Rabu, 30 September 2015

Silaturahmi sekaligus piknik asik



Assalamu'alaikum,

Hayoo siapa yang suka bete atau ngerasa boring kalau lagi mudik ke kampung atau sekedar silaturahmi ke sanak keluarga yang berada di kota kecil?


Pastinya saya bakal yang pertama tunjuk tangan kalau pertanyaan ini diajukan setahun yang lalu. Sebagai komunitas keluarga besar Indonesia alias punya banyak saudara yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, paling banyak sih di pulau jawa, jawa timur khususnya, secara tidak langsung mengharuskan saya untuk sesekali menyambangi sanak saudara saya tersebut.


Dan kewajiban bersilaturahmi, estafet dari satu kota ke kota lainnya, terutama saat lebaran tiba tersebut semakin bertambah ketika status saya berubah menjadi istri dari seseorang. Semakin besarlah keluarga saya, semakin banyak daftar saudara yang harus dikunjungi.


Rata-rata kota tujuan kami itu adalah kota kecil yang aman, damai, dan tentram (baca: sepi). Udah capek, harus menghadapi situasi yang akward karena gak terlalu deket sama keluarga jauh, gak ada hiburan di sekitar sana, dan berakhir dengan tidur seharian demi menghindari perbincangan yang krik krik krik, hahaha. Sungguh rutinitas yang membosankan.

Tapi itu duluuu, sekarang saya semangat banget kalau diajak ke luar kota. Mau kota besar atau kota kecil sama aja, sama-sama menyenangkannya. Sekarang ke luar kota artinya piknik ke tempat baru. Yeay!




Jadi sekarang, setiap mau pergi ke suatu kota, beberapa hari sebelumnya saya udah mencari tahu tempat yang mungkin bisa didatangi di kota tersebut melalui google maupun sosial media seperti instagram.


Biasanya setelah selesai membuat list tempat wisata di suatu kota, selanjutnya yang saya lakukan adalah googling informasi tentang tempat wisata tersebut secara lebih spesifik demi kemudahan menentukan prioritas tempat yang akan saya datangi.


Selain tempat wisata, saya juga membuat daftar kuliner khas di kota tersebut. Biasanya yang jadi prioritas adalah kuliner yang jarang bisa ditemui di kota lain.


Daftar tempat yang akan dikunjungi udah beres, selanjutnya adalah capture denah menuju lokasi, perlu banget bikin capture.an denah menuju lokasi untuk mengantisipasi minimnya koneksi internet sehingga google map atau aplikasi sejenis tidak bisa dijalankan. Maklum aja, biasanya di kota kecil signal full adalah suatu kemewahan, wkwk.


Karena tujuannya ke rumah keluarga jadi saya gak terlalu memusingkan mengenai kendaraan dan penginapan. Biasanya kalau cuma ke kota deket-deket Malang kita bawa kendaraan sendiri, kalau penginapan ya tinggal numpang di rumah keluarga atau langsung pulang ke Malang, hemaaat, wkwk.


Semua sudah well prepared, saatnya berangkat untuk silaturahmi sekaligus piknik eh lebih tepatnya piknik sekaligus silaturahmi ini mah, hahaha.


Jangan remehkan the power of piknik lho, terutama buat yang sudah berkeluarga. Mentang-mentang udah bisa ketemu tiap hari terus ngerasa gak perlu gitu piknik ke tempat baru. Piknik itu penting untuk merecharge hubungan sebelum jadi lowbat, hehe. Kalau di rumah acara kumpul keluarga kan terpecah dengan cucian piring, cucian baju, nyetrika, beresin rumah dsb.


Kalau pergi bersama keluar dari rumah, fokus kita cuma ke keluarga dan gadget. Gadgetnya buat foto-foto maksudnyaaah, bukan buat ngegame apalagi internetan. Makanya ke kota kecil aja yang signalnya susah, biar gak gatel ngutak atik hp mulu, hihihi.


Dan beberapa kota kecil yang sudah menjadi destinasi piknik saya antara lain.


1. Pasuruan, kampung halaman mertua. Di dekat kampung mertua ada danau yang cukup terkenal seantero Pasuruan, danau Ranu Grati, jadi pastinya ķita jalan-jalan ke situ donk. Selain itu kita juga mengunjungi kawasan kota lama di pusat kota pasuruan beserta pelabuhan ikannya. Gak nyangka lho kota sekecil Pasuruan punya kawasan bersejarah dengan bangunan-bangunan jaman kolonial Belanda yang masih sangat terawat.

