Selasa, 02 Agustus 2022

Treatment Wajah di Rumah Ala Ibu Anak 3


Kapan terakhir kalinya teman-teman melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan?

Kalau saya terakhir melakukan perawatan udah lama banget, tepatnya sebelum pandemi. Selama pandemi benar-benar mengurangi kegiatan yang harus berinteraksi dengan orang di luar rumah. Setelah lebih dari 2 tahun pandemi berlangsung dan kasus sudah menurun, malah gak sempat juga untuk ke klinik. Masih sibuk dengan urusan domestik dan anak ke 3 yang usianya belum genap 2 tahun.

Meski begitu, untuk menggantikan perawatan di klinik yang tak sempat dilakukan, saya menggantinya dengan rutin menggunakan rangkaian skincare serta melakukan perawatan rutin secara berkala di rumah agar kulit wajah gak buluk-buluk amat.

Perawatan rutin ala saya sederhana aja kok, yaitu menggunakan masker 1 sampai 2 kali seminggu, tergantung kebutuhan. Yang penting selama pakai masker gak digangguin anak-anak, rasanya udah kayak treatment ke salon kecantikan, heuheu.

Ada 2 masker yang saat ini sedang rutin saya gunakan, keduanya dari Scarlett by Felicya Angelista yaitu Herbalism Mugwort Mask yang ditujukan untuk kulit berminyak, rentan berjerawat, serta sensitif, dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask yang ditujukan untuk jenis kulit normal, kering, serta kombinasi. Kedua masker ini termasuk dalam wash off mask di mana setelah pemakaian harus dibilas menggunakan air.

Selain sheet mask, wash off mask belakangan ini mulai ngetrend kembali di kalangan pecinta skincare. Nah, duo masker dari Scarlett ini termasuk yang booming dan mendapat banyak review positif. Oleh karena itu saya pun penasaran ingin mencobanya, ditambah harganya juga sangat terjangkau tepatnya Rp 75 ribu untuk ukuran 100 gram.

Berikut review lengkap Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask berdasarkan pengalaman saya pribadi. Sebagai catatan, saya memiliki jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat tapi pada kondisi tertentu kulit saya juga bisa terasa kering dan dehidrasi.


SCARLETT HERBALISM MUGWORT MASK

Kemasan

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dilengkapi dengan dusbox yang didominasi warna putih dan hijau dengan ilustrasi gambar daun Mugwort. Pada dusbox terdapat keterangan nomor BPOM, komposisi, cara pemakaian, serta manfaat dari komposisi utama masker. Selain itu terdapat stiker hologram serta barcode yang dapat digunakan untuk mengecek keaslian produk.

Kemasan maskernya sendiri berupa jar bulat terbuat dari plastik tebal yang kokoh dengan dua lapis tutup, yang pertama berupa tutup ulir berwarna putih sedangkan di lapis kedua adalah tutup putih tipis yang dapat dilepas pasang. Dan diantara 2 tutup jar tersebut, ada spatula yang dapat digunakan untuk mengambil masker agar kehigienisannya tetap terjaga.

Jar maskernya sendiri menurut saya agak bulky dan memakan tempat tapi poin plusnya, isi maskernya full memenuhi seluruh jar. Jadi memang wajar jika jar berukuran besar karena isi produknya pun banyak. Bukan tipu-tipu kemasannya terlihat besar tapi isinya kopong.


Komposisi

Sesuai dengan namanya, Mugwort Extract atau yang sering disebut Daun Baru Cina menjadi salah satu kandungan utama pada Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Sekilas daun Mugwort mirip dengan daun Kenikir tapi 2 tanaman ini sebenarnya adalah jenis yang berbeda. Daun Mugwort lebih lebar dengan tulang daun yang tidak terlihat sejelas Kenikir.

Pada produk perawatan kulit, Mugwort sendiri memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, serta anti bakteri yang dapat menghidrasi, menenangkan kulit, serta merawat kulit yang sedang berjerawat.

Selain Mugwort Extract, Scarlett Herbalism Mugwort Mask juga memiliki komposisi utama lainnya yang tidak kalah bermanfaat untuk kulit, antara lain.

