Kamis, 20 April 2023

Rekomendasi Sunscreen Murah untuk Olahraga Outdoor

Kabarnya belakangan ini matahari jauh lebih panas daripada biasanya karena posisi sinar Matahari sedang lebih optimum ke wilayah Indonesia. Selain itu, indeks ultraviolet mencapai puncaknya pada siang hari. Nahloh, gimana tuh kabarnya yang suka olahraga outdoor?

Ngomongin olahraga outdoor, saya pernah ikut kelas Pound di Surabaya yang mana venuenya berada di area terbuka dan dimulai sekitar pukul 9 pagi kurang dikit karena acaranya molor. Olahraga outdoor Jam 9 untuk ukuran Surabaya itu udah siang banget. Matahari udah terik dan panasnya bikin pengen ngajak gelut.

Sepanjang kelas banyak peserta yang gak kuat dan mengeluh kepanasan termasuk saya. Kulit sampai kerasa cekit-cekit karena mataharinya nyentrong banget. Alhamdulillah, kulit saya gak sampai gosong karena saya gak lupa pakai sunscreen di seluruh tubuh.

Sunscreen yang saya pakai harganya sangat terjangkau, tapi kualitasnya oke. Dan yang paling penting gak perih di mata kalau kena keringat saat berolahraga. Berikut review singkat beberapa sunscreen yang selalu saya pakai untuk olahraga.


Skin Aqua Tone Up UV Essence



Ada 2 varian Skin Aqua Tone Up UV Essence yaitu warna ungu untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, sedangkan yang hijau untuk menyamarkan kemerahan dan bekas jerawat pada kulit wajah. Keduanya mengandung SPF 50+ dan PA++++ seerta  tidak ada alkohol dan fragrance dalam komposisinya. Harganya sekitar Rp 40 ribuan aja.

Varian yang saya pakai adalah Skin Aqua Tone Up UV Essence botol ungu karena lebih banyak direview timbang yang warna hijau. Selain itu, kulit wajah saya sedang minim bekas jerawat.

Awalnya saya gak begitu suka dengan sunscreen ini karena teksturnya cenderung padat dan butuh waktu untuk meratakan ke kulit. Tapi makin lama malah jadi suka karena hasil tone up effectnya terlihat cukup natural di wajah saya. Seringkali saat olahraga saya hanya memakai sunscreen tanpa dilayer complexion lagi dan Skin Aqua Tone Up UV Essence sukses membuat wajah saya terlihat lebih cerah meskipun gak pakai bedak dan semacamnya.

Tapiii, sunscreen ini tidak cocok bagi yang warna kulitnya medium ke gelap karena akan membuat wajah jadi abu-abu. Kulit bertekstur kasar juga tidak saya sarankan karena sisa sunscreen akan menempel di lapisan kulit, bikin wajah ada putih-putihnya.

Saya pernah mencoba mengaplikasikan sunscreen ini ke wajah Pak Suami yang berkulit medium dan hasilnya selain abu-abu, residu sunscreen juga banyak yang nyangkut di area jenggot dan di bopeng bekas jerawatnya


Marina UV White Extra SPF 30 Anti Polution

Karena sering ikut kelas olahraga outdoor, jadi saya merasa butuh lotion tubuh yang mengandung SPF juga. Dan ternyata lotion yang mengandung SPF sekarang tuh mulai jarang ditemukan karena yang lagi trend adalah lotion untuk brightening. Paling banter cuma mengandung UV filter yang gak tau berapa SPF-nya. Akhirnya saya pun mencoba lotion Marina karena teracuni oleh review di twitter.

Harganya sangat terjangkau, gak sampai Rp 10 ribu untuk ukuran 92 ml. Teksturnya thick banget sampai butuh tenaga untuk mengeluarkan lotion dari kemasannya. Selain itu juga butuh waktu untuk meratakannya ke kulit. Untungnya lotion ini gak lengket saat kena air tapi kalau kena keringat di cuaca yang panas, sedikit terasa pengap terutama di area yang tertutup pakaian.

Hal yang saya sukai dari lotion ini adalah aromanya, wangi buah yang segar, asam, manis, dan creamy. Memang saya lihat di kandungannya terdapat yogurt dan acai berry. Selain itu, aromanya juga cukup tahan lama. Sepertinya Marina UV White Extra SPF 30 ini yang teksturnya paling kental dan aromanya paling tahan lama dibanding varian lotion Marina lainnya.


Sebamed Lip Defense Care Stick


Gak cuma wajah dan badan yang perlu sunscreen, tapi area bibir juga donk. Dan lagi-lagi saya teracuni oleh review di twitter. Karena banyak yang merekomendasikan Sebamed Lip Defense Care Stick, akhirnya saya penasaran pengen cobain juga.

Harganya sekitar Rp 50 ribuan untuk ukuran 4,8 gram. Ada beberapa varian yaitu Strawberry, Cherry, dan Original. Sebenarnya saya pengen coba yang Strawberry atau Cherry, tapi waktu itu kehabisan sehingga saya beli yang original.

Sebamed Lip Defense mengandung SPF 30 dengan vitamin E dan essential oils yang cocok untuk bibir sensitif.

Saya suka sekali dengan teksturnya ketika diaplikasikan ke bibir, melembabkannya pas, gak greasy, dan gak bikin bibir kayak abis makan gorengan. Sampai beberapa lama, efek lembabnya masih berasa meskipun sudah dilayer menggunakan lipcream.

Di sosial media seringkali terjadi perdebatan berapa banyak sunscreen yang harus digunakan. Ada yang bilang 2 jari atau 1,25 ml untuk wajah dan leher, tapi ada juga yang secukupnya karena gak nyaman dengan efek greasy sunscreen serta supaya lebih hemat.

Kalau saya sendiri tim 2 jari biar yakin kalau seluruh wajah benar-benar terproteksi. Dulu pernah pakai sunscreen secukupnya, efeknya muncul flek hitam di bagian yang cuma kebagian sunscreen sedikit. Tapi yang paling penting adalah jangan lupa untuk re-apply sunscreen. Teman-teman, termasuk tim apa, nih? Pakai secukupnya atau tim 2 jari?

2 komentar:

  1. 2 jari doooong 😄😄. Walopun aku termasuk telat sih rutin pakai susncreen. Padahal kebiasaan make skincare udh sejak SMP. Tapi Krn zaman dulu susncreen ga seviral sekarang, jadi baru pAke pas udah kerja mba. Makanya di kulitku masih keliatan dark spot, walonudh agak memudar sejak benerin cara skincare termasuk susncreen

    BalasHapus
  2. Yang lotion Marina ini bisa buat anak2 gak ya, Mba haha ... lagi nyari jg sih yg bisa awet kalo buat renang hihi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p