Selasa, 08 September 2015

Review penginapan murah dekat keraton di Jogja: Rumah Panjaitan

Assalamu'alaikum,


Saat menginap di jogja kapan hari yang mana saat itu adalah peak season karena libur panjang sehingga berdasarkan pertimbangan lokasi dan harga (teteuup), kita pun memesan penginapan rumah panjaitan, lewat booking.com.


Rumah panjaitan ini berada di jalan DI Panjaitan, cuma seperlemparan jari dari gerbang alun-alun kidul. Selain itu masih bertetangga dengan jalan prawirotaman yang disebut-sebut sebagai kampung turis di Jogja.


Penginapan ini terletak persis di pinggir jalan raya, mengingat lokasinya yang strategis
dan mudah dijangkau harusnya mudah menemukan rumah panjaitan. Tapi pada kenyataannya kita harus kelolosan sampai kampung-kampung dan bolak balik menyusuri jalan panjaitan saat mencari Rumah Panjaitan ini.


Meskipun namanya rumah panjaitan, pada kenyataannya bangunan penginapan ini gak berbentuk rumah melainkan ruko satu lantai. Jadi bagian depan bangunan digunakan untuk toko furniture sedangkan bagian belakang baru deh kelihatan "rumah"nya. Selain itu di depan bangunan tidak ada papan nama penginapan ini jadi agak menyulitkan kita buat mencari keberadaan penginapan ini.


Untuk menginap di rumah panjaitan, kita cukup merogoh kocek sebesar 240.000 saja. Fasilitas yang didapatkan berupa AC, wifi, kamar mandi dalam dengan shower air panas, dan dapur bersama yang bisa digunakan untuk memasak tapi bahan dari kita. Selain itu kita juga bisa membuat teh dan kopi sepuasnya. Untuk teh, kopi, dan gula sudah disediakan oleh pemilik penginapan.


Perlengkapan masak di dapur juga terbilang lengkap, mukai dari panci, teflon, magic com, sampai toaster, adaaa. Semua bebas digunakan dengan bertanggung jawab, alias setelah memakai peralatan masak wajib dicuci sendiri. Sistem di penginapan ini bikin berasa kaya di hostel-hostel di luar negeri yang sering saya baca dari blog traveller.


Yang saya suka dari rumah panjaitan adalah penginapannya sangat bersih dan terawat, kamarnya cuma 3 atau 4 gitu jadi berasa di rumah sendiri dan gak berisik, dan banyak perabot antiknya yang bikin berasa Jogja banget, hehe.


Meskipun tidak free breakfast, tapi di sekitar penginapam banyak penjual makanan murah. Kalau alergi makanan kaki lima, di sekitar penginapan juga banyak cafe dan resto makanan kok.


Last but not least, akses kemana-mana gampang. Deket dengan wilayah keraton, deket dengan sentra bakpia patok, deket dengan travel, dan menjadikan hubungan dengan pasangan semakin dekat (halah!)







Oh iya kalau booking penginapan ini secara online, sangat disarankan sering-sering cek email. Karena waktu itu pihak hotel mengirim email untuk membayar DP penginapan dan saya baru buka emaik dua jam sebelum batas akhir pembayaran. Untungnya sih karena dikelola secara pribadi, jadi pemilik hotel memaklumi.


2 komentar:

  1. keren nih penginapannya, sangat unik dan sepertinya nyaman. bisa jadi alternatif akomodasi ketika saya traveling ke Jogja.

    BalasHapus
  2. Boleh nih dicoba kl pas halan-halan ke joja😀

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)