Rabu, 14 Juni 2017

Fidget Spinner, Mainan Kekinian yang Terlihat Aman Namun Sudah Memakan Korban


Ibu-ibu yang punya anak usia sekolah, sudah ada yang pernah direngekin anak karena minta dibelikan fidget spinner belum?

Fidget spinner. Mainan kekinian satu ini memang sedang digandrungi oleh para anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Konon katanya mainan ini bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Kok bisa?

FIDGET SPINNER ADALAH...

Fidget dalam bahasa indonesia memiliki arti gelisah, cemas, duduk dengan gelisah, dan seseorang yang dalam keadaan tak tenang. Kalau ada yang punya kebiasaan duduk sambil goyang-goyangin kaki, gigit jari, ketuk-ketuk meja, dan gerakan refleks lain yang terjadi tanpa kita sadari saat dalam kondisi tak tenang atau bosan, nah hal tersebut dinamakan dengan fidgeting. Sedangkan spinner sendiri memiliki arti pemintal atau pemutar.

Jadi fidget spinner adalah pemutar kegelisahan? Eeiittss, bukan donk. Fidget spinner adalah alat atau mainan yang digunakan untuk mengalihkan kegelisahan atau kebiasaan menggerakkan anggota badan secara refleks yang sistem kerjanya adalah dengan berputar pada poros atau sumbu alat tersebut.


Mainan ini ditemukan pertama kali oleh Chatherine Hettinger dari Florida, Amerika Serikat pada tahun 90-an. Saya coba browsing tentang ide awal bagaimana Chatherine bisa menciptakan fidget spinner, tapi ada beberapa versi cerita yang saya dapat dan semuanya tak bisa dipastikan keabsahannya. Sumber terbanyak, menjelaskan bahwa Chatherine membuat fidget spinner karena terinspirasi dari anak-anak Palestina yang sering melempari batu ke arah tentara Israel, kemudian Ia menciptakan fidget spinner dengan tujuan agar bisa mengalihkan emosi anak-anak tersebut. Yang jelas mainan ini belum begitu populer ketika pertama kali dibuat, dan baru menjadi trend di kalangan pecinta mainan akhir-akhir ini alias berpuluh tahun kemudian.

Cara memainkan fidget spinner ini sangat mudah, cukup meletakkan ibu jari dan telunjuk atau jari tengah pada poros fidget spinner seperti sedang mencapit benda, kemudian putar sisi sekeliling poros dengan jari lainnya. Namun belakangan mulai banyak yang bisa memainkan fidget spinner dengan bermacam trik dan gaya.



BAGIAN-BAGIAN FIDGET SPINNER

Desain fidget spinner itu sebenarnya sangat sederhana sekali. Umumnya cuma terdiri dari 3 bagian, antara lain.
  • Bearing/Laker/Kelaher, yaitu roda pemutar yang berfungsi menggerakkan fidget spinnernya. Bearing ini sudah seperti nyawanya fidget spinner, bahan dan bentuk boleh diutak-atik, tapi semua itu akan percuma kalau bearingnya gak ada. Bahan beaeing ada bermacam-macam, mulai dari metal sampai keramik dengan harga yang bervariasi. Di dalam roda bearing terdapat bola-bola penggerak yang berfungsi sebagai pendorong agar terjadi putaran.
  • Bearing Button Cap, kalau ini adalah penutup bearing untuk memudahkan jari memegang fidget spinnernya. Bearing button cap bisa dibongkar pasang dan diganti dengan model lain sesuka hati. Konon cap bearing yang berbentuk cekung adalah bentuk yang paling ideal karena lebih nyaman sebagai tumpuan jari.
  • Sisi Bearing, ini nih yang membuat fidget spinner terlihat menarik karena memiliki aneka bentuk, warna, dan bahan beraneka rupa. Desain dari sisi bearing ini juga menentukan pola putaran yang dihasilkan oleh fidget spinner. Semakin unik maka semakin menarik tentunya.


JENIS-JENIS FIDGET SPINNER

Meskipun kelihatannya sederhana, tapi ternyata mainan ini punya variasi bermacam-macam lho. Setidaknya ada 7 jenis fidget spinner yang beredar di pasaran saat ini.

1. EWR Spinner Fidget Toy
Jenis ini adalah model fidget spinner yang paling klasik dan banyak beredar di pasaran. Terdiri dari satu bearing sebagai poros utama, dan tiga bearing lainnya sebagai sisi pemutar.

