Senin, 25 April 2016

RTH Keplaksari, Kerennya Taman di Jombang Beriman

Assalamu'alaikum,



Beberapa waktu yang lalu untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kota Jombang. Kota kecil di Jawa Timur yang dikenal sebagai kota kelahiran Gusdur, kota santri, kota Ponari si anak dengan air ajaibnya, kotanya Rian si pembunuh penyuka sesama jenis. Duuh, yang terakhir gak ngenakin banget ya?

Maksud saya datang ke Jombang adalah untuk memenuhi undangan pernikahan salah satu teman saya saat kuliah. Karena pertama kalinya ke Jombang, jadi saya pengen menyambangi salah satu tempat wisata di Jombang buat kenang-kenangan.


Karena pengennya ke wisata di Jombang yang deket kota, gak pake perjuangan ke sananya, dan pastinya Alif's friendly, akhirnya setelah galau browsing sana sini, terpilihlah, RTH keplaksari sebagai jujugan kami di kota Jombang setelah menghadiri kondangan.


Sesuai namanya RTH Keplaksari ini merupakan ruang terbuka hijau alias taman yang berada tak jauh dari pusat kota Jombang.



Iya, kita wisatanya cuma ke taman doank, haha. Karena yang saya dapat dari internet, wisata lain di Jombang itu lokasinya di pinggiran kota dengan jarak yang cukup jauh.


Awalnya saya gak punya ekspetasi lebih soal RTH keplaksari ini. Yaah, paling kaya taman-taman kebanyakan. Pokoknya kita bisa piknik aja ke tempat baru udah cukup, itung-itung oleh-oleh dari Jombang, oleh oleh foto, :p


Ternyata RTH keplaksari itu kereeen banget. Gilak ya, kota kecil kaya Jombang bisa bikin taman yang keren.



Nama asli taman ini sebenarnya Taman Kebon Ratu tapi orang-orang sering menyebutnya RTH Keplaksari. Berada tepat di samping Terminal Kota Jombang dan berseberangan dengan Taman Tirta Keplaksari, sebuah wisata air yang kondisinya berbeda jauh dengan taman Kebon Ratu, tirta keplaksari ini sangat tidak terawat dan terkesan suram.


Fasilitas di RTH Keplaksari antara lain, ada patung-patung hewan yang terbuat dari barang-barang bekas seperti yang ada di Eco Green Park Batu, arena skate board, ada danau kecil berisi ikan yang super banyak dengan gazebo plus dermaga di tepinya. Ada angsa dan banyak burung dibiarkan berkeliaran, ada taman bunga, ada ruang khusus merokok, ada lapangan tembak, ada padang rumput yang rumputnya macem di padang golf. Semua fasilitas itu didesain sedemikian rupa sehingga tampak keren dan modern.




Yaa kalau dibandingin sama tempat wisata keluarga lainnya, RTH keplaksari ini bisa dibilang gak ada apa-apanya, tapi untuk ukuran taman kota, bisa lah bersaing sama taman-tamannya bu Risma di Surabaya, kang Ridwan Kamil di Bandung, atau Abah Anton di Malang (ciyee Malang ciyee, haha)




Selain taman yang asri, para pedagang asongan di RTH Keplaksari ini pasif dan gak ganggu maksa-maksa pengunjung buat beli dagangannya, jadi kita bisa menikmati keindahan RTH Keplaksari dengan tenang.

Kamera apaan ini, hasilnya ngeblur semua T.T

Kita juga bisa memberi makan ikan di danau dengan membeli pakan ikan seharga seribu per bungkus. Favoritnya Alif banget deh kalau soal hewan-hewanan, dia juga antusias banget ngejer-ngejer burung merpati yang bebas berkeliaran di sini.




Sayangnya area rumput yang rapi cuma di bagian depan RTH Keplaksari, area lainnya, gak panjang juga sih, tapi kurang rapi aja, kurang asoy buat guling-gulingan, wkwk. Selain itu, ruangan khusus merokok tampak selalu kosong, banyak pengunjung yang merokok di sembarang tempat, huft. Terakhir, gak ada parkiran untuk Mobil di dekat area RTH Keplaksari, kita sampai tawaf kelilingin area tiga kali lho, akhirnya parkir di Wisata Tirta Keplaksari yang sepertinya sudah tak terpakai lagi yang berada di seberang area RTH Keplaksari.



Saya agak lupa, di RTH Keplaksari ada playground buat anaknya gak ya, soalnya kita di sini cuma bentar banget, udah mau hujan. Pokoknya, kalau lagi lewat Jombang atau lagi di Jombang, gak ada salahnya buat masukkin RTH Keplaksari dalam daftar kunjungan. Apalagi lokasinya mudah banget dijangkau, berada tepat di jalur utama Jombang-Mojokerto atau tepat di depan Terminal Jombang.

Wisata Tirta Keplaksari, sayang gak dimaksimalkan seperti RTH Keplaksari ya?





16 komentar:

  1. bagus tempatnya. jadi pengen berkunjung kesana. kpan2 mungkin kesana bersama keluarga. makasih infonya..
    salam blogger
    sukses selalu.

    BalasHapus
  2. Ampun jangan dikeplak saya mba,hehehe.
    Namanya lucu gitu mba. Keplaksari...
    Semakin banyak RTH di sebuah kota akan semakin baik.

    BalasHapus
  3. Aiiihh kece ya mbak. Ini model ecopark di Ancol kayanya sih.btw, masaknya bayar ga?

    BalasHapus
  4. Masuknya maksudku, maaf typo

    BalasHapus
  5. Wih tamannya keceee. Semoga bisa ke taman ini. :D BTW udah pernah ke Alun-Alun Batu kah?

    BalasHapus
  6. tamannya keren banget, sayang jauhhhh ;p

    BalasHapus
  7. RTH Keplasarinya baguss mbak, dibandingkan di...
    Nyaman utk keluarga

    BalasHapus
  8. da aku mah ke jombang cuma lewat doang gak tau ada yang beginian
    mer dikau masih folo seseakun LT nggak sih? kapan itu pernah aku lihat postingmu diaplod disitu. nantilah aku bahas di blogpos hehe

    BalasHapus
  9. waah aku paling suka safa foto nya suami mbak sama anaknya mbak meriska yang ada di taman bunga bunganya itu, *duh bingung jelasinnya*
    Pokoknya foto no 8 dari bawah hehehee

    BalasHapus
  10. Cakeppp kok merrr
    Kameranya yang kejauhan ihik

    Sayang banget ya kepatuhan untuk merokok masi kurang diperhatikan

    BalasHapus
  11. Wah enak banget tempatnya kalau saja dekat dengan jarak rumahku mau tiap sore minggu datang kesana buat OOTD foto hahaha.

    BalasHapus
  12. tempatnya bagus banget Mba, suka sama bunga-bunganya yang cantik :)

    baru pertama kali kesini,
    salam kenal yah :)

    BalasHapus
  13. ihhhh patung2nya lucuk, dibuat dari ban bekas gitu yaa.. sepi ya mbak tapi.. cuma aku pribadi sih suka ama taman yg sepi gini... enak utk nulis, utk jogging :)..

    BalasHapus
  14. sepertinya luas areanya....dan lengang..sehingga utk bersantai lebih nyaman disana//

    BalasHapus
  15. bagus taman seperti itu lebih nyaman

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)