  • Vitamin C, berfungsi untuk membantu menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan,
  • Glutathione and Niacinamide, untuk membantu menyamarkan noda pada kulit dan mencerahkan warna kulit,
  • Bamboo Charcoal, bermanfaat untuk membantu penyerapan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah,
  • Allantoin, berfungsi untuk menghidrasi kulit, membantu mempercepat penyembuhan luka, dan menghaluskan kulit.
  • Chlorophyllin, dapat merawat kulit berjerawat dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat,
  • Green Tea Powder, memiliki manfaat dapat mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.
Berikut komposisi lengkap dari Scarlett Herbalism Mugwort Mask.

Aqua, Magnesium Aluminium Silicate, Kaolin, Glycerin, Propanediol, Quartz, Niacinamide, Artemisia Vulgaris Extract, Acrylamide/Sodium Acryloyldimethylaurate Copolymer, Potassium Sorbate, Camellia Sinensis Leaf Powder, Xanthab Gum, Annona Cherimola Fruit Extract, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, C13-14 Isoparaffin, Dmdm Hydantoin, Prunus Armeniaca Seed Powder, Titanium Dioxide, Allantoin, Tocopherol, Laureth-7, Caprylhydroxamic Acid, Ascorbyl Glucoside, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid, Phenoxyethanol, Oleth-10, Polysorbate 60, Glutathione, Sodium Citrate, Aluminium Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Phenypropanol, Sodium Dehydroacetate, Simethicone, Citric Acid, Cl 75810.


Tekstur

Berbeda dengan clay mask pada umumnya yang teksturnya cenderung padat, Scarlett Herbalism Mugwort Mask memiliki tekstur seperti butter cream yang lembut dan halus tapi juga bukan yang cenderung cair seperti lotion. Karena teksturnya yang lembut tersebut sehingga masker ini sangat mudah dibaurkan ke seluruh wajah.

Terdapat butiran scrub pada masker tapi jumlahnya tidak terlalu banyak malah bisa dibilang sangat sedikit sehingga untuk yang berkulit sensitif tidak perlu kuatir masker ini akan mengiritasi kulit.

Awal diaplikasikan ke wajah, aroma kaolin atau Charcoal tercium cukup jelas di hidung saya. Akan tetapi setelah masker mengering, aromanya berganti menjadi aroma yang persis seperti Scarlett Acne Serum, seperti aroma herbal dan rempah tapi kurang familiar di hidung saya sehingga agak susah menjelaskan aromanya seperti apa, hehehe. Tapi tenang saja, aromanya tipis sekali sehingga gak mengganggu kok.


Kesan Pemakaian


Sebagai pemilik wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, clay mask menjadi masker favorit saya untuk membantu menyelesaikan permasalahan kulit. Dan karena fungsinya yang dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah, biasanya clay mask akan menimbulkan sensasi kencang seperti ditarik pada wajah ketika mengering. Akan tetapi Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini berbeda, meskipun sudah mengering tapi sensasi kencangnya terbilang gentle. Bahkan saya masih bisa tertawa dan mengobrol bebas ketika menggunakan masker ini tanpa takut masker akan retak di wajah saya.

Selain itu, yang saya suka lagi dari Scarlett Herbalism Mugwort Mask, kulit tidak terasa kering dan kesat tapi tetap lembab setelah dibilas. Mungkin bagi yang terbiasa dengan rasa kesat di wajah setelah menggunakan masker akan merasa agak aneh tapi percayalah, Scarlett Herbalism Mugwort Mask solusi untuk kulit kering atau yang mudah dehidrasi seperti saya tapi ingin mencoba clay mask.

Untuk masalah jerawat, masker ini terbukti mampu membantu mengurangi peradangan dan mempercepat jerawat mengering di wajah saya. Beberapa hari yang lalu, di bawah hidung saya timbul jerawat besar kemerahan padahal kami berencana akan berlibur bersama keluarga. Bikin gak pede banget kalau foto-foto dengan kondisi jerawat yang terpampang nyata. Kemudian saya coba gunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask, dan keesokan harinya jerawat tersebut mulai mengecil.


SERIOUSLY SOOTHING & HYDRATING GEL MASK

Kemasan

Secara umum kemasan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask ini sama persis dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask, dimana dilengkapi dengan dusbox, dikemas dalam jar plastik berukuran cukup besar, dan memiliki dua lapis tutup serta terdapat spatula di dalamnya.

Bedanya hanya didesain warna dan ilustrasinya saja. Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask didominasi warna putih dan merah muda dengan ilustrasi berupa gambar buah-buahan.

Btw, namanya masker ini unik dan kekinian, ya? Mengingatkan saya dengan bahasa anak Jaksel, like Seriously, :D


Komposisi

Lagi-lagi Niacinamide! Kayaknya Scarlett merupakan salah satu brand perawatan yang tak mau ketinggalan memasukkan kandungan Niacinamide dalam produknya. Saya perhatikan hampir di semua produk Scarlett, Niacinamide selalu ada di dalam komposisinya. Kandungan ini memang populer efektif untuk membantu menyamarkan noda serta mencerahkan kulit. Jadi gak heran kalau Niacinamide sering menjadi hero ingredient di dalam hampir semua produk Scarlett.

Biasanya Niacinamide dalam konsentrasi tinggi dapat membuat kulit kering dan iritasi, tapi tenang saja, kandungan Niacinamide pada produk Scarlett tergolong gentle dan tidak menimbulkan efek negatif pada kulit.

Selain Niacinamide, Scarlett Seriously Shooting & Hydrating Gel Mask juga memiliki komposisi utama lainnya, antara lain.

  • Vitamin C, bermanfaat dalam meningkatkan produksi kolagen,
  • Grape Fruit Water, dapat membantu menjaga hidrasi kulit.
  • Seven Berry Extract, sebagai antioxidant pada kulit untuk membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini seperti kerutan, kusam dan warna kulit tidak merata,
  • Ginseng Extract, untuk membantu menyamarkan kerutan pada wajah,
  • Centella Asiatica Extract,  bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan mempercepat penyembuhan luka,
  • Rose Flower Water, dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit,
  • Allantoin, berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.
Komposisi lengkap dari Scarlett Seriously Shooting & Hydrating Gel Mask adalan sebagai berikut.

Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Water, Ventella Asiatica Extract, Rosa Damascena Flower Water, Niacinamide, Propanediol, Vitis Vinifera Fruit Water, Carbomer, 1,2-Hexanediol, Aminomethyl Propanol, DMDM Hydantoin, Allantoin, PVM/MA Decadiene Crosspolymer, Disodium EDTA, Rosa Gallica Flower Powder, Citrullus Lanatus Fruit Extract, Caprylhydroxamic Acid, Ascorbyl Glucoside, Phenoxyethanol, Biosaccharide Gum-4, Ethyl Hexanediol, Panax Gingseng Root Extract, Sea Cucumber Extract, 2-Aminobutanol, Euterpe Olearcea Fruit Extract, Fragraria Vesca Fruit Extract, Ribes Ningrum Fruit Extract, Rubus Fruticosus Fruit Extract, Rubus Iedeaus Fruit Extract, Vaccunium Angustifolium Fruit Extract, Vaccunium Macrocarpon Fruit Extract, Ethylhexylglycerin, Cl 16255, Cl 42090, Cl 19140.


Tekstur

Sepertinya Scarlett Seriously Shooting & Hydrating Gel Mask ini merupakan masker paling cantik dan estetik yang pernah saya punya. Teksturnya berupa gel bening berwarna coklat agak oranye keemasan dan dihiasi serpihan seperti bebijian atau dedaunan kering. Cantik banget dan bikin gemes pengen icip-icip, sayangnya ini bukan makanan, hehehe.

Melihat tampilannya yang cantik, pasti bakal banyak yang mengira kalau masker ini memiliki aroma yang wangi dan manis. Tapi dugaan tersebut salah, karena masker ini sama sekali gak memiliki aroma karena memang tidak mengandung fragrance pada komposisinya. Cocok untuk yang memiliki kulit sensitif terhadap kandungan fragrance pada produk perawatan kulit.

Selain itu, Scarlett Seriously Shooting & Hydrating Gel Mask termasuk masker yang tidak akan mengering meskipun didiamkan dalam jangka waktu yang lama jadi yang mau maskeran sambil bergosip dan tertawa bersama bestie, bisa banget pakai masker ini tanpa takut masker akan retak.


Kesan Pemakaian


Minggu lalu, kami sekeluarga rekreasi ke pantai di Malang Selatan. Karena jaraknya yang cukup jauh sehingga kami baru sampai di lokasi saat sudah siang hari. Bisa dibayangkan donk, bagaimana panasnya pantai saat matahari sedang tinggi-tingginya. Alhasil, sepulangnya dari pantai, kulit wajah saya panas seperti terbakar dan mulai iritasi.

Akhirnya, saya coba gunakan Scarlett Seriously Shooting & Hydrating Gel Mask ke seluruh wajah. Sensasi adem yang dihasilkan masker ini membantu wajah saya jadi lebih tenang serta mengurangi peradangan akibat terkena paparan sinar matahari. Saya rekomendasikan masker ini untuk teman-teman yang berencana mengunjungi atau tinggal di daerah pantai.

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask ini juga dapat digunakan untuk skin preparation agar kulit lebih lembab dan terhidrasi supaya make up lebih awet dan mudah menempel di wajah.

Oh iya, masker ini tidak meninggalkan sensasi kesat dan kering setelah dibilas, malah kulit jadi terasa lebih lembab. Jadi memang sesuai dengan klaimnya yang bermanfaat untuk menenangkan dan menghidrasi kulit.

Daripada dipakai sendiri-sendiri, saya lebih suka menggunakan duo masker dari Scarlett secara bersamaan. Biasanya Scarlett Herbalism Mugwort Mask, saya gunakan di area yang berpori-pori besar dan mudah berminyak, sedangkan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, saya gunakan di area yang rentan kering dan dehidrasi.


Sudah rutin menggunakan basic skincare, apa masker wajah masih perlu juga?

Kalau saya pribadi sih, merasa masih memerlukan masker wajah karena memberi efek relaksasi yang gak bisa dirasakan jika hanya menggunakan basic skincare rutin saja. Selain itu, masker wajah juga memiliki manfaat lainnya untuk kulit seperti membantu meredakan permasalahan kulit, membantu mempercepat proses regenerasi kulit, mencerahkan kulit wajah, menutrisi kulit, serta mampu membersihkan kulit lebih menyeluruh.

Saya sudah membuktikan sendiri, sejak rutin melakukan basic skincare dilengkapi dengan menggunakan masker 2 sampai 3 kali seminggu, wajah saya jadi jarang sekali muncul komedo dan jerawat. Biasanya harus ke klinik kecantikan dulu untuk memusnahkan komedo di wajah, tapi sekarang tanpa perawatan di klinik pun wajah saya terbilang mulus. Minyak di wajah pun jadi lebih terkontrol dan make up juga jadi lebih menempel di kulit.


Terus gimana, sih, cara memilih masker wajah yang tepat?

Kalau menurut saya, sebelumnya kita harus mengenali kebutuhan wajah kita seperti kandungan apa yang cocok dan tidak cocok. Kemudian, pilih masker yang sesuai dengan kondisi atau permasalahan kulit. Perhatikan juga komposisi produknya, pilih yang tidak mengandung zat-zat yang rentan mengiritasi kulit 

Nah, duo masker dari Scarlett ini termasuk yang tidak memiliki kandungan yang rentan mengiritasi seperti alkohol, fragrance, mineral oil, detergent, merkuri, dan hydroquinone. Sudah terdaftar di BPOM juga, jadi terjamin keamanannya. Tapi hati-hati dengan produk palsu, ya. Teman-teman bisa mengecek keaslian produk pada link berikut, https://verify.scarlettwhitening.com/

Rangkaian produk face care dari Scarlett juga aman digunakan mulai dari usia 13 tahun, ibu hamil di trimester kedua, dan ibu menyusui. Akan tetapi jika ragu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Produk dari Scarlett yang terjamin asli dan aman, dapat dibeli di link berikut, https://linktr.ee/scarlett_whitening

Ngomong-ngomong, teman-teman punya treatment wajah khusus juga gak kalau di rumah? Atau mungkin lebih suka datang langsung ke klinik kecantikan saja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p