2. Axle by Destroyer Brands
Fidget spinner jenis ini susunannya hampir sama dengan EWR Spinner yaitu terdiri dari satu bearing utama dan tiga bearing pendamping. Namun Axle by Destroyer Brands sudah mengalami modifikasi berupa penambahan gerigi di sekeliling bearingnya sehingga membuat tampilannya lebih gahar.

3. Victorem Metal Hand Spinner
Fidget spinner ini memiliki tampilan yang elegan dan mewah karena terbuat dari material berasal dari metal. Karena bahannya ini juga membuat bobot Victorem Metal Hand Spinner jauh lebih berat timbang fidget spinner biasa.

4. Sayha Hand Spinner
Kalau umumnya fidget spinner terdiri dari 4 buah bearing, Sayha Hand Spinner ini adalah versi fidget spinner dengan 3 buah bearing saja, namun dalam 1 bearingnya mampu menyimpan hingga 600 bola bearing sehingga mampu menghasilkan putaran yang lebih lama dan cepat.

5. Dual Wave Spinner
Desainnya persis dengan Sayha Hand Spinner namun bedanya bentuk penampang Dual Wave Spinner dibuat bergelombang sehingga menghasilkan pola putaran yang unik dan berbeda dari fidget spinner biasa.

6. Batman Hand Spinner
Sesuai dengan namanya, fidget spinner ini memiliki bentuk seperti logo karakter tokoh batman.

7. The Newton Spinner
Fidget spinner ini disebut-sebut sebagai yang terbaik karena bentuknya dinamis dan putarannya paling stabil, gak akan berhenti berputar meski terkena guncangan sekalipun.



Dari 7 jenis fidget spinner tersebut, masih bisa dikembangkan dengan berbagai inovasi. Misalnya fidget spinner dengan lampu LED, glow in the dark, atau digonta-ganti jenis bearingnya. Tentunya semakin canggih fidget spinnernya, maka akan makin mahal pula harganya.

Ngomong-ngomong soal harga, fidget spinner bisa didapat dengan harga mulai dari 10 ribuan hinggan di atas 1 juta. Dan karena sedang booming banget, hampir semua toko mainan kini banyak yang menjual fidget spinner ini. Well, gak cuma toko mainan, bahkan sudah tersedia di market place atau online shop dari luar negeri sampai Indonesia. Gak cuma menyediakan fidget spinnernya, tapi mereka juga menjual bagian-bagian dari fidget spinner untuk dimodifikasi. Duuh, mainan begini aja udah kayak ngutak-atik motor ya?

MANFAAT FIDGET SPINNER

Selain berfungsi untuk mengalihkan gerakan-gerakan refleks saat bosan atau gelisah, fidget spinner juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan stres. Hal tersebut disebabkan oleh pola putaran yang dihasilkan oleh fidget spinner.

Pola putaran yang menarik dan beragam pada fidget spinner dapat menyenangkan orang yang melihatnya sehingga mampu membuat stres menurun. Selain itu ketika seseorang melihat sesuatu secara berulang-ulang pada satu titik, maka Ia akan ditempatkan pada fokus tertentu sehingga kemampuan konsentrasinya lebih meningkat.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan, putaran pada fidget spinner juga diyakini dapat memberikan kepuasan sensoris bagi para penderita autisme, gangguan kecemasan, serta Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD).

Udah hilang belum stresnya? :D

DAMPAK NEGATIF FIDGET SPINNER

Meskipun terlihat aman dan memiliki banyak manfaat yang positif, namun nyatanya fidget spinner juga bisa membawa dampak buruk bahkan pernah hampir memakan korban. Berikut adalah beberapa kasus yang terjadi akibat fidget spinner.
  • Kelly Rose Joenic dari Amerika Serikat hampir saja kehilangan putrinya Britton yang tak sengaja tersedak bearing fidget spinner hingga harus melakukan operasi pengangkatan benda tersebut dari tenggorokannya. Untung saja Britton cepat mendapat penanganan dari pihak medis.
  • Beredar foto di internet yang memperlihatkan salah satu jari seorang anak berusia 5 tahun terjebak dalam lubang bearing fidget spinner dan petugas harus menggergaji bearing tersebut agar jari si anak bisa terlepas.
  • Sekolah-sekolah di Amerika dan Eropa mulai melarang anak muridnya untuk membawa fidget spinner ke area sekolah karena dianggap membuat kegiatan belajar menjadi terganggu. Para murid yang tengah bereuforia dengan fidget spinner terus menerus memainkan benda satu ini bahkan saat pelajaran berlangsung sehingga membuat mereka menjadi tidak fokus pada pelajaran. Ini ceritanya alat yang awalnya bertujuan meningkatkan konsentrasi, malah jadi penyebab sulit berkonsentrasi ya? Hehehe.
  • Salah satu sekolah di Seppharton, Australia, melarang adanya fidget spinner di sekolah setelah salah satu muridnya melukai mata temannya menggunakan fidget spinner.