Hasil silaturahmi sambil piknik ke Pasuruan


2.  Kediri, untuk menghadiri reuni keluarga ibu mertua. Ternyata Kediri memiliki kuliner legendaris yang cukup banyak dan yang wajib banget disambangi kalau ke Kediri adalah Wisata Gunung Kelud.

Salah satu destinasi wisata saat ke Kediri, wisata gunung kelud


3. Blitar, rumah nenek dari mama saya. Setelah bertahun-tahun bolak balik ke Blitar dan cuma tahu makam bung karno, candi penataran, dan istana gebang, saya baru tahu bahwa Blitar memiliki banyak potensi wisata. Dan sekarang daftar tempat wisata yang pernah saya kunjungi di Blitar pun bertambah, ada kampung Coklat, Rambut Monte, Bendungan Sumberdandang, serta museum omah djadoel.

Alternatif wisata di Blitar


4. Sidoarjo, sebenarnya ini adalah lokasi rumah yang baru saja kami beli, cuma memang belum kami tempati. Otomatis kami jadi harus lebih sering bolak balik Malang-Sidoarjo, sekalian aja jalan-jalan. So far saat perjalanan dari atau ke Sidoarjo, kami pernah mampir ke Taman dayu dan Kaliandra Sejati Eco Resort. Keduanya gak berlokasi di Sidoarjo sih, melainkan masih masuk wilayah kabupaten Pasuruan. Tapi lokasinya searah dengan jalan menuju Sidoarjo.

Mampir ke Kaliandra Sejati Eco Resort dalam perjalanan menuju Sidoarjo


5. Cilacap, adik suami bekerja di kota ini. Saat itu kami berkesempatan untuk mengunjungi pantai jalan kalimantan, pantai teluk penyu, benteng pendem, dan pelabuhan ikan Cilacap.

Wisata wajib saat ke Cilacap


Masih ada beberapa kota lagi yang pernah kami sambangi, kalau dibeberin semua bisa panjang urusannya ntar, hihihi. Lebih lengkapnya, boleh lho cek Blog atau instagram saya (modus).


Tentunya masih banyak lagi kota yang ingin kami jelajahi keindahannya, salah satunya adalah Bogor. Kota kecil yang berada di pinggiran Jakarta, yang menjadi destinasi favorit para warga Jakarta untuk berlibur.


Dan jika kami memiliki kesempatan untuk bisa liburan ke Bogor, pastinya hal pertama yang akan saya lakukan sama seperti di atas. Browsing, browsing, dan browsing. Mencari info sebanyak-banyaknya, supaya piknik ķe Bogor lebih asik.


Daftar tempat wisata yang ingin saya kunjungi antara lain, Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, little venice cipanas, taman bunga nusantara, puncak, pura parahyangan gunung salak, kampung budaya sunda, serta curug gentong.

Beberapa tempat wisata yang ada di Bogor (semua foto diambil dari instagram @explorebogor


Selain itu saya juga ingin mengunjungi kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia kayaknya IPB termasuk daftar kunjungan wajib kalau ke Bogor deh. Apalagi kabarnya kampus ini punya program agroedutourism untuk pengunjung umum.


Kampus IPB (sumber: http://keuangan.ipb.ac.id/new/images/stories/slideshow/DSC_5809.JPG)

Dan tak lupa tentunya saya ingin mencicipi kuliner legendaris Bogor yang sering berseliweran di TV. Roti unyil, asinan bogor, soto mie, toge goreng huaah lap iler.


Oh iya, saya juga mau belanja produk skincare karya anak IPB di Botani Square. Salah satu wishlist sejak masih bujang kalau ini.


Demi memperlancar rencana piknik ke Bogor, saya juga bakal browsing tentang persewaan kendaraan murah di Bogor. Kalau soal penginapan, di padjadjaran suite hotel ajaaah, huehehehe.




Tulisan ini diikutsertakan dalam "lomba blog piknik itu penting"

7 komentar:

  1. yaampun itu gunung kelud bagus banget ya pemandangannya. subhanallah. Moga suatu saat bisa kesana :DDD

    BalasHapus
  2. Setuju sekali....sambil menyelam minum air. Sambil silaturahmi bisa berwisata.

    BalasHapus
  3. Setuju sekali....sambil menyelam minum air. Sambil silaturahmi bisa berwisata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, sambil berwisata terus bisa foto2 terus upload deh di instagram, kekeke

      Hapus
  4. Ceritanya seru. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam lomba. Maaf, pengumuman ditunda tgl 20 Oktober 2015. Goodluck.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)