alif


Halo Mas Alif,

Ini mama, iya mama yang suka ngomel-ngomel tiap hari itu, yang sering memarahimu kalau membuat adik Nayla terbangun dari tidurnya karena teriakanmu yang melengking mencapai 7 oktaf itu.

Ah iya, sudah 3 bulan ini statusmu berubah menjadi kakak dan hanya mau dipanggil dengan sebutan mas Alif. Kamu akan ngambek kalau ada yang memanggilmu dengan sebutan adik.

"Mas Alif kan sudah besar, sudah jadi mas" katamu membela diri.

Mas Alif sangat senang sekali jika diberi tugas untuk menjaga adik. Dan akan pasang wajah melas, jika dipaksa mengalah karena adik juga.

Dulu saat hamil adik, mama sering khawatir kalau mas Alif akan sulit menerima kehadiran adik. Mama takut mas Alif melakukan hal-hal kasar pada adik karena merasa perhatian mama dan papa tak seperti dulu lagi. Tapi ternyata semua itu tak terbukti.

Mas Alif mampu menjadi kakak yang baik. Di usia yang baru menginjak 3 tahun, mas Alif sudah mengerti tentang tanggung jawab sebagai kakak. Meskipun mama tau bahwa mas Alif sering juga menyimpan rasa cemburu ketika melihat mama dan papa asyik bercanda dengan adik, tapi mas Alif sudah mampu menahan emosi sehingga tak pernah sekalipun menyakiti adik. Mama bangga sekali padamu, nak!


Tapi mama juga seringkali bersedih, karena sejak punya adik, mas Alif jadi lebih temperamental. Seringkali tantrum dimana-mana, tak perduli tempat. Bahkan hal kecil saja, bisa membuat mas Alif ngamuk berkepanjangan. Mungkin ini caramu melampiaskan emosi karena cemburu pada adik ya nak? Karena kamu tau sebagai kakak, mas Alif gak boleh menyakiti adik sehingga emosinya dilampiaskan ke hal lain.

Minggu kemarin saat kita di rumah Titi, mas Alif seharian marah-marah terus sampai mama dan papa ikut emosi. Akhirnya mama mengajakmu beli es krim jalan kaki berdua saja. Setelah itu moodmu jadi bagus sekali, gak marah-marah lagi. Ternyata kamu merindukan mama ya nak?

Mama pikir cukup papa saja yang menemanimu bermain gak akan menjadi masalah denganmu yang penting jadwal bermainmu gak terganggu. Ternyata mas Alif tetep membutuhkan kehadiran mama ya?

"Bayimu itu sebenarnya ya masih ada dua, tapi yang satu dipaksa untuk jadi dewasa" kata papa ketika mas Alif memaksa meminta berbagi duduk dengan adik di pangkuan mama. Mungkin memang mama selama ini terlalu fokus mengurus adik jadi sedikit mengabaikanmu.

Dalam surat ini mama mau minta maaf karena sekarang mas Alif bukan lagi anak satu-satunya mama dan papa. Kini ada adik Nayla yang menemani mas Alif. Adik yang masih bayi, masih mungil dan suka menangis, yang mungkin akan membuat mas Alif harus sering mengalah atau menunda keinginan.

Mama minta maaf kalau harus menunda membuatkan mas Alif susu karena masih menyusui adik, menyuruh mas Alif mengecilkan suara saat sedang asyik-asyiknya bermain agar adik tak terbangun, dan gak bisa ikut mewarnai bersama karena adik sedang rewel.

Mama minta maaf kalau mas Alif merasa perhatian mama tak seperti dulu lagi, kalau mama jadi lebih sering marah-marah, kalau mama sedikit mengabaikanmu.

Mama minta maaf karena kini kamu menjadi seorang kakak yang mungkin nanti akan sering dipaksa untuk mengalah demi adikmu.

Tapi mama berjanji ini tak akan lama. Nanti kalau adik Nayla sudah besar, kita akan bermain bersama. Mama akan lebih sering mengajakmu pergi berdua saja, menikmati waktu bersama. Mas Alif bisa cerita apa saja pada mama, tentang teman-teman di sekolah, tentang mainan yang ingin mas Alif beli, atau tentang kartun yang mas Alif sukai.


Mama berjanji, mama akan tetap menjadi mama yang seperti dulu. Mama yang mengajakmu bernyanyi bersama lagu kereta api sampai lagu ABCD, mama yang menciumimu belasan kali meskipun mas Alif suka marah kalau dicium, mama yang hobi membelikanmu baju-baju lucu, mama yang gak bisa tidur ketika mas Alif sakit, mama yang gagal jadi ibu RUM (Reason Use of Medicine) karena begitu suhu mas Alif di atas 38°C, mama langsung memberimu Tempra syrup. Aahh, mama emang yang paling senewen kalau lihat anak-anaknya sakit. Tapi tenang aja, mama gak sembarangan ngasih mas Alif obat kok. Tempra syrup kan aman di lambung dan memiliki dosis tepat (tidak menimbulkan over dosis atau kurang dosis) selain itu tidak perlu dikocok, larut 100% sehingga gak ada endapan yang nyangkut di tenggorokan dan membuat mas Alif kapok minum obat.



Besok, 16 Desember, mas Alif berulang tahun yang ke 4. Tumbuhlah dengan baik dan menjadi anak yang selalu bahagia serta membahagiakan orang lain. Ingatkan mama ya jika mama mulai lupa dengan janji-janji mama.

Selamat ulang tahun anakku!

Penuh cinta selalu dari mama :*


Disclaimer:
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan olehBlogger Perempuan Network dan Tempra.


25 komentar:

  1. Ihh terharu bacanya :(. Jd ibmnget Fylly mba.. Dia jg srg bgt terpaksa ngalah cuma krn adeknya :D. Tapi mungkin krn dia cewe, jd memang cendrung pengalah yaa walopun sbnrnya aku tau, kdg dia kecewa :( ..

    BalasHapus
  2. Happy birthday, Mas Alif! Happy selalu yaaa :D

    BalasHapus
  3. Selamat ulanh tahun mas alif. Barokah fi umrik yaakk. Jadi anak kwbanggan mama pappa. Amin

    BalasHapus
  4. Aih ... Bangganya ya punya anak kayak mas Alif. Meskipun cemburu, tapi sebenarnya dia bangga jadi kakak. Sehat terus ya mas Alif, juga adek bayi ^^

    BalasHapus
  5. Semoga jadi kakak dan anak yang baik Mas Alif. Mamahmu sayang banget sama. kamu sampai bikinin surat cantik ini

    BalasHapus
  6. Selamat ulang tahun Mas Alif...
    Semoga sehat selalu ya.
    Sayangi adiknya terus ya sayang

    BalasHapus
  7. Happy belated birthday Mas Alif. Semoga tumbuh jadi anak sehat dan bahagia yaa. 😊

    BalasHapus
  8. Selamat ulang tahun kak Alif, eh, mas Alif.. sehat sehat terus ya.. Amin. udah punya adik, udah gede nih sekarang mas nya..

    BalasHapus
  9. Selamat ulang tahu kak Alif, eh, mas Alif ya.. udah gede sekarang udah punya adik.. sehat terus ya mas.. Amin!

    BalasHapus
  10. Huaaaa, terharu banget....
    Selamat ulang tahun mas Alif, semoga selalu sehat dan jadi anak soleh :)

    BalasHapus
  11. Selamat ultah Mas Alif,sudah besar udah jadi kakak, moga tambah sholehah dan selalu sehat :D

    BalasHapus
  12. Wahahahha..tempramental dan cemburuannya itu sama bener ih sama Kak Rani.

    BalasHapus
  13. Swlamat ulang tahun mas afif?! Semoga bisa jadi kakak yang baik dan jadi anak soleh ya..

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun kak Alif, semoga tetap jadi anak kebanggaan orang tua

    BalasHapus
  15. Ternyata anak kita seumuran ya Mba. Aisyah febuari 4 thn. Aku jd tertohok jg. Kyknya butuh berduaan dgn sang kakak nih,

    BalasHapus
  16. wah mas alif udah jadi mas-mas hehe selamat ulang tahun jadi kebanggaan kita semua aamiin

    BalasHapus
  17. Sehat selalu mas srif dan dedek.

    BalasHapus
  18. seperti anak saya nih, kalau ibu pulang kerja langsung peluk. Enggak cukup ayahnya saja yang menemani di rumah.

    BalasHapus
  19. Duh, bikin terharu. mas Alif udah 4 tahun sekarang. Yeay... baarakallah ya, Nak. Semoga semakin pinter dan sayang adik :)

    BalasHapus
  20. Happy belated bday mas Alif, selalu jadi anak kebanggaan mama yah. Aamiin.

    BalasHapus
  21. Hai mas Alif, semoga sehat selalu ya.

    BalasHapus
  22. Happy belated bday ya mas Alif... baiknyaa mau ngalah sama adik :) meski pasti kecewa ya mba, tapi kayaknya memang karena sayang adik

    BalasHapus
  23. mrebes mili mba baca ini, duh mas alif jadi kakak yang pinter ya nak... semoga sehat selalu

    BalasHapus
  24. aaaww.....meleleh. selamat ulang tahun ya mas alif

    BalasHapus
  25. Melted ih bacanya... Perasaan mama punya anak dua sama ya mbak, merasa bersalah sama si kakak huhuhu
    Sehat selalu ya mas Alif

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p