Selain berbagai kasus yang terjadi akibat fidget spinner tersebut, dampak negatif lain yang saya perhatikan karena fidget spinner adalah bisa menumbuhkan sifat impulsif pada anak. Gimana gak? Kian hari kian banyak desain terbaru fidget spinner yang terlihat menarik. Belum lagi dengan iming-iming performa yang lebih baik sehingga membuat anak ingin terus menambah koleksi fidget spinnernya.

Ditambah saat ini bermunculan trik-trik memainkan fidget spinner, membuat anak menjadi lupa waktu karena penasaran ingin berhasil memainkan trik tersebut. Saya juga menemukan komentar beberapa orang di sosial media yang mengeluh menjadi pusing karena memperhatikan pola putaran pada fidget spinner.

TIP AMAN BERMAIN FIDGET SPINNER

Anak-anak kita juga makhluk sosial yang tiap hari tentu berinteraksi dengan teman-temannya, terutama anak-anak di usia sekolah. Gak mungkin kita melarang sama sekali anak-anak untuk bermain fidget spinner demi menghindari dampak negatif dari mainan ini. Maka sebagai orang tua yang harus kita lakukan tau cara mengantisipasi dampak negatif dari fidget spinner.

Berikut adalah tip aman dan nyaman bermain fidget spinner.
  • Pastikan anak sudah cukup umur dan mental untuk memiliki mainan ini. Jangan berikan pada anak di bawah usia 5 tahun dan hindarkan dari bayi yang sedang hobi menggigit benda agar tidak ada kejadian bayi tersedak bagian dari fidget spinner.
  • Di pasaran memang banyak dijual fidget spinner dengan harga mulai 10 ribuan, namun kualitasnya juga sangat meragukan. Banyak yang mengatakan bahwa bagian-bagian fidget spinner dengan harga murah sangat mudah terlepas dan tentu hal ini berbahaya jika bagian yang terlepas tersebut ditemukan oleh bayi yang sedang hobi memasukkan benda ke mulutnya. Pilih juga fidget spinner dengan bahan dari plastik atau silikon, bukan metal. Fidget spinner berbahan metal selain harganya tak ramah di kantong, juga memiliki bobot yang berat. Hal tersebut bisa melukai anak-anak jika fidget spinner terjatuh dan mengenai anggota badannya, atau ketika anak-anak tak dapat menahan emosinya kemudian menggunakan fidget spinner untuk melempar orang-orang di sekitarnya.
  • Buat perjanjian dengan anak-anak untuk tak memainkan atau membawa fidget spinner miliknya ke dalam lingkungan sekolah agar tak mengganggu kegiatan belajarnya.
  • Awasi dan dampingi anak-anak saat bermain fidget spinner agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu bermain bersama anak sangat bermanfaat dalam meningkatkan bonding. Para orang tua bisa mencoba trik-trik bermain fidget spinner bersama anak atau memodifikasi fidget spinner dengan memasang bagian baru, asal jangan orang tuanya aja yang jadi ketagihan, hehehe.
  • Batasi waktu bermain fidget spinner ketika dirasa anak tak dapat berhenti memainkan fidget spinner. Ingatkan bahwa tubuh juga perlu istirahat dan ada kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan.
  • Ajak anak untuk menabung ketika meminta menambah koleksi fidget spinnernya atau menginginkan fidget spinner dengan harga yang mahal. Hal ini selain untuk menekan sifat impulsif, juga mengajarkan bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus ada usaha dulu.

Jangan lupa juga untuk selalu sedia obat-obatan anak di rumah. Pengalaman saya melihat para keponakan dan anak sendiri kalau sedang keranjingan suatu mainan, maka mereka akan terus memainkannya sepanjang hari sampai lupa waktu dan sulit sekali untuk menghentikannya. Tak jarang karena keasyikan bermain, mereka sampai tidur larut malam dan kelelahan. Baru berhenti setelah badannya drop dan terasa lemas. Penyakit paling sering datang karena kelelahan bermain yang menyerang anak-anak biasanya adalah demam dan pusing. Penyakit ini cepat banget munculnya tanpa tanda-tanda terlebih dahulu. Kadang baru saja anak-anak masih ceria, eh beberapa menit kemudian tiba-tiba jadi diam dan mengeluh pusing, ketika dicek suhunya, ternyata sudah tinggi.

Oleh karena itu, sekarang saya selalu sedia termometer serta obat penurun panas seperti Tempra Syrup. Saya termasuk orang tua yang gak mau menunda memberikan obat ke anak karena trauma, Alif dulu pernah demam berhari-hari hingga wajahnya kuyu dan lemas karena saya gak segera mengobati demamnya. Pokoknya begitu panas, langsung cekokin tempra syrup. Biasanya sehari kemudian, suhu badannya sudah turun dan bisa bermain dengan ceria kembali.

MAINAN KEKINIAN SELAIN FIDGET SPINNER DAN TINGKAT KEAMANANNYA

Sebelum fidget spinner menjadi booming, ada beberapa mainan kekinian yang sudah terlebih dulu menjadi trend di kalangan anak-anak dan sampai saat ini masih digandrungi, yaitu.

- Slime


Sumber: dari sini
Dalam bahasa inggris, slime berarti lendir. Mainan ini memang memiliki tekstur lunak dan lembut menyerupai lendir. Slime bermanfaat untuk melatih motorik dan sensori anak. Namun mainan yang terlihat aman ini sebenarnya sangat berbahaya karena bahan pembuatannya terdiri dari lem, sabun, dan slime activator. Nah slime yang biasa dijual di pasaran biasanya menggunakan borax sebagai activatornya yang mana jika terkena kulit bisa menimbulkan sensasi terbakar. Sudah ada beberapa kasus tangan anak terbakar karena tidak kuat dengan kandungan borax di dalam slime.

Tapi tenang saja, sekarang sudah banyak tutorial cara membuat slime dengan menggunakan bahan lebih aman. Jadi daripada beli slime di luar yang tak jelas bahannya, lebih baik membuat sendiri di rumah.

- Squishy


Sumber: dari sini
Squishy merupakan mainan yang berbahan dasar spons yang memiliki bentuk menyerupai aneka karakter. Sekilas bentuk squishy ini mirip dengan boneka-boneka kecil namun bedanya jika diremas squishy akan kembali ke bentuk semula. Hal tersebutlah yang membuat squishy digandrungi.

Hampir sama dengan fidget spinner, squishy juga berfungsi untuk mengalihkan kegelisahan atau gerakan refleks di saat bosan. Kalau fidget spinner dengan cara memutar benda, sedangkan squishy dengan cara meremas benda.

Selain berbentuk aneka karakter, squishy juga memiliki aroma yang menarik. Nah, aroma dari squishy ini bisa jadi tidak aman bagi anak-anak yang memiliki alergi. Selain itu harga squishy dibandrol ratusan ribu, dan jelas sangat tidak aman untuk kantong para orang tua, hehehe.

Kesimpulannya, tidak ada mainan yang 100% aman bagi anak-anak di dunia ini. Selalu ada celah untuk kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Tapi jangan juga hal tersebut menjadikan kita sebagai orang tua menjadi posesif sehingga mematikan kreativitas anak. Cukup dampingi dan awasi selalu ketika anak bermain serta selektif dalam memilih mainan yang aman dan nyaman untuk anak.

Disclaimer:
"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional"

Sumber Penulisan:
http://www.unikdanlucu.com/mainan-fidget-spinner-yang-lagi-nge-hits-ini-telah-menelan-korban-seorang-bayi/
http://www.kompasiana.com/ibumercy/demam-mainan-fidget-spinner_592ad27ad59373b40b4b9f5e
http://m.detik.com/health/read/2017/05/18/133153/3504803/764/hati-hati-bagian-fidget-spinner-ini-bisa-bikin-tersedak
http://www.kupaman.com/artikel/fakta-fakta-fidget-spinner-ternyata-penemunya-enggak-dapat-apa-apa
http://www.kompasiana.com/boy_cj/fidget-spinner-mainan-hit-asal-amerika-yang-diklaim-bisa-redakan-stres_591b319a4f7a61be5b8d3fff

http://yumnapage.blogspot.co.id/2016/08/apa-itu-slime-slime-terbuat-dari-apa.html
https://youtu.be/K4GI7nbvf5s

41 komentar:

  1. ohh jadi tau sejarah spinner, bagiku gak ada yg istimewa dari permainan itu tapi entah kenapa anak-anak pengen banget punya :-)

    BalasHapus
  2. Untuk anakku yg aktif bisa lumayan tenang

    BalasHapus
  3. Anakku barusan minta mb...ternyata berbahaya ya.. Terimaksih informasinya

    BalasHapus
  4. Aku sbnrnya penasaran ama spinner, tp blm tertarik utk beli hihihi... :p . Feelingku sih ini trend spinner ga bakalan lama mba..ponakanku yg biasanya juga selalu ngikutin teend mainan, ntah kenapa ga bgitu suka main ini :D. Kalo squishy, aku bingung tuh hrgnya bisa mahal bgt yak. Ratusan ribu.. Dan aku jg blm nemu kenikmatan main itu.. Pas di jepang ponakan nitip, katanya di jepang banyak bgt dan murah. Tp ntah aku yg males nyari, ketemuanya squishy yg kecil2 doang. Beda ama yg di indo..

    BalasHapus
  5. Waaah aq baru tau lho ttg mainan ini. Klo squishy pernag liat di youtube ricis

    BalasHapus
  6. Anakku minta dibeliin fidget spinger ini tapi gak jadi karena mahal hehe

    BalasHapus
  7. Kok serem sih, adikku main ini juga soale tapi yang fidget spinner biasa sih, nggak ada geriginya.

    BalasHapus
  8. kelihatan sepele ya tp ternyata bahaya. Kalau orang muslim sih gk butuh itu kyknya ya, dzikir aja insyaAllah cukup :)

    BalasHapus
  9. Oh aku baru tahu kalau ini namanya fidget spinger dan mainan. Sempat lihat gambar yang anak kecil jarinya kejebak di benda ini. Ngeri liatnya. Intinya sih tetap harus selalu diawasi orang dewasa ya.

    BalasHapus
  10. waah blognya sangat informatif banget hehe. this is my first time blogwalking ke blognya mba hehe
    salam kenal

    BalasHapus
  11. Wih lengkap artikelnya mba meriskaa..Ga kebayang berapa lama ini nyari info dari sana sininya

    Kalau bikin artikel macam ini biasanya sih aku lama banget karena harus gugling sana sini dan ambil yang kira kira paling cocok tapi ditulis ulang dengan bahasaku sendiri. Wkwkw

    Ngeri juga ya sampe ada yang tangannya masuk bearing segala.
    Iya nih mainan katanya bikin fokus tapi kalau dibawa pas sekolaah malah bikin sebaliknya.



    btw ini perasaanku aja, atau mbak mer emang barusan pindah domain dari meriskapw ke mesikapw ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari info di youtube :D

      Iya dari dulu mesikapw, salah tulis, haha

      Hapus
  12. Baru ngeh setelah bolak balik ada iklan fidget spiner ini di sosmedku. Aq pikir apaan. Oalah trnyata mainan toh.

    BalasHapus
  13. Iya niy lagi kekinian banget, anakku dah smp hmm masih mainan ini dan jualan fidget spinner ke temen2nya hihuii..

    Tapi emang bener ya, harus tetep waspada pada dampak negatifnya, yg penting cukup umur untuk bisa memainkannya.

    BalasHapus
  14. Bisa berbahaya juga ya mbak main spinner ini. Untungnya sih si kecil di rumah gak nagih minta dibeliin ini. Pokoknya aman dah dari slime, squishy dan spinner. Geng mainan yang tidak bisa kumengerti tujuannya buat apa. Hahahha

    BalasHapus
  15. Baru ngeh tentang mainan ini setelah baca tulisanmu mbak. Ternyata berbahaya juga ya. Untung anakku ga tertarik jd ga pernah minta. Tfs y mbak. Good luck utk lombanya.

    BalasHapus
  16. Trimakasih infonya mak bermnfaat sekali

    BalasHapus
  17. Wah anak saya mau beli dari tabungannya, tapi gak kami izinkan sampah sekarang 😁

    BalasHapus
  18. keponakanku lagi gila spinner nih...

    BalasHapus
  19. Aku baru tau fidget spinner mak. Fisiknya secara nyata belum pernah lihat. Jadi ga bisa bayangin. Masih seneng mainan pulpen diputer-puter aja nih. Xixi

    BalasHapus
  20. wah aku maalh baru tahu krn sdh gak punya anak kecil lagi kali ya, mksh sharingnya

    BalasHapus
  21. Anak saya udah punya 2 aja tuh. Saking gandrungnya sama nih permainan,,punya 2 msh minta nambah lg. Makasih mb infonya.

    BalasHapus
  22. Beberapa bulan lalu Marwah punya fidget spinner ini dibuatkan oleh om nya. Skr udh booming malah males mainnya 😀

    BalasHapus
  23. spinner anakku udah tersimpan di mana dech, karena ku kurang setuju dengan permainan tersebut. Salah satunya karena anakku kalau memainkannya masih terlalu berbahaya, kadang terbang ke arah yang tidak diketahui, takutnya kena adeknya yang masih kecil

    BalasHapus
  24. Tulisannya lengkap dan informatif banget, mba. Dulu anakku pernah minta beli karena katanya buat menghilangkan stres. Hhehhehee. Teryata banyak juga ya dampak negatif penggunaan mainan ini. Tq ya

    BalasHapus
  25. Kekinian banget ya mainannya. Anakku pernah minta, gak aku belikan. Untung abis itu mereka lupa :D Di sekolahnya ga terlalu booming jg.

    BalasHapus
  26. Wah iya bunda. Mainan apapun jika tidak hati2 dimainkannya dan tidak diawasi bisa berbahaya bagi anak2 kita. Terima kasih bunda telah berbagi tntang mainan fidget spinner ini secara lengkap. Boleh mampir juga bunda k blog saya. Saya juga menukiskan tentang cara membuat playdough atau malam sendiri. Pstinya aman 😃

    BalasHapus
  27. Anak saya malah jualan spinner mbak, tapi spinnernya bikinan sendiri. Hehe

    BalasHapus
  28. Mainan kekinian tidak semuanya bermanfaat ya Mom. Happy Parenting :)

    BalasHapus
  29. Belakangan ini aku sering lihat fidget spinner, baik di dunia maya ataupun nyata. Malahan ketika di masjid kemarin, nunggu waktunya berbuka, ada orang yang mainan spinner. Kalau kata temenku, memang ada orang yang tipe tangannya susah diem, jadi harus gerak. Mungkin ini salah satunya bagi yang suka maenan sprinner :D

    BalasHapus
  30. Tadinya bingung neh mainan apa ya, ohhh ternyata begitu ya sejarahnya

    BalasHapus
  31. Berbahaya sekali ya mbak kalau sampai kena jari anak. Ih gak bs bayangin deh. Padahal masuh banyak mainan yg lbh kreatif dan aman seperti slime.. Plastisin..lego.. Dan yg lain

    BalasHapus
  32. Hai mba salam kenal ya. Tulisannya keren banget, kaya ulasan karya ilmiah hehe. Sukses lombanya. Anakku juga udah rusak spinner nya, dan udah ngerengek minta beliin lagi. Musti pinter2 ortu memang soal mainan musiman gini ya

    BalasHapus
  33. Ternyata udh lama ya sejarahnya dan ada bermacam jenis. Makasih sharingnya ya...

    BalasHapus
  34. Menurut aku mau mainan apapun, kita sbg ortu emang harus ngawasin anaknya main biar tidak terjadi hil2 yg mustahal.. Aku termasuk ibu2 yg kudet, raya ngga punya spinner, ngga punya slime, ngga punya squishy... Baru punya pasir kinetik setelah orang2 heboh dari jaman dulu hahahah :D

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah anak saya belum terdengar rengekan minta beli spinner XD kalo squishy sih emaknya yg suka, gemash hihi..

    BalasHapus
  36. Lengkap banget artikelnya Mbak, sampai saat ini Aiman belum tau fidget spinner ini, jangan sampai deh he3

    BalasHapus
  37. Masih belum bisa kebayang, yg membahayakan itu jenis fidget spinner seperti apa ya?! Kalo diliat dr ukurannya dibanding dgn tangan mbak. Kecil ya sepertinya. Mungkin itu ya yg bikin berbahaya...

    BalasHapus
  38. Eah baru tahu kalo udah memakan korban. Niat beli untuk sendiri sih bukan untuk anak 🙂

    BalasHapus
  39. Owalah ane malah baru tau mbak, sejauh ini banyak banget temen-temen ane yang pada mainan ini. Rupanya ada beberapa manfaatnya ya..
    Memang yang namanya mainan pasti ada efek negatif dan positif, tergantung kita bisa nggak meminimalisir efek negatif tersebut :)

    BalasHapus
  40. Aku ga ngerti sama slime dan squishy. Ngadon2 sampe kalis.
    Trus dipencet2 sampe rusak

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p