Selasa, 22 Maret 2011

World Water Day... Aku sangat membutuhkan air, bagaimana dengan kamu??

yupz, 22 Maret adalah hari air sedunia.. di setiap tanggal itu jurusanku selalu mengadakan aksi damai dengan cara long march sembari meneriakkan imbauan untuk peduli terhadap keberadaan air di dunia. tidak hanya itu di tanggal-tanggal berikutnya ada beberapa event lagi yang ditujukan untuk memperingati hari air sedunia tersebut, seperti acara reboisasi, bersih-bersih brantas, indie movie fest, seminar nasional, festival musik, macem-macemlah tergantung kebijakan panitia penyelenggara mau ngadain apa aja.

Selain itu juga setiap empat tahun sekali jurusanku mengadakan event besar bernama Pekan DAS Brantas. Isi acaranya hampir mirip sama Water Day tapi lebih banyak dan skalanya lebih besar. dan yang membedakan lagi di PDB, puncak acaranya adalah penulusuran DAS Brantas yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Disitu kita diajak untuk mengenal kondisi DAS Brantas dari hulu ke hilir. jadi hari pertama seluruh peserta dan panitia diberangkatkan menuju coban talun Batu, kita nginep disana, besok paginya setelah acara reboisasi, peserta jalan kaki dari coban talun menuju universitas Brawijaya. kalo gak salah sih jaraknya sekitar 40 km.

Bangga donk punya jurusan yang peduli terhadap kondisi lingkungan di sekitar. Imbasnya kerasa banget kok, dulu sebelum kuliah, tanggal 22 Maret ya sama aja kaya tanggal-tanggal lainnya. setelah masuk kuliah, mau ikut aksi damai bayangannya malu banget teriak-teriak bawa spanduk. terus pas long march, yang laen nyanyiin yel-yel aku dengerin musik pake headset, ada yang orasi aku ketawa-ketawa ngobrol ma yang laen. Btw aksi damai pertamaku waktu itu kita long march dari stadion Gajayana sampe alun-alun malang, terus muterin alun-alun dulu sampai akhirnya berhenti di satu sisi alun-alun, dengerin beberapa orang orasi.

Aksi damai kedua, jalan dari himpunan sampai gerbang utama universitas Brawijaya. biarpun lokasinya cuma di sekitaran kampus, tapi kali ini lebih semangat lagi nyanyiin yel-yelnya. cuma gara-gara berangkatnya kesiangan, panasnya itu lho ga tahan, selain itu peralatannya juga kurang memadai, jadi gak antusias ngikutin acaranya.

Aksi damai ketiga, Hari ini. paling oke nih kayaknya, cuaca malang lagi agak mendung, jadi gak panas. kita jalan dari stadion gajayana sampai bunderan Tugu dan berhenti di depan kantor DPR n Walikota Malang. kalo biasanya pesertanya dari anak-anak jurusan sendiri, kali ini jurusan laen juga ikutan. kali ini aku bener-bener ngikutin acaranya, semangat nyanyiin yel-yelnya, dengerin setiap orang yang lagi orasi. ditambah sebuah perenungan dan kesadaran pentingnya air untuk hidup kita. semoga apa yang kita lakukan, berimbas baik buat semuanya.

ini nih beberapa dokumentasi saat kita aksi damai tahun sebelumnya.. *tahun ini belum dapet foto-fotonya* hhe







ada beberapa kalimat bagus yg aku dapet dari aksi damai ini..
* wariskan mata air untuk anak cucu kita, bukan air mata
* Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, telah meninggal dunia kebebasan atas penggunaan air
* tanggal 22 maret adalah hari air sedunia, tapi jangan ucapkan selamat karena air di dunia belum selamat..
* jangan biarkan anak cucu kita meminum air kencingnya sendiri
* Ketika pohon terakhir telah ditebang, ketika ikan terakhir tlah mati, ketika sungai terakhir tlah tercemar.. barulah manusia akan sadar bahwa manusia tidak bisa memakan uang...

DEMOKRASI ATAS AIR
1. AIR adalah anugrah Tuhan bukan didapat dari pabrik..
2. AIR sangat vital bagi kehidupan, tak ada berarti MATI
3. AIR dan kehidupan sangat terkait  
4. AIR harus gratis untuk urusan pangan
5. AIR itu terbatas dan bisa "HABIS"
6. AIR harus dilindungi
7. AIR adalah milik umum
8. tak seorang pun berhak merusak AIR
9. AIR tidak bisa diganti

SELAMAT HARI AIR SEDUNIA, yuk SELAMATKAN AIR YANG ADA DI DUNIA..!! ^^

1 komentar:

  1. nice posting..saya juga butuh air...
    salam blogging..ijin follow..foback yah

    http://www.youtube.com/watch?v=Yfl_lCPINwA

    http://www.youtube.com/watch?v=8OZF_N882qE

    (fans berat peterpan)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)