Jumat, 21 April 2023

Olahraga Terus, Udah Turun Berapa Kilo?


Pertanyaan paling sering mampir selama kurang lebih 4 bulan saya rutin berolahraga adalah berat badan udah turun berapa kilo?

Jangankan 4 bulan, belum genap sebulan saya berolahraga aja udah ada beberapa yang tanya soal berat badan, zzz. Selow donk, Bos! Tadinya yang mau menjalani dengan santai dan gak buru-buru ngejar target, karena bolak-balik pada nanya hal yang sama jadi kepikiran juga karena merasa kok gak ada perubahan.

Jujur, saya muales banget mau jawabnya. Bukannya gak mau kasi tau tapi karena dari awal olahraga saya tuh gak pakai liat timbangan dulu soalnya timbangannya rusak sampai sekarang belum beli. Jadi gak tau juga udah turun berapa kilo. Tapi kalau ditanya progress selama berolahraga, jawabannya banyak sekali. Apa aja progressnya?

Pertama dari segi ukuran, nih, lingkar perut saya berkurang 4 cm dari 100 cm jadi 96 cm. Iya! Segede itu saya sekarang sampai baju over size pun udah gak menolong untuk menyembunyikan lemak di tubuh. Saya juga udah masuk kategori obesitas karena perut buncit ini.

Sebenarnya beberapa minggu sebelum mulai berolahraga, saya sempat melihat timbangan di rumah kakak ipar, dan selama olahraga ini juga sempat numpang ngecek lagi di rumahnya. Hasilnya sih kayaknya berat badan masih pingpong, naik turun. Dari yang awalnya 68 kg turun ke 67 naik lagi ke 68 turun ke 66 kg.

Saya gak mau ambil pusing soal ukuran badan yang bisa dibilang lambat progressnya. Karena saya sadar kalau frekuensi olahraganya masih kurang, paling sering cuma seminggu sekali dan pola makan serta tidur juga belum teratur. Gak apa-apa, pelan-pelan aja yang penting konsisten *menghibur diri*

Selain progress di ukuran badan, yang paling kerasa adalah soal kesehatan. Saya merasa jadi lebih fit setelah rutin berolahraga. Sebelumnya hampir tiap bulan saya jatuh sakit sampai pernah gak bisa bangun beberapa hari. Sekarang, alhamdulillah banget udah jarang sakit.

Setelah drama sakit-sakitan, rambut saya jadi rontok banget kayak abis melahirkan dulu. Alhamdulillah lagi, sekarang rontoknya sudah jauh berkurang.

Ternyata bener yang dibilang orang-orang kalau olahraga itu juga bisa jadi penghilang stres. Saya yang sering overthinking, sejak berolahraga jadi lebih relaks. Mungkin karena tidur juga jadi lebih teratur, frekuensi begadang lebih berkurang. Kalau insomnia kumat, kebiasaan overthinking saya juga ikut kumat. Nah, kalau dipakai olahraga sampai rumah capek dan ngantuk, terus tidur deh dengan nyenyak.

Saya percaya olahraga itu gak melulu soal perubahan ukuran badan tapi juga membentuk kebiasaan baru sehingga gak cuma untuk sebulan dua bulan tapi kalau bisa seterusnya sampai tua. Makanya saya mau melakukan olahraga dengan fun tanpa beban supaya bisa konsisten terus. Doain yaa, semoga saya bisa istiqomah dan mendapat progress yang lebih baik.

2 komentar:

  1. Yang paling kerasa itu badan jadi nggak gampang capek ya, Mba.... saking gak pernah capek aku kemarin sampe kolaps buakakaka.
    Dan emang paling aneh kqlo kitanya rajin olahraga, pas ketemu sm temen dikomen "Prasaan udah rajin olahraganya, BBnya segitu² aja." Wkwkwkwk pengen tk toyor pake stik golep *eh :(((((

    BalasHapus
  2. memang konsekuensi kalau sering update di medsos ya gitu Mer... orang sering gak urus progress, lebih urusin hasilnya. beda sama update di blog, yang kepo hasil lebih minim.
    olahraga gabisa bikin turun BB banyak tapi makin sehat dan lingkar badan berkurang sih dah jelas :D
    selama hampir 2 tahun ini aku olahraga tiap hari, kalau lihat timbangan ya stress tapi kalau ukur lingkar badan dan nyadar baju turun size sih udahan lagi stressnya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p