Jumat, 18 September 2015

Perawatan saat hamil alif (terbukti aman)

Assalamu'alaikum,


Ini late post sih emang, tp ya pengen aja bikit post tentang kehamilan sampai post partum. Biar udah lewat sekarang sih masih lumayan inget, tapi udah mulai samar-samar. Harus segera dicatet sebelum amnesia, wkwk.


Baiklah, jadi saat hamil alif muka saya jadi gradakan parah. Kalau disentuh kuasar banget, udah kaya karpet mbrudul, wkwk.


Perawatan saya saat sebelum hamil hampir semua gak bisa digunakan lagi. Padahal waktu itu kulit saya lagi kinclong-kinclongnya karena sebelum nikah saya getol perawatan dan eksfoliasi dengan tretinoin 0,1 % sampai bikin ketagihan dan berlanjut sampai setelah nikah. Rasanya kalau lagi cuci muka dan gak ada kulit mati yang luruh itu gak manteb rasanya. Kulit saya sampai tipis dan sensitif tapi kinclong dan kinyis-kinyis.

masih belum tau kalau hamil, masih keliatan kinclong tapi udah mulai ditumbuhi jerawat


Lalu semua itu berubah ketika saya hamil,
jerawat batu bermunculan. Dan saya dengan terpaksa harus meninggalkan tretinoin karena tidak disarankan dipake oleh ibu hamil. Rasanya seperti kehilangan pegangan hidup, haha. Muka semakin kusam dan gradakan, tapi bingung kudu diapain, huhu.

Kusaaaammm

Abaikan kaki suami, ini udah foto paling keliatan jelas jerawatnnya, gak menemukan penampakan yg beneran jelas pas jerawat parah,, yaiyalah, males juga foto2 pamer jerawat

Btw, perawatan sehari-hari saya sebelum hamil saat itu antara lain, pixy express gentle cleanser yang anti acne, facial wash hadalabo yang tamagohada mild peeling (tuh ya udah pake tretinoin masih pake fw yang buat eksfoliasi pula), hadalabo lotion, sunscreen skin aqua dan tentunya tretinoin 0,1 % merk vitacid hampir tiap malam, ckck.


Cleanser pixy terpaksa saya tinggalkan karena sejak hamil baunya bikin muneg-muneg wong sebelum hamil aja baunya pixy ini juga rada bikin pusing.


Facial wash hadalabo tamagohada saya ganti dengan hadalabo gokujyun yang kemasan putih itu. Karena kandungan hadalabo tamagohada ada yang tidak disarankan untuk ibu hamil.


Vitacid jelas saya buang jauh-jauh dari pandangan, huhu. Yang tetep saya pakai ya cuma sunscreen skin aqua sama lotionnya hadalabo.


Selama 3 bulan hamil saya pasrah dengan kondisi muka saya yang memprihatinkan. Udah pakai masker anti acnenya sari ayu tapi gak ngefek. Mau facial juga gak berani.


Sampai akhirnya saya menemukan solusi untuk kulit muka saya ketika hamil. Hasil dari coba cobi aja sih sama melototin ingredients skin care di supermarket atau apotek kimia farma.


Saya pakai cleanser dari ovale kalau gak salah yang botol ijo, facial wash pake ph isohex, dan night creamnya pake glycore 10% yang dulu pernah saya banggakan, sama rutin scrubbing pake baking soda.


Btw produk ovale sama ph isohex ini gak cocok buat yang kulitnya tipis dan sensitif karena bakal bikin perih. Tapi karena sejak hamil, kulit muka tiba-tiba jadi badak banget. Jadi saya perlu produk yang agak harsh di kulit biar bisa memancing eksfoliasi, haha, teori bikinan sendiri.


Dan bener aja sejak ganti produk perawatan itu, muka saya sedikit demi sedikit tereksfoliasi, jerawat-jerawat mengecil, noda jerawat yang bandel agak pudar. Tapi eksfoliasinya ya gak heboh kaya kalau pake treti, tapi mayanlah, muka saya kalau yang dipegang kasar banget jadi agak halusan.


Tapi ngembaliin kulit yang gradakan ke halus dan flawless lagi itu butuh proses yang luama. Sampai lahiran juga noda-noda di wajah sulit hilangnya. Setidaknya itu udah much better timbang awal hamil yang iiih gak bianget lah.

Hamil 6 bulan, no make up no filter,, masih pake BB cyiiin

Hamil 5 bulan, itu noda jerawat sumpah buandel banget, gak ilang-ilang, hih! Tp udah mulai narsis lagi, selfie teruuus,, wkwk

Hamil 7 bulan, noda jerawat masih nangkring dg indh tapi udah bisa disamarkan pake make up



Di akhir kehamilan saya ganti facial wash pake himalaya yang neem, dan ternyata oke juga buat bumil. Gak bikin jerawat dan komedo. Karena Ph isohex penampakannya cair banget, boros, jadi ya cari alternatif yang lebih hemat. Sampai sekarang pun masih pake himalaya facial wash, udah sempet berpaling ke produk lain tapi tetep balikan lagi ke himalaya.


Dan semua produk yang saya pakai udah saya buktikan sendiri kalau aman untuk ibu hamil, buktinya alif lahir dengan sehat wal afiat normal tanpa kurang suatu apa pun, yaah agak pesek sih, nurun emaknya, haha.


Tapi tetep yaaa, habis lahiran langsung pake tretinoin 0,1 %, haha. Sekarang sih udah males pake treti, paling seminggu atau dua minggu sekali kalau muka mulai kusam. Rencananya pengen ganti treti dengan glycore aja yang lebih mild.


Dan ternyata ya, sekarang walaupun gak rutin pake treti tapi komedo saya gak separah waktu hamil. Kirain dulu wajah jadi gradakan karena stop pake treti ternyata emang bawaan hamil. Berarti terbukti tretinoin gak bikin ketergantungan, di sayaaa khususnya!

Me now! Noda jerawat ya teteup, jerawatan ya teteup tapi udah gak pernah separah waktu awal hamil dulu
Btw, pengennya sih upload foto produk yg saya pakai waktu hamil tapi gimana lagi udah gak make itu produk lagi, hehe. Jadi maafkan ya kalau post ini jadi ajang narsis, wkwk.

3 komentar:

  1. Waaah makasii mbaa.. Membantu bgt review nyaa.. Ini ak lg hamil, dan bingung bangett mau pake produk apa aja biar ttp kece.. Hehe brrti skin aqua aman yaa utk bumil mb? Makasihh��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aman kok, udah pake bertahun-tahun, :D

      Hapus
  2. Asyiikk ada referensi nih
    Jadi biar lagi hamil (waktu itu) tetep clink ya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)