Selasa, 08 September 2015

Alternatif wisata malam di Jogja: Museum De Arca

Assalamu'alaikum,

De arca adalah salah satu tempat wisata yang kita kunjungi di jogja kapan hari itu. Tempat wisata ini masih terbilang baru, saya aja baru tau waktu sedang googling museum 3d trick eye de mata yang lebih dulu ada. Lokasinya juga saling berdekatan masih satu kompleks bahkan sebrang-sebrangan. Tepatnya di XT Square jalan veteran, semacam one stop service centre gitu.


Isi museum de arca ini adalah patung replika dari tokoh-tokoh dunia, konsepnya mirip sama madam tussaud itu kali ya. Bangunannya cuma berupa satu ruangan yang cukup luas di sudut kompleks pertokoan XT Square. Ruangan ini terbagi menjadi 3 bagian, bagian depan, tengah, dan belakang.


Bagian depan terbagi menjadi dua, bagian depan yang pertama berisi pahlawan nasional indonesia sedangkan bagian depan yang kedua berisi pemimpin-pemimpin dunia.







Bagian tengah museum de arca adalah ruangan yang paling kecil, isinya adalah patung superhero yang didominasi oleh tokoh keluaran marvel lengkap dengan replika gedung-gedung pencakar langitnya. Bagian ini menurut saya bagian yang penggarapannya gak maksimal, lebih mirip gudang karena ruangannya agak gelap.




Bagian terakhir alias bagian paling belakang dari de arca berisi replika tokoh dengan latar belakang berbeda-beda. Mulai dari pesepakbola, artis, ilmuwan sampai tokoh-tokoh agama. 









Mungkin tema dari bagian ini adalah tokoh terkenal dunia, heheh. Bagian terakhir ini adalah bagian yang interior dan tata cahayanya paling bagus, berasa lagi di gedung nikahan mewah.





Tiket masuk de arca adalah 50.000 per orang. Menurut saya gak worth it, mengingat patung-patung replika yang disuguhkan gak begitu banyak dan gak mirip sama tokoh aslinya. Padahal tiket de mata aja yang koleksi lukisannya lebih banyak cuma 35.000 saja.


Kelebihan de arca ini adalah salah satu tempat wisata yang buka sampai malam, kalau gak salah sampai jam 21.30 wib. Waktu itu kita datang 15 menit sebelum tutup, dan kita cukup membayar 35.000 saja. Entah karena lagi promo atau karena mepet jam tutup, jadi gak rugi-rugi banget. Waktu 15 menit buat berkeliling di de arca ternyata sudah lebih dari cukup buat kita, saking masih sedikitnya koleksi patungnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)