Rabu, 11 November 2015

Wisata Rambut Monte dan Bendungan Sumberdandang Blitar

Assalamu'alaikum,


Wisata rambut monte adalah salah satu objek wisata di kabupaten Blitar yang cukup hip saat ini. Di musim instagram ini kayaknya emang segala tempat yang bisa buat foto-foto langsung jadi rame pengunjung ya. Berterimakasihlah wahai para pengelola tempat wisata pada sosial media bernama instagram.





Sebenarnya wisata rambut monte ini sudah cukup lama keberadaannya, bahkan wisata ini termasuk salah satu situs sejarah. Walau begitu saya yang kelahiran Blitar dan masih punya banyak keluarga yang tinggal di Blitar, bahkan sering bolak balik ke Blitar ini malah baru sempat ke rambut monte baru-baru ini, kemana ajeee?


Lokasi rambut monte berada di desa krisik, di dekat jalur utama Blitar-Batu. Dari jalan raya jaraknya cuma satu kilometer saja, jalannya juga sudah bagus. Selain itu lokasinya juga gak terlalu jauh dari bendungan selorejo. Enaknya lagi sekarang sudah banyak papan petunjuk menuju rambut monte ini, duluuu saya hampir pernah mau ke sini tapi papan petunjuknya hampir gak ada, alhasil nyasar dan putar balik deh.


Mendengar rambut monte, hal pertama yang terlintas di benak saya adalah patung batu yang memiliki rambut panjang, berantakan, dan berwarna pirang seperti rambut jagung, yah kaya patung di Bali gitu, ternyata saya salah, rambut monte adalah sebuah situs sejarah dimana terdapat sebuah candi kecil (beneran kecil banget) dan gak begitu terawat serta telaga/kolam alami yang terbentu dari mata air.




Daya tarik utama rambut monte ini memang telaganya tersebut, bentuknya sih seperti telaga biasa, bedanya ada satu titik di telaga tersebut yang airnya berwarna turquoise, sedangkan warna air di sekitarnya berwarna bening biasa, unik ya?


Di telaga ini juga ada ikan-ikan berukuran cukup besar berwarna abu-abu yang diyakini sebagai ikan keramat. Di satu sisi telaga, ada sebuah bangunan semacam gardu pandang dari beton yang dijadikan tempat favorit pengunjung untuk berfoto ria, dulunya bangunan ini berupa gubuk bambu/kayu yang menjorok ke telaga, namun karena mabruk sehingga diganti bangunan permanen. Sayangnya saya gak sempat foto di spot ini, karena kalah sama dua rombongan remaja yang gak selesai-selesai foto-fotonya, kalah narsis! Haha.



Dan memang gak ada yang bisa dilakukan di sini selain duduk-duduk memandangi telaga dan foto-foto. Di dekat telaga ada kolam yang kabarnya untuk kolam renang, tapi gak yakin ada yang mau renang di situ, kuotooor pol. Wisata rambut monte ini memang gak begitu terawat walau sudah ada biaya retribusi ketika masuk, atau memang sengaja dibiarkan alami?




Di dekat rambut monte, ada sebuah bendungan kecil yang airnya berasal dari mata air juga, bendungan sumber dandang.




Bendungan ini baru berumur dua tahun, dibangun di tahun 2013. Lokasinya sudah di luar wisata rambut monte tapi masih berdekatan. Bisa ditempuh dengan jalan kaki dari rambut monte, dan memang lebih mudah kalau lewat rambut monte ketimbang lewat jalan umum terutama waktu balik ke parkiran motor karena jalannya nanjak bianget, jauh pula atau mending naik kendaraan aja sekalian.




Di sekitar bendungan sumber dandang ada sawah yang asri dan sungai yang airnya super jernih, girang banget saya liat ada sungai yang bersih kaya gini, norak! Maklum aja ya, di malang pun sekarag udah susah cari sungai yang airnya gak butek apalagi gak ada sampahnya.




Kalau di rambut monte, air yang berwarna turquoise cuma di sisi tertentu aja, di bendungan sumberdandang ini airnya juga berwarna turquoise tapi rata di seluruh bagian bendungan. Ikannya juga buanyak dan airnya jernih banget.




Di sini kita bisa menyewa sepeda air dengan membayar 10ribu sepuasnya. Sambil main sepeda, bisa liat ikan-ikan berkeliaran di kolam. Udah sih gitu doank, paling habis itu foto-foto, haha.




Buat yang lewat jalur blitar-batu, kayaknya wajib banget deh ke rambut monte dan sumberdandang, mayan buat refresh pikiran dan dapet foto baru buat diupload ke instagram, haha #anakinstagramgariskeras


Rincian:
Tiket masuk rambut monte: 3000/orang
Parkir motor: 2000
Tiket masuk sumber dandang: gratis
Sewa sepeda air: 10000 sepuasnya

4 komentar:

  1. Wihhh bagus gitu telaganya ada sepeda airnya juga hmm liburan keluarga cocok nih (y)

    BalasHapus
  2. keren banget itu telaganya warnanya,,, ya tiketnya murah lagi, cuma bayar parkir doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mayan kan buat hunting foto, huehue

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)