Minggu, 16 April 2023

Biar Gak Bau Badan Saat Olahraga


Katanya seseorang gak bisa mencium aroma badannya sendiri karena hidungnya udah kebal saking seringnya nyium aroma yang sama tiap hari. Oleh karena itu saya suka waswas kalau ketemu orang, takut bau badan tapi saya gak sadar.

Apalagi saat berolahraga di mana keringat lagi banjir-banjirnya, takut mengganggu peserta lainnya dengan bau badan gak sedap. Pernah waktu ikut suatu kelas olahraga, saya mencium bau keringat yang sangat mengganggu sampai akhirnya saya pindah posisi.

Makanya kalau mau olahraga, saya lebih fokus ke bodycare daripada make up. Make up tipis aja, yang penting alis gak botak dan gincu on point. Terbukti sih, sejauh ini bisa menangkal bau badan. Untuk membuktikannya saya sampai suka nyiumin baju yang dipakai setelah olahraga dan beneran gak bau.

Berikut, tip supaya gak bau badan saat berolahraga ala saya.


Mandi


Banyak orang yang kalau olahraga gak pakai mandi dulu dengan maksud nanti kan keringetan, jadi mandinya setelah olahraga aja. Yaa, kalau olahraga sendirian kayak lari, jalan santai, atau sepedahan sih gak apa-apa. Tapi kalau olahraga yang harus berkerumun dengan peserta lain, saya sih wajib mandi biar kumannya kabur. Karena salah satu penyebab bau badan itu ya dari kuman dan bakteri.


Pakai Deodorant/Anti Prespirant


Konon salah satu sumber bau badan itu berasal dari ketiak yang berkeringat sehingga deodorant dipercaya dapat menguranginya.

Selain deodorant, ada juga anti prespirant yang gak cuma mengurangi bau tapi juga bisa menekan produksi keringat. Beberapa orang juga ada yang menggunakan exfoliating toner, glycolic acid, dan tawas.

Saya sendiri pakai deodorant aja sudah cukup karena memang bukan tipikal yang keringatnya berlebih. Sejauh ini paling cocok dengan Rexona Deo Lotion yang berbentuk cream dalam sachet. Murah meriah dan ampuh untuk mengurangi bau ketiak.

Sebelumnya pernah coba Lady Speed Stick Anti Prespirant, aromanya enak banget dan tahan lama. Selain itu beneran ampuh mengurangi bau ketiak dan produksi keringat. Tapi entah kenapa, makin lama tiap pakai produk ini ketiak saya jadi terasa nyeri. Mungkin udah kelamaan dipakai dan melewati masa PAO. (soalnya gak habis-habis, sih).

Saya juga pernah mencoba pakai exfoliating toner dan ampuh bikin ketiak saya gak bau sama sekali sampai beberapa hari. Tapi sama seperti Lady Speed Stick, setelahnya ketiak saya malah terasa nyeri.


Pakai Body Lotion di Seluruh Tubuh


Gara-gara lihat rangkaian body carenya beberapa selebgram, saya jadi tergerak untuk rajin pakai body lotion. Awalnya cuma biar badan wangi aja, eh ternyata bisa bikin keringat gak bau juga.

Kalau olahraga, saya gak pernah skip lotion terutama di area punggung badan. Menurut saya selain ketiak, keringat di area punggung itu juga yang berpengaruh bikin bau badan. Coba deh berdiri di belakang orang yang berkeringat, biasanya kecium aroma asem dari sekitar punggungnya. Mungkin karena area punggung itu luas ya, jadi penguapannya lebih besar (teori sotoy).

Biasanya saya selalu pakai lotion yang banyak di area punggung dan saya ratakan seadanya aja. Ntar lama-lama juga menyerap sendiri.

Dari beberapa lotion yang saya coba, paling suka dengan Love Beauty & Planet Muru-muru Butter and Rose (warna pink) dan Coconut Water and Mimosa Flower (warna biru). Aromanya enak dan tahan lama. Versi yang lebih terjangkaunya ada Vaseline Aloe Soothe (warna hijau) dan Marina Kakadu-C. Keduanya tipikal lotion dengan aroma segar dan tekstur cair yang cepat meresap. Cuma aromanya cepat menguap tapi tetap bisa bikin keringat gak bau kok.


Semprot Parfum di Badan dan Baju


Gak bau badan aja gak cukup buat saya, pengennya bisa wangi juga kayak Cici-cici cetar di Pakuwon Mall. Cuma karena terdapat ketimpangan sosial dalam isi dompet, jadi ya saat ini mampunya beli parfum lokal, gak bisa menyamai parfumnya Cici-cici yang jutaan. Gak apa-apa, parfum lokal sekarang juga udah bagus-bagus.

Parfum lokal favorit saya saat ini adalah Mykonos, Saff n Co, Onix, dan HMNS. Dari segi harga terbilang terjangkau, aromanya enak-enak, sudah BPOM, dan tahan lama.

Terinspirasi dari Mamah Gigi, selain semprot di kulit, saya juga suka semprot parfum di baju dan hijab secara barbarly biar aromanya awet. Dan emang bener, sampai selesai olahraga di baju yang tercium aroma parfum bukan keringat.

Supaya gak pusing, saya selalu pilih parfum dengan aroma segar untuk berolahraga. Pernah waktu ikut kelas olahraga, saya mencium parfum dengan aroma gourmand yang manis dan hangat. Aslinya sih aromanya enak, tapi tercampur dengan aroma keringat dan panas tubuh jadi bikin pusing dan terkesan pliket, padahal bukan saya yang pakai, heuheu.

Selain menggunakan produk penangkal bau badan, pemilihan baju juga katanya berpengaruh. Ada beberapa bahan baju yang kalau kena keringat menjadi gampang berbau khususnya bahan-bahan yang panas seperti Baby Terry, Crinkle, dan lain-lain. Pilih baju olahraga yang menyerap keringat seperti cotton combed, cotton rayon, atau dry fit.





1 komentar:

  1. Bener mba, akupun kalo olahraga fokus ke body care drpd makeup. Soalnya kalo udh workout berat, kan pasti keringetan termasuk area muka. Mau make up nya waterproof sekalipun, anti keringet, ttp aja jadi lusuh kalo udh banjir keringet 🤣. Malah kdg pedih di mata kalo sampe masuk.

    Makanya mending fokus pAke body care yg bisa bikin ga bau badan

    Aku pAke parfum dari dulu juga selalu di badan dan baju, biar makin awet wanginya 😄